15 Tempat Makan Enak di Semarang Favorit Wisatawan

Tempat Makan Semarang

Sejak tahun 2015 lalu, Semarang telah ditetapkan oleh Kementerian Pariwisata sebagai salah satu destinasi wisata kuliner unggulan di Indonesia. Semarang telah lama dikenal sebagai surganya beragam sajian lezat dan cita rasanya tak diragukan lagi.

Berkunjung ke Semarang tidak akan lengkap rasanya jika tanpa mencicipi kuliner khasnya. Beragam jenis hidangan bisa Anda temukan di berbagai sudut Kota Semarang, mulai dari camilan sederhana hingga makanan berat. Masing-masing dijual dengan harga yang terjangkau bagi wisatawan.

Semarang juga memiliki kuliner legendaris yang telah ada sejak tempo dulu. Tidak hanya kuliner legendarisnya saja yang wajib Anda coba, namun juga bermacam-macam hasil olahan makanan lain yang siap memanjakan lidah. Berikut 15 tempat makan enak yang terdapat di Semarang.

1. Babat Gongso Pak Karmin

Babat Gongso Pak Karmin

Lokasi: Jl. Kp. Sleko No.Kel, Bandarharjo, Kec. Semarang Utara, Kota Semarang. – Image Credit by Ranselperi.com

Babat gongso merupakan babat yang dimasak tumis dengan menggunakan beberapa macam jeroan, seperti hati, limpa, atau paru, kemudian diolah dengan cabai rawit dan bumbu kecap sehingga memiliki cita rasa pedas yang nikmat.

Ada lumayan banyak penjual babat gongso di Semarang. Salah satu yang legendaris dan sudah terkenal ialah Babat Gongso Pak Karmin yang berada di Kauman. Harganya berkisar Rp18.000 untuk satu porsi babat gongso yang memiliki cita rasa amat lezat.

2. Gulai Kambing Bustaman

Gulai Kambing Bustaman

Lokasi: Tj. Mas, Kec. Semarang Utara, Kota Semarang. – Image Credit by Ksmtour.com

Gulai Kambing Bustaman telah terkenal selama hampir 3 generasi sebagai penyaji kuliner lezat setara masakan restoran berbintang. Pengolahan gulai yang berbeda dengan gulai pada umumnya menjadi ciri khas Gulai Kambing Bustaman.

Warung ini teletak di daerah Kota Lama Semarang, sehingga mudah dijangkau dari kawasan wisata. Buka mulai pukul 08.00—15.00 tapi bisa tutup lebih awal jika hidangannya telah habis. Harganya terjangkau namun kelezatannya tak terkalahkan.

3. Es Puter Cong Lik

Es Puter Cong Lik

Lokasi: Jl. Kh Ahmad Dahlan No.11, Karangkidul, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang. – Image Credit by Travelingyuk.com

Menikmati dinginnya es puter di bawah teriknya cuaca Semarang adalah hal yang wajib Anda coba. Es Puter Cong Lik tersedia dalam berbagai varian rasa, mulai dari kacang hijau, coklat, blewah, leci, durian, kopyok, durian, dan klengkeng.

Harga per porsi es puter berkisar Rp 15.000—Rp 20.000 tergantung pilihan rasa. Jika Anda ingin merasakan kesegarannya bisa mendatangi kedai Es Puter Cong Lik yang siap menghapuskan dahaga dengan dinginnya es.

4. Nasi Gandul Pak Memet

Nasi Gandul Pak Memet

Lokasi: Jl. Dokter Cipto No.12, Bugangan, Kec. Semarang Timur, Kota Semarang. – Image Credit by Idntimes.com

Nasi gandul ialah kuliner yang berupa nasi putih dengan kuah santan yang dilengkapi jeroan dan potongan daging sapi. Nasi Gandul Pak Memet telah terkenal di kalangan pecinta kuliner karena rasanya sangat lezat yang disajikan pada piring berlapis daun pisang.

Nasi Gandul Pak Memet buka dari sore hingga malam. Warung yang telah ada sejak 1990 ini wajib Anda kunjungi jika ingin menikmati nasi gandul legendaris yang memanjakan lidah. Harganya pun ramah di kantong meskipun rasanya sangat lezat.

5. Bakmi Jawa Pak Gareng

Bakmi Jawa Pak Gareng

Lokasi: Jl. Wotgandul Dalam No.171, Gabahan, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang. – Image Credit by Negerisendiri.com

Bakmi Jawa Pak Gareng menyediakan dua jenis sajian bakmi, yaitu bakmi kuah dan bakmi goreng. Secara umum keduanya sama, hanya berbeda pada cara masak dan penyajiannya berkuah atau tanpa kuah. Bakmi ini dicampur dengan sawi, telur, kol, serta daging ayam suwir.

Selain bakmi, ada juga pilihan menu nasi ruwet yaitu nasi goreng campur bakmi goreng. Anda bisa memilih berbagai menu sesuai selera. Bakmi Jawa Pak Gareng buka dari pukul 11.00 hingga tengah malam.

6. Pisang Plenet Gajah Mada

Pisang Plenet Gajah Mada

Lokasi: Jl. Gajahmada No.13, Kembangsari, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang. – Image Credit by Travelingyuk.com

Pisang plenet merupakan hasil olahan pisang yang dibakar hingga berwarna kecoklatan dan layu, setelah itu dipenyet di atas sebuah talenan kemudian ditambah olesan margarin serta topping yang ditabur sesuai pesanan. Toppingnya bisa meses, selai, kacang atau gula putih.

Harga tiap porsi pisang plenet Gajah Mada Rp 6.000. Anda bisa menikmati kuliner manis ini di tempat makan yang berada di kawasan Gajah Mada, Kota Semarang. Buka mulai pukul 15.00 hingga malam atau selama sajian masih belum habis.

7. Rumah Makan Asem-Asem Koh Liem

Rumah Makan Asem-Asem Koh Liem

Lokasi: Jl. Karang Anyar No.28- C4, Gabahan, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang. – Image Credit by Infomakan.com

Di rumah makan ini Anda bisa menikmati segarnya masakan asem-asem yang tidak ditemukan di tempat lain. Asem-asem sekilas tampak seperti soto, hanya saja memiliki rasa lebih asam yang menyegarkan.

Rumah makan ini bisa Anda datangi jika ingin mencicipi masakan asem-asem dengan tambahan daging sapi yang dijual dengan harga terjangkau.  Rasakan kelezatan tak terlupakan dari makanan rumahan yang diolah dan diracik dengan proporsi pas.

8. Kue Leker Paimo

Kue Leker Paimo

Lokasi: Jl. Karang Anyar No.37, Brumbungan, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang. – Image Credit by Akhsadew.blogspot.com

Ingin merasakan makanan yang manis-manis? Anda bisa mencoba kue leker Paimo yang legendaris dan fenomenal di kalangan pecinta kuliner. Makanan ringan yang memiliki cita rasa manis ini disajikan dalam berbagai topping seperti pisang, coklat, keju, dan sebagainya.

Anda harus bersabar saat membeli di Kue Leker Paimo karena sering kali antriannya cukup panjang. Harga tiap porsi bervariasi, mulai dari Rp 4.000, Rp 8.000, hingga Rp 20.000 tergantung topping.

9. Bebek Goreng Pak Thori

Bebek Goreng Pak Thori

Lokasi: Jl. Raya Manyaran-Gunungpati, Sadeng, Kec. Gn. Pati, Kota Semarang. – Image Credit by Yufegidinasti.wordpress.com

Jika Anda adalah penggemar kuliner bebek wajib hukumnya mendatangi tempat makan Bebek Goreng Pak Thori yang terkenal dengan sajian bebek khas. Harganya untuk tiap menu pun terjangkau yaitu sekitar Rp 24.000 tiap porsi.

Yang menjadikan bebek goreng Pak Thori istimewa adalah tekstur lembut pada bagian daging bebek sedangkan bagian kulitnya tetap crispy. Selain bebek ada pula menu ayam bakar, lele, ayam goreng, dan gongso babat.

10. Mie Siang Kie

Mie Siang Kie

Lokasi: Gg. Lombok No.10, Kauman, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang. – Image Credit by Wisatanegeri.com

Mie pangsit merupakan kuliner andalan yang disajikan di tempat makan Mie Siang Kie. Satu porsi mie pangsit berisi hidangan mie kenyal, kuah kaldu, daging ayam suwir, sawi rebus, dan kerupuk pangsit yang menggunakan daging babi.

Tempat makan ini buka mulai dari pukul 08.30—15.30. Harga kulinernya pun ramah di kantong, yaitu berkisar Rp 15.000—Rp 17.000 untuk tiap porsi mie pangsit.

11. Soto Bangkong

Soto Bangkong

Lokasi: Jl. Brigjen Katamso No.1, Karangtempel, Kec. Semarang Selatan, Kota Semarang. – Image Credit by Kumparan.com

Soto Bangkong merupakan kuliner legendaris paling terkenal yang wajib dicoba di Semarang. Di tempat makan ini tidak hanya disajikan soto saja, tapi ada juga menu tambahan seperti sate ayam, sate telor, sate kerang, tempe, rempel ati, sayap goreng, dan sebagainya.

Soto Bangkong buka mulai pukul 07.00—21.30 atau tutup lebih cepat jika sudah habis. Harga per porsinya pun murah meriah, yaitu sekitar Rp 13.000. Dengan harga yang terjangkau Anda sudah bisa memanjakan lidah dengan segar dan nikmatnya kuliner soto.

12. Waroeng Kaligarong

Waroeng Kaligarong

Lokasi: Jl. Mayor Jend. D.I. Panjaitan No.64, Brumbungan, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang. – Image Credit by Menarik.co

Waroeng Kaligarong ini wajib Anda kunjungi jika ingin merasakan nikmatnya aneka kuliner Nusantara. Ada beragam sajian masakan yang bisa Anda rasakan cita rasa lezatnya dan tidak bisa ditemukan di tempat lain.

Menu unggulan yang digemari pengunjung adalah bebek goreng dengan sambal mangga muda yang pedas dan segar. Harga makanan di tempat ini bervariasi mulai dari Rp 6.000—Rp 50.000. Tempat makan ini buka setiap hari mulai pukul 10.00—22.00.

13. Lumpia Gang Lombok

Lumpia Gang Lombok

Lokasi: Jl. Gang Lombok No. 11, Purwodinatan, Kec. Semarang Tengah. – Image Credit by Sintiaastarina.com

Lumpia merupakan makanan yang menjadi ikon kuliner Semarang. Ada banyak tempat yang menyajikan lumpia, namun lumpia Gang Lombok ini menjadi yang paling legendaris. Tempat ini buka dari pukul 08.00.

Dengan perpaduan rebung muda, telor, dan udang yang ditambah dengan daun bawang segar dan saus akan menjadi rasa lumpia lezat tak terlupakan. Harganya pun terjangkau dan bervariasi tergantung rasa yang dipilih.

14. Mangut Welut Warung Bu Nasima

Mangut Welut Warung Bu Nasima

Lokasi: Jl. Menoreh Raya No.10B, Sampangan, Kec. Gajahmungkur, Kota Semarang. – Image Credit by Semarangpedia.com

Warung Bu Nasima ini pernah direkomendasikan oleh ahli kuliner di sebuah acara televisi. Yang menjadi menu andalan tempat makan ini adalah welut (belut) pedas dengan racikan bumbu mantap.

Anda bisa merasakan nikmatnya mangut welut sekelas restoran berbintang dengan harga Rp 10.000 saja. Selain welut, tersedia juga pilihan menu lain yang bisa Anda buktikan sendiri kelezatannya.

15. Gulai Kepala Ikan Pak Untung

Gulai Kepala Ikan Pak Untung

Lokasi: Jl. Singosari Raya No.79, Pleburan, Kec. Semarang Selatan, Kota Semarang. – Image Credit by Amrinarosyada23.blogspot.com

Rumah makan Gulai Kepala Ikan Pak Untung buka mulai dari pukul 10.00—21.00. Namun Anda harus bersabar karena untuk makan di sini tidak jarang harus antri.

Menyediakan menu unggulan gulai kepala ikan dengan campuran rempah yang memberikan cita rasa lezat dan menyegarkan. Harga gulai ikan yang disajikan bervariasi, mulai dari Rp 8.500—Rp 40.000.

 

Itulah 15 tempat makan enak di Semarang yang bisa Anda nikmati. Rekomendasi di atas hanya beberapa dari sekian banyak tempat makan yang terdapat di Semarang. Siapkan lidah Anda untuk merasakan lezatnya cita rasa masing-masing kuliner tersebut.

Bangka Belitung Bengkulu Jambi Lampung Riau Sumatra Barat Sumatra Selatan Sumatra Utara
Tempat Wisata di Bengkulu
18 Tempat Wisata Hits di Bengkulu
14 Tempat Wisata Hits di Bangka
17 Wisata Pantai di Lampung
Banten DI Yogyakarta DKI Jakarta Jawa Barat Jawa Tengah Jawa Timur
Tempat Wisata Ngawi
14 Tempat Wisata Favorit di Ngawi
Tempat Wisata Nganjuk
15 Tempat Wisata Terbaik di Nganjuk
Tempat Wisata Tuban
13 Tempat Wisata Favorit di Tuban
Gorontalo Sulawesi Barat Sulawesi Selatan Sulawesi Tengah Sulawesi Tenggara Sulawesi Utara
Pantai di Makassar Dan Sekitarnya
15 Pantai di Makassar & Sekitarnya
Tempat Wisata di Kendari
15 Tempat Wisata Favorit di Kendari
18 Tempat Wisata di Gorontalo
18 Tempat Wisata Favorit di Gorontalo
Tempat Wisata Labuan Bajo
16 Tempat Wisata Hits di Labuan Bajo
Tempat Wisata Sumba
16 Tempat Wisata Favorit di Sumba
Tempat Wisata di Kupang
15 Tempat Wisata Terbaik di Kupang
18 Wisata Pantai di Lombok
Tempat Wisata Samarinda
16 Tempat Wisata Populer di Samarinda
Tempat Wisata di Banjarbaru
15 Tempat Wisata Favorit di Banjarbaru
13 Tempat Wisata Terbaik di Bontang
13 Tempat Wisata Terbaik di Bontang
Tempat Wisata di Pontianak
15 Tempat Wisata Hits di Pontianak