Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jl. Iskandar Muda No.19, Kp. Jawa Lama, Kec. Banda Sakti, Kota Lhokseumawe, Aceh; Map: Cek Lokasi

Salah satu tempat wisata baru yang bisa Anda temukan di Kota Lhokseumawe yaitu Pantai Jagu. Pantai ini memang dikatakan baru oleh karena awalnya kawasannya pantai tersebut adalah area yang padat dengan masyarakat dan kemudian di alih fungsi menjadi salah satu tempat wisata yang cocok untuk menghabiskan liburan.

Dari area pinggir pantai yang populer tersebut Anda bisa melihat lautan biru yang begitu indah dan luas, sehingga Anda pun juga bisa menyaksikan beberapa tumpukan batu di area sekitar pantai. Sekalipun begitu tak banyak pohon yang hidup dan tumbuh di area pinggir pantai tersebut, sehingga akan membuat kondisi udara ketika siang hari begitu panas.

Ketika sore hari tiba, saat matahari tenggelam serta udara begitu sejuk, terdapat banyak sekali wisatawan yang berdatangan ke Pantai Jagu. Tujuan mereka tentunya yaitu ingin menghabiskan waktu dengan menyaksikan keindahan alam yang disuguhkan oleh pantai tersebut.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Jagu

Daya Tarik Pantai Jagu
Image Credit: Google Maps RM A

1. Pantai yang Elok

Daya tarik utama yang dimiliki oleh Pantai Jagu tentunya yaitu panorama pantai yang begitu indah. Pantai ini awalnya merupakan area perumahan yang padat sekali penduduk. Oleh karena program yang diadakan pemerintah setempat, akhirnya menjadikan tempat kumuh tersebut sebagai area wisata yang layak sekali untuk dikunjungi.

Proses pembangunan tanggul serta jalanan beton yang ada di samping akhirnya terealisasi. Tanggul itu mempunyai banyak sekali anak tangga yang bisa dimanfaatkan oleh wisatawan saat ingin menuruni jalanan beton dan menuju ke area pinggiran pantai. Oleh karena perubahan besar-besaran tersebut, membuat banyak sekali orang yang merasa penasaran.

Nama dari pantai ini diambil dari nama dua desa yang merupakan lokasi dari tempat wisata pantai tersebut berada. 2 desa tersebut antara lain yaitu Desa Hagu dan Desa Gampong Jawa. Kedua desa ini berada di satu kawasan Kota Lhokseumawe.

2. Lautan Biru yang Menenangkan

Pantai Jagu tidak berbeda jauh seperti pantai-pantai lain. Tempat ini menyuguhkan lautan biru yang sangat menenangkan dan membuat Anda begitu rileks. Air yang ada di lautan tersebut berwarna jernih dan begitu biru. Hal itulah yang akhirnya membuat pengunjung berbondong-bondong untuk berdatangan ke tempat tersebut.

Di sana Anda juga bisa menyaksikan beberapa perahu nelayan serta kapal yang berlayar melintasi perairan pantai populer tersebut. Tapi salah satu aktivitas yang perlu dan wajib untuk Anda lakukan saat berkunjung ke pantai ini yaitu duduk bersantai sambil menyaksikan lautan yang tenang.

3. Banyak Warung Makanan

Untuk daya tarik berikutnya yaitu Anda akan menemukan beberapa warung makanan seperti penjual jajanan keliling. Karena adanya penjual makanan tersebut di pantai yang begitu menakjubkan ini akhirnya wisatawan akan semakin merasa betah dan tidak ingin beranjak pergi.

Bahkan ada juga beberapa wisatawan yang sengaja datang untuk hanya menikmati jajanan dan makanan yang dijual di Pantai Jagu tersebut. Anda yang berencana untuk berlibur ke pantai indah ini, maka pastikan untuk membawa anggaran lebih. Karena memang jajanan dan makanan yang dijual di sana terasa begitu nikmat dan menggoda.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Jagu
Image Credit: Google Maps Anwar kesenian Aceh

Pantai Jagu berada di Kota Lhokseumawe Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Bagi siapapun yang tertarik mengunjungi pantai ini, maka bisa menggunakan bantuan Google Maps untuk mencari lokasi tepatnya pantai tersebut. Akses jalan sudah sangat mudah dan bisa dilalui oleh kendaraan roda dua ataupun kendaraan roda empat.

Pantai ini dibuka setiap hari karena memang pantai tersebut tidak memberlakukan jam operasional seperti halnya area wisata yang lain. Anda pun juga bisa mendatangi tempat tersebut kapanpun wisatawan mau, baik itu saat pagi, sore ataupun malam.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Masuk Pantai Jagu
Image Credit: Google Maps Riza Nur Ramadhan

Seperti yang sudah dijelaskan, Pantai Jagu adalah salah satu pantai yang terbentuk oleh karena program pemerintah setempat untuk memperbaiki pengelolaan kota jadi lebih baik. Oleh karena itu, pemerintah membangun sebuah jalan beton dan tanggul di lokasi pemukiman kumuh yang terdapat di pesisir pantai.

Untuk bisa menyaksikan keindahan pantai tersebut, maka pengunjung tidak akan dikenakan biaya apapun. Wisatawan hanya perlu membayar uang parkir atau pun mengeluarkan uang ketika hendak menginap dan membeli makanan yang dijual di sana.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Jagu

Aktivitas Menarik Pantai Jagu
Image Credit: Google Maps RM A

1. Hunting Foto

Saat di sini Anda sudah sampai ke area lokasi wisata Pantai Jagu yang begitu cantik tersebut, maka salah satu hal menarik yang harus dilakukan yaitu berburu foto. Kegiatan ini memang wajib untuk dilakukan dikarenakan tempat tersebut memiliki banyak spot indah dan patut untuk Anda abadikan.

Beberapa spot foto yang bisa digunakan yaitu lautan biru yang bisa dijadikan background, jalanan beton yang panjang, tumpukan batu di area pinggiran pantai dan tempat-tempat lain. Selain itu, tak sedikit wisatawan yang menggunakan tulisan pantai jago dengan ukuran cukup besar sebagai background untuk mereka berfoto.

2. Bersantai di Pantai Jagu

Ketika Anda berlibur ke area wisata ini, maka jangan lupa untuk duduk bersantai sambil lalu menyaksikan alam sekitar yang begitu elok dan indah. Anda yang berasal dari area perkotaan tentunya tak akan menemukan kesempatan tersebut ketika sudah kembali. Pemandangan indah yang ada di sana membuat pikiran Anda rileks ketika.

Untuk waktu kunjung terbaik yang bisa Anda pilih yaitu ketika menjelang sore hari. Karena pada saat itulah Anda akan menyaksikan keindahan matahari tenggelam. Menyaksikan keindahan sunset di Pantai Jagu akan memberikan kenangan terbaik selama masa liburan Anda di Kota Lhokseumawe.

Atau Anda juga bisa memilih waktu saat menjelang matahari terbit. Tak ada salahnya Anda beserta dengan teman-teman perencanaan camping di tempat tersebut. Tentunya menikmati suasana malam dengan api unggun di bawah gemintang dan deburan ombak akan membuat kegiatan jadi semakin seru dilakukan.

Dan ketika pagi sudah menjelang maka Anda harus segera bergegas menuju ke tepi pantai untuk menyaksikan keindahan dari matahari pagi yang berangsur-angsur naik.

3. Wisata Kuliner

Untuk aktivitas menarik berikutnya yang juga bisa dilakukan wisatawan yaitu menikmati kuliner yang ada di sekitar Pantai Jagu. Namun perlu untuk diketahui, kebanyakan kuliner yang dijual merupakan cemilan ringan dan bukan makanan berat. Anda bisa membeli makanan-makanan ringan seperti bakso, cilok, gorengan, es campur dan lain-lain dengan harga terjangkau.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Pantai Jagu
Image Credit: Google Maps Anwar kesenian Aceh

Tujuan utama dari pembangunan Pantai Jagu bukan untuk area wisata, karena itu fasilitas yang ada di sana memang belum terlalu lengkap. Tapi meski begitu beberapa fasilitas sudah disediakan untuk masyarakat yang ingin datang dan menghabiskan waktu di sana.

Salah satu fasilitas yang bisa diperoleh di sana yaitu anak tangga yang dijadikan sebagai area penghubung antara pantai dengan tanggul. Karena itu, wisatawan yang ingin menyaksikan tanggul dari dekat, maka bisa turun menuju ke lokasi dengan menggunakan anak tangga. Anak tangga ini sudah cukup aman, sehingga bisa dilalui oleh siapapun.

Selain anak tangga, pantai yang satu ini juga mempunyai beberapa lampu penerang yang berjajaran di area pinggir jalan sepanjang tempat wisata tersebut. Fasilitas ini memang berfungsi sebagai alat penerangan ketika malam hari. Oleh karena itu, jangan heran jika Anda menemukan beberapa wisatawan yang datang ketika malam hari ke pantai tersebut.

Itulah ulasan lengkap mengenai Pantai Jagu yang ada di Kota Lhokseumawe. Anda yang ingin menyaksikan keindahan dari pantai tersebut, maka sesegera mungkin agendakan liburan bersama keluarga ke Kota Lhokseumawe. Untuk mengunjungi tempat ini, Anda tidak akan membutuhkan uang tiket sama sekali dan hal itu tentu akan memangkas pengeluaran.