Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 24 Jam Alamat: Jl. Pandanaran, Mugassari, Kec. Semarang Selatan, Kota Semarang, Jawa Tengah; Map: Cek Lokasi

Tugu Muda merupakan sebuah bangunan monumen batu di Kota Semarang yang diresmikan oleh Presiden Soekarno sebagai simbol perjuangan dari para pemuda yang mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Monumen ini dibangun untuk mengenang pertempuran 5 hari di Semarang melawan tentara Jepang pada saat masa transisi tanggal 15 Oktober hingga 20 Oktober 1945.

Tugu ini berbentuk seperti lilin sebagai filosofi semangat perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia yang tidak pernah padam. Tugu ini memiliki tiga bagian yaitu kepala, badan, dan landasan yang keseluruhannya terbuat dari batu. Terdapat relief di sisi landasan pada tugu dengan lima sanggar pilar. Sementara itu penampang tugu berbentuk segi lima.

Tidak hanya sebagai monumen bersejarah, Tugu Muda Semarang yang berada di Sekayu ini juga memiliki keindahan yang menarik dikunjungi jika berada di Semarang. Kawasan ini memiliki taman-taman yang asri serta instragramable. Tidak heran jika sedang berada di Semarang, monumen ini tidak boleh ketinggalan untuk dikunjungi.

Daya Tarik yang Dimiliki Tugu Muda

Daya Tarik Dimiliki Tugu Muda Semarang
Image Credit: Facebook VIVA.co.id

Tidak hanya berupa bangunan monumen saja. Tugu Muda di Semarang juga memiliki daya tariknya tersendiri. Oleh karena itu, kawasan ini selalu banyak dikunjungi terutama jika musim liburan atau akhir pekan. Berikut beberapa daya tarik yang dimiliki oleh destinasi wajib yang berada di tengah Kota Semarang ini.

1. Taman

Di sekitar tugu telah disediakan taman yang cukup luas untuk digunakan sebagai pengunjung berekreasi. Taman ini ditumbuhi dengan berbagai macam pohon dan bunga sehingga tampak asri dan segar. Taman ini juga menjadi salah satu daya tarik karena menjadi tempat yang nyaman untuk menghabiskan waktu bersama teman atau keluarga.

Taman ini juga memiliki spot foto yang menarik, salah satunya adalah taman berbentuk love. Dengan bentuk yang unik, tempat ini menjadi favorit pengunjung yang datang untuk mengambil gambar. Banyak juga pengunjung yang hanya duduk di sekitar taman.

2. Arsitektur

Tugu Muda memiliki arsitektur yang sangat unik terdapat relief di sisi-sisinya. Selain itu juga tugu ini memiliki filosofi yang tentu saja sangat dalam mengenai sejarah perjuangan bangsa Indonesia di masa lalu. Dengan bentuk nyala lilin mengandung semangat para pemuda yang terus berkobar-kobar dalam mempertahankan bangsa Indonesia yang masih tetap harus dilakukan sampai sekarang.

Bangunan terbuat dari batu memiliki 5 relief yang menjadi penyangga. Setiap relief ini memiliki kisah-kisah tentang perjuangan masa penjajahan hingga Indonesia merdeka di Semarang. Sedangkan di atas relief ini terdapat simbol Pancasila.

Daya Tarik Tugu Muda
Image Credit: Google Maps Putri Isnayni Dewi

3. Air Mancur

Air mancur merupakan salah satu daya tarik tersendiri bagi kawasan ini. jika malam hari air mancur ini dipenuhi dengan lampu-lampu hias yang sangat indah sehingga sangat cocok sebagai tempat untuk wisata malam. Air mancur ini sangat ditunggu-tunggu bagi para pengunjung untuk melihat pertunjukkannya. Ditambah dengan kolam di sekitarnya sehingga tampak sejuk dipandang mata.

Air kolam yang mengelilingi tugu ini juga memiliki daya tariknya tersendiri. Dengan adanya kolam ini, suasana di sekitar menjadi tampak segar di pandang mata. Jika air mancur sedang beratraksi di atas kolam ini, airnya yang segar akan mengenai Anda.

4. Lawang Sewu

Siapa yang tidak mengenal Lawang Sewu? Bangunan ini memang sangat terkenal dan memiliki sejarah yang panjang.

Lokasinya sangat dekat dengan Tugu Muda sehingga banyak pengunjung yang datang ke monumen ini juga mampir ke bangunan yang sudah ada sejak zaman Belanda ini. Jika Anda datang ke monumen, Anda juga dapat mencoba untuk mengunjungi lawang sewu ini

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Tugu Muda Semarang
Image Credit: Google Maps Sutardi

Tugu Muda Semarang berada di tengah Kota Semarang. Jaraknya sekitar 15 menit waktu tempuh dari Bandara Ahmad Yani. Rute yang dapat ditempuh dengan melalui Jl. Yos Sudarso menuju ke Bundaran Kalibanteng. Selanjutnya belok ke kiri menuju Jl. Jenderal Sudirman. Anda tinggal mengikuti jalan sekitar 4 kilometer hingga sampai ke lokasi.

Sedangkan jika Anda dari arah Yogyakarta, maka Anda perlu mengarahkan kendaraan ke Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Kariadi tepatnya di Jl. Dr. Sutomo yang hanya berjarak 1 kilometer saja dari tugu. Selain menggunakan kendaraan pribadi baik mobil atau motor, Anda juga dapat menggunakan transportasi umum seperti bus Trans Semarang dengan biaya Rp 3.000 hingga Rp 5.000 saja.

Tugu ini menjadi salah satu tempat wisata murah meriah yang dapat digunakan sebagai tempat liburan bersama keluarga. Buka setiap hari selama 24 jam, Anda juga tidak perlu membayar tiket masuk untuk dapat menikmati suasana taman kota yang asri. Anda juga dapat leluasa berwisata malam karena sudah tersedia hiburan air mancur serta lampu warna-warni yang cantik.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Tugu Muda

Aktivitas Menarik di Tugu Muda
Image Credit: Google Maps raden agus suparman

Jika datang ke Tugu Muda, Anda tentu tidak akan hanya berdiam saja. Ada beberapa kegiatan yang menarik dan menyenangkan untuk dilakukan. Meski bukan kawasan yang sangat luas, namun Anda masih bisa dengan leluasa melakukan beberapa aktivitas seperti berikut.

1. Bersantai

Jika bingung tempat bersantai yang murah meriah di Semarang, Anda dapat datang ke wisata satu ini. Tempatnya yang nyaman dan asri membuat kawasan ini sangat cocok untuk bersantai. Kawasan ini juga sering digunakan orang kalangan anak muda sebagai tempat untuk nongkrong. Merupakan taman terbuka sehingga Anda dan teman dapat leluasa berbincang dan tertawa-tawa.

2. Berfoto

Kawasan monumen ini memiliki spot-spot foto yang sangat menarik. Tidak heran jika banyak pengunjung yang datang untuk hunting foto yang instagramable. Salah satu tempat yang banyak digunakan adalah taman love. Namun jika Anda menyusuri lagi taman di monumen ini, Anda akan menemukan spot lain yang tidak kalah menarik.

3. Menikmati Air Mancur

Jika Anda beruntung, Anda dapat melihat pertunjukan air mancur di Tugu Muda Semarang. Air mancur yang ada di kolam sekitar taman ini memang sudah menjadi daya tarik tersendiri. Banyak pengunjung datang untuk dapat melihat air mancur. Apalagi saat malam, air mancur ini terlihat jauh lebih indah dengan lampu-lampu hias yang berwarna-warni.

4. Berwisata Malam

Buka selama 24 jam, kawasan monumen ini sangat cocok sebagai tempat untuk wisata malam. Apalagi karena tempatnya yang berada di tengah kota membuat kawasan ini tidak pernah terasa sepi. Menariknya, kawasan monumen yang dikelilingi kolam dengan air mancur dilengkapi lampu-lampu hias yang membuatnya lebih cantik saat malam hari.

Aktivitas di Tugu Muda
Image Credit: Google Maps bintangsemarang354

5. Belajar Sejarah

Sebagai sebuah monumen, kawasan ini menyimpan sejarah terutama tentang perjuangan para pemuda dalam merebut kemerdekaan. Detail-detail arsitekturnya memiliki makna dan arti tersendiri untuk dipelajari agar tidak pernah lupa dengan sejarah Indonesia di masa lalu, terutama perang 5 hari yang pernah ada di Semarang untuk mengusir penjajah Jepang.

6. Nongkrong

Kawasan ini memang sangat cocok untuk tempat nongkrong kawula muda. Terutama saat malam hari. Menjadi tempat yang lelauasa, para pemuda dapat berbincang dan melakukan berbagai aktivitas yang seru bersama-sama. Terkadang ada juga penjual jajanan seperti bakso sehingga pengunjung dapat juga jajan sambil nongkrong di kawasan ini.

7. Bertandang ke Lawang Sewu

Karena sangat dekat, hal menarik lainnya adalah datang ke wisata Lawang Sewu. Gedung yang sangat ikonik ini juga menyimpan berbagai cerita dan peristiwa di masa lalu. Karena itu banyak pengunjung yang penasaran dan datang sendiri. Karena itu, jika Anda memang ingin berkunjung ke tugu, jangan lupa juga untuk berkunjung juga ke Lawang Sewu ini.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas di Kawasan Tugu Muda Semarang
Image Credit: Google Maps Youhua Nita

Tugu Muda memiliki fasilitas berupa taman-taman yang indah. Terdapat spot foto yang kekinian, salah satunya adalah taman love. Seperti namanya, taman ini dipenuhi dengan tanaman rambat yang dibentuk seperti hati. Di bawahnya berupa jalan setapak. Banyak pengunjung yang menggunakannya sebagai tempat untuk mengambil gambar.

Fasilitas lainnya berupa tempat istirahat, kamar mandi, juga tempat parkir kendaraan. Ada dua tempat untuk memarkirkan kendaraan, yaitu di kanan Lawang Sewu atau dapat juga di pelataran Museum Mandala. Taman kota dengan tugu bersejarah ini juga sangat bersih dari sampah yang berserakan, hal ini karena juga sudah tersedia tempat sampah di beberapa sudut taman.

Monumen ini berada di tengah kota sehingga juga dekat dengan tempat-tempat umum. Jika Anda datang dari luar kota, Anda tidak perlu bingung untuk mencari tempat penginapan. Tidak jauh dari monumen ini ada penginapan-penginapan yang nyaman serta terjangkau. Penginapan yang terdekat hanya berjarak 450 meter saja dengan fasilitas yang memadai.

Tugu Muda menjadi monumen yang ikonik di Semarang, Jawa Tengah. Sebagai kawasan dengan nilai sejarah, tugu ini juga menyajikan taman-taman serta air mancur yang indah dan menarik untuk dikunjungi. Tidak hanya itu, tugu ini juga sangat dekat dengan bangunan Lawang Sewu yang sangat terkenal. Karena itu, monumen ini menjadi destinasi wajib jika mengunjungi Semarang.