Bukit Cinta Ambarawa, spot menarik untuk menikmati keindahan Rawa Pening dan Bukit Brawijaya. Destinasi wisata terbaik yang menyajikan panorama alam dan spot foto keren di Semarang.

Lokasi: Kebondowo, Kec. Banyubiru, Kab. Semarang.
Map: Cek Lokasi

Bukit Cinta Rawa Pening merupakan salah satu tempat wisata yang hits di Ambarawa. Tempat wisata ini sudah dibangun dengan lebih modern sehingga tidak hanya menyajikan wisata rawa. Memberikan tampilan yang lebih segar dan menarik untuk wisatawan mengunjunginya.

Pengelola menyediakan berbagai fasilitas yang bagus untuk memanjakan setiap pengunjung. Wisatawan pun dapat menikmati liburannya di Bukit Cinta Ambarawa dengan lebih nyaman. Tempat wisata ini cocok untuk dijadikan liburan, baik dengan teman-teman, pasangan, maupun dengan keluarga tercinta.

Wisata Bukit Cinta Rawa Pening menawarkan banyak pesona dan keindahan. Wisatawan dapat menikmati pemandangan alam yang asri dengan suasana yang begitu tenang. Selain itu, wisatawan juga dimanjakan dengan fasilitas wisata yang modern dan lengkap.

Daya Tarik yang Dimiliki Bukit Cinta Rawa Pening

Daya Tarik dari Bukit Cinta Rawa Pening
Image Credit: Instagram.com @julianapratiwiasti

1. Pemandangan Rawa

Daya tarik utama dari wisata Bukit Cinta ini adalah suguhan pemandangan rawa yang begitu indah. Pengunjung yang datang ke tempat wisata ini akan langsung disambut dengan hamparan rawa yang tampak cantik dengan beberapa tanaman ecek gondok.

Rawa Pening memang terkenal sebagai salah satu rawa yang banyak tertutup daun ecek gondok. Kini dengan pengelolaan yang lebih modern, rawa ini sudah disulap menjadi rawa yang lebih indah dan rapi. Beberapa ecek gondok memang dibiarkan ada di rawa namun tidak sampai menutupi seluruh permukaan airnya.

2. Pemandangan Bukit

Selain rawa, daya tarik Bukit Cinta Rawa Pening ada pada pemandangan indah di sekelilingnya. Rawa Pening ini dikelilingi oleh deretan perbukitan yang tampah hijau dan segar. Tempat wisata ini menyuguhkan pemandangan dari Bukit Brawijaya yang semakin menambah pesona keindahan dari objek wisata bukit cinta.

Wisatawan yang mengunjungi objek wisata ini juga dapat melihat beberapa gunung. Selain Bukit Brawijaya, wisatawan dapat menikmati pemandangan Gunung Merbabu, Telomoto, dan perbukitan Gajah Mungkur dari kejauhan. Gunung dan perbukitan di sekitarnya ini memberikan latar yang indah untuk wisatawan menikmatinya.

3. Spot Selfie

Bukit Cinta Rawa Pening tidak hanya menawarkan pesona keindahan alamnya saja. Objek wisata ini juga menghadirkan tempat wisata yang lebih modern dengan banyak spot selfie. Pembangunan kawasan wisata ini membuat wisata Rawa Pening menjadi lebih segar dari sebelumnya yang hanya sebatas menikmati rawa.

Bangunan dan beberapa fasilitas di tempat ini memang dibuat dengan desain yang menarik untuk dijadikan spot selfie. Bukit Cinta Ambarawa pun kini terkenal sebagai salah satu tempat wisata yang instagramable. Jadi tidak heran jika banyak anak-anak muda yang mengunjungi tempat wisata ini.

Daya Tarik Bukit Cinta Rawa Pening
Image Credit: Twitter.com @ungaran_wisata

4. Mitos

Tempat wisata yang satu ini juga masih menarik dengan adanya mitos yang menyelubungi kawasan Rawa Pening. Salah satunya adalah mitos adalah seekor ular naga penunggu rawa. Menurut cerita masyarakat ular tersebut menunggu sang ibu untuk sebuah pengakuan yang sayangnya tidak terjadi karena si ular mati.

Mitos ular naga inilah yang membuat tempat wisata ini dibangun dengan sebuah bangunan bergambar ular naga. Bangunan ini dapat dijumpai di pintu masuk, bagian kepala ular merupakan bangunan untuk loket masuk. Sedangkan ekor ular ada di depan kepalanya yang membuatnya tampak seperti melingkari kawasan Rawa Pening.

Selain mitos ular naga, tempat wisata ini juga menarik dengan mitos lain. Menurut mitos yang banyak beredar di masyarakat, Rawa Pening adalah kawasan terlarang bagi setiap pasangan. Jika datang ke rawa ini, mitosnya pasangan tersebut akan putus.

Namun, mitos ini ternyata tidak menghalangi pasangan muda-mudi untuk mengunjungi tempat wisata Bukit Cinta Rawa Pening. Kebanyakan pengunjung yang datang justru adalah muda-mudi yang membawa pasangannya masing-masing.

5. Suasana yang Sejuk

Daya tarik lainnya dari tempat wisata yang hits ini adalah suasanya yang sejuk dan tenang. Pemandangan alam yang tersaji di Bukit Cinta menawarkan suasana yang damai dan alam yang begitu asri. Udara yang segar juga dapat dinikmati setiap pengunjung yang menghabiskan waktu di bukit cinta ini.

6. Tempat Mudah Diakses

Salah satu daya tarik dari tempat wisata ini adalah lokasinya yang mudah diakses. Bukit Cinta ini berada dekat dengan jalan raya sehingga wisatawan dapat dengan mudah menemukannya. Setiap harinya pun tempat ini ramai dikunjungi wisatawan, terlebih lagi pada saat akhir pekan dan hari-hari libur.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Bukit Cinta Rawa Pening

Rute Bukit Cinta Rawa Pening
Image Credit: Detik.com

Salah satu wisata unggulan di Ambarawa ini lokasinya berada di tepi jalan. Wisatawan tidak akan kesulitan untuk menemukan lokasi Bukit Cinta yang indah ini. Bagi Anda yang datang dari arah Kota Semarang, bisa mengambil arah menuju Ambarawa via Bawen.

Selanjutnya arahkan kendaraan monumen Palagan Ambarawa dan ambil arah kiri. Ikuti papan petunjuk arah ke Rawa Pening. Lokasi Bukit Cinta Rawa Pening tidak begitu sulit untuk diakses. Anda bisa langsung melihatnya karena berada di persis di tepi jalan.

Anda bisa memarkir kendaraan di tempat yang sudah disediakan. Setelah itu, pengunjung bisa masuk ke kawasan bukit cinta yang sudah terlihat modern dengan fasilitas lengkap ini. Wisatawan akan langsung disambut dengan bangunan unik yang dibuat seperti ular naga.

Harga Tiket Masuk Bukit Cinta Rawa Pening

Harga Tiket Bukit Cinta Rawa Pening
Image Credit: Google Maps (Adi Ahmad)

Bukit ini kini tampil baru dan lebih modern. Wisatawan dapat menikmati pemandangan alami dan fasilitas wisata yang lengkap. Pengunjung dapat menikmati tempat wisata yang buka mulai jam 9 pagi hingga 5 sore ini hanya dengan membayar tiket di loket masuk. Setiap pengunjung dikenai tiket masuk sekitar Rp 15.000,-.

Bagi Anda yang membawa kendaraan, dapat membayar biaya parkir yaitu Rp 2.000,- untuk sepeda motor dan Rp 5.000,- untuk mobil. Setelah membayar biaya parkir dan tiket masuk, Anda bisa langsung masuk untuk menikmati liburan seru dan menyenangkan di bukit ini.

Semua fasilitas yang ada di dalam objek wisata ini disediakan gratis sehingga pengunjung tidak perlu membayar lagi. Namun untuk pengunjung yang ingin naik perahu, perlu membayar sewa perahu sekitar Rp 100.000,- untuk 7 orang.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Bukit Cinta

Kegiatan di Bukit Cinta
Image Credit: Instagram.com @mimie_femi92

1. Berfoto

Kegiatan yang menarik dan juga wajib untuk wisatawan yang datang ke Bukit Cinta Rawa Pening adalah berfoto-foto. Jangan lewatkan kesempatan Anda untuk mengabadikan momen liburan di tempat yang menyuguhkan panorama alam yang indah ini.

Selain dengan pemandangan rawa dan bukit, wisatawan juga bisa berfoto-foto di spot selfie yang ada di tempat ini. Anda bisa menemukan beberapa spot menarik yang tentunya instagramable.

2. Naik Perahu

Menyusuri rawa yang ditumbuhi tanaman eceng gondok mungkin akan menjadi pengalaman seru untuk dicoba. Wisatawan yang mengunjungi rawa ini dapat mencoba naik perahu untuk menyusuri rawa ini. Sensasi menembus kumpulan daun-daun eceng gondok pastinya membuat kegiatan ini cukup menarik.

Pengunjung yang ingin naik perahu juga tidak perlu khawatir soal keamanannya. Setiap penumpang perahu akan diberi jaket pelampung untuk dikenakan terlebih dulu sebelum mulai menyusuri rawa.

3. Bersantai

Bukit Cinta Ambarawa dibangun dengan sebuah jembatan kayu yang menghubungkan seluruh titik yang ada di tempat wisata ini. Pengunjung bisa mengakses semua tempat dan fasilitas dengan menyeberangi jembatan kayu.

Jembatan ini juga dibangun apik yang bagus untuk berfoto-foto. Bagi wisatawan yang ingin bersantai, berjalan-jalan menyusuri jembatan ini bisa menjadi salah satu kegiatan yang menarik untuk dilakukan.

4. Piknik

Liburan keluarga kurang lengkap rasanya jika tidak makan-makan. Anda dan rombongan bisa menggunakan tempat yang luas di kawasan wisata ini sebagai tempat makan. Nikmati bekal makanan yang Anda bawa dari rumah sambil menikmati pemandangan dan suasana asri di kawasan wisata Rawa Pening ini.

Bagi wisatawan yang tidak membawa bekal, tetap bisa piknik di Bukit Cinta Rawa Pening dengan membeli makanan di tempat wisata ini. Namun jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan dan tidak membuang sisa bungkus makanan sembarangan sehingga tidak merusak keindahan tempat wisata ini.

5. Belanja Oleh-Oleh

Bagi pengunjung yang datang ke wisata Bukit Cinta juga bisa berburu oleh-oleh. Beberapa toko souvenir dan oleh-oleh dapat ditemukan di tempat wisata ini. Toko-toko tersebut banyak menjual oleh-oleh seperti makanan khas Banyubiru, Ambarawa.

Oleh-oleh yang bisa dibawa pulang antara lain keripik ikan, keripik udang, keripik kulit ikan, dan lain-lain. Anda juga bisa memborong souvenir cantik untuk dijadikan oleh-oleh liburan.

Fasilitas yang Tersedia di Bukit Cinta Rawa Pening

Fasilitas di Bukit Cinta Rawa Pening
Image Credit: Facebook.com @wisatajateng

Bukit Cinta sudah dikelola dengan begitu baik dan memiliki fasilitas yang memadai. Salah satunya adalah menyediakan tempat parkir untuk wisatawan yang cukup luas. Tempat parkir yang berada di sisi jalan ini dapat menampung kendaraan roda dua hingga kendaraan besar seperti bus pariwisata.

Wisatawan yang mengunjungi Bukit Cinta Rawa Pening dapat menikmati liburannya dengan nyaman. Fasilitas toilet hingga tempat ibadah sudah disediakan di tempat wisata ini. Toilet yang ada pun kondisinya cukup bersih dan nyaman.

Fasilitas pendukung lainnya yang disediakan di tempat wisata ini adalah beberapa spot selfie. Pengunjung akan menemui beberapa bangunan yang dibuat unik seperti bentuk ular naga yang menarik untuk dijadikan spot foto. Jembatan hingga tempat beristirahat untuk pengunjung juga dibangun dengan apik sehingga lebih bagus untuk foto-foto.

Selain beberapa spot selfie, pengelola bukit cantik ini juga menyediakan fasilitas sewa perahu. Pengunjung dapat menikmati menyusuri keindahan rawa ini dengan naik perahu bersama rombongan. Selain itu, fasilitas berupa pelampung juga disediakan untuk keamanan wisatawan yang ingin berkeliling rawa.

Fasilitas lainnya adalah toko atau pusat oleh-oleh. Beberapa toko dibangun untuk menyediakan berbagai oleh-oleh khas Banyubiru. Pengunjung dapat membeli makanan hingga souvenir sebagai oleh-oleh liburan Bukit Cinta.

Kawasan wisata ini juga sudah dilengkapi dengan fasilitas warung makan. Jadi untuk wisatawan yang tidak membawa bekal makanan sendiri tidak perlu khawatir karena bisa membeli di warung-warung yang ada di sini.

Itulah beberapa informasi menarik mengenai objek wisata Bukit Cinta Rawa Pening yang kini menjadi salah satu destinasi wisata yang hits dan terkenal. Tempat wisata yang lengkap fasilitasnya dan mudah dijangkau ini bisa menjadi alternatif liburan Anda bersama teman, keluarga, maupun rekan kerja.