Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 10.00-18.00 WITA, Alamat: Kec. Blahbatuh, Kab. Gianyar, Bali; Map: Cek Lokasi

Memilih wisata alam bahari berupa pantai memang tergolong sulit di Bali. Pasalnya, banyak sekali yang anda temukan dengan panorama dan karakteristik masing-masing. Sebut saja Pantai Keramas Bali yang memiliki gulungan ombak tinggi. Wisata Gianyar ini menjadi favorit peselancar, baik yang masih pemula maupun profesional.

Pemandangan alam di sana juga layak disaksikan meskipun dengan mata telanjang. Selain gulungan ombak, pohon rindang yang didominasi oleh pohon kelapa pun tidak lupa menghiasi. Meskipun memiliki pasir hitam legam, namun hal itu seirama dengan hempasan ombak yang menuju pantai.

Sebagaimana pantai di Bali pada umumnya, kali ini juga cocok dijadikan sebagai objek wisata keluarga. Namun bagi yang membawa anak-anak diharapkan selalu menjaganya, mengingat ombak yang datang terkadang mencapai dua meter. Bersih dan terawat, itulah kesan yang pertama kali anda lihat ketika datang ke lokasi.

Daya Tarik Pantai Keramas

Daya Tarik Pantai Keramas
Image Credit: Instagram Dylan Orchard

Nama Pantai Keramas memang unik, seperti orang yang sedang mandi dan menggunakan shampoo. Padahal tidak ada hubungannya antara penamaan dengannya. Justru nama yang diberikan menjadi daya tarik yang mengiringi daya tarik lainnya.

1. Asal Usul Nama Pantai Keramas

Awal mula nama ini disematkan adalah karena dulunya digunakan sebagai tempat bertelur nya kura-kura emas. Hal ini berlangsung lama sehingga warga setempat menyebutnya dengan pantai kura-kura emas dan akhirnya dipersingkat dengan Pantai Kuramas. Namun seiring berjalannya waktu dan berubahnya struktur pantai, akhirnya kura-kura terebut tidak kembali lagi.

Tidak kembalinya kura-kura tersebut ternyata tergantikan oleh kedatangan kera emas. Karena kedatangan mereka berlangsung lama, akhirnya nama tersebut diganti dengan pantai kera emas atau Pantai Keramas. Hingga saat ini, warga setempat dan wisatawan yang datang lebih mengenalnya dengan sebutan terakhir tersebut.

2. Keindahan Pantai Keramas

Meskipun Indonesia termasuk negara kepulauan dengan banyaknya pantai yang dimiliki, ternyata tidak semua pantai memiliki pesona yang indah. Kadang kala ada pantai yang memiliki tanah lumpur dan bibir pantai langsung berbatasan dengan hutan. Tidak demikian dengan pantai kali ini, karena pesonanya tidak kalah dengan deretan pantai di Bali.

Keindahan pertama yang langsung bisa disaksikan adalah deretan pohon rindang. Pemandangan hijau pun terlihat yang tentunya juga menyejukkan mata. Selain itu, pasir hitamnya terlihat cukup eksotis ketika terkena pancaran sinar matahari. Hampir tidak ada batuan karang di Pantai Keramas sehingga pandangan jauh lebih leluasa.

3. Ketinggian Ombak Cocok untuk Surfing

Daya tarik berikutnya adalah dari ketinggian ombak yang juga melengkapi keindahannya. Gulungannya tinggi, cukup jelas terlihat dari kejauhan. Sesampainya di bibir pantai, ombak tersebut langsung menyapu pasir dan sebagian meresap di dalamnya. Ombak yang tinggi ini seringkali dimanfaatkan oleh peselancar, baik lokal maupun mancanegara.

Meskipun hampir semua pantai di Bali memiliki ketinggian ombak diatas rata-rata, namun Pantai Keramas termasuk salah satu yang paling favorit. Memang tidak begitu banyak peselancar yang datang jika dibandingkan dengan Pantai Kuta, tetapi setiap hari selalu ada yang ingin mendapatkan sensasi berjalan diatas ombak.

Daya Tarik Dimiliki Pantai Keramas
Image Credit: Instagram Анастасия Почта

4. Rangkaian Pantai Keramas

Jangan bingung jika anda mengunjungi pantai eksotis di Bali ini, karena memiliki rangkaian nama yang lumayan banyak. Setidaknya, ada empat pantai dengan nama yang sama, namun memiliki julukan masing-masing. Setiap pantai juga terletak di lokasi yang berbeda, namun tidak terlalu berjauhan sehingga semuanya dapat dijangkau dengan mudah.

Pertama adalah Pertama Pantai Keramas I yang memiliki julukan Pantai Pantai Betuas. Tidak jauh dari lokasi ini, ada Pantai keramas II yang bernama Pantai Belukat. Nama ini diambil karena masih dalam satu lokasi dengan Pura Belukat. Sedangkan untuk nama pantai yang ketiga dan keempat masing-masing adalah Pantai Sesa dan Pantai Keramas IV.

5. Night Surfing

Berikutnya adalah night surfing yang menjadi daya tarik utama dari pantai cantik ini. Bagaimana tidak, belum tentu anda mendapatkan kegiatan selancar yang bisa dilakukan di malam hari. Bahkan bisa dikatakan bahwa pantai ini merupakan satu-satunya yang mengadakan festival berselancar di malam hari.

Meskipun terlihat berbahaya, namun masalah keamanan sudah dipersiapkan, jadi tidak perlu khawatir. Pengelola menyediakan dua menara yang dilengkapi dengan lampu sorot, jadi penerangan sudah sangat mumpuni. Selain itu, ada juga beberapa pengawas yang siap membantu jika terjadi apa-apa kepada peserta surfing.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Keramas
Image Credit: Twitter Ed Junaidi

Bukan hanya yang hobi surfing, anda yang ingin menikmati suasana tenang dan damai ditemani hembusan angin sepoi-sepoi pun cocok mendatangi Pantai Keramas. Apalagi lokasinya tergolong strategis, berada di Desa Keramas Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar, Bali. Anda pun bisa mengunjunginya menggunakan kendaran pribadi maupun angkutan umum.

Bagi yang membawa kendaran pribadi dari arah Denpasar, silahkan menuju ke Bypass Ida Bagus Mantra. Sebelumnya, anda harus melewati Jalan Raya Puputan terlebih dahulu, baru kemudian menuju ke Bypass Ida Bagus Mantra. Selama perjalanan menuju lokasi, anda akan menemukan beberapa pantai, diantaranya adalah Pantai Saba dan Pantai Purnama.

Harga Tiket Masuk

Harga Tiket Masuk Pantai Keramas
Image Credit: Instagram Fed

Indah dan mempesona, namun ternyata tidak memerlukan banyak biaya ketika mengunjunginya. Hal ini dikarenakan Pantai Keramas tidak memungut biaya tiket masuk, alias anda bebas memasukinya. Biaya hanya dibutuhkan bagi yang membawa kendaraan pribadi untuk retribusi parkir.

Bagi yang ingin surfing, maka butuh biaya lagi untuk menyewa papan selancar, itu pun jika anda tidak membawa sendiri dari rumah. Harga sewa papan selancar saat ini berlaku mulai 50.000 rupiah. Hampir tidak ada biaya lain yang perlu dikeluarkan, kecuali jika anda ingin berwisata kuliner menikmati makanan dan minuman khas selama di pantai.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Aktivitas Menarik Pantai Keramas
Image Credit: Instagram Siu Mei

Daya tarik sudah kita bahas, alamat untuk menuju lokasi juga sudah, kali ini kita akan membahas aktivitas yang menarik dilakukan selama di Pantai Keramas. Sebelum datang ke lokasi, simak beberapa kegiatan yang mungkin cocok untuk anda!

1. Bersantai Sambil Menikmati Suasana Pantai

Dengan pesona alam yang indah, aktivitas pertama yang cocok dilakukan adalah bersantai. Tentu bukan hanya santai biasa, tetapi sambil menikmati suasana pantai. Semilir angin yang terkadang kuat memberikan suara unik di telinga. Daun pohon kelapa melambai karena angin ini yang sekaligus menambah keindahan.

Di pagi atau sore hari, cuaca cerah menyambut kedatangan wisatawan. Suasana pun semakin tenang dengan kehadiran matahari yang baru muncul di pagi hari. Sebaliknya di sore hari, Pantai Keramas dihiasi dengan pesona sunset, indah dan menawan tentunya. Bagaimana cahaya orange perlahan menghilang cukup jelas terlihat di sini.

2. Joging Pagi dan Sore Hari

Aktivitas berikutnya adalah joging atau lari santai, cocok jika anda berkunjung di pagi atau sore hari. Pasir pantai eksotis ini berwarna hitam dan lembut menemani setiap langkah, usahakan tidak menggunakan alas kaki ketika melakukan aktivitas ini. Serasa tidak akan berkeringat ketika beraktivitas joging di Pantai Keramas karena anginnya yang selalu berhembus.

Biasanya, aktivitas ini dilakukan oleh wisatawan dari warga sekitar dengan membawa hewan mereka. Sesekali, ombak besar datang menyapu bibir pantai, anda tidak perlu menghindarinya jika ingin mendapatkan sensasi berbeda. Bentangan pasir yang luas semakin mendukung aktivitas ini.

Aktivitas Menarik di Pantai Keramas
Image Credit: Instagram Varun

3. Berselancar Menantang Ombak

Aktivitas yang paling banyak ditunggu wisatawan ketika berada di Pantai Keramas adalah berselancar. Menantang ombak bukan hal yang mudah, perlu skill khusus untuk melakukannya. Guncangan sedikit saja bisa membuat tubuh terpental dari papan selancar jika kurang seimbang.

Meski demikian, aktivitas ini menjadi paling favorit, terutama untuk wisatawan mancanegara. Apalagi jika ada kalanya penyelenggara mengadakan Night Surfing, anda bisa mencoba sensasi melawan ombak di malam hari. Dengan ketinggian ombak yang mencapai dua meter lebih, aktivitas ini semakin memacu adrenalin.

4. Melihat Atraksi Lumba-Lumba

Satu aktivitas yang belum tentu didapatkan selain di Pantai Keramas adalah melihat atraksi lumba-lumba. Tidak jauh dari bibir pantai, terdapat kolam berukuran 16×12 dengan kedalaman sekitar 3 meter. Di sanalah terdapat lumba-lumba yang dapat diajak berinteraksi langsung, baik berfoto maupun melakukan atraksi dengan pelatihnya.

Fasilitas yang Tersedia

Fasilitas Pantai Keramas
Image Credit: Instagram Bliman Men’s Jewelry

Sebuah objek wisata belum bisa dikatakan menarik atau layak dikunjungi jika tidak memiliki fasilitas pendukung. Dengan berbagai daya tarik dan aktivitas yang dapat dilakukan, untungnya Pantai Keramas memiliki fasilitas yang sangat memadai. Tempat parkir, mushola, dan toilet menjadi fasilitas wajib di semua objek wisata, anda bisa menemukannya di sini.

Fasilitas lain adalah bangku yang digunakan untuk beristirahat, dan juga beberapa balai tempat istirahat. Apabila lapar, silahkan gunakan fasilitas warung yang tersedia, tentunya tidak gratis, namun masih terjangkau harganya. Di sini juga tersedia beberapa penginapan yang tidak jauh dari lokasi pantai, silahkan pilih salah satunya.

Tidak dapat di pungkiri bahwa Bali memang selalu menyajikan pesona pantai yang cantik dan indah. Setiap pantainya memiliki karakteristik masing-masing, termasuk Pantai Keramas Bali yang memiliki ketinggian ombak ideal. Baik dengan tujuan surfing atau menikmati pesonanya, pantai ini termasuk salah satu yang direkomendasikan.