Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Sungai Liat, Kab. Bangka, Kepulauan Bangka Belitung; Map: Cek Lokasi

Pulau Bangka terkenal akan destinasi wisata pantai yang menakjubkan, salah satunya adalah Pantai Turun Aban. Keindahan yang dimiliki mampu membuat wisatawan yang datang menjadi takjub. Saat ini masih belum banyak pengunjung, karena lokasinya lumayan susah dijangkau. Justru kondisi inilah yang menjadi salah satu daya tariknya, terutama bagi mereka yang merindukan suasana hening dan damai.

Seperti pantai yang ada di Kepulauan Bangka Belitung, ciri khas yang paling utama adalah adanya batuan granit, meskipun tidak semuanya. Inilah yang juga ada di pantai cantik yang menjadi pembahasan kita kali ini. Batuan granit tersebar di beberapa titik sehingga memberikan kesan semakin eksotis dan indah.

Bentuknya unik, sedikit melengkung dan dibatasi oleh tajung atau tebing tinggi. Pantai ini termasuk tipe pantai teluk, sebelumnya juga dikenal dengan nama Pantai Teluk Limau. Adapun nama berganti setelah mahasiswa yang datang dengan tujuan KKN memperbaiki fasilitas yang ada di sekitar lokasi. Mereka akhirnya memasang papan petunjuk dengan nama yang kita kenal saat ini untuk memudahkan wisatawan yang datang.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Turun Aban

Daya Tarik Pantai Turun Aban
Image Credit: Google Maps Cipto Sudrajat

Meskipun tidak terlalu ramai pengunjung, bukan berarti tidak ada daya tarik yang dimiliki. Pergantian nama menjadi Pantai Turun Aban tidak sedikit pun mengubah daya tarik dan kecantikannya, berikut ulasan selengkapnya!

1. Eksotisme Batuan Granit

Tidak dapat di pungkiri bahwa pembeda utama antara pantai di Bangka dengan kawasan lain yakni adanya batu granit. Seperti yang diketahui, sebagian besar pantai dipenuhi dengan batu karang yang terjadi karena proses pembentukan tumbuhan laut. Di sini, anda tidak menemukan satu pun batu karang yang tajam.

Adanya batu granit memberikan kesan eksotis dan sekaligus ciri khasnya. Ukurannya bervariasi, ada yang berukuran sangat besar. Batu ini tersebar di beberapa titik bibir Pantai Turun Aban. ada satu titik yang terlihat memiliki banyak tumpukan, di atasnya terdapat batu granit hitam berukuran lebih kecil.

Masyarakat setempat menamakan batu tersebut dengan ‘Akek Antak’ yang berarti Kakek Antak. Soal asal usul nama tersebut masih belum diketahui, namun pastinya ada sejarah dan mitos dibaliknya. Terlepas dari adanya batu yang dikhususkan tersebut, secara keseluruhan pemandangan batu di sini sangat indah.

2. Diapit Perbukitan Tanjung

Tidak kalah dengan daya tarik yang pertama, Pantai Turun Aban diapit oleh perbukitan tanjung. Dengan kondisi ini, bentuk pantai hampir mirip seperti cekungan datar, meskipun tidak sempurna. Bukit yang sedikit menjorok ke arah laut ini tentunya bukan hanya sebagai hiasan, wisatawan dapat menaikinya jika perlu.

Dari atas ketinggian, mereka dapat melihat keindahan pantai lebih sempurna. Eksotisme batu granit, air laut hijau tosca, dan tumbuhan rindang yang mengelilingi jelas terlihat di puncak bukit. Bukan hanya itu, ombak bergulung yang berkejaran hingga ke bibir pantai pun dapat disaksikan dengan jelas.

3. Pantai Tenang dengan Ombak Minim

Oleh sebab Pantai Turun Aban tergolong tipe teluk, maka ombak yang datang juga sangat minim. Hal ini dikarenakan angin yang berhembus kencang yang membawa gulungan ombak tinggi terhalang oleh tebing tanjung. Kondisi ini cocok dijadikan sebagai tempat berenang atau bermain air, apalagi kedalaman air di tepi pantai tidak terlalu dalam.

Meski demikian, tetap diharapkan berhati-hati karena kondisi cuaca yang tidak menentu. Terutama ketika angin laut, biasanya ombak datang dari arah laut lepas yang tidak terhalang oleh tebing. Masih belum banyaknya wisatawan yang datang berkunjung membuat pantai ini memiliki suasana yang tenang, hening, dan damai.

Daya Tarik Dimilki Pantai Turun Aban
Image Credit: Google Maps Cipto Sudrajat

4. Hamparan Pasir Putih

Daya tarik Pantai Turun Aban berikutnya adalah hamparan pasir putih yang lumayan luas. Memang tidak terlalu panjang untuk ukuran pantainya, namun bentangan pasir putih cukup lebar. Hanya saja di tengah pantai terdapat tumpukan batu granit hingga ke bibir pantai, jadi terlihat cukup sempit.

Tekstur pasir di sini sangat lembut, cocok dijadikan sebagai media permainan ramah anak. Bergulung di pasir, memendamkan diri, atau sekedar berjalan-jalan menyusuri pantai cukup aman dilakukan. Tidak perlu menggunakan alas kaki karena tidak ditemui batu karang yang terkenal ketajamannya.

5. Dihiasi Perahu Nelayan yang Bersandar

Ketika berada di Pantai Turun Aban, anda tidak hanya mengunjungi destinasi wisata, namun juga tempat berlabuh nelayan setempat. Jangan heran jika ada waktu tertentu akan banyak perahu nelayan bersandar yang menjadikan pemandangan semakin menarik. Cat warna-warni dari nelayan menjadi pemandangan yang berbeda.

Bentuknya juga unik, karena masing-masing daerah memiliki bentuk perahu yang berbeda. Biasanya menyesuaikan dengan jenis tangkapan ikan dan bagaimana melakukan pekerjaan selama menangkap ikan. Jika memungkinkan, anda pun dapat meminta pemilik perahu untuk menyusuri pantai dengan harga yang disepakati.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Turun Aban
Image Credit: Google Maps Cipto Sudrajat

Pantai Turun Aban termasuk salah satu gugusan pantai cantik yang ada di Sungai Liat. Alamat lengkapnya berada di Sinar Baru, Kecamatan Sungai Liat, Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung. Jarak dari Pangkal Pinang lumayan jauh, sekitar 42 kilometer dengan waktu tempuh selama 1 jam.

Oleh sebab kondisi jalan yang mulus dan tidak terlalu macet, mungkin anda bisa sampai ke lokasi kurang dari waktu yang disebutkan. Ada banyak rute yang bisa diambil, namun yang terbaik adalah dengan melewati Jalan Sungai Liat – Pangkalpinang. Silahkan lurus terus mengikuti jalur utama hingga tiba di Jalan Jenderal Sudirman.

Rute selanjutnya adalah melewati Jalan Batin Tikal dan meneruskan perjalanan hingga tiba di Jalan Belinyu Sungai Liat. Setelah tiba di jalan Hotel Parai Indah, anda hanya perlu mengikuti jalur utama sampai di Jalan Pantai Matras. Dari sini, silahkan ikuti petunjuk jalan yang telah disediakan pihak pengelola.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket di Pantai Turun Aban
Image Credit: Google Maps Cipto Sudrajat

Keindahan dan pesona eksotis Pantai Turun Aban ternyata tidak mahal, anda hanya butuh membeli tiket masuk sebesar 5.000 rupiah. Tiket tersebut untuk segala usia, baik anak-anak maupun dewasa. Dengan biaya murah, wisata bahari semakin menarik karena tidak perlu khawatir dompet menipis.

Adapun biaya lain yang diperlukan yakni untuk parkir kendaraan. Cukup murah juga, hanya 2.000 bagi yang membawa sepeda motor, dan 5.000 untuk mobil. Apabila ingin berkeliling pantai dengan perahu, siapkan uang tambahan. Masih belum ada patokan khusus dalam hal ini, silahkan negosiasi dengan pemiliknya.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Turun Aban

Aktivitas Menarik Pantai Turun Aban
Image Credit: Google Maps Cipto Sudrajat

Apa yang anda lakukan ketika berada di objek wisata pantai? Tentunya bermain air bukan? Hal ini juga bisa anda lakukan ketika mengunjungi Pantai Turun Aban. Tetapi masih banyak aktivitas lain yang dapat dilakukan, berikut ulasan lebih lengkapnya!

1. Berenang dan Bermain Air

Terkenal dengan kejernihan airnya karena dasar pantai didominasi oleh batu granit, aktivitas yang cocok dilakukan tentunya berenang. Tidak terlalu dalam, bahkan dikatakan sangat dangkal dalam waktu tertentu. Ketika air surut bahkan terlihat batu granit indah yang sebelumnya terendam air laut.

Namun jangan terlalu ke tengah, karena pasti dalam seperti halnya pantai di tempat lain. Jika terlalu khawatir, ada baiknya jika hanya bermain air di tepi pantai. Sambil bermain pasir putih dan lembut, bermain air di sini lumayan menyenangkan. Terlebih jika anda datang bersama rombongan keluarga.

2. Berkeliling Pantai dengan Perahu

Aktivitas menarik di Pantai Turun Aban selanjutnya adalah berkeliling pantai. Bukan dengan berjalan di tepi pantai, melainkan menyewa perahu dan berputar di sekitar pantai nan indah ini. Tidak selamanya nelayan pergi melaut, ada kalanya mereka libur karena tangkapan sepi. Adanya wisatawan yang berkunjung seringkali dimanfaatkan oleh para nelayan setempat untuk mengais rezeki tambahan.

Aktivitas Dilakukan di Pantai Turun Aban
Image Credit: Google Maps Trayasrindra

3. Mendaki Bukit Tanjung

Apabila belum puas menikmati keindahan pantai dari bawah, silahkan mendaki bukit tanjung yang ada di tepi pantai. Tidak perlu khawatir lelah, karena ketinggiannya tidak terlalu seperti halnya perbukitan di lokasi pegunungan. Dari puncak bukit, anda pun bisa lebih puas melihat pemandangan Pantai Turun Aban secara keseluruhan.

4. Berburu Spot Foto

Selama liburan di salah satu pantai di Sungai Liat ini, ada baiknya jika anda menyiapkan kamera terbaik. Tidak harus kamera DSL, kamera dari ponsel pun cukup mendukung karena teknologinya hampir mirip. Keindahan yang ada di lokasi tentu sayang jika hanya dilewatkan begitu saja tanpa harus diabadikan bukan? Apalagi banyak spot foto cantik dan eksotis, salah satunya adalah tumpukan batu granit.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasiltas di Pantai Turun Aban
Image Credit: Google Maps Ganda

Mengenai fasilitas, Pantai Turun Aban menyediakan beberapa yang penting sebagai penunjang. Ada tempat parkir, dimana merupakan fasilitas pertama yang anda gunakan. Selain itu, ada juga mushola, toilet, dan pondok kecil di tepi pantai. Untuk warung masih belum banyak, jadi ada baiknya jika anda membawa bekal sendiri dari rumah.

Apapun tujuan wisata, semua itu pastinya layak dilakukan dan diperjuangkan. Tetapi ada yang harus diperhatikan, yakni persiapan yang matang dari budget dan kondisi tubuh. Berkunjung ke Pantai Turun Aban juga demikian, pastikan bahwa kondisi tubuh anda fit dan sehat, mengingat banyak sekali aktivitas yang dapat dilakukan selama di lokasi.