Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Parit Padang, Kec. Sungai Liat, Kab. Bangka, Kepulauan Bangka Belitung; Map: Cek Lokasi

Pantai Tikus Emas yang berada di Sungailiat merupakan destinasi yang menjadi pilihan mengisi liburan. Pantainya bersih dengan pasir putih yang dihiasi bebatuan granit. Nama pantainya juga unik, namun bukan berarti ada banyak tikus hidup di kawasan pantai ini. Memang tidak ada yang tahu pasti asal-usul nama Tikus Emas, namun ada beberapa versi yang berbeda.

Beberapa orang mengatakan jika Tikus Emas diambil dari banyaknya jalan tikus yang dilalui oleh para penambang ilegal untuk membawa hasil tambangnya. Ada pula yang mengatakan jika dulu memang kawasan ini banyak dihuni tikus. Meski begitu, Anda tidak akan menemukan hewan pengerat itu saat mengujungi salah satu pantai pasir putih di Bangka Belitung ini.

Selain asal usul namanya yang memiliki banyak versi, kawasan ini juga memiliki cerita mistis. Konon ada seorang pemancing yang melihat seorang wanita berdiam diri. Semenjak saat itu, masyarakat percaya jika kawasan ini ditunggu oleh seorang wanita. Selain itu, banyak juga yang datang untuk mencari wangsit.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Tikus Emas

Daya Tarik Pantai Tikus Emas
Image Credit: Google Maps suryanto tjan

Terlepas dari kisah-kisah mistisnya, Tikus Emas sangat cocok sebagai pilihan tempat liburan bersama keluarga. Hal ini karena adanya banyak daya tarik yang akan memanjakan pengunjung. Beberapa daya tarik yang dimiliki seperti berikut.

1. Ikon Pantai

Saat memasuki kawasan pantai, pengunjung akan menemukan sebuah patung besar setinggi kurang lebih 5 meter berbentuk tikus dengan warna emas. Patung yang sudah menjadi ikon ini banyak digunakan oleh pengunjung sebagai tempat untuk berfoto karena keunikannya. Karena bentuknya yang khas, maka sayang sekali jika melewatkan berfoto dengan patung tikus raksasa ini.

Selain patung tikus, ikon pantai ini berupa tulisan besar dengan tulisan Pantai Tikus Emas. Lokasinya ada di tebong sebelah kanan. Di bawah tulisan tersebut terdapat kolam dengan taman untuk menambah cantik. Kolam ini juga memiliki perahu dayung, namun karena keterbatasan area kolam sehingga pengunjung harus mengantri untuk menaiki perahu yang hanya disediakan satu buah saja.

2. Pemandangan Pantai

Pantai ini memiliki pesona keindahan alam yang memanjakan mata. Pantai yang berwarna biru kehijauan dan hamparan pasir putih yang memiliki bebatuan granit sehingga tidak akan membosankan mata yang memandang. Di kawasan ini juga ditumbuhi banyak pepohonan cemara. Karenanya suasana pantai tetap terasa teduh meskipun saat siang hari.

Selain teduh, pemandangan sore hari jauh lebih indah. Anda dapat datang untuk menunggu sunset dan merasakan sendiri sensasi menikmati garis cakrawala dengan paduan warna merah kekuningan di pantai ini. Ditemani suara deburan ombak, sunset menjadi waktu yang pas untuk menikmati pemandangan pantai yang indah.

3. Vihara Puri Tri Agung

Tidak jauh dari pantai terdapat sebuah bangunan vihara yang akan menarik perhatian bagi para pengunjung. Bangunan vihara ini memiliki bentuk bulat, tingginya mencapai 30 meter. Pekarangan di depannya sangat luas dan langsung menghadap Laut Cina Selatan, sehingga pengunjung bisa menikmati pemandangan pantai khas Bangka.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket

Alamat Tikus Emas
Image Credit: Google Maps Yunita Afsari

Pantai Tikus Emas berada di Parit Padang, Sungailiat. Merupakan salah satu pantai pasir putih di Bangka, Kepulauan Bangka Belitung. Lokasinya tidak jauh dari Pantai Pesona, hanya perlu meneruskan perjalanan ke arah selatan menggunakan akses Jl. Lingkar Timur. Perjalanannya hanya sekitar 10 menit saja.

Sedangkan jika Anda datang dari Pangkalpinang, perjalanan yang harus ditempuh kurang lebih 45 menit, masih menuju Jl. Lingkar Timur. Meskipun jalanan menuju lokasi termasuk mudah, namun akan lebih baik jika menggunakan kendaraan roda dua. Hal ini karena akses jalan turun menuju lokasi pantai tidak bisa dilalui dengan menggunakan kendaraan roda empat.

Pantai Tikus Emas cukup ramai dikunjungi terutama saat musim liburan. Selain karena pemandangannya yang indah, liburan ke pantai ini juga murah meriah. Anda hanya perlu membayar biaya tiket masuk sebesar Rp 5.000 saja per orang. Sedangkan untuk parkir, Anda hanya perlu membayar Rp 2.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Tikus Emas

Aktivitas Menarik Pantai Tikus Emas
Image Credit: Google Maps Keyy Zz

Ada banyak sekali kegiatan-kegiatan menarik yang dapat dilakukan jika berkunjung ke Pantai Tikus Emas. Apalagi sudah tersedia banyak wahana seru yang dapat dicoba oleh para pengunjung. Jika ingin liburan Anda di pantai ini menjadi lebih menyenangkan, Anda dapat mencoba beberapa kegiatan menarik seperti berikut.

1. Menikmati Pemandangan

Pemandangan di pantai ini sangat indah sehingga Anda bisa saja datang hanya untuk menikmati pemandangan. Duduk bersantai sambil melihat laut lepas diiringi deburan ombak tentu akan membuat pikiran lebih segar. Anda bisa membawa tikar untuk rekreasi bersama keluarga. Jika tidak, Anda juga bisa duduk bersantai di kursi yang tersedia.

Pantai ini akan lebih indah saat matahari terbenam. Karena itu, jika ingin menikmati pemandangan saja, akan lebih baik datang menjelang sore. Anda tidak akan menyesal menunggu saat-saat matahari terbenam di pantai ini. Langit jingga yang berpadu dengan air laut yang biru pasti akan memanjakan mata.

2. Mencoba Berbagai Wahana

Ada banyak sekali wahana-wahana yang dapat Anda coba jika berkunjung ke Pantai Tikus Emas. Anda dapat mencoba ATV di pantai ini. Harga sewanya juga tidak mahal. Anda juga bisa menyusuri pantai dengan berkuda hanya dengan membayar Rp 10.000 saja. Jika bersama keluarga, Anda dapat menaiki cidomo atau semacam delman yang dapat menampung hingga lima orang.

Wahana air juga banyak tersedia. Seperti misalnya jetski yang dapat Anda sewa hanya dengan Rp 200.000 saja selama 15 menit. Jika Anda datang beramai-ramai, maka dapat juga mencoba banana boat yang pasti sangat seru.

3. Bermain Air

Bermain ke pantai memang terasa kurang jika belum merasakan bermain air. Jika sedang tidak pasang, air laut memang cukup bersahabat sehingga Anda dapat bermain di perairan yang dangkal. Namun jika sedang pasang, Anda harus cukup berhati-hati apalagi jika membawa anak-anak. Ombak pantai saat pasang bisa hingga 1,5 meter, karenanya akan lebih baik jika hanya di pinggiran pantai saja.

Aktivitas Menarik di Pantai Tikus Emas
Image Credit: Google Maps Didibae Didibae

4. Memancing

Memancing juga bisa Anda lakukan di kawasan ini. Ada banyak spot-spot di mana Anda dapat dengan mudah mendapatkan hasil pancing. Ikan yang akan Anda dapatkan beragam dan ukuran yang beragam pula. Jika Anda memiliki hobi memancing, maka jangan lupa untuk membawa peralatan pancing jika berkunjung ke kawasan pantai pasir putih ini.

5. Berkemah

Jika Anda menyukai kegiatan berkemah, maka Anda dapat mencobanya di Pantai Tikus Emas. Tidak perlu khawatir jika tidak memiliki tenda karena pengelola pantai telah menyediakan jasa sewa tenda. Anda hanya perlu membayar sewa Rp 50.000 saja dan sudah bisa menikmati keindahan pantai pada malam hari sambil melakukan kegiatan seru bersama kawan.

Penginapan Murah di Sekitar Pantai

Penginapan Murah Pantai Tikus Emas
Image Credit: Instagram Hotel Tanjung Pesona

1. Hotel Tanjung Pesona

Memberikan pelayanan yang cepat dan ramah, lokasi penginapan ini juga sangat tenang dan nyaman, sangat cocok untuk tempat menginap bersama keluarga. Sangat dekat dengan pantai sehingga pengunjung dapat langsung menikmati pemandangan. Fasilitas juga memadai, termasuk telah tersedia WiFi, lahan parkir, restoran, kolam renang, dan resepsionis selama 24 jam.

2. Pesona Bay Hotel

Penginapan ini sangat dengan dengan Pantai Tikus Emas. Hanya berjarak kurang lebih 800 meter saja. Pelayanannya ramah dan tempatnya bersih. Penginapan ini juga langsung menghadap pantai sehingga pengunjung dapat menikmati pemandangan dari teras. Fasilitas yang tersedia seperti AC, WiFi, restoran, lahan parkir, serta resepsionis 24 jam.

3. Manunggal Hotel

Jarak penginapan ini menuju pantai kurang lebih sejauh 6 kilometer. Dengan kamar yang bersih dan fasilitas yang memadai, pelayanan di penginapan ini juga sangat ramah. Pengunjung yang menginap akan mendapatkan fasilitas berupa WiFi, restoran, lahan parkir, serta resepsionis yang siap melayani selama 24 jam.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Pantai Tikus Emas
Image Credit: Google Maps Pulung Pranantya

Pantai Tikus Emas memiliki fasilitas-fasilitas yang cukup memadai bagi para pengunjung. Fasilitas seperti area parkir telah tersedia dengan lahan yang cukup luas dan dapat menampung kendaraan roda dua maupun roda empat. Tersedia juga musala untuk beribadah. Musala juga sudah dilengkapi dengan perlengkapan untuk salat.

Pantai ini juga menyediakan berbagai wahana baik di sekitar pantai maupun wahana air. Wahana ini dapat dicoba tanpa perlu merogoh kantong yang terlalu dalam. Ada juga kamar mandi untuk membilas diri setelah bermain air. Kamar mandi yang tersedia di pantai ini cukup bersih dan terawat.

Jika Anda hanya ingin bersantai saja, sudah tersedia kursi-kursi pantai yang sudah disediakan oleh pengelola. Kursi-kursi ini juga dinaungi oleh pepohonan cemara sehingga terasa teduh meski saat siang. Jika ingin bermalam, Anda juga bisa menyewa tenda. Penyewaan tenda juga termasuk sangat murah sehingga dapat menghemat budget jika ingin bermalam.

Pantai Tikus Emas memiliki nama yang unik, pemandangan yang tersaji juga sangat memanjakan mata. Dengan pesona keindahan alamnya, tersedia juga banyak wahana seru yang akan membuat liburan menjadi lebih menyenangkan dan berkesan. Tidak heran jika saat ini pantai dengan batu granit khas Bangka Belitung ini selalu ramai oleh pengunjung terutama saat musim liburan.