Pantai Pandawa termasuk pantai pasir putih favorit wisatawan di Pulau Bali yang terletak di balik perbukitan. Pesona pemandangan alam yang ditawarkan dan ombak yang tenang menjadi daya tarik pantai ini.

Lokasi: Kutuh, Kec. Kuta Selatan, Kab. Badung, Bali.
Map: Cek Lokasi

Bali, pulau yang berada di tengah Indonesia ini terkenal sebagai sebuah pulau destinasi wisata baik di kalangan pelancong lokal maupun turis asing. Semua yang dibutuhkan oleh para turis untuk menghabiskan waktu berlibur ada disini. Mau wisata berkelas dan mewah hingga wisata ala traveler yang low budget pun tersedia disini.

Pulau yang dikenal sebagai pulau seribu dewa ini dikenal dengan variasi daya tarik wisata yang menarik dan tak bisa ditemukan di tempat lain. Perpaduan antara keindahan alam, tradisi dan budaya yang masih terjaga apik di tengah gempuran modernisasi serta produk-produk modernisasi itu sendiri yang bisa berjalan berdampingan dengan budaya dan tradisi yang ada, menjadi poin menariknya.

Jika membahas wisata di Bali, pantai menjadi salah satu objek wisata yang selalu menjadi incaran para wisatawan. Tak jarang para turis asing rela jauh-jauh datang ke Bali hanya untuk menikmati keindahan pantainya. Kali ini akan dibahas lebih dalam tentang salah satu pantai yang ada di Bali, yaitu Pantai Pandawa.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Pandawa

Daya Tarik Pantai Pandawa
Image Credit: Instagram.com @andersoncarlolucenacosta

Meski berada di satu pulau yang sama, masing-masing pantai yang ada di Bali selalu menyimpan daya tarik tersendiri yang selalu berhasil menyedot perhatian wisatawan untuk datang berkunjung. Begitu pula pantai cantik ini. Kalau Anda datang ke pantai Pandawa, setidaknya Anda akan bisa menikmati pesona dan daya tarik berikut.

1. Laut Biru dan Pantai Pasir Putih yang Membingkai

Pantai ini tergolong pantai yang baru dibuka, karena itu kondisinya masih sangat bersih. Pasir putih dan halus membentang dari ujung ke ujung membingkai laut dengan airnya yang biru jernih.

Air lautnya yang bersih berwarna biru jernih tampak berkilau saat terkena pancaran sinar matahari. Ombak di pantai ini juga tidak terlalu besar. Kombinasi yang sempurna untuk Anda jadikan sebagai tempat menghabiskan waktu menikmati keindahan yang tak akan Anda temukan di tempat lain.

2. Tebing Tinggi Menjulang, Membuat Pantai Pandawa Tampak Misterius

Satu lagi daya tarik yang hanya bisa Anda temukan di pantai pasir putih ini adalah tebing-tebing tinggi di sepanjang sisi jalan menuju Pantai Pandawa. Saat akan masuk ke kawasan pantai, Anda akan melewati jalan beraspal yang diapit tebing tinggi menjulang di kanan kirinya.

Tak hanya itu, di salah satu bagian tebing kapur ini Anda juga dapat melihat adanya patung Panca Pandawa. Karena itulah pantai ini disebut dengan Pantai Pandawa. Karena daya tariknya ini juga yang membuat pantai ini tampak misterius dari kejauhan. Para turis asing bahkan memberi julukan ‘Private Beach’ karena lokasinya ini.

3. Berbagai Aktivis dan Olahraga Air yang Menyenangkan

Tidak hanya menikmati pemandangan yang luar biasa cantik dari laut dan pasir pantai, disini Anda juga bisa melakukan berbagai jenis aktivitas dan olahraga air yang menyenangkan. Sudah tersedia fasilitas untuk olahraga yang bisa Anda pilih.

Kalau Anda sedang tidak ingin bermain dengan permainan atau aktivitas air yang menyenangkan dan menguji adrenalin, Anda bisa menikmati kehangatan pantai ini sambil berjemur dan melakukan pijat refleksi. Semua daya tarik ini bisa Anda nikmati di satu tempat dan dijamin akan membuat liburan Anda semakin tak terlupakan.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pantai Pandawa

Alamat Pantai Pandawa
Image Credit: Tribunnews.com

Pantai pasir putih ini terletak di Bali selatan, lebih tepatnya di Desa Kutuh yang masuk dalam region Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung. Lokasinya tidak jauh dari Pantai Nusa Dua, sekitar 3km dari pantai tersebut.

Kalau Anda datang dengan menggunakan pesawat, dari Bandara Ngurah Rai untuk mencapai Pantai Pandawa Anda membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam dan menempuh jarak sekitar 18km, melewati daerah Jimbaran. Saat di kawasan ini, Anda mungkin akan mengalami sedikit kesulitan karena macet di kawasan GWK.

Sedangkan jika Anda mengakses dari Kota Denpasar, Anda harus menempuh jarak sedikit lebih jauh, yaitu 27km dan pastinya waktu perjalanan juga lebih lama. Namun Anda tak perlu khawatir karena perjalanan Anda bisa dipersingkat jika Anda memilih rute melewati jalan tol Bali Mandara.

Akses ke kawasan pantai saat ini sudah sangat lancar. Tidak seperti sebelumnya, Pantai ini kurang begitu dikenal salah satunya karena aksesnya yang susah, ditutupi oleh tebing-tebing tinggi dan semak belukar di sepanjang jalannya. Sayangnya, untuk ke pantai ini, tidak bisa diakses dengan kendaraan umum. Anda hanya bisa menggunakan kendaraan pribadi.

Saat ini akses ke Pantai Pandawa sudah diperbaiki menjadi sangat bagus. Jadi meskipun jalannya berliku-liku, Anda tak perlu khawatir karena jalannya sudah berupa aspal yang mulus. Anda bisa mengakses pantai ini dengan kendaraan pribadi, baik mobil atau motor. Saat di perjalanan, Anda bisa sambil menikmati eksotisme pemandangan tebing-tebing kapur yang menjulang di sisi jalan.

Harga Tiket Masuk Pantai Pandawa Bali

Harga Tiket Pantai Pandawa Bali
Image Credit: Twitter.com @iswatun82424251

Pantai ini adalah destinasi wisata bahari yang bisa dikunjungi siapapun. Dengan harga tiket masuk yang terjangkau, baik wisatawan yang ingin menikmati liburan mewah ataupun para traveler bisa menjangkau destinasi ini.

Anda yang ingin menikmati keindahan yang ditawarkan pantai ini harus membayar tiket masuk sebesar Rp 8.000, harga tiket untuk wisatawan domestik. Sedangkan untuk turis asing, tiket masuk yang harus dibayarkan sebesar Rp 15.000. Untuk kendaraan juga dikenakan tarif parkir sebesar Rp 5.000 untuk mobil dan Rp 2.000 untuk motor. Sangat terjangkau bukan?

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Pandawa

Kegiatan di Pantai Pandawa
Image Credit: Instagram.com @di.pho

Anda tidak akan menyesal memilih Pantai Pandawa untuk menghabiskan waktu liburan, baik sendiri, bersama teman-teman ataupun keluarga. Selain menawarkan pemandangan laut dan pantai yang begitu menakjubkan, Anda juga bisa melakukan berbagai aktivitas menarik dan menyenangkan di pantai ini.

1. Menikmati Keindahan Pantai dan Berenang Sepuasnya

Tidak afdol rasanya jika ke pantai tapi tidak menikmati keindahan laut dan pantainya. Di pantai ini Anda bisa menikmati jernih dan segarnya laut dengan berenang sepuasnya di pantai. Apalagi ombaknya yang relatif tenang membuat Anda tak perlu khawatir untuk bermain dan berenang di pinggir pantai.

Jika tidak ingin berenang, Anda bisa menikmati putih dan lembutnya pasir putih dengan berjalan-jalan di sepanjang pantai. Tidak banyaknya pengunjung membuat Anda bisa lebih leluasa bermain dan berenang disini.

2. Bermain Kano untuk Mengelilingi Kawasan Pantai Pandawa

Selain dengan berjalan kaki, Anda juga bisa menikmati keindahan alam pantai ini dari atas kano. Disini ada banyak tempat penyewaan kano yang bisa Anda gunakan untuk berkeliling kawasan pantai.

Harga sewa kano disini pun terbilang relatif murah. Jika Anda ingin bermain kano sendiri, Anda bisa menyewa kano berkapasitas 1 orang. Kano tipe ini disewakan dengan harga Rp 25.000 per jam. Kalau ingin bermain lebih seru, Anda bisa menyewa kano berkapasitas 2 orang. Kano tipe ini disewakan dengan harga Rp 50.000 per satu jamnya.

3. Memacu Adrenalin dengan Bermain Paralayang

Ingin menikmati aktivitas yang lain dan sedikit memacu adrenalin? Atau ingin menikmati pemandangan Pantai Pandawa dengan cara berbeda? Tenang saja, Anda bisa mencoba bermain paralayang dari atas Bukit Timbis.

Terbang dari atas Bukit Timbis akan membawa Anda melihat keindahan sekitar pantai dari sudut pandang yang lebih menakjubkan. Jasa penyewaan peralatan paralayang beserta instrukturnya pun tersedia dengan paket yang beragam. Anda bisa memilih salah satu paket sesuai keinginan Anda. Harga paket yang ditawarkan mulai dari Rp 400.000.

4. Bersantai dan Berjemur Sambil Menikmati Pijat Refleksi

Anda yang tidak ingin melakukan aktivitas yang melelahkan bisa mencoba aktivitas satu ini. Berjemur di pinggir pantai sambil menikmati layanan pijat refleksi yang banyak tersedia di pinggir Pantai Pandawa.

Agar aktivitas berjemur Anda lebih nyaman, ada pula berbagai jasa yang menyewakan kursi beserta payung lebar lengkap. Sedangkan untuk menikmati pijat refleksi dan layanan SPA, Anda bisa memilih paket SPA sesuai keinginan Anda dengan harga mulai dari Rp 40.000-Rp 130.000.

5. Mengamati Proses Budidaya Rumput Laut

Tidak hanya aktivitas wisata, Anda juga bisa mempelajari sedikit hal disini, yaitu belajar tentang budidaya rumput laut. Tepatnya di bagian sisi sebelah barat pantai ini dimanfaatkan oleh warga setempat untuk membudidayakan rumput laut.

Disini, Anda bisa melihat bagaimana rumput laut dibudidayakan, mulai dari menyiapkan bibit, menanam, memanen hingga menjemur rumput laut. Aktivitas ini bisa menjadi alternatif wisata edukasi jika Anda mengajak anak-anak.

6. Jangan Lupa Mengambil Foto untuk Kenangan

Hal yang tak boleh dilewatkan saat berkunjung ke tempat wisata apapun adalah mengabadikan momen dengan berfoto. Menariknya lagi, di pantai pasir putih ini Anda bisa memilih berbagai spot foto menarik untuk diabadikan.

Anda bisa berfoto diantara tebing-tebing kapur yang menjulang tinggi, atau berfoto dengan latar belakang patung Pandawa yang berada diantara dinding tebing. Perairan pantai ini yang biru jernih atau pasir pantainya yang putih bersih juga bisa menjadi spot foto yang tak kalah menarik.

7. Berburu Oleh-Oleh untuk Menutup Perjalanan

Untuk menutup perjalanan Anda di Pantai Pandawa, Anda bisa berburu oleh-oleh unik dan khas Bali. Ada banyak toko oleh-oleh yang bisa Anda temukan di kawasan pantai ini. Jenis oleh-oleh yang tersedia pun sangat bervariasi.

Anda bisa mendapatkan berbagai barang khas Bali, mulai dari kerajinan, kain, pakaian, barang-barang seni dan lain sebagainya. Menariknya lagi harga oleh-oleh disini juga relatif terjangkau. Cocok untuk membawakan buah tangan untuk keluarga di rumah.

Penginapan Murah di Sekitar Pantai Pandawa

Penginapan di Pantai Pandawa
Image Credit: Booking.com

Anda yang berencana mengunjungi Pantai Pandawa lebih lama pun tak perlu khawatir, karena kini di kawasan sekitar pantai ini sudah banyak tersedia penginapan. Ada penginapan dengan harga per malam terjangkau untuk Anda yang datang dengan backpacker atau jika ingin menginap dengan fasilitas mewah pun ada disini.

Anda yang ingin menginap dengan fasilitas mewah, Pandawa Hill Resort bisa menjadi pilihan. Letaknya tidak begitu jauh dari pantai, sekitar 1km. Karena fasilitas mewah yang bisa Anda dapatkan, untuk menginap disini Anda harus mengeluarkan budget mulai dari Rp 465.000-an per malam.

Nah, jika budget Anda terbatas, penginapan Arjana Homestay bisa menjadi alternatif. Meski tidak menawarkan fasilitas dan layanan mewah, lokasi penginapan ini cukup dengan dengan pantai, sehingga bisa lebih hemat untuk ongkos perjalanan. Biaya menginapnya pun terjangkau, mulai dari Rp 160.000-an per malamnya.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Pandawa

Fasilitas di Pantai Pandawa
Image Credit: Twitter.com @travelblog_id

Pantai cantik di Bali Selatan ini memang tergolong baru dibuka. Meski demikian, berbagai fasilitas penunjang wisata sudah tersedia lengkap disini. Mulai dari akses jalan yang sudah diperbaiki sehingga bisa dilalui dengan mudah hingga berbagai fasilitas di dalam kawasan pantai.

Pengunjung Pantai Pandawa yang semakin ramai membuat pengelola terus mengembangkan berbagai fasilitas penunjang kenyamanan wisata. Di dalam kawasan pantai sudah ada area parkir yang luas untuk mengakomodasi pengunjung yang membludak di waktu-waktu tertentu, kamar mandi, area berbelanja oleh-oleh hingga tempat makan.

Belum lagi, di dalam juga banyak jasa yang menyewakan fasilitas yang membuat kegiatan Anda di pantai ini semakin menyenangkan. Ada fasilitas kano, paralayang, payung dan kursi berjemur, fasilitas SPA dan masih banyak lagi yang lainnya. Semua bisa Anda manfaatkan dengan menyewa sesuai harga yang ditetapkan oleh penyedia jasa.

Nah, sekarang Anda sudah tahu banyak informasi tentang Pantai Pandawa bukan? Jadi, jika nanti Anda mau mencoba menikmati pemandangan eksotis pantai di Bali Selatan, Anda punya lebih banyak referensi. Dengan informasi ini Anda bisa tahu daya tarik apa saja yang bisa Anda nikmati dan aktivitas menarik apa saja yang bisa Anda lakukan di Pantai Pandawa.