10 Tempat Wisata di Bitung Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Tempat Wisata Bitung

Bitung merupakan salah satu kota yang berada di Sulawesi utara. Kota ini juga merupakan salah satu kota terbesar yang berada di Sulawesi Utara. Kota ini memang dikenal dengan keindahan alamnya yang masih terjaga dan alami. Tak heran saat ini setiap wisata yang berada di kota tersebut semakin dikembangkan untuk memajukan wisata di Bitung.

Wisata yang berada di Bitung didominasi oleh pemandangan alamnya yang indah dan mempesona. Banyak deretan pantai dengan air yang masih jernih dan hamparan pasir putih yang semakin menambah keeksotisan tempat ini.

Hal ini membuat setiap wisatawan tak perlu ragu lagi untuk memasukkan Bitung menjadi daftar kota yang wajib dikunjungi. Hal ini dikarenakan transportasi yang semakin berkembang juga akan semakin memudahkan setiap wisatawan yang ingin berkunjung ke kota ini dengan aman dan nyaman, terlebih karena dekat dari Kota Manado. Untuk itu, berikut 10 tempat wisata di Bitung yang dapat dijadikan pilihan terbaik liburan Anda.

1. Pantai Batu Putih

Pantai Batu Putih

Image Credit: Wisato.id

Wisata ini masih berada di kawasan Taman Nasional Tangkoko. Sehingga pantai ini sangat cocok untuk Anda jadikan tempat beristirahat setelah Lelah berkeliling Taman Nasional Tangkoko. Selain itu, di tempat ini Anda juga bisa menikmati keindahan pantainya yang memiliki hamparan pasir putih dengan airnya yang masih jernih.

Untuk menuju pantai ini Anda harus berjalan sekitar 2 jam dari Taman Nasional Tangkoko. Namun, tak perlu khawatir karena di sepanjang perjalanan Anda akan disuguhi keindahan alamnya yang eksotis dan memanjakan mata.

Lokasi: Batuputih Bawah, Kec. Ranowulu, Kota Bitung.

2. Pantai Batu Angus

Pantai Batu Angus

Image Credit: Merahputih.com

Tempat wisata ini dinamakan dengan Batu Angus karena memiliki keunikan tersendiri. Sesuai namanya pantai ini dihiasi batu dengan berbagai ukuran yang memiliki warna hitam seperti kayu hangus setelah terbakar.

BACA:  10 Tempat Wisata di Kotamobagu Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Selain itu, pantai ini juga memiliki kolam yang terbentuk karena proses alami. Kolam tersebut berupa air laut yang dikelilingi oleh bebatuan hitam yang menyerupai pagar. Sehingga dengan keindahan alamnya yang masih alami bisa Anda jadikan untuk tempat melepas penat setelah beraktivitas sehari-hari.

Lokasi: Kasawari, Kec. Aertembaga, Kota Bitung.

3. Pantai Serena

Pantai Serena

Image Credit: Ceritaeka.com

Wisata ini sudah dikenal di kalangan wisatawan dengan pantainya yang cocok untuk dijadikan spot foto. Hal ini dikarenakan setiap sudut di Pantai Serena memang menyuguhkan pemandangan yang indah untuk latar belakang berfoto. Terutama spot foto yang digemari yaitu tebing yang memiliki lubang besar di tengahnya.

Inilah yang menjadikan pantai ini sangat digemari oleh setiap orang yang berkunjung ke Bitung. Transportasi dan letaknya pun cukup mudah untuk dicari setiap wisatawan yang ingin berkunjung Hal ini dikarenakan Pantai Serena yang telah menjadi salah satu tempat wisata hits di Bitung.

Lokasi: Jl. Maluku, Sea, Kec. Malalayang, Kota Manado.

4. Hutan Mangrove Lirang

Hutan Mangrove Lirang

Image Credit: Mongabay.co.id

Tempat ini juga tak kalah hits jika dibandingkan dengan wisata sebelumnya. Hutan Mangrove Lirang ini memiliki daya tarik tersendiri bagi setiap wisatawan yang berkunjung. Tempat ini menyediakan fasilitas berupa perahu yang digunakan untuk setiap wisatawan yang ingin menyusuri area wisata diantara pohon bakau yang eksotis.

Tak hanya itu saja, bagi wisatawan yang ingin mengambil foto dengan latar belakang pohon bakau bisa meminta perahu untuk berhenti sejenak. Sehingga Anda bisa mengabadikan momen berlibur Anda di salah satu tempat wisata hits yang berada di Bitung ini.

Lokasi: Lirang, Kec. Lembeh Utara, Kota Bitung.

5. Pantai Tanjung Merah

Pantai Tanjung Merah

Image Credit: Wisatasia.com

Tempat ini memiliki keunikan yang menjadikannya terkenal di kalangan wisatawan. Keunikan dari pantai ini yaitu tak memiliki batuan karang yang tersusun di hamparan pasirnya. Sehingga wisatawan bisa memandang pemandangan laut yang eksotis tanpa terhalang batuan karang.

BACA:  26 Minuman & Makanan Khas Manado yang Populer

Wisata ini juga mudah dijangkau setiap wisatawan yang ingin mengunjunginya. Hal ini dikarenakan Pantai Tanjung Merah terletak tak jauh dari pusat kota Bitung itu sendiri. Inilah yang membuat wisata ini cukup digemari oleh setiap orang yang ingin menghabiskan waktu libur di kota Bitung.

Lokasi: Tanjung Merah, Kec. Matuari, Kota Bitung.

6. Selat Lembeh

Selat Lembeh

Image Credit: Ksmtour.com

Bitung juga memiliki mascot pariwisata yang cukup terkenal di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara. Selat lembeh ini yang memisahkan pulau lembeh dengan daratan Sulawesi. Pemandangan bawah lautnya lah yang menjadikannya dibuka menjadi destinasi wisata.

Di tempat ini Anda bisa melihat berbagai satwa laut yang indah dan mempesona. Tak hanya itu saja, bahkan selat lembeh juga sudah diakui lokasi selam terbaik di dunia. Sehingga Anda tak perlu ragu lagi ketika ingin mengunjunginya untuk melihat lebih jelas kehidupan bawah laut dari selat lembeh ini.

Lokasi: Papusungan, Kec. Lembeh Selatan, Kota Bitung.

7. Taman Nasional Tangkoko

Taman Nasional Tangkoko

Image Credit: Basecamppetualang.blogspot.com

Taman Nasional Tangkoko berada di wilayah Bitung utara kabupaten Bitung. Pada tahun 1919 wilyah ini ditetapkan menjadi taman nasional oleh colonial Hindia Belanda. Dan sudah direnovasi dan dikonservasi sedemikian rupa oleh pengelola taman nasional agar menarik minat wisatawan lokal,interlocal,serta mancanegara.

Keanekaragaman hayati di wilayah Taman Nasional Tangkoko sangat lengkap. Jenis flora dan fauna khas daerah tropis tumbuh subur di wilayah yang memiliki luas 8.745 ha tersebut. Jenis flora di sini termasuk Lengki,Gora hutan,dan Lengki. Sedangkan fauna memiliki khas fauna pulau Sumatra seperti harimau Sumatra masih ada disini.

Lokasi: Pinangunian, Kec. Aertembaga, Kota Bitung.

8. Taman Margasatwa Tandurusa

Taman Margasatwa Tandurusa

Image Credit: Paketwisatamanado.co.id

Apabila berkunjung di taman margasatwa ini akan menabah wawasan anda soal keanekaragaman fauna karna lokasinya tidak jauh dari selat Lembeh. Moda transportasi yang dibutuhkan hanya perahu untuk sampai disana. Kebun binatang ini sangat mudah dijangkau dengan harga yang relative murah demi menambah wawasan soal fauna.

BACA:  13 Tempat Makan Enak di Manado Favorit Wisatawan

Selain itu, kebun binatang mini memiliki beraneka ragam fauna endemic seperti anoa,babirusa,kuskus,elang laut,dan phyton. Sebagian fauna disini ialah fauna yang dilindungi pemerintah agar tidak terancam punah. Makanya tiap tahun diadakan konservasi.

Lokasi: Tandurusa, Kec. Aertembaga, Kota Bitung.

9. Monumen Trikora Mandala Sakti

Monumen Trikora Mandala Sakti

Image Credit: Ceritaeka.com

Di pulau Lembeh Anda akan menemukan tempat wisata berupa monumen Trikora Mandala Sakti yang sangat megah. Guna dibangunnya monumen ini untuk mengenang perjuangan dalam melawan penjajah Hindia belanda oleh rakyat pulau lembeh. Di monumen ini untuk pertama kalinya pasukan TNI mendarat sebelum bertolak ke Papua untuk penyerangan.

Selain itu, tarif yang dikenakan untuk setiap wisatawan juga terjangkau. Tak heran wisata ini tak pernah sepi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Anda bisa menambah wawasan dengan biaya yang murah.

Lokasi: Batulubang, Kec. Lembeh Selatan, Kota Bitung.

10. Gunung Dua Saudara

Gunung Dua Saudara

Image Credit: Pedomanwisata.com

Gunung ini sangat unik di kalangan wisatawan karena memiliki dua puncak. Gunung ini berlokasi di desa fsn kecamatan Madidir dengan jarak 12km dari pusat kota Bitung. Untuk moda transportasi sangat mudah hanya dengan kendaraan roda empat kita bisa sampai disini.

Tempat wisata ini cocok untuk Anda yang suka dengan kegiatan outdoor. Hal ini dikarenakan suasananya yang masih terjaga dan alami akan membuat Anda betah berada di Gunung Dua Saudara. Anda akan disuguhi hijaunya alam di sekitar alam ini yang terlihat mempesona.

Lokasi: Kodoodan, Kec. Madidir, kota Bitung.

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata yang berada di Bitung Sulawesi utara. Bitung memang dikenal dengan kekayaan alamnya yang luar biasa dan patut untuk dilestarikan. Informasi tersebut bisa Anda jadikan referensi untuk menentukan destinasi wisata yang cocok untuk berlibur.