Bahrain merupakan sebuah negara Arab kecil yang berbentuk monarki di Teluk Persia. Negara di sebelah timur laut pesisir Arab Saudi tersebut terkenal sebagai negara penghasil mutiara laut terbaik. Bahkan negara ini terkenal dengan minyak buminya yang diekspor ke berbagai negara lain di dunia. Tidak heran jika Bahrain menjadi negara terkaya ketiga di Arab.

Sebagai negara yang kaya, Bahrain pun banyak dijadikan sebagai tujuan destinasi oleh wisatawan internasional. Apabila kebetulan anda berkunjung kemari, jangan lupa untuk mencicipi makanan khas Bahrain yang terkenal lezat. Berikut beberapa kuliner khas yang wajib dicoba.

1. Koshari

Koshari
Image Credit: Facebook Koshari Basha

Koshari merupakan makanan khas yang akan sangat mudah anda jumpai ketika berkunjung ke negara yang kaya akan minyak bumi tersebut. Sebab Koshari bisa dibilang sebagai menu tradisional di sini. Sehingga anda bisa menemukannya di restoran mewah maupun di tempat makan pinggir jalan.

Koshari atau dikenal dengan nama lain kusyari, kusheri, kushari adalah makanan unik yang terbuat dari nasi, makaroni, kacang lentil cokelat, dan pasta yang dicampur menjadi satu. Pasta yang digunakan untuk campuran koshari tersebut sangat bervariasi. Mulai dari rigatoni, pipe rigate, spaghetti, ataupun makaroni.

Kemudian di atasnya ditambahkan saus tomat, cuka, taburan bawang goreng renyah, dan juga kacang chikpeas. Sehingga hidangan ini memang tidak mengandung unsur hewani, jadi cocok sekali bagi anda yang vegetarian. Meski campurannya mungkin terdengar aneh bagi masyarakat Indonesia, namun rasanya cukup lezat.

2. Machboos

Machboos
Image Credit: Twitter Globetrotter’s Plate

Makanan khas Bahrain yang terkenal dan wajib dicoba berikutnya yaitu machboos. Menu ini sebenarnya merupakan salah satu kuliner khas yang ada di negara Timur Tengah. Jadi anda mungkin dapat menemukannya juga di Saudi Arabia, Kuwait, hingga Qatar. Namun biasanya Machboos di setiap daerah punya ciri khas tersendiri yang mungkin sedikit berbeda dari negara lainnya.

Cita rasa dari machboos pun aslinya memang sudah sangat khas, dengan campuran kunyit dan air mawar yang dimasak bersama dengan nasi. Semakin lezat, hidangan tersebut kemudian ditambahkan dengan daging yang telah dimasak terpisah sehingga sangat menggugah selera.

BACA:  10 Tempat Wisata Menarik di Manama Buat Liburan

Umumnya, machboos akan ditambahkan pula menggunakan dakkous, yakni saus merah yang terdiri dari bawang putih, lada hitam, dan tomat. Namun penggunaan dakkous tergantung selera. Jadi tidak semua rumah makan yang menjual machboos akan menambahkannya dengan dakkous.

3. Shawarma

Shawarma
Image Credit: Twitter Maki

Nama menu ini mungkin sudah tidak asing lagi di telinga anda, sebab shawarma termasuk sebagai hidangan Timur Tengah yang popularitasnya sampai kancah internasional. Di Bahrain pun anda bisa menemukan kuliner berisikan daging tersebut. Daging yang umumnya digunakan sebagai isian shawarma antara lain daging sapi, daging kambing, atau daging ayam.

Yang kemudian ditambahkan dengan kentang goreng, kol, dan saus, lalu dibungkus menjadi satu menggunakan tortilla. Sehingga dari tampilan mungkin tampak seperti kebab, apalagi kedua menu ini sama sama dari Timur Tengah. Namun perlu diketahui bahwa shawarma pada proses masaknya akan dipanggang pada kerucut besar berputar yang selanjutnya diiris tipis tipis.

Karena proses masaknya tersebut, maka diberi nama shawarma yang berarti memutar. Sementara kebab digoreng pada wajan datar atau dipanggang pada tandoor. Jadi kedua menu ini memang tidak sama. Oleh karena itu, sangat sayang sekali apabila anda melewatkan mencoba shawarma saat berkunjung ke Bahrain.

4. Egg Pizza Bahrain

Egg Pizza Bahrain
Image Credit: Twitter Mervana_restaurant

Egg pizza menjadi salah satu makanan khas yang terkenal dan wajib dicoba selanjutnya. Egg pizza ini mirip dengan pizza pada umumnya, namun bahan utama dalam pembuatannya yaitu telur. Dimana telur dicampur bersama dengan keju hingga menghasilkan rasa yang nikmat dan lezat.

Biasanya warga Bahrain akan melengkapi menu egg pizza dengan saus merah di atasnya untuk sarapan atau hidangan pembuka. Tambahan saus yang berpadu secara sempurna dengan keju terasa meleleh dan lumer di mulut. Membuat siapa saja yang menikmatinya seolah ingin mencoba lagi dan lagi.

5. Qouzi

Qouzi
Image Credit: Twitter Ali K

Sama seperti makanan khas dari daerah Timur Tengah lainnya yang identik dengan daging, Bahrain pun punya menu khas yang menggunakan daging dalam pengolahannya. Namanya quozi atau dikenal pula dengan nama ghoozi. Hidangan ini terdiri dari nasi, telur, kacang kacangan, daging domba yang telah dipanggang, dan kismis.

Karena menggunakan rempah yang melimpah, rasa quozi sangat khas dan begitu nikmat ketika masuk ke dalam mulut. Biasanya menu tersebut selalu ada saat acara besar dilangsungkan di Bahrain. Meskipun begitu, anda tetap dapat menemukannya di berbagai tempat makan. Baik itu di tempat makan pinggir jalan maupun restoran yang terkenal fancy.

BACA:  15 Tempat Wisata Menarik di Bahrain Buat Liburan

6. Biryani

Biryani
Image Credit: Facebook Asha’s Middle East

Meski biryani identik dengan negara India, namun nyatanya anda juga dapat menemukan menu ini sebagai hidangan khas di Bahrain. Menggunakan beras basmati yang memiliki kandungan protein dan sedikit lemak sebagai bahan baku utama, nasi biryani punya rasa gurih dan pedas karena dibuat dengan berbagai macam rempah secara campuran.

Untuk lauk pelengkapnya, biasanya setiap pedagang akan melakukan berbagai kreasi pada kuliner biryani tersebut. Ada yang menggunakan daging sapi, daging kambing, daging domba, atau daging ayam. Sehingga anda dapat memilih lauk dengan menyesuaikannya kembali terhadap selera masing masing.

7. Uukkous Al Badinjan

Uukkous Al Badinjan
Image Credit: Facebook Betsy Gura

Uukkous al badinjan merupakan salah satu makanan khas Bahrain yang terkenal dan wajib dicoba apabila anda sedang berada di negara Arab kecil tersebut. Kuliner yang biasa disebut dengan nama roasted eggplant dip ini mempunyai bahan utama terong. Yang kemudian diberi tambahan berbagai bumbu seperti garam, bawang putih, paprika, cabe, minyak zaitun, dan lain sebagainya.

Karena uukkous al badinjan diolah hingga berupa saus, biasanya menu ini disajikan bersama dengan roti bakar. Saus terong dengan roti bakar ? Mungkin ini terdengar aneh bagi masyarakat Indonesia. Namun perpaduan tersebut ternyata mampu menghasilkan cita rasa unik yang lezat, sehingga patut untuk dicoba.

8. Khubz

Khubz
Image Credit: Twitter cooklime

Khubz atau disebut juga dengan Bahrain Flat Bread adalah menu sarapan yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Jadi tidak sulit untuk menemukan hidangan ini di berbagai tempat di negara tersebut. Mulai dari restoran mewah yang terkenal sampai tempat makan di pinggir jalan pun memiliki hidangan khubz dalam daftar menu mereka.

Khubz memang sangat unik, seperti roti gepeng dengan cita rasa yang khas. Sehingga sangat disayangkan apabila anda tidak mencicipinya, ketika berkesempatan mengunjungi negara penghasil mutiara laut terbaik tersebut. Jangan lupa untuk menyantap khubz selagi hangat, karena rasa terbaik ditawarkan saat hidangan ini baru keluar dari oven.

9. Chebeh Rubyan

Chebeh Rubyan
Image Credit: Twitter TJ

Makanan khas Bahrain yang terkenal dan wajib dicoba berikutnya adalah chebeh rubyan. Sebutan lain untuk hidangan ini yaitu Bahrani prawn balls atau bola udang. Sesuai namanya, chebeh rubyan berupa bola bola udang yang kemudian disimpan dengan saus asam. Sehingga rasanya menawarkan kelezatan yang luar biasa saat masuk ke dalam mulut.

BACA:  15 Tempat Wisata Menarik di Bahrain Buat Liburan

Biasanya chebeh rubyan tersebut akan dihidangkan ketika acara perayaan. Dan acap kali disajikan bersama dengan muhammar atau nasi manis Bahrain. Perpaduan antara keduanya menghasilkan cita rasa khas ala Timur Tengah yang begitu menggugah selera. Jadi chebeh rubyan ini masuk dimasukkan ke dalam list makanan yang wajib dicoba di Bahrain.

10. Maqluba

Maqluba
Image Credit: Twitter add a little lemon

Maqluba punya arti terbalik, karena penyajian dari hidangan ini memang menggunakan panci terbaik. Hal tersebut mungkin membuat penampilan maqluba kurang menarik ketika diperhatikan. Namun jangan terburu buru berekspektasi bahwa masakan ini tidak enak, sebab yang anda dapatkan adalah sebaliknya.

Karena maqluba punya rasa lezat dari perpaduan antara nasi, daging, serta berbagai sayuran. Kombinasi antara berbagai bahan tersebut membuat kuliner ini mampu menawarkan kelezatan yang tidak perlu diragukan lagi. Bahkan masyarakat Bahrain sangat menggemari menu hidangan ini dan sering menyajikannya di berbagai acara.

Jadi, sudah ada rencana untuk pergi berlibur ke Bahrain ? Apabila anda memiliki kesempatan untuk berkunjung ke salah satu negara di Timur Tengah tersebut, maka jangan lupa mencicipi deretan makanan khas yang telah disebutkan di atas. Rasanya tidak hanya unik, tapi juga sangat lezat. Sehingga dijamin akan membuat anda rindu untuk kembali ke Bahrain untuk mencobanya kembali.