16 Tempat Wisata Favorit di Sumba

Tempat Wisata Sumba

Salah satu destinasi wisata yang cukup populer tahun 2019 yaitu Sumba. Wisata ini bahkan digadang gadang mampu mengalahkan objek wisata populer seperti Lombok dan Bali. Wisata Sumba menjadi magnet tersendiri yang menarik wisatawan.

Berkunjung ke Sumba akan membuat Kamu merasakan pengalaman wisata yang berbeda. Pasalnya wisata Sumba menyimpan banyak keseruan dan tempat-tempat eksotis yang dapat di eksplorasi. Selain itu masih banyak tempat yang “perawan”.

Wajib untuk memasukan wisata Sumba sebagai destinasi wisata yang harus dikunjungi. Untuk mempermudah Kamu berikut diulas 16 tempat wisata di Sumba yang cukup populer di mata para traveller.

1. Taman Bunga Sakura Sumba Timur

Taman Bunga Sakura Sumba Timur

Lokasi: Kab. Sumba Timur, Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur. – Image Credit by Travel.tempo.co

Mungkin Kamu sedikit bingung membaca kata sakura pada destinasi wisata ini. Mana mungkin bunga sakura tumbuh di Indonesia. Pada kenyataanya Kamu dapat menemukan bunga sakura yang merupakan bunga khas Jepang di Sumba, Indonesia.

Konon adanya bunga sakura di Sumba karena dibawa oleh tentara Jepang yang bermukim ketika zaman penjajahan dahulu. Bunga ini dapat ditemui si Sumba pada bulan September hingga bulan Oktober. Pada bulan tersebut bunga sakura akan tumbuh dan bermekaran.

2. Taman Kincir Angin Maubokul

Taman Kincir Angin Maubukol

Lokasi: Moubokul, Kab. Sumba Timur, Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur. – Image Credit by Travelingyuk.com

Sebenarnya objek wisata ini merupakan sebuah pembangkit listrik tenaga angin yang dimiliki oleh Sumba Timur. Kamu akan merasakan seperti berada di negri seribu kincir, Belanda. Jumlah kincir yang sangat banyak membuat keunikan tersendiri.

Berswafoto di destinasi ini sangat dianjurkan. Hal itu karena foto yang Kamu abil dijamin akan hits dan mendapatkan banyak like. Taman kincir angin maubukol ini difungsikan untuk mensuplai listrik ke Desa Kamanggih, Sumba Timur.

3. Bendungan Kambaniru, Lambanapu

Bendungan Kambaniru Lambanapu

Lokasi: Malumbi, Kec. Kambera, Kab. Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur. – Image Credit by Indonesiakaya.com

Bendungan Kambaniru merupakan sebuah bendungan yang berfungsi untuk mengairi sawah dan ladang warga desa Sumba. Bendungan ini membelah hektaran lahan persawahan dan perkebunan di sekitarnya.

Aktivitas yang dapat dilakukan di destinasi ini yaitu trekking, duduk santai menghabiskan sore, maupun menyewa perahu untuk menelusuri aliran sungai. Liburan Kamu dijamin akan sangat spesial dan tidak terlupakan.

4. The Twin Canyon Tanggedu

The Twin Canyon Tanggedu

Lokasi: Ndapayami, Kec. Kanatang, Kab. Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur. – Image Credit by Tripzilla.id

Apabila Jawa Barat memiliki green canyon yang terletak di Pangandaran maka Sumba memiliki objek wisata the twin canyon tanggedu. Air terjun ini memiliki bebatuan yang berlapis-lapis yang akan menghipnotis setiap mata yang melihat.

Berkunjung ke destinasi ini cukup membutuhkan fisik yang prima. Pasalnya Kamu harus melakukan treking beberapa jam untuk mencapai objek wisata ini. namun lelah Kamu akan terbayar seketika ketika melihat keindahan air terjun ini.

5. Pantai Watuparunu

Pantai Watuparunu

Lokasi: Lainjanji, Kec. Wula Waijelu, Kab. Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur. – Image Credit by IndonesiaKaya.com

Keunikan dari pantai watuparunu yaitu terletak pada tebing batu yang berlubang lubang. Hal tersebut menjadi ciri khas tersendiri dari pantai ini. Bentuk tebing yang berkelok kelok menambah keindahan tersendiri.

Pantai Watuparunu terletak di sisi paling timur Pulau Sumba. Pasir putih dan jernihnya air laut siap untuk memanjakan liburan Kamu.

6. Pantai Padadita

Pantai Padadita

Lokasi: Jl. Airlangga Padadita Timur -NTT, Kota Waingapu, Kab. Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur. – Image Credit by Pegipegi.com

Pantai padadita terletak di pinggiran Kota Waingapu. Lokasinya yang tidak jauh dari pusat kota membuat pantai ini cukup strategis aksesbilitasnya. Berkunjung ke pantai ini akan membuat liburan Kamu menyenangkan.

Pantai Padadita merupakan pantai yang merupakan bagian dari Padadita Beach Hotel. Oleh karena itu, fasilitas pantai ini begitu banyak. Terdapat restoran, toilet, tempat ibadah, dan fasilitas lainnya. Bersantai sore melihat sunset merupakan aktivitas yang dapat dilakukan di tempat ini.

7. Pantai Walakiri

Pantai Walakiri

Lokasi: Watumbaka, Kec. Pandawai, Kab. Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur. – Image Credit by Referensiwisata.com

Keunikan dari Pantai Walakiri yaitu air laut yang suatu saat surut hingga beberapa kilometer. Hal itu akan membuat pengunjung dapat berjalan jalan ke arah tengah laut yang ketika pasang di penuhi oleh air laut.

Pantai ini memiliki pasir putih yang sangat bersih dengan air laut yang biru tosca. Aktivitas yang dapat dilakukan di pantai ini yaitu berenang, bersantai, maupun duduk-duduk di warung pinggir pantai yang menjamur di tempat ini.

8. Danau Weekuri

Danau Wekuri

Lokasi: Kalena Rongo, Kec. Kodi Utara, Kab. Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur. – Image Credit by Pegipegi.com

Danau Wekuri merupakan salah satu objek wisata Andalan dari Pulau Sumba. Hal itu karena danau ini merupakan salah satu danau air asin yang cukup langka di dunia. Warna air yang bening kehijauan membuat danau ini sangat indah.

Danau ini dipenuhi oleh batu karang layaknya di daerah lautan. Konon kadar salinitas yang tinggi diakibatkan dari keluarnya air laut pada sela-sela bebatuan karang. Namun, fakta tersebut membutuhkan kajian ilmiah lebih lanjut untuk membuktikanya.

9. Pulau Kambera

Pulau Kambera

Lokasi: Kambera, Kab. Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur. – Image Credit by Indonesiakaya.com

Apabila Provinsi Jawa Timur memiliki padang savana di Taman Nasional Baluran Banyuwangi, Pulau Sumba juga memiliki Pulau Kambera. Pulau ini seperti Afrikanya Pulau Sumba karena merupakan daerah gersang namun eksotis.

Di tempat ini Kamu dapat menemui berbagai jenis hewan ternak yang hilir mudik. Hewan tersebut merupakan hewan warga sekitar seperti sapi, babi, dan kambing.

10. Bukit Persaudaraan

Bukit Persaudaraan

Lokasi: Mauliru, Kec. Kambera, Kab. Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur. – Image Credit by Backpackerjakarta.com

Bukit Persaudaraan terletak di Mauliru, Kambera, Sumba Timur. Bukit ini memiliki pemandangan alam yang sangat indah. Sejauh mata memandang Kamu hanya dapat melihat hijaunya areal perbukitan yang asri dan masih “perawan”.

Banyak spot foto yang sungguh eksotis di destinasi ini. di tengah-tengah perbukitan terdapat sebuah sungai yang mengalir indah. Suasana keindahan ini menjadikan momen yang sungguh menyenangkan dihabiskan bersama dengan orang-orang terdekat.

11. Kampung Praijing

Kampung Praijing

Lokasi: Wailiang, Kota Waikabubak, Kab. Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur. – Image Credit by Superadventure.co.id

Salah satu wisata budaya yang dapat Kamu nikmati ketika berkunjung ke Sumba yaitu kampung praijing. Di sana Kamu dapat melihat kampung adat yang masing terjaga kelestariannya. Kampung Praijing menjadi magnet tersendiri bagi para wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

Desa adat ini dibangun di atas sebuah perbukitan yang masih asri. Kampung ini dikelilingi dengan pepohonan yang tinggi dan rimbun. Kampung Praijing juga ditetapkan sebagai salah satu situs dengan bebatuan megalitik yang sangat indah dan artistik.

12. Taman Nasional Laiwangi Wanggameti

Taman Nasional Laiwangi Wangameti

Lokasi: Pulau Sumba, Pindu Hurani, Kec. Tabundung, Kab. Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur. – Image Credit by Triptrus.com

Bagi Kamu pecinta satwa liar dapat mengunjungi salah satu objek wisata konservasi flora yaitu Taman Nasional Laiwangi Wangameti. Di destinasi ini Kamu dapat melihat beberapa satwa endemik khas Pulau Sumba seperti merpati hijau Sumba, ayam hutan merah Sumba, ular sanca, dan monyet.

Mengunjungi Taman Nasional Laiwangi Wangameti Kamu tidak hanya dapat bertemu dengan berbagai satwa endemik. Disini, kamu juga dapat melihat air terjun yang indah dan danau alami yang masih bersih dan terjaga kelestariannya.

13. Taman Nasional Manupeu Tanahdaru

Taman Nasional Manupeu Tanahdaru

Lokasi: Taman Nasional Manupeu Tanah Daru, Pulau Sumba, Kab. Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur. – Image Credit by Rimbakita.com

Lokasi dari Taman Nasional Manupeu Tanahdaru berada di Waikabubak, Sumba. Di tempat ini Kamu dapat bertemu dengan berbagai satwa asli Sumba yaitu burung kakatua cempaka, julang Sumba, dan berbagai jenis burung. Diperkirakan taman nasional ini di huni hingga 86 jenis burung.

Selain fauna, di taman nasional ini mengoleksi berbagai jenis tanaman seperti suren, jambu hutan, cemara gunung, dan tanduk. Koleksi flora di sini mencapai 118 jenis. Kamu juga dapat menemukan padang savana yang sungguh indah di sekitar taman nasional ini.

14. Air Terjun Lokomboro

Air Terjun Lokomboro

Lokasi: Pada Ewata, Kec. Wewewa Timur, Kab. Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur. – Image Credit by Triptrus.com

Air terjun Lokomboro memiliki ketinggian sekitar 60 meter yang terletak di Wewewa Timbur, Sumba Barat Daya. Air terjun ini merupakan sebuah sumber air untuk masyarakat sekitar untuk kegiatan mandi, mencuci pakaian, hingga mengambil air untuk kepentingan rumah.

Air terjun ini sungguh indah dan menakjubkan. Tidak heran jika harus menjadi salah satu destinasi wisata yang harus Kamu kunjungi ketika ke Sumba.

15. Pantai Karakat Indah

Pantai Karakat Indah

Lokasi: Bukambero, Kec. Kodi Utara, Kab. Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur. – Image Credit by Reservasi.com

Salah satu pantai yang cukup indah di Sumba yaitu Pantai Karakat Indah. Pantai ini cukup bersih dan masih banyak ditemukan berbagai jenis hewan laut yang berkeliaran di sekitar pantai.

Pantai ini memiliki air laut yang berwarna hijau toska yang membuatnya sungguh eksotis. Orang yang berkunjung ke tempat ini umumnya akan melakukan pendakian ke puncak bukit untuk melihat pantai dari atas.

16. Kampung Adat Praigoli

Kampung Adat Praigoli

Lokasi: Wai Hura, Kec. Wanokaka, Kab. Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur. – Image Credit by Flickr.com

Kampung adat praigoli merupakan kampung adat yang berada di Wanokaka, Sumba Barat. Di tempat ini Kamu akan menemukan kampung adat yang masih memegang teguh kebudayaan nenek moyangnya.

Kamu dapat menemukan kuburan megalitik yang disebut dengan lakara kajiwa. Lakarara kajiwa merupakan tempat penyimpanan barang pusaka yang kemudian difungsikan sebagai tempat persemayaman orang yang meninggal.

Itulah 16 objek wisata di Sumba yang dapat menjadi referensi Kamu ketika berkunjung ke sana. Sumba menyimpan eksotisme tersendiri untuk dikunjungi, di sana dapat ditemukan pantai yang indah, wisata budaya, wisata alam, dan lainnya yang dapat memanjakan mata.

Bangka Belitung Bengkulu Jambi Lampung Riau Sumatra Barat Sumatra Selatan Sumatra Utara
Tempat Wisata di Bengkulu
18 Tempat Wisata Hits di Bengkulu
14 Tempat Wisata Hits di Bangka
17 Wisata Pantai di Lampung
Banten DI Yogyakarta DKI Jakarta Jawa Barat Jawa Tengah Jawa Timur
Oleh Oleh Khas Solo
15 Oleh-Oleh Khas Solo Paling Populer
Kuliner Malam Surabaya
10 Tempat Kuliner Malam di Surabaya yang Enak & Murah
Tempat Makan Enak di Surabaya
20 Tempat Makan Enak di Surabaya Favorit Wisatawan
Gorontalo Sulawesi Barat Sulawesi Selatan Sulawesi Tengah Sulawesi Tenggara Sulawesi Utara
Pantai di Makassar Dan Sekitarnya
15 Pantai di Makassar & Sekitarnya
Tempat Wisata di Kendari
15 Tempat Wisata Favorit di Kendari
18 Tempat Wisata di Gorontalo
18 Tempat Wisata Favorit di Gorontalo
Tempat Wisata Labuan Bajo
16 Tempat Wisata Hits di Labuan Bajo
Tempat Wisata Sumba
16 Tempat Wisata Favorit di Sumba
Tempat Wisata di Kupang
15 Tempat Wisata Terbaik di Kupang
18 Wisata Pantai di Lombok
Tempat Wisata Samarinda
16 Tempat Wisata Populer di Samarinda
Tempat Wisata di Banjarbaru
15 Tempat Wisata Favorit di Banjarbaru
13 Tempat Wisata Terbaik di Bontang
13 Tempat Wisata Terbaik di Bontang
Tempat Wisata di Pontianak
15 Tempat Wisata Hits di Pontianak