Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 07.00-19.00 WIB, Alamat: Sangeh, Kec. Abiansemal, Kab. Badung, Bali; Map: Cek Lokasi

Taman Mumbul Sangeh sudah cukup populer di daerah Bali. Tempat wisata itu tidak hanya menyuguhkan pesona alam saja. Tetapi disana sering pula digunakan sebagai salah satu spot melukat atau membersihkan diri dan pikiran dari perbuatan buruk. Air suci yang mengalir juga dipercaya mampu mengobati beberapa penyakit tertentu.

Pada kawasan Taman pun terlihat beberapa kolam yang mempunyai air jernih. Kolam memiliki ikan koi yang tidak terhitung jumlahnya. Biasanya pelancong suka duduk di pinggir kolam sambil memberi makan ikan tersebut.

Panorama yang ada di sekitar sering pula membuat wisatawan kagum. Apalagi suasana Taman Mumbul Sangeh dikenal begitu tenang karena jauh dari keramaian. Para tamu yang datang dari luar Bali biasanya kerap menjepret beberapa obyek foto yang tersebar di area Taman hits itu.

Daya Tarik yang Dimiliki Taman Mumbul Sangeh

Daya Tarik Taman Mumbul Sangeh Badung
Image Credit: Google Maps Febby Alpha

1. Kolam di Taman

Taman Mumbul Sangeh terlihat cantik karena memiliki beberapa kolam yang jernih. Wisatawan dapat menikmati liburan dengan bersantai di dekat kolam ikan. Keindahan yang ada di kolam memang menarik, apalagi banyak ikan koi yang warna-warni. Pengunjung sering membawa camilan sambil melihat ikan yang berenang bebas di dalam kolam.

Pada spot lain ada kolam yang dilewati perahu tradisional. Destinasi religi ini menyediakan tempat nyaman karena Anda bisa menyewa atau sekedar melihat perahu yang berlalu lalang. Kolam di sudut lain ada yang memiliki beberapa kendi dengan aliran air. Hal itu semakin membuat pengunjung terkesima karena dapat menemukan banyak kolam disana.

2. Tempat Melukat

Melukat atau membersihkan diri banyak dilakukan masyarakat setempat dan luar daerah. Taman Mumbul Sangeh dapat dipakai sebagai spot melukat. Disana sudah ada kolam yang bersih untuk proses melukat dan traveller akan didampingi petugas. Suasana tenang yang ada di kawasan memang membuat tubuh serta pikiran lebih rileks selama melakukan proses ini.

Wisatawan yang tertarik untuk melukat bisa berkunjung mulai pagi. Kemudian Anda dapat menyiapkan segala perlengkapan yang dibutuhkan. Pada hari tertentu atau saat perayaan umat Hindu terlihat banyak sekali orang yang datang untuk melakukan prosesi melukat. Para tamu bisa sekedar melihat tradisi ini karena tidak semua wisata bisa dipakai melukat.

3. Panorama Alam

Taman Mumbul Sangeh menyuguhkan panorama alam yang terlihat asri. Kawasan wisata alam itu kerap dijadikan tempat untuk menanam tumbuhan hijau. Bahkan traveller bisa menikmati kesejukan udara di setiap sudut wisata. Pemandangan cantik yang mengelilingi area kolam memang menjadi pusat perhatian karena para tamu tidak pernah merasa bosan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Taman Mumbul Sangeh Badung
Image Credit: Google Maps Astrid Van Der Sluis

Taman Mumbul Sangeh berlokasi di Desa Sangeh, Badung, Bali. Area wisata yang digunakan untuk tempat bersantai serta melukat ini memiliki lokasi yang mudah ditemukan. Meskipun Anda baru pertama kesana tidak perlu takut tersasar. Pengunjung dapat bertanya langsung karena di sekitar rute banyak rumah warga dan papan arah jalan pun tentu sudah ada.

Biasanya pelancong lebih mengetahui rute dari arah Denpasar. Datang dari rute ini tidak begitu lama karena aspal sudah bagus dan jalan cukup strategis. Anda bisa lurus sampai Jalan Pulau Ambon, lalu mulai masuk Jalan Diponegoro. Belok saja ke Jalan Setia Budi dan tidak jauh dari sana pengunjung dapat bertemu Jalan Cokroaminoto yang selalu ramai.

Rute selanjutnya dapat menuju ke Jalan Raya Lukluk Sempidi. Kemudian traveller bisa langsung melipir ke Jalan Raya Penarungan, selang beberapa menit lurus hingga Jalan Raya Sangeh. Disana menjadi rute terakhir untuk menemukan Taman karena tempat ini berada di area desa Sangeh. Anda bisa masuk kesana dengan kendaraan apapun karena terlihat luas.

Harga Tiket Masuk Wisata Religi

Tiket Taman Mumbul Sangeh Badung
Image Credit: Google Maps Анатолий

Taman Mumbul Sangeh tidak dikenakan biaya masuk, Anda dapat menikmati keindahan destinasi secara gratis. Hampir setiap hari ada saja pengunjung yang berlibur ke Taman. Biasanya melukat juga gratis, namun Anda perlu menyiapkan segala keperluan dahulu. Hal ini pasti membuat setiap traveller senang karena tidak akan menguras budget banyak.

Sedangkan harga dari makanan yang ditawarkan pedagang diketahui tidak menguras kantong. Wisatawan yang ingin bersantai dan menikmati makanan instan dapat menyiapkan biaya Rp 10.000 hingga Rp 30.000. Biasanya setiap kios menjual kuliner berbeda. Anda tentu boleh memilih makanan sesuai keinginan dengan budget yang dikenal tidak begitu mahal.

Jika mencari tempat parkir maka Anda bisa ke bagian depan destinasi. Tidak jauh dari pintu masuk memang ada area parkir yang mempunyai karcis tidak kalah murah. Kendaraan roda dua hanya membutuhkan biaya pembayaran karcis Rp 2.000. Lalu traveller yang sudah membawa mobil dapat menyiapkan budget sedikit berbeda sekitar Rp 5.000 saja.

Aktivitas yang Menarik di Taman Mumbul Sangeh

Aktivitas Taman Mumbul Sangeh Badung
Image Credit: Google Maps NoahJon Marshall

1. Melukat

Proses melukat banyak dilakukan masyarakat ketika datang ke Taman Mumbul. Air suci yang ada disana memang cocok untuk melakukan proses membersihkan diri dari roh jahat. Selain itu melukat juga berguna dalam penyembuhan penyakit. Traveller dapat bertanya ke petugas mengenai tata cara melukat ketika berada di destinasi.

2. Menikmati Suasana Alam

Taman Mumbul Sangeh masih menyatu dengan alam karena begitu banyak pemandangan cantik. Pohon serta bunga yang mekar membuat suasana alam terasa menenangkan. Sejauh mata memandang pasti terpesona dengan keindahan alam tersebut. Kegiatan itu cocok dilakukan bersama orang terdekat ketika cuaca sedang mendukung.

3. Memotret Foto

Kawasan taman wisata sangat bagus jika dipotret dengan kamera. Pesona yang terlihat natural membuat pengunjung selalu ingin mengabadikan momen. Biasanya ada yang membawa properti foto untuk membuat momen di setiap area. Pelancong juga tidak sedikit yang membuat sebuah video selama melukat atau sekedar bermain di Taman cantik ini.

4. Melihat Ikan

Taman Mumbul Sangeh mempunyai kolam yang dihuni beberapa macam ikan. Pengunjung dapat melihat ikan itu sambil bersantai menikmati udara segar. Tak hanya itu, Anda juga boleh memberi makan ikan untuk menghabiskan waktu liburan. Gemericik dari air kolam dan ikan yang berenang bebas pasti membuat siapapun merasa lebih tenang saat disana.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Taman Mumbul Sangeh Badung
Image Credit: Google Maps I Wayan Ariantha Sentanu

Taman Mumbul Sangeh tentu sudah dilengkapi fasilitas penunjang yang dapat digunakan para tamu selama berkunjung. Tempat melukat tersedia di area dengan kolam yang memiliki aliran air suci. Bahkan disana sudah ada kolam ikan yang bisa membuat wisatawan senang. Parkir kendaraan telah disediakan oleh pihak pengelola dekat dengan pintu masuk.

Tempat melepas penat sudah tersedia karena banyak kursi yang berjejer rapi. Jika Anda mencari gazebo maka bisa ke sudut lain wisata. Toilet yang disediakan untuk pengunjung dapat dicari pada bagian pojok destinasi tersebut. Selain itu disana sudah terlihat tempat ibadah umat Hindu karena ada bangunan suci yang tidak begitu jauh dari spot melukat.

Taman Mumbul terlihat menyiapkan fasilitas tempat makan yang memiliki tawaran menu cukup banyak. Menikmati kuliner khas Bali pasti memanjakan perut karena terkenal sangat enak. Obyek foto tersedia cukup banyak dan menjadi fasilitas yang disukai setiap traveller. Tempat membeli makanan ikan pun tampak sudah ada di dalam wisata hits ini.

Taman Mumbul Sangeh memang banyak dipakai untuk proses melukat. Namun, tidak sedikit pengunjung yang datang untuk sekedar melihat keindahan alam di area. Taman juga memiliki tempat yang bersih dan siapa saja yang pergi kesana pasti betah. Jadi ajak saja kerabat dekat Anda supaya dapat melakukan ibadah sekaligus berlibur di Taman indah itu.