Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Tepus, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Pantai Watu Lawang adalah salah satu pantai yang mempesona di Gunung Kidul, Yogyakarta. Ya, wilayah Gunung Kidul memang banyak pantai-pantai populer. Tak heran jika daerah ini sering disebuut sebagai gudangnya deretan pantai. Termasuk Watu Lawang yang keeksotisannya menjadi magnet bagi wisatawan.

Pantai nan cantik ini memiliki hamparan pasir putih yang luas. Banyak dijumpai bebatuan dan karang yang kokoh. Hal ini disebabkan karena keberadaan pantai yang dikelilingi oleh perbukitan. Bebatuan inilah yang membuat pantai semakin terlihat eksotis dan cantik.

Istilah nama Watu Lawang memiliki filosofi yang berarti pintu batu. Di pantai ini memang terdapat goa batu yang bentuknya menyerupai pintu. Biasanya warga setempat sering menggunakannya sebagai tempat untuk melaksanakan upacara nyadran, yakni sebuah upacara adat yang dilakukan pada bulan Sya’ban berdasarkan kalender Islam.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Watu Lawang

Daya Tarik Pantai Watu Lawang
Image Credit: Google Maps Hey Tsan

1. Pemandangan Pantai yang Sangat Eksotis

Wisata pantai memang selalu menyuguhkan pemandangan yang memanjakan mata. Tak terkecuali di Pantai Watu Lawang nan cantik ini. Sesampainya di bibir pantai, Anda langsung akan disambut oleh hamparan pasir putih kecoklatan, batuan karang yang kokoh, pemandangan hijau dari tanaman pandan, serta birunya air laut.

Ditambah dengan adanya gazebo-gazebo yang berdiri di atas pasir. Seolah membuat Anda tak ingin melewatkan pemandangan cantik ini sedikitpun. Bahkan kondisi pasir di pantai ini juga masih sangat bersih. Anda bisa beraktivitas bermain pasir dan sebagainya tanpa melihat adanya sampah yang tercecer.

2. Belum Ramai oleh Rutinistas Wisatawan

Jika Anda menginginkan nuansa pantai yang masih belum dikunjungi banyak wisatawan, maka pantai nan menawan ini sangat recomended untuk dikunjungi. Suasana tenang, jauh dari hiruk pikuk keramaian kota. Penatnya pekerjaan yang menumpuk juga menjadi terlupakan sesaat karena ketenangan dan keindahan pantai.

Tak heran jika di waktu libur, suasana di pantai nan indah ini akan terlihat lebih banyak pengunjung dibanding hari biasanya.

Daya Tarik Dimiliki Pantai Watu Lawang
Image Credit: Google Maps Наталья Нестеренко

3. Terdapat Goa/Benteng Batu

Pemandangan unik yang ada di Watu Lawang salah satunya adanya goa/ benteng yang terbuat dari batu alami. Pada bagian depan terdapat mulut goa yang membentuk lubang bagaikan pintu.

Di momen-momen tertentu seperti bulan Sya’ban biasanya para warga setempat akan melakukan upacara adat di goa ini. Nah, jika Anda ingin melihat kelestarian budaya di lokasi pantai, maka bisa mengagendakan untuk datang di waktu tersebut.

4. Landscape Berfoto yang Instagramable

Pemandangan di pantai yang dikelilingi batuan karang ini sangat keren jika digunakan untuk berfoto. Nuansa alam yang hijau, jernihnya air laut yang kebiruan, serta hamparan pasir putih nan lembut merupakan gradasi warna yang sangat cantik.

Oleh karena itu, tak heran jika banyak pengunjung yang datang ke Watu Lawang untuk berburu spot yang isnatgenic. Bahkan sering dijadikan sebagai foto prewedding karena suasana pantai yang tidak begitu ramai dan pemandangannya yang keren.

Jangan sampai Anda melewatkan pemandangan khas pantai ini dengan begitu saja. Siapkan kamera terbaik sebelum berkunjung. Abadikan setiap sudut pantai yang memberikan pemandangan eksotis. Sehingga hasilnya bisa Anda unggah di akun sosial media sebagai penambah koleksi foto liburan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Watu Lawang
Image Credit: Google Maps Aprilia Ayu Pratama

Wisatawan yang berkunjung ke Pantai Watu Lawang belum begitu banyak karena keberadaannya yang masih tersembunyi. Padahal keindahan yang disuguhkan tak kalah dengan deretan pantai populer di Gunung Kidul.

Pantai nan menawan ini berada di Yogyakarta, Kabupaten Gunung Kidul. Di Kecamatan Tepus dan Desa Tepus. Jika pengunjung memulai perjalanan dari pusat Kota Yogyakarta maka akan menempuh perjalanan sekitar 2 jam. Bisa diakses menggunakan kendaraan roda empat ataupun kendaraan bermotor.

Untuk menuju lokasi pantai, pengunjung bisa memulainya dari Kota Jogja. Selanjutnya ambil arah menuju Jalan Wonogiri Barat. Ambil arah menuju Pantai Kukup, Krakal dan Pantai Baron yang letaknya masih dalam satu wilayah kecamatan. Selanjutnya Anda akan tiba di Pantai Indrayanti. Jarak kurang lebih 200 meter, Anda akan sampai ke Watu Lawang.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Pantai Watu Lawang
Image Credit: Google Maps Cecilia Okti

Setiap pengunjung yang ingin memasuki destinasi Pantai Watu Lawang hendaknya menyediakan biaya untuk pembayaran harga tiket masuk. Anda cukup membayar tiket seharga Rp 10. 000 per orang. Bahkan dengan tarif tersebut, Anda bisa sekaligus menikmati keindahan dua pantai yakni Indrayani dan Watu Lawang.

Gerbang masuk menuju pantai nan keren ini sama dengan gerbang menuju Pantai Indrayanti. Sehingga pengunjung cukup membayar satu tiket masuk. Adapun untuk biaya parkir kendaraan bermotor cukup mengeluarkan uang Rp 2.000. Sedangkan untuk kendaraan roda empat atau mobil, Anda bisa membayar parkir dengan harga Rp 3.000.

Jam operasional pantai nan cantik ini dibuka selama 24 jam pada setiap harinya. Oleh sebab itu, wisatawan bisa berkunjung kapan saja tanpa harus melihat jadwal kunjung hari-hai tertentu dibukanya lokasi wisata pantai. Termasuk yang ingin berkemah, bisa datang dan mendirikan tenda di lokasi pantai setiap saat.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Watu Lawang

Aktivitas di Pantai Watu Lawang
Image Credit: Google Maps Ibnu wahyu

1. Menikmati Hijaunya Pemandangan

Meskipun di lokasi pantai yang khas dengan pasir putihnya. Akan tetapi, pengunjung tetap bisa menikmati pemandangan alam yang hijau. Karena di batuan karang banyak ditumbuhi oleh tanaman pandan laut.

Sehingga pemandangan di Pantai Watu Lawang tidak terlihat gersang. Bahkan tetap menyejukan ketika dipandang. Membuat jiwa terasa lebih adem.

2. Berenang

Kondisi pantai yang landai membuat ombak di pantai nan cantik ini terlihat tenang. Wisatawan yang berkunjung pun bisa menikmati bermain air dengan nyaman. Salah satunya melakukan aktivitas renang.

Pengunjung juga bisa menyewa ban ataupun pelampung di lokasi pantai. Sehingga rasa aman ketika berenang lebih terasa. Khususnya bagi anak-anak harus tetap dibawah pengawasan orang dewasa ya.

3. Berjalan di Sepanjang Garis Pantai

Aktivitas sederhana namun manfaatnya sangat mendamaikan jiwa yakni berjalan menyusuri pantai. Lembutnya pasir putih dibalut dengan pemandangan air laut yang jernih kebiruan membuat mata terasa dimanjakan oleh alam.

Selain itu, Anda juga akan merasakan hembusan angin pantai, deburan ombak yang lembut tentu membuat jiwa terasa lebih damai. Rasa penat oleh rutinitas sehari-hari terutama pekerjaan yang menumpuk akan terlupakan karena keindahan Pantai Watu Lawang.

Oleh karenanya, jangan ragu untuk mengisi waktu luang Anda di pantai nan cantik ini. Suasananya yang tenang dan kondisi pantainya yang bersih belum tercemar oleh banyaknya aktivitas manusia membuat Anda merasa lebih nyaman.

4. Santai di Bawah Gazebo

Gazebo di bibir pantai dapat Anda manfaatkan untuk tempat berteduh dari teriknya matahari. Selain itu, bisa juga digunakan sebagai tempat santai sambil minum air kelapa muda. Memandang lautan luas tanpa batas.

Uniknya, gazebo di pantai ini atapnya terbuat dari bahan alami bagaikan jerami-jerami yang sudah dikeringkan. Sehingga cocok jika digunakan sebagai spot untuk berfoto.

Aktivitas Menarik di Pantai Watu Lawang
Image Credit: Google Maps Alfiyah Nur

5. Wisata Kuliner

Tidak hanya berwisata menikmati pemandangan Pantai Watu Lawang. Pengunjung juga bisa sembari wisata kuliner. Banyaknya warung yang berada di pinggir pantai mengundang wisatawan untuk mencicipi kulinernya.

Nah, bagi Anda pecinta seafood tentu bisa langsung memesan aneka olahan khas pantai ini ya. Ada kepiting, udang, kerang, ikan bakar ataupun goreng, cumi, serta olahan lainnya. Dijamin rasanya membuat Anda ketagihan. Harganya juga sangat terjangkau karena sefaoodnya masih segar langsung dari para nelayan.

6. Beswafoto dengan View yang Menakjubkan

Momen liburan tidak tearas lengkap jika tidak berswafoto. Ya, termasuk berlibur di Pantai Watu Lawang. Banyaknya batuan karang, hamparan pasir dengan pemandangannya yang menyejukkan bisa membuat hasil foto Anda terlihat instagramable.

Bahkan Anda bisa mengambil view pantai dari ketinggian. Yakni naik di atas batuan karang yang terdapat spot jembatan ataupun berndera merah putih yang berkibar. Selain itu, goa batu yang membentuk pintu juga menjadi spot yang tak kalah eksotis untuk diabadikan.

7. Berjalan di Jembatan yang Mengubungkan Antar Batuan Karang

Pihak pengelola juga menyediakan fasilitas unik yang bisa digunakan wisatawan untuk mengambil angle kamera yang tepat. Yakni adanya sebuah jembatan yang terbuat dari anyaman bambu. Di pinggirnya dibatasi oleh ban-ban yang telah ditali dengan kuat.

Jembatan ini menghubungkan titik batu karang menuju batu karang di depannya. Sehingga pengunjung yang melewatinya bisa berfoto selfie sambil merasa sedikit berdebar-debar. Terlebih saat ditiup oleh angin pantai. Anda bisa bergoyang-goyang bak sedang berjoged di atas jembatan yan unik ini.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Pantai Watu Lawang
Image Credit: Google Maps Akhmad Yudo

1. Musholla

Fasilitas di Pantai Watu Lawang nan cantik ini dibilang sudah lengkap. Salah satunya tersedia musholla. Bagi wisatawan umat Islam yang ingin melakukan ibadah sholat maka tidak perlu lagi mencari mushola jauh-jauh dari lokasi wisata. Karena sudah tersedia mushola yang memadai lengkap dengan perlengkapan sholatnya.

2. Kamar Mandi

Keberadaan kamar mandi tidak hanya satu pintu melainkan ada beberapa pintu yang bisa digunakan. Sehingga para pengunjung tidak perlu antre panjang khususnya di musim liburan saat ramai oleh wisatawan.

3. Gazebo

Di bibir pantai atau tepatnya di hamparan pasir putih yang luas terdapat fasilitas gazebo-gazebo. Jika pengunjung ingin menikmati santai di badan gazebo, maka bisa menyewanya dengan harga terjangkau. Cukup membayar Rp 5.000 per gazebo.

4. Lokasi Camp

Bagi Anda yang ingin menikmati sensasi camping bersama teman-teman bisa langsung sewa tenda dan mendirikannya di lokasi camping. Anda sudah bisa menikmati suasana malam hingga menikmati menjelang pagi saat matahari akan mulai bersinar.

5. Sewa Tenda

Nah, untuk Anda yang ingin nge-camp tetapi malas repot membawa tenda, maka bisa sewa tenda di lokasi ini. Cukup membayar Rp 10.000 per tenda. Anda sudah bisa menikmati suasana pantai yang tergolong masih terjaga kebersihannya.

6. Warung

Meskipun belum banyak yang mengenal Watu Lawang, tetapi deretan warung bisa Anda temukan di sepanjang pinggir pantai. Di warung-warung ini terdapat aneka kuliner olahan seafood, aneka minuman dan makanan yang bisa menggoyang lidah Anda karena kelezatannya.

Demikian informasi tentang Pantai Watu Lawang sebagai salah satu destinasi terkeren yang ada di Gunung Kidul. Bagi Anda khususnya yang ingin mencari suasana berlibur di pantai dalam keadaan sepi dan bersih, maka direkomendasikan untuk datang ke pantai nan cantik ini. Dijamin pemandangannya mampu membuat Anda ternganga kagum.