Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Rebo, Sungai Liat, Kab. Bangka, Kepulauan Bangka Belitung; Map: Cek Lokasi

Objek wisata Bangka selalu menarik dikunjungi, meskipun banyak ditemukan jenis wisata lainnya. Salah satunya adalah Pantai Takari yang berada di Kepulauan Bangka Belitung, tepatnya berada di Desa Rebo. Tempat ini tidak pernah sepi pengunjung, baik di hari libur maupun hari aktif. Meskipun tidak dapat di pungkiri bahwa pengunjung semakin ramai ketika musim liburan tiba.

Sebagian wisatawan enggan berlibur ke pantai dengan alasan takut kulitnya hitam. Jika anda termasuk salah satunya, berkunjung ke sini tidak demikian. Ini dikarenakan lokasinya yang sejuk dan asri, banyak pepohonan yang tumbuh subur di sepanjang garis pantai. Berbagai spot foto ditemukan di sini, meskipun sebagian besar merupakan spot foto liar.

Pengunjung yang datang bukan hanya dari warga sekitar, namun banyak juga yang datang dari daerah lain. Selain menikmati suasana pantai pada umumnya, mereka datang dengan alasan karena Pantai Takari berbeda dengan pantai pada umumnya. Sebagian datang bersama rombongan keluarga, sebagian lagi datang bersama pasangan atau teman.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Takari

Daya Tarik Pantai Takari
Image Credit: Google Maps Eko Zainuddin

Apapun jenis objek wisatanya, pasti ada daya tarik yang menjadikan alasan wisatawan datang berkunjung. Anda bisa menemukan banyak daya tarik di sini, mulai pasir putih, air laut, dan teduhnya suasana.

1. Pasir Putih Pantai Takari

Ciri khas dari pantai yang ada di Kepulauan Bangka Belitung adalah dari pasir putih yang lembut. Ini juga bisa anda jumpai di Pantai Takari di sepanjang garis pantai. Teksturnya yang lembut biasanya dijadikan sebagai wahana bermain sederhana, ada yang membuat terowongan, ada juga yang membuat bangunan di pinggir pantai dengan pasir yang terkena air laut.

Bentangan pasir putih di sini sangat luas sejauh mata memandang. Kontras warna dari air laut dengan pasir putih cukup jelas terlihat menampilkan pesonanya. Tidak ada batu granit seperti halnya pantai yang ada di Bangka Belitung pada umumnya. hal ini menjadikan area bibir pantai terlihat lebih luas.

2. Deretan Pohon Cemara Menyejukkan

Sedikit ditemukan pantai yang memiliki deretan pohon di sekitarnya, biasanya hanya berupa pasir dan batuan karang. Hal itu tidak berlaku bagi Pantai Takari, karena banyak sekali pohon cemara di sepanjang bibir pantai. Bahkan di salah satu, sudut, anda pun bisa melihatnya seolah sebuah hutan rimbun dengan warna hijau alami.

Adanya deretan pohon cemara ini menjadikan suasana pantai lebih sejuk. Bisa dikatakan bahwa anda mendapatkan dua pemandangan atau suasana sekaligus. Tentunya yang dimaksud adalah suasana pantai dan suasana pegunungan atau perbukitan. Wisatawan yang berkunjung sering menjadikannya sebagai tempat berteduh menghindar dari terik sinar matahari.

Daya Tarik Dimiliki Pantai Takari
Image Credit: Google Maps Tri Yulianto

3. Air Laut Biru

Daya tarik lain yang dimiliki Pantai Takari adalah warna air laut yang biru. Cukup jernih jika dilihat dari kejauhan, apalagi jika arus air sedang tenang. Oleh sebab air laut biru inilah banyak yang memanfaatkannya untuk kegiatan menyelam atau snorkeling. Diharapkan berhati-hati ketika melakukan aktivitas ini, karena ketinggian ombak tidak dapat diprediksi.

Tetapi secara keseluruhan, ombak air laut di sini rata-rata tidak begitu tinggi. Banyak juga pengunjung yang berenang atau sekedar bermain air jika ombak tenang. Kelebihan lain yang juga menjadi daya tarik dalam hal air laut ini adalah dari kebersihannya. Hampir tidak ditemukan sampah selama anda di lokasi, apalagi pengelola menyediakan beberapa tempat sampah di titik strategis.

4. Tersedia Spot Foto Cantik

Pantai Takari adalah pantai yang indah dengan segala pesonanya. Tidak jarang wisatawan yang datang hanya bertujuan untuk foto selfie. Meski demikian, pengelola tidak lupa menyediakan spot foto khusus bagi mereka yang ingin mengabadikan momen. Sebut saja spot karangan bung cantik berbentuk hati yang selalu menjadi incaran pengunjung.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Takari
Image Credit: Google Maps Hanifa Dwi Santi

Desa Rebo, Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, itulah alamat yang harus anda tuju jika ingin mengunjungi Pantai Takari. Jarak dari Pangkal Pinang kurang lebih 24 kilometer, memang lumayan jauh. Tetapi jarak tersebut bisa anda tempuh hanya dengan waktu kurang dari 40 menit karena kondisi jalannya lancar.

Selama perjalanan, anda akan menemukan deretan pantai cantik lainnya, seperti Pantai Pukan, Pantai Air Anyir, dan Pantai Temberan. Rute terbaik adalah melewati Jalan Gabek Raya terlebih dahulu. Kemudian mengarahkan kendaraan menuju ke Jalan Lintas Tim dan melewati Jembatan Baturusa.

Lanjutkan perjalanan hingga anda melewati ketiga pantai yang telah disebutkan diatas. Setelah melewati Jalan Lintas Timur Bangka, tidak lama lagi anda berada di Jalan Hj Eko Maulana Ali. Ikuti jalan utama hingga menemukan pertigaan, lalu belok kanan menuju ke lokasi wisata tujuan. Manfaatkan petunjuk jalan yang disediakan, atau bisa juga menggunakan aplikasi Google Maps.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Pantai Takari
Image Credit: Google Maps Dwi Hastuti

Untuk menikmati segala pesona yang dimiliki Pantai Takari, pastinya anda sadar bahwa hal itu tidak gratis. Sediakan uang sebesar 10.000 rupiah satu orang sebagai syarat wajib masuk ke pantai. Dengan biaya tersebut, anda berhak menikmati indahnya pantai di Bangka Belitung ini dan memanfaatkan spot foto yang disediakan.

Perlu diketahui, harga tiket masuk masih belum retribusi parkir. Siapkan tambahan biaya sebesar 5.000 rupiah jika anda membawa kendaraan roda dua atau sepeda motor. Sedangkan jika membawa roda empat, anda pun harus menyediakan uang parkir sebanyak 10.000 rupiah.

Biaya lain yang mungkin dibutuhkan adalah jika ingin menyewa pondok atau gazebo. Tidak terlalu mahal, hanya 50.000 rupiah terhitung sampai anda meninggalkan lokasi. Pantai Takari di buka setiap hari, jadi silahkan datang kapa saja anda mau. Hanya saja waktu terbaik berkunjung yakni di pagi atau sore hari karena cuaca nya jauh lebih sejuk.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Takari

Aktivitas Menarik Pantai Takari
Image Credit: Google Maps Nata Bangka

Informasi diatas masih belum cukup meyakinkan anda untuk datang ke lokasi? Wajar saja jika demikian, karena mengunjungi objek wisata bukan hanya sekedar daya tariknya, melainkan juga aktivitas di dalamnya. Oleh sebab itulah kami sudah merangkum informasi mengenai aktivitas menarik di Pantai Takari berikut!

1. Piknik Santai Bersama Keluarga

Mengunjungi sebuah objek wisata memang sebaiknya bersama keluarga. Paling tidak dengan pasangan atau teman supaya tidak sendirian. Aktivitas pertama yang dapat dilakukan adalah bersantai, tentu bukan sekedar santai biasa. Sambil menggelar tikar, acara piknik sederhana pun dimulai.

Aktivitas seperti ini mampu mempererat hubungan, baik bagi mereka yang berkeluarga atau pasangan yang menjalin ikatan cinta. Bercengkerama sambil menikmati suasana alam cocok dilakukan di Pantai Takari. Apalagi banyak deretan pohon cemara yang melengkapi keindahannya, juga membuat suasana semakin asri.

2. Bermain Air dan Pasir

Bukan hal yang istimewa jika berkunjung di pantai melakukan kegiatan yang berhubungan dengan air. Di sini, kamu bisa berenang atau hanya sekedar bermain air dan berbasah-basahan. Ombaknya yang tenang semakin mendukung aktivitas ini. Meski demikian, tetap saja harus berhati-hati dan tidak terlalu ke tengah karena kontur pantai memiliki kedalaman yang berbeda di setiap titiknya.

3. Wisata Kuliner

Suka menikmati makanan khas suatu daerah? Pantai Takari menyediakan berbagai makanan lezat yang membuat lidah wisatawan bergoyang. Jagung bakar adalah salah satunya yang selalu ramai dipenuhi pembeli. Selain itu, pastinya ikan bakar juga ditemukan di sini. Ikan didapatkan dari nelayan sekitar yang dijamin masih segar.

Bukan hanya dari jenis makanan, sebagaimana di tempat wisata juga ditemukan berbagai jenis minuman. Pastinya anda tidak asing dengan es kelapa muda, di sini juga ada dan bahkan cukup banyak penjualnya. Sambil menikmati kesegarannya, menikmati suasananya yang sejuk juga menarik dilakukan.

Aktivitas Dilakukan di Pantai Takari
Image Credit: Google Maps Tri Yulianto

4. Spot Foto Selfie

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, pengelola Pantai Takari menyediakan beberapa spot foto cantik, cocok bagi anda yang suka foto selfie. Selain itu, spot yang tidak kalah menarik yakni latar belakang pantai, baik dari air birunya yang jernih atau bentangan pasir putih yang luas. Hanya butuh menekan tombol foto untuk mendapatkan hasil jepretan sempurna, tidak perlu menjadi fotografer profesional.

5. Menunggu Indahnya Sunset

Selain foto, aktivitas yang wajib dilakukan selama mengunjungi objek wisata pantai adalah menunggu matahari tenggelam. Meskipun tidak semuanya pantai menampilkan pemandangan indah sunset, namun rata-rata pantai di Bangka Belitung menyajikan pesona ini. Indahnya warna jingga dari matahari yang perlahan tenggelam cukup layak ditunggu.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas di Pantai Takari
Image Credit: Google Maps Dedi Harianto

Pantai Takari adalah salah satu pariwisata yang dikelola dengan baik oleh swadaya masyarakat sekitar dan dibantu pihak pemerintah. Dalam hal fasilitas tidak dapat diragukan lagi, lumayan lengkap dan sesuai dengan kebutuhan wisatawan. Area parkir luas, toilet, dan mushola tersedia di sini. Hanya saja untuk akses jalan masuk ke pantai masih belum begitu baik, sebagian berupa jalan tanah sehingga becek jika hujan tiba.

Itulah hal penting yang wajib anda ketahui sebelum mengunjungi salah satu pantai cantik ini. Penting sekali untuk mengetahui segala hal yang berhubungan dengan daya tarik, harga tiket, dan fasilitas. Dari semua keterangan diatas, Pantai Takari sepertinya masih layak dijadikan destinasi wisata bahari alternatif berikutnya.