Harga Tiket: Rp 2.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Lebih, Kec. Gianyar, Kab Gianyar, Bali; Map: Cek Lokasi

Untuk mengisi liburan dengan maksud dan tujuan menenangkan pikiran, wisata bahari bisa menjadi pilihan utama. Hampir setiap daerah di Indonesia memiliki pantai dengan karakteristik nya masing-masing. Seperti halnya Pantai Lebih di Gianyar yang berada di Bali dengan pesonanya yang tidak kalah dari pantai lainnya.

Nama Lebih yang disematkan bukan berarti banyak hal Lebih di dalamnya, namun karena lokasinya yang berada di Desa Lebih, Gianyar. Pantai ini memiliki keunikan yang tidak didapatkan dari pantai di Bali lainnya. Jika pada umumnya memiliki pasir putih, kali ini justru memiliki pasir hitam yang mirip dengan pantai di Jogja.

Bentangan pasirnya sangat luas dengan karakter pantai landai. Pasirnya lembut, bahkan hampir tidak terasa ketika berjalan di sekitar lokasi tanpa alas kaki. Di beberapa titik dibangun tanggul untuk mencegah abrasi air laut. Susunan batu tanggul ini pun menjadi salah satu daya tarik dan sering dijadikan latar belakang foto.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Lebih

Daya Tarik Wisata Pantai Lebih
Image Credit: Instagram Katarína Ondrejková

Tidak akan pernah ramai pengunjung jika sebuah objek wisata tidak memiliki daya tarik. Faktanya, Pantai Lebih memiliki berbagai daya tarik yang memikat. Inilah yang menjadikannya tidak pernah sepi pengunjung, terutama ketika hari libur tiba.

1. Eksotisme Pantai Lebih Gianyar

Dalam hal keindahan, pantai ini memiliki pemandangan indah nan eksotis. Pandangan mata tertuju pada laut lepas yang di atasnya bergulung ombak tinggi. Sementara di belakang, banyak terdapat pohon kelapa nyiur melambai seolah mempersilahkan setiap pengunjung untuk menghabiskan waktu bersamanya.

Susunan batu sebagai tanggul yang bertujuan untuk menahan abrasi juga turut menghiasi pemandangan. Wisatawan yang tidak ingin beraktivitas dengan air biasanya menggunakan batu tersebut sebagai tempat duduk sambil menikmati pemandangan lautan. Ada kalanya angin bertiup lemah yang menjadikan suasana semakin syahdu.

2. Pasir Hitam Berkilau

Bukan hanya pasir putih yang memberikan pemandangan cantik di pantai, pasir hitam di Pantai Lebih juga menarik perhatian. Bagaimana tidak, ada keunikan yang tidak dimiliki oleh pantai dengan pasir putih. Keunikan yang dimaksud yaitu adanya kerlip cahaya di dalam pasir jika terkena pancaran sinar matahari.

Kilauan seperti glitter ini dihasilkan dari kandungan garam yang masih tersimpan di dalam pasir. Ketika air laut menyapu bibir pantai, tidak semua airnya kembali ke laut. Sisa dari air ini nantinya terjadi proses kristalisasi karena kandungan garamnya. Ketika hari terik, garam itu pun akan berkilau dengan sangat indahnya.

3. Karakter Ombak Sedang Hingga Tinggi

Daya tarik Pantai Lebih berikutnya yakni dari karakter ombaknya yang lumayan tinggi. Banyak pantai di Bali dengan karakteristik ombak seperti ini, biasanya wisatawan asing yang berminat karena digunakan sebagai aktivitas surfing. Bagi yang tidak ingin berselancar juga tidak masalah karena bisa melihat gulungan indah dari air yang datang menuju tepi pantai.

Daya Tarik Dimiliki Pantai Lebih
Image Credit: Instagram Dhana Putra

4. Pemandangan Perahu Nelayan

Tidak semua pantai memiliki daya tarik dari banyaknya perahu nelayan yang bersandar. Sebagian besar warga setempat berprofesi sebagai nelayan, Pantai Lebih inilah yang digunakan sebagai tempat berlabuh. Bentuk perahu nelayan yang unik meknjadi salah satu daya tarik, terutama yang tinggal jauh dari daerah pesisir.

Selain bentuk, warnanya pun bervariasi sehinga lokasi pantai terkesan semakin ramai. Jika beruntung, anda pun dapat melihat kesibukan nelayan selama menyiapkan atau memperbaiki peralatannya. Menariknya, lokasi penempatan perahu ditata apik sehingga tidak mengganggu arah pandangan ke laut lepas.

5. Sebagai Tempat Upacara Adat

Bali dikenal akan kekayaan tradisi dan budayanya, salah satu kegiatannya yaitu menyelenggarakan upacara adat. Pantai Lebih sering digunakan sebagai tempat menggelar upacara tertentu. Sebagai cantoh adalah Upacara Nagluk Merana yang bertujuan mengusir hama, dan juga upacara untuk menyucikan diri.

Selain itu, lokasi wisata ini juga dipadati warga setempat ketika hari raya Galungan. Tidak lupa pengunjung yang tertarik turut memadati pantai cantik ini untuk melihat keunikan dari upacara dan acara tersebut. Bagi anda yang tidak suka keramaian, ada baiknya menghindarinya karena jalanan bisa jadi macet dan sesak.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Lebih
Image Credit: Instagram Rumah Luwih

Desa Lebih, Kecamatan Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali, itulah alamat lengkap Pantai Lebih. Lokasinya cukup strategis, bisa dijangkau dengan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Jarak dari Denpasar sekitar 25 kilometer, dan dari Bandara Ngurah Rai sekitar 35 kilometer. Apabila saat ini anda berada di pusat kota Gianyar, maka hanya dibutuhkan waktu 10 menit karena hanya berjarak 4 kilometer.

Apabila anda datang dari arah Denpasar, silahkan menuju ke by pass Ida Bagus Mantra. Kemudian lanjutkan perjalanan menuju ke Karangasem sebagai titik berikutnya. Arahkan kendaraan menuju kecamatan Gianyar dan lihat rambu petunjuk di seberang jalan. Supaya tidak bingung, gunakan aplikasi GPS online di perangkat masing-masing.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Masuk Objek Wisata
Image Credit: Instagram sabili_20

Tidak perlu membayar mahal untuk menikmati pemandangan indah dan berbagai daya tarik Pantai Lebih. Cukup sediakan uang receh sebesar 2.000 rupiah sebagai tiket masuk untuk satu orang pengunjung. Tidak ada perbedaan usia di kawasan ini, setiap wisatawan wajib membeli tiket, baik dewasa maupun anak-anak.

Pengunjung yang datang membawa kendaran pribadi wajib membayar retribusi parkir. Tidak terlalu mahal juga, untuk motor hanya sebesar 2.000 dan mobil 5.000 rupiah. Liburan di tempat ini jika hanya ingin menikmati pesonanya memang sangat murah. Tetapi anda harus menyiapkan budget lebih jika ingin berwisata kuliner seafood di sekitar pantai.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Lebih

Aktivitas Menarik di Pantai Lebih
Image Credit: Twitter Chin Ann

Selain daya tarik, biasanya wisatawan mempertimbangkan aktivitas di tempat wisata yang akan dituju. Jika anda termasuk demikian, maka tidak perlu khawatir karena kegiatan menarik Pantai Lebih sangat banyak, berikut diantaranya!

1. Bersantai Sambil Menikmati Keindahan Pantai

Bagi yang ingin menenangkan pikiran, silahkan bersantai sambil menikmati pemandangan alam. Aktivitas ini bisa dilakukan di banyak tempat, salah satu yang paling favorit yakni batuan sebagai tanggul. Sambil duduk santai diatas batu, pemandangan indah pantai secara keseluruhan terlihat sangat mempesona.

Sebut saja ombak bergulung dan berkejaran menuju bibir pantai yang terlihat eksotis. Belum lagi adanya warna hijau dari pohon kelapa di beberapa titik pantai. Landscape dari perbukitan pun terlihat dari bibir Pantai Lebih, meskipun tidak terlau jelas. Aktivitas ini semakin menarik jika semilir angin berhembus yang sekaligus menyejukkan suasana.

2. Memancing Seru

Memang tidak terlalu banyak pengunjung yang melakukan aktivitas memancing di pantai cantik ini. Tetapi bukan berarti tidak bisa dilakukan, silahkan saja jika anda memiliki hobi memancing. Tidak perlu menyewa perahu, cukup gunakan bibir pantai sebagai spot utama dengan arah lemparan umpan ke tengah laut.

Meski demikian, sebaiknya tidak dilakukan jika ombak sedang tinggi. Selain bisa membahayakan, ombak tinggi biasanya membuat ikan kesulitan memakan umpan. Selain itu, memancing di Pantai Lebih cocok dilakukan jika air sedang pasang, dimana waktu itu biasanya ikan menuju ke tepi pantai.

3. Jalan-jalan Menyusuri Pantai

Aktivitas berikutnya yakni jalan santai sambil menyusuri pantai dengan pasir hitam legam. Pasirnya lembut, jadi usahakan tidak menggunakan alas kaki supaya lebih menyehatkan. Garis pantai yang lumayan panjang membuat aktivitas ini semakin seru dan juga menyehatkan. Apalagi ketika ombak sedang tinggi, dimana sesekali bakal menyapu kaki dan semakin mengesankan.

Aktivitas Dilakukan di Pantai Lebih
Image Credit: Instagram バリ島カーチャーターDaisukibali

4. Terapi Penyakit dengan Pasir

Ada mitos dari warga sekitar mengenai pasir yang ada di Pantai Lebih. Mereka percaya bahwa pada saat tertentu, pasir ini bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit. Caranya juga mudah, hanya memendamkan tubuh di dalam pasir untuk mendapatkan manfaatnya. Tidak ada salahnya jika anda melakukan aktivitas ini seperti warga sekitar, siapa tahu memang cocok sebagai metode pengobatan.

5. Wisata Kuliner Seafood

Seperti yang disinggung sebelumnya, siapkan budget lebih jika anda ingin menikmati kuliner di sini. Bisa dikatakan bahwa Pantai Lebih memiliki kuliner seafood yang nikmat dan menjadikannya dikenal banyak pelancong. Bahkan sebelum tiba di lokasi pantai, anda pun dapat mencium aroma nikmat dari ikan bakar dan sate lilit khas Bali.

6. Hunting Foto

Aktivitas lain yang bisa dilakukan selama berada di pantai eksotis ini yakni berburu spot foto. Bukan tidak mungkin bahwa nantinya anda mendapatkan keindahan latar belakang dari gulungan ombak yang menawan. Batu tanggul pun sepertinya cocok dijadikan background jika anda bisa mengambil sudut yang tepat.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas di Pantai Lebih
Image Credit: Instagram Fajar Babenye Faiq

Meskipun masih kalah dam hal jumlah pengunjung dari pantai populer di Bali, fasilitas Pantai Lebih sudah lebih dari standar. Bukan hanya tempat parkir yang luas dan toilet yang bersih. Di beberapa titik dilengkapi dengan gazebo dan bangku yang bisa digunakan untuk bersantai. Warung makanan yang sebagian besar menyediakan menu seafood juga tersedia di sini.

Setiap kali liburan memang harus direncanakan supaya segala sesuatunya bisa dipersiapkan terlebih dahulu. Khusus untuk kali ini, tidak perlu menyiapkan budget lebih jika hanya keindahan alam yang menjadi tujuan utama. Pantai Lebih Gianyar tergolong objek wisata keluarga yang murah meriah dengan berbagai daya tarik dan fasilitas memadai.