Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Kanigoro, Kec. Saptosari, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Pantai Widodaren adalah wisata pantai yang memiliki hamparan pasir putih dan batuan karang yang menjulang. Terletak di Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Pusatnya deretan pantai dengan pemandangannya yang indah.

Istilah kata Widodaren berawal dari bahasa jawa yakni kata widodari yang artinya bidadari. Sesuai dengan filosofi namanya, pantai ini memiliki kecantikan yang masih tersembunyi. Belum banyak diketahui oleh wisatawan tentang keberadaannya. Sehingga nuansa pantainya masih sangat alami. Udaranya segar, airnya bersih dan jernih.

Kesejukan Pantai Widodaren juga semakin terasa karena dikelilingi oleh bukit-bukit dengan tanamannya yang hijau. Posisi pantai terletak di bawah tebing. Oleh karenanya, perjuangan menuju Widodaren cukuplah ekstrem. Pengunjung harus menempuh trekking kurang lebih 40 menit perjalanan dari lokasi parkir.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Widodaren

Daya Tarik Pantai Widodaren
Image Credit: Google Maps Ani Novita Sari

1. Kondisi Pantai yang Bersih

Keberadaan pantai yang tersembunyi di bawah tebing menjadikan belum banyak dikenal wisatawan. Padahal pantai yang berada satu deret dengan Pantai Ngrawah ini memiliki keeksotisan yang mengagumkan.

Kondisi pasirnya putih kecoklatan bebas dari sampah. Tidak terlalu luas karena posisinya yang terhimpit oleh tebing-tebing karang. Akan tetapi, wisatawan yang menginjakkan kaki di Pantai Widodaren ini selalu akan merasa nyaman. Bahkan tidak ingin segera bergegas meninggalkan lokasi.

2. Suasana Tepat untuk Menciptakan Kedamaian Jiwa

Bibir pantai yang terlihat mungil menjadikan wisatawan mudah untuk menjelajahinya. Tidak perlu waktu lama untuk berjalan merasakan kelembutan pasir pantai.

Selain itu, suasana di pantai nan elok ini juga masih sepi. Jauh dari keramaian. Oleh sebab itu, wisatawan bisa menjadikannya sebagai tempat untuk mencari ketengan. Jika keseharian Anda harus bergelut dengan keramaian kota, maka di pantai inilah saatnya Anda merefesh otak. Kembali bangkit dari jiwa-jiwa yang rapuh penuh beban.

3. Pemandangan yang Menyejukkan Mata

Selain sepi, pemandangan Pantai Widodaren juga mampu menghipnotis pengunjung untuk tak henti memandangnya. Di sekeliling pantai terdapat banyak tanaman pandan laut yang hijau segar.

Pengunjung juga bisa menikmati keindahan pantai dari atas bukit yang memiliki ketinggian sekitar 7 meter. Sambil duduk santai di hamparan tikar, menikmati bekal makanan, melihat panorama lautan yang luas. Aktivitas ini tanpa disadari mampu membuat Anda kembali fresh, rileks. Beban-beban pekerjaan akan terlupakan sekejap.

4. Ombak Pantai yang Bergemulung

Pantai selatan khususnya wilayah Yogayakarta memang identik dengan ombaknya yang besar. Namun, bukan berarti tidak bisa dikunjungi. Justru adanya ombak besar yang terkadang menghantam batuan karang menjadikan sensasi yang eksotis.

Hantaman ombak yang menghasilkan cipratan mampu mengguyur seluruh badan ketika berada di dekatnya. Momen ini sangat menarik dijadikan spot untuk foto selfie. Bahkan terkadang meninggalkan sisa-sisa air yang tergenang di lubang-lubang batuan karang.

Daya Tarik Dimiliki Pantai Widodaren
Image Credit: Google Maps Teguh Trisaputra

5. Berkemah Sembari Melihat Pemandangan Pantai

Nuansa camping di area Pantai Widodaren memang sangat mengagumkan. Terlebih di waktu malam. Traveller akan mendengar deburan ombak secara jelas, angin pantai yang begitu dingin, dan suasana gelap yang jauh dari penerangan.

Akan tetapi, justru sensasi seperti itulah yang menjadi daya tarik khususnya wisatawan yang ingin mencari ketenangan. Tidak bising oleh keramaian kota. Bahkan ketika bangun di pagi hari suasananya sangat memanjakan mata.

Sambutan burung-burung yang berkicau terbang di atas lautan serta keindahan senyum mentari yang mulai terlihat. Udaranya pun terasa sangat sejuk. Seolah berada di alam bebas yang menyegarkan. Rasanya tak ingin melewatkan momen pagi sedikitpun.

6. Romantisme Sunset yang Tiada Tara

Momen tenggelamnya matahari di Pantai Widodaren selalu menjadi waktu yang dinantikan bagi para pengunjung. Khususnya yang ingin camping di lokasi pantai.

Semburat cahaya jingga yang memenuhi langit ditambah kilauan air laut oleh pantulan sinar matahari, membuat panorama menjadi lebih cantik. Di momen ini pengunjung bisa melakukan foto, santai makan cemilan, ataupun berjalan menyusuri garis pantai.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Widodaren
Image Credit: Google Maps Haidar Abdurrahman

Pantai Widodaren terletak di deretan wilayah Gung Kidul. Lebih akuratnya berada di Kecamatan Saptosari, Desa Kanigoro. Pengunjung bisa menggunakan kendaraan pribadi untuk sampai ke lokasi. Karena belum ada sarana transportasi umum menuju pantai ini.

Jarak dari jantung Kota Yogyakarta sekitar 53 kilometer. Jika menggunakan kendaraan pribadi, pengunjung akan memerlukan waktu kurang lebih 1,5 jam perjalanan.

Dari Kota Jogja ambil arah menuju Wonosari, Gunung Kidul. Melewati Patuk dan AAU Gading. Sesampainya di pertigaan Gading pilih arah yang belok kanan. Dilanjutkan menuju Saptosari sebagai kecamatan dari lokasi pantai.

Pengunjung akan menemukan papan yang bertuliskan Pantai Ngrenahan. Di pantai inilah pengunjung bisa menitipkan kendaraannya. Kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki menuju Widodaren. Waktu yang ditempuh mulai 30 sampai 40 menit berjalan kaki.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Pantai Widodaren
Image Credit: Google Maps Haidar Abdurrahman

Wisatawan yang hendak menikmati keindahan Pantai Widodaren cukup membayar tiket masuk seharga Rp 5.000 per orang. Baik dewasa maupun anak-anak. Sedangkan untuk retribusi parkir dapat dibayar di lokasi pantai Ngrenahan dengan karcis Rp 3.000 untuk kendaraan bermotor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Akan tetapi, penetapan tarif tersebut bisa berubah sewaktu-waktu. Apalagi jika nanti pesona pantai sudah bayak dikenal wisatawan dan pihak pemerintah setempat sudah menyediakan fasilitas pendukung. Mungkin bisa jadi harga tiket masuk menjadi naik.

Adapun jam operasional untuk pantai yang memanjakan mata ini yaitu dibuka dalam waktu 24 jam setiap harinya. Sehingga pengunjung bisa datang di waktu kapan saja.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Widodaren

Aktivitas di Pantai Widodaren
Image Credit: Instagram Pemandangan Jogja

1. Santai di Atas Tebing

Keberadaan tebing yang hijau menjadi salah satu spot terbaik untuk menikmati pemandangan lautan. Hamparan rumput yang cukup luas bisa digunakan untuk menggelar alas tikar.

Pengunjung akan merasakan sensasi bersatu dengan suasana alam yang begitu asri. Terlebih jika dilakukan di pagi hari. Udaranya masih benar-benar segar. Ombak-ombak bergemulung seolah mengucapkan selamat pagi kepada Anda.

2. Menyusuri Pantai

Pasir pantai yang tidak begitu luas memudahkan wisatawan untuk berjalan menyusuri pantai eksotis. Merasakan kelembutannya hingga bermain pasir sepuasnya. Tanpa ada gangguan dari aktivitas manusia.

Berjalan menyusuri Pantai Widodaren sambil merasakan hembusan angin yang sejuk tentu membuat jiwa terasa tenang. Pikiran kembali segar. Seolah hari-hari penuh beban hilang begitu saja. Tersapu oleh ombak yang berdeburan. Hanya ada rasa bahagia karena keelokan pantai yang masih alami.

3. Berswafoto

Kegiatan berfoto menjadi aktivitas yang tidak pernah dilewatkan. Setiap pengunjung yang datang ke lokasi pasti akan langsung terpana oleh keindahannya. Sehingga membuatnya tak sabar lagi untuk mencari spot terbaik agar bisa menghasilkan gambar foto yang instagenic.

Diantaranya yakni di atas bukit dengan background air laut yang jernih, bibir pantai dengan pasir putihnya, dibawah celah-celah tebing yang memberikan kesan bagaikan goa. Dan masih banyak spot lainnya yang cantik menawan.

Anda bisa langsung mengunggah hasil kamera ke akun sosial media. Sebagai tambahan koleksi berfoto. Bahkan bisa dijadikan sebagai sarana untuk memperkenalkan wisata Pantai Widodaren kepada masyarakat di berbagai penjuru. Membuat mereka tertarik untuk berkunjung menikmati keindahan alamnya.

Aktivitas Menarik di Pantai Widodaren
Image Credit: Google Maps Muh Ismail

4. Camping

Lokasi Widodaren yang memerlukan trekking panjang dan terjal sehingga memang disarankan untuk melakukan penginapan. Nah, adanya fasilitas area camping sangat mendukung. Pengunjung bisa mendirikan tenda-tenda campingnya di lokasi Pantai Widodaren. Berjejer rapi menjadikan pemandangan lebih menarik.

Untuk melakukan aktivitas ini memang dibutuhkan persiapan yang matang. Terlebih belum adanya fasilitas pendukung seperti toilet, warung, dan lainnya. Sehingga pengunjung harus benar-benar mandiri menyiapkannya.

Membawa perlengkapan camping khususnya tenda, bekal makanan, baju yang hangat, serta perlengkapan lainnya. Jangan sampai Anda merasa lelah untuk perjalanan pergi pulang tetapi persediaan keperluan pribadi khususnya makanan sudah tidak lagi mencukupi.

5. Piknik

Selain bisa camping, membawa perlengkapan pribadi juga bisa dijadikan sebagai tujuan piknik bersama keluarga atau teman. Khususnya para traveller biasanya akan mengisi waktu luangnya dengan menjelajahi Pantai Widodaren yang unik. Terutama yang keindahannya masih tersembunyi belum begitu dikenal wisatawan lainnya.

Anda bisa melakukan piknik di bawah tebing bebatuan, bibir pantai di atas hamparan pasir, ataupun dari ketinggian bukit nan hijau. Semua spot ini memberikan view yang sangat memanjakan mata.

Apalagi jika dilakukan sambil bercanda ataupun ngobrol bersama keluarga. Rasanya waktu cepat berlalu. Momen piknik benar terasa mengesankan.

6. Melihat Sunrise dan Sunset

Momen ini bisa dirasakan bagi wisatawan yang melakukan kemah. Ketika sore hari nuansa sunset dengan khas warnanya yang merah kekuningan seolah menjadikan momen yang romantis. Matahari perlahan mulai turun dibalik bukit untuk tenggelam di seberang lautan nan jauh tanpa batas.

Hari yang terang berubah menjadi semakin gelap. Suasana pun menjadi sepi. Hanya ada suara gemuruh ombak Pantai Widodaren dibarengi dengan binatang-binatang khas hutan. Khususnya suara jangkrik ataupun burung.

Begitu juga dengan pagi hari. Tatkala Anda membuka mata ada nuansa baru yang bisa dirasakan. Membuka pintu tenda untuk menyaksikan mentari yang akan meninggi. Cahaya kuning menyibak langit luas yang berasal dari sisi timur. Kicauan burung-burung seolah bahagia menyambut datangnya pagi.

Udara yang sejuk berasal dari hembusan angin pantai. Suara ombak berderu dengan air lautnya yang kebiruan menjadi semakin terlihat. Senyum mentari mulai terlihat lebar hingga menerangi seluruh alam semesta. Rasanya sungguh memanjakan jiwa.

Pengunjung tentu bisa mengabadikan kedua momen ini untuk berfoto. Background sinar matahari dalam suasana yang berbeda. Memberikan bayangan siluet yang sangat mengagumkan.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas di Pantai Widodaren
Image Credit: Google Maps MR_PAIJO

1. Spot Foto Instagramable

Meskipun Pantai Widodaren tidak cocok untuk berenang, tetapi spot foto yang ditawarkan sangat keren. Terlebih jika pengunjung memilih spot dari ketinggian tebing yang dipenuhi tanaman pandan. Hamparan lautan dibarengi ombak yang berdebur menjadi background yang instagramable.

2. Lokasi Camping

Setiap pengunjung yang ingin menikmati sensasi bermalam di area pantai tidak perlu repot mencari area camping. Di sisi timur terdapat lokasi yang cukup luas dan dipenuhi rumput yang hijau. Lokasi ini biasanya digunakan untuk mendirikan tenda para traveller yang ingin berkemah.

3. Bukit Batu

Di sebelah lokasi perkemahan terdapat juga tebing berbatu. Wisatawan sering menjadikannya sebagai spot untuk berswafoto atau santai menikmati hamparan lautan yang luas. Deburan ombak terkadang menghantam bebatuan sehingga memberikan pemandangan yang semakin keren.

Jika Anda ingin berkunjung ke Pantai Widodaren sebaiknya perlu membawa perlengkapan yang memadai. Terutama bekal makanan atau minuman yang mencukupi. Hal ini dikarenakan belum adanya fasilitas pendukung. Salah satunya warung. Sehingga pengunjung harus mempersiapkannya secara pribadi.