Ingin Berlibur ke Tuban? Periksa List Wisata Pantai Terbaik di Tuban, Jawa Timur. Objek Wisata Bahari Terindah, Populer, Eksotis, Paling Hits Disinggahi oleh Wisatawan Saat Liburan dan Akhir Pekan.

Tuban terkenal dengan julukan kota Wali, karena dipercaya sebagai pusat penyebaran islam. Karena itulah, banyak sekali kunjungan wisata religi setiap harinya. Bahkan bisa dikatakan hampir tidak pernah sepi, terutama saat hari-hari khusus akan sangat ramai pengunjung berziarah ke makam Wali.

Namun, tidak banyak yang tahu bahwa wisata baharinya juga banyak menyimpan keindahan dan layak untuk dikunjungi. Mulai dari pesona mangrove, cemara, lautan lepasnya, hingga pasir kecokelatan yang luas untuk beragam aktivitas menarik.

Deretan pantainya juga memiliki keunikan dan daya tarik yang khas, seperti adanya ikon wisata lain dalam satu tempat, dan spot cantik untuk berfoto. Tentunya, akan banyak sekali yang bisa Anda lakukan dan temukan secara langsung saat berkunjung. Semua biaya yang dipatok untuk tiket masuk tergolong murah dan kebanyakan justru gratis. Berikut deretan wisata pantai favorit di Tuban yang bisa Anda pilih.

1. Pantai Kelapa

Pantai Kelapa
Image Credit: Instagram.com @renovianp

Seperti namanya, Pantai ini dikelilingi oleh banyak sekali tanaman pohon kelapa. Suasana ini membuat Anda merasa sedang berlibur di Hawai. Tidak sama seratus persen, namun keindahannya memang tidak bisa ditolak. Berjemur, berfoto, berenang, dan juga berkemah bisa Anda lakukan saat tiba di lokasi.

Uniknya bukan hanya pohon kelapa, juga ada mangrove serta cemara yang tumbuh di sana. Cukup tergambar betapa sejuknya wisata Pantai Kelapa. Kegiatan-kegiatan menarik bisa Anda lakukan, saat Anda memutuskan untuk datang dan melihat serta merasakannya secara langsung. Biaya masuknya juga tergolong murah dengan tawaran keindahan yang dimiliki.

Lokasi: Jl. Gresik, Panyuran, Kec. Palang, Kab. Tuban.

2. Pantai Sowan

Pantai Sowan
Image Credit: Pantainesia.com

Pilihan destinasi wisata alam Tuban lainnya yaitu Pantai Sowan. Seperti yang tertuang pada namanya, lokasi pantai ini berada di desa Sowan. Pemandangan yang ditawarkan begitu eksotis dan memanjakan setiap mata untuk singgah walau sejenak. Pasir pantai yang luas, laut lepas berwarna biru, dan tebing-tebing karang yang indah.

Pepohonan yang tumbuh di sekelilingnya menambah sejuk dan teduh suasana saat siang hari. Terdapat banyak pula tempat makan yang menyajikan olahan seafood lezat di pinggir pantai. Jika penasaran dengan keunikannya bisa temukan secara langsung dengan mengunjungi Pantai Sowan saat waktu senggang atau liburan. Tiket masuknya hanya Rp 5000-Rp 15.000/ orang.

Lokasi: Bogoran, Bogorejo, Kec. Bancar, Kab. Tuban.

3. Pantai Boom

Pantai Boom
Image Credit: Twitter.com @reztueko

Objek wisata pilihan selanjutnya adalah Pantai Boom. Keberadaannya dapat bersaing dengan deretan keindahan Pantai di Bali. Banyak sekali spot bagus yang bisa Anda temukan saat singgah. Saat ini telah menjadi bagian dari wisata bahari paling populer dan tidak pernah sepi pengunjung.

Sarana prasarana yang dimiliki juga sangat lengkap dengan perawatan dan kondisi yang baik.

Selain itu panorama yang disuguhkan juga sangat menarik. Mulai dari ombaknya, pasirnya, hamparan lautnya, hingga pemandangan di sekitarnya begitu mengesankan. Perlu diketahui juga bahwa di Pantai Boom terdapat daratan yang posisinya menjorok ke arah laut dengan panjang sekitar 800 meter. Indah dan menawan sayang sekali jika tidak menyempatkan singgah.

Lokasi: Kutorejo, Kec. Tuban, Kab. Tuban.

4. Pantai Cemara

Pantai Cemara
Image Credit: Twitter.com @paijo_global

Unik dan khas begitulah pesona alam yang banyak ditawarkan oleh wisata alam yang ada di Tuban, Pantai Cemara salah satunya. Keberadaannya membawa daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang datang. Hamparan luas pasir dengan pepohonan cemara yang tumbuh di pinggir mengelilingi bibir pantai dengan indahnya. Pesona eksotisnya benar-benar tiada duanya.

Pantai Cemara juga memiliki area pinggir laut yang luas dan nyaman untuk beraktivitas. Pantainya berombak tenang dan berwarna biru dengan gradasi warna hijau. Anda bisa melakukan banyak sekali hal menarik di sana, mulai dari berfoto, berenang, ataupun kegiatan lain yang cocok dilakukan. Tentunya semua bisa Anda dapatkan dengan datang langsung ke lokasi.

Lokasi: Jl. Tuban-Gresik Sendang Harjo, Sugihwaras, Kec. Tuban, Kab. Tuban.

5. Pantai Socorejo

Pantai Socorejo
Image Credit: Google Maps (Gio Subagio)

Keindahan wisata bahari Tuban benar-benar tidak kalah dengan daerah lain di Jawa Timur, Pantai Socorejo salah satunya. Pantai ini juga dikenal dengan sebutan Pantai Semilir yang terletak di desa Socorejo. Pemandangan yang alami menjadi daya tarik utama yang memikat pengunjung untuk datang. Lokasinya belum begitu banyak diketahui secara luas oleh khalayak umum.

Pada awalnya Pantai Socorejo tidak begitu mendapat perhatian Pemerintah. Namun, karena potensi yang dimilikinya, kini Pemerintah daerah mulai melakukan pengembangan fasilitas dan promosi wisata. Semua terjadi karena pesona daya tarik yang dimiliki begitu menakjubkan sehingga sulit untuk ditolak. Untuk biaya masuk hingga saat ini masih digratiskan dan bisa berubah.

Lokasi: Karangdowo, Socorejo, Kec. Jenu, Kab. Tuban.

6. Pantai Remen

Pantai Remen
Image Credit: Pantainesia.com

Menjadi destinasi bahari terindah yang ada di Tuban, untuk itulah Pantai Remen tidak sepi pengunjung. Masuk kedalam jajaran pantai yang populer di Tuban. Memiliki pemandangan yang tidak kalah dengan Pantai Losari. Saat masuk Anda akan disuguhkan dengan keindahan alam yang tiada duanya. Berbagai hal unik mungkin Anda temukan saat berkunjung ke sana.

Banyak sekali spot foto pilihan yang bisa Anda gunakan sebagai latar belakang. Terutama bagi Anda yang gemar berswafot, pantai Remen adalah surganya. Menjadi satu-satunya pantai dengan pasir putih yang ada di Tuban. Berbagai alternatif kegiatan outdoor terbaik yang bisa Anda lakukan adalah memancing, berenang, dan bermain pasir. Tiket masuknya yaitu Rp 2.000,- saja per orang.

Lokasi: Remen, Kec. Jenu, Kab. Tuban.

7. Pantai Mangrove Center

Pantai Mangrove Center
Image Credit: Instagram.com @zi.taqiy

Mendengar namanya, pasti Anda sudah menebak bagaimana gambaran lokasinya. Pantai utara Jawa yang berada di Tuban ini memiliki banyak sekali pohon mangrove. Suasana yang dibangun tenang dan menenangkan. Deretan Mangrovenya juga menambah sejuk pemandangan pantai yang terkesan panas dan menyengat saat siang hari pada khususnya.

Memiliki hamparan pasir luas dengan garis lengkung yang panjang. Banyak digunakan sebagai lokasi gathering komunitas yang ada.Pantainya juga cukup dangkal untuk dibuat berenang. Sehingga aman untuk mengajak anak-anak bermain dan berkunjung bersama. Bagi yang berminat untuk berkunjung, siapkan uang Rp 5.000,- saja. Jangan lupa abadikan momen dengan baik.

Lokasi: Jl. Raya Tuban-Semarang No.KM.6, Kajenom, Kec. Jenu, Kab. Tuban.

8. Pantai Terminal Baru

Pantai Terminal Baru
Image Credit: Google Maps (Julian El Sanjaya)

Pantai tujuan wisata selanjutnya terletak di belakang sebuah terminal yang ada di Tuban. Untuk itulah, kebanyakan Masyarakat mengenalnya dengan pantai Terminal Baru. Menjadi bagian dari rest area yang mengesankan bagi pelancong untuk singgah melepas penat. Lokasinya sangat strategis dan mudah untuk ditemukan. Selain itu, letaknya dekat dengan daerah pusat Kota Tuban.

Banyak penginapan di dekat Pantai Terminal baru yang bisa digunakan untuk beristirahat setelah atau sesaat Anda memulai kunjungan. Namun, kebanyakan pengunjung memilih untuk mendirikan tenda dan menghabiskan malam untuk menikmati indahnya suasana di malam hari. Dibuka selama 24 jam penuh, tanpa batas waktu yang mengikat. Tiket untuk masuknya sebesar Rp 2.000,- saja.

Lokasi: Jabung, Sugihwaras, Kec. Jenu, Kab. Tuban.

9. Pantai Gardu Laut

Pantai Gardu Laut
Image Credit: Viva.co.id

Pecinta panorama sunset dan sunrise wajib singgah di Pantai Gardu Laut. Pemandangan menakjubkan yang terlukis indah di langit laut saat matahari terbit hingga tenggelam lagi, menjadi daya tarik utamanya. Datang pada sore hari menjadi alternatif waktu yang tepat, namun menginap juga direkomendasikan agar tidak ketinggalan momen sunrise. Dirikan tenda dan nikmati malam.

Memiliki hamparan pasir yang cukup luas. Ombaknya begitu tenang dan tidak berbahaya. Banyak kapal Nelayan yang singgah dan beraktivitas di sana. Hal-hal menarik akan Anda temukan saat mengunjunginya secara langsung. Abadikan semua momen terbaik dengan foto latar belakang Pantai Gardu Laut yang begitu mempesona. Buka selama 24 jam dengan biaya masuk yang gratis.

Lokasi: Karangsari, Kec. Tuban, Kab. Tuban.

10. Pantai Perbatasan

Pantai Perbatasan
Image Credit: Merahputihbisa.blogspot.com

Pantai Perbatasan memiliki keunikan dan keunggulan yang ditawarkan kepada para pengunjung. Ocean viewnya mirip dengan yang ada di daerah Bali. Benar-benar memiliki panorama yang mengesankan untuk dilihat. Pengelolaannya sudah mapan, sehingga sarana prasarana penunjangnya juga lengkap, mulai dari toilet, musholla, hingga warung yang menjual makanan.

Banyak sekali hal menarik yang dimiliknya. Mulai dengan pemandangan laut lepasnya yang menakjubkan. Spot-spot foto paling kece dan bagus untuk memperindah koleksi timeline sosial media. Beragam kegiatan outdoor yang menarik untuk dilakukan. Semua momen Anda tidak akan pernah mengecewakan. Terlebih pantai ini Buka 24 jam dan kerennya lagi tidak ada biaya masuk.

Lokasi: Sukolilo, Kec. Bancar, Kab. Tuban.

11. Pantai Stockpile

Pantai Stockpile
Image Credit: Google Maps (Putri Mulyasari)

Namanya terdengar cukup unik, seunik pemandangan yang disajikannya. Pantai Stockpile, memiliki keindahan alam yang murni dan menarik untuk dikunjungi. Hamparan pasir kecokelatan serta lengkungan garis pantai yang panjang menambah indah. Semua aktivitas menarik bisa Anda lakukan sembari menikmati indahnya panorama di sana.

Biaya masuknya gratis dan dibuka selama 24 jam per harinya. Lokasinya bisa Anda temukan di map dengan titik yang pas karena sudah banyak diakses oleh pengunjung. Aman digunakan untuk berenang, bermain pasir serta bersantai bersama anak-anak. Karena lautnya landai serta memiliki ombak tidak ganas. Bermalam di sana dengan mendirikan tenda adalah alternatif untuk dipilih.

Lokasi: Karangdowo, Kec. Jenu, Kab. Tuban.

12. Pantai Surindah

Pantai Surindah
Image Credit: Facebook.com @achmadzuyaoploxz

Destinasi wisata bahari pilihan yang ada di Tuban yaitu Pantai Surindah. Tempatnya masih sangat alami tanpa bekas jamahan yang menyebabkan kerusakan oleh tangan usil tidak bertanggung jawab. Lokasinya berada di sekitar jalur utama Pantura. Menjadi golongan yang hits dan populer karena pesonanya yang mengesankan. Mampir dan singgah melepas penat menjadi rekomendasi.

Memiliki pasir kecokelatan yang luas, bersih, dan juga lembut. Lengkungan garis lautnya panjang sehingga Anda bisa berjalan-jalan di sekitarnya. Saat sore tiba, Anda akan disajikan dengan pemandangan sunset yang memiliki semburan cahaya senja orange keemasan. Banyak hal-hal menarik lain yang bisa dilakukan di Pantai Surindah. Penting lagi karena biaya masuknya gratis.

Lokasi: Glagah, Temaji, Kec. Jenu, Kab. Tuban.

13. Pantai Depan Klenteng

Pantai Depan Klenteng
Image Credit: Facebook.com @adi.atmaja.7161

Pantai Depan Klenteng? benar, namanya diambil dari letaknya yang berada di depan sebuah Klenteng bernama Kwan Sing Bio. Unik bukan? jarang sekali ditemukan sebuah destinasi bahari yang berada di depan klenteng kecuali di Tuban. Anda bisa melakukan dua kegiatan wisata secara bersamaan tanpa membuang waktu yang lama, yaitu kunjungan religi dan juga bahari.

Pantai ini banyak dijadikan tempat singgah kapal-kapal Nelayan yang berlabuh. Pemandangannya memang tidak seindah destinasi bahari lainnya, namun dapat mengesankan hari Anda. Tidak ada biaya masuk untuk berkunjung. Cukup sempatkan diri singgah walau sebentar saat berada di sekitaran Klenteng Kwan Sing Bio. Pastinya liburan Anda akan berlalu dengan menakjubkan.

Lokasi: Karangsari, Kec. Tuban, Kab. Tuban.

Itulah daftar dari beberapa pesona wisata pantai yang ada di Tuban. Mulai tempat yang banyak dikunjungi hingga yang masih belum banyak terjamah. Meskipun tidak setenar pantai di daerah Malang dan Banyuwangi, namun keunikannya menjadi ciri khas.