Bahrain merupakan suatu wilayah yang berbentuk kepulauan dan ada di kawasan Timur Tengah. Kepulauan satu ini memiliki letak geografis yang menghadap ke teluk Persia yang dilengkapi dengan tempat destinasi wisata yang unik dan menarik. Anda akan menemukan sebuah bangunan masjid yang indah, bangunan mewah, sampai dengan wisata alamnya.

Selain dibanjiri dengan tempat wisata yang sangat beragam, anda juga dapat menemukan oleh-oleh yang lucu dan menarik untuk dijadikan buah tangan untuk keluarga di rumah. Membawa oleh-oleh juga sebenarnya menjadi suatu tradisi yang akan ditanyakan ketika pulang dari melakukan wisata. Berikut deretan oleh-oleh khas Bahrain yang bisa dibawa pulang.

1. Bakhoor atau Parfum Khas Arab

Bakhoor atau Parfum Khas Arab
Image Credit: Twitter Kids And Decor_Et al

Jenis oleh-oleh pertama yang bisa digunakan dan dimanfaatkan dengan baik adalah parfum. Parfum khas Bahrain ini sangat unik karena terbuat atau berasal dari kayu. Tidak kalah dengan parfum kekinian, parfum ini juga memiliki aroma manis yang sangat mengikat. Tak hanya wisatawan, bahkan masyarakat lokal pun menggunakannya untuk beraktivitas harian.

Selain digunakan untuk parfum, kayu ini juga dipakai untuk pengharum ruangan dengan cara dilakukan pembakaran terutama pada saat acara-acara penting seperti hari raya atau momen pernikahan. Tidak perlu khawatir dengan penampilan dari parfum ini, anda tidak akan mendapatkannya dalam bentuk kayu tetapi sudah dengan packaging yang menarik.

Keunikan lain dari dari parfum satu ini adalah netral dan bisa digunakan oleh laki-laki maupun perempuan. Dah bahkan hampir setiap wisatawan merasa tertarik untuk bisa memilikinya. Poin itulah yang membuat Bakhoor ini menjadi suatu hal yang unik dan banyak dicari. Menjadikan parfum Bakhoor ini sebagai buah tangan untuk kerabat di rumah.

2. Souvenir

Souvenir
Image Credit: Twitter Bahrain Tourism India

Jenis oleh-oleh satu ini banyak dipilih oleh para wisatawan yang datang berkunjung karena ukurannya yang tidak terlalu besar dan tidak akan menyusahkan ketika dibawa dalam perjalanan pulang. Berbagai jenis souvenir yang dapat dijadikan pilihan adalah lampu mozaik, papan catur dari kayu dan juga berbagai jenis barang untuk dekorasi rumah.

BACA:  15 Tempat Wisata Menarik di Bahrain Buat Liburan

Jika anda berniat untuk menemukan souvenir maka bisa datang ke kawasan Bal Al Bahrain yang menjadi pusat tempat masyarakat atau penduduk lokal menjual souvenir khas Bahrain. Anda akan dapat menemukan berbagai motif lampu mozaik yang sangat indah. Harga yang perlu dibayarkan juga bernilai dari jenis motif dan juga tingkat kesulitan dalam pembuatan.

Mozaik sendiri merupakan suatu seni yang mampu menciptakan berbagai gambar atau bentuk unik dengan cara menyusun kepingan kecil yang umumnya terbuat dari kaca ataupun bahan lainnya. Karya satu ini juga dikenal sebagai karya dengan menggunakan teknik tempel yang nantinya akan dibentuk menjadi karya lain berupa 2 atau 3 dimensi.

Oleh-oleh khas Bahrain ini pastinya akan sangat indah jika diletakkan pada dinding rumah atau ruangan khusus untuk bersantai. Selain itu, souvenir mozaik ini juga pastinya akan sangat pantas dan menarik jika dijadikan sebagai buah tangan yang diberikan kepada teman atau kerabat dekat agar ikut merasakan kebahagian berlibur di pulau Bahrain.

3. Karpet Khas Persia

Karpet Khas Persia
Image Credit: Twitter Mr & Mrs Taka

Oleh-oleh berikutnya yang sangat bermanfaat dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama adalah dengan membeli karpet khas Persia yang sangat unik dan menarik. Anda akan berkesempatan menemukan berbagai jenis motif yang begitu cantik dan menambah keindahan suasana di dalam rumah. Tak hanya motif, warna yang ditawarkan juga beragam.

Anda bisa memilih jenis karpet yang sesuai dengan bentuk dan juga desain rumah. Terdapat banyak jenis ukuran yang bisa dipilih untuk bisa melengkapi suasana keindahan ruang tamu atau ruang keluarga dirumah. Untuk harganya sendiri sangat relatif karena tergantung dengan jenis bahan yang digunakan, ukuran, warna, sampai dengan motif yang dipilih.

4. Abaya dan Scarf

Abaya dan Scarf
Image Credit: Twitter Hijup

Bagi kaum wanita yang menyukai jenis pakaian Abaya pastinya akan sangat bahagia ketika berkunjung ke Bahrain. Pasalnya akan ada banyak jenis abaya yang bisa dijadikan pilihan untuk dibawa sebagai oleh-oleh. Terdapat banyak jenis toko atau mall yang bisa dituju untuk bisa mendapatkan baju longgar khas Arab ini untuk digunakan ketika ke tanah air.

Selain abaya, anda juga bisa menemukan Scarf dengan berbagai bahan, ukuran dan juga motif yang bisa dijadikan pilihan. Hal ini pastinya akan menjadi pakaian yang banyak diincar oleh para kerabat dan juga teman ketika pulang dari Bahrain. Scarf ini bisa dijadikan sebagai shall atau juga hijab modern dengan berbagai motif yang cantik dan indah.

BACA:  10 Tempat Wisata Menarik di Manama Buat Liburan

Selain membeli Abaya dan Scarf, anda juga bisa melengkapinya dengan beberapa aksesoris lainnya. Untuk jenis oleh-oleh satu ini sangat cocok untuk diberikan kepada ibu atau saudara perempuan untuk dapat digunakan pada momen penting agar terlihat lebih menarik. Pilihlah motif yang berbeda agar lebih bervariasi dan berwarna serta tidak monoton.

5. Emas Murni

Pure gold
Image Credit: Facebook Pure Gold jewellers, Bhatkal

Emas merupakan suatu produk premium yang bisa didapatkan di Bahrain. Untuk bisa mendapatkan produk dengan berbagai tingkatan kualitas emas bisa datang ke Gold City Manama Souq. Kawasan tersebut merupakan tempat khusus yang berisi toko-toko penjual emas dengan kualitas 21 dan 24 karat. Berbagai ukuran dan juga desain dapat ditemukan.

Untuk dari segi kualitas, anda tidak perlu ragu karena pastinya akan dapat menemukan yang terbaik. Desain kerajinan tangan khas Bahrain yang bisa ditemukan mulai dari yang model tradisional sampai dengan modern dijual di lokasi ini. Bahkan diantaranya terdapat toko yang hanya khusus menjual produk dengan desain arab, india atau bahkan motif Barat.

6. Kurma

Kurma
Image Credit: Twitter windows xp professional edition

Kurma dikenal sebagai salah satu buah yang diproduksi di banyak negara Timur Tengah, termasuk Kuwait. Jika Anda berwisata ke Timur Tengah, Anda akan selalu dimintai kencan sebagai oleh-oleh saat kembali ke Indonesia. Kurma juga dapat ditemukan di negara-negara Timur Tengah lainnya, tetapi rasanya tidak sempurna jika tidak membawa kurma untuk pulang.

Kurma juga biasa dikonsumsi sebagai bahan masakan. Bahrain juga makan kurma untuk sarapan. Menurutnya, makan kurma untuk sarapan bisa menyiapkan lambung untuk pencernaan sepanjang hari. Seperti Indonesia, kurma juga biasa dikonsumsi oleh masyarakat saat Ramadan dan bahkan banyak yang bahkan menjual jus kurma.

Rasa manis kurma dan tekstur aslinya membuat semua orang jatuh cinta dengan buah ini. Selain itu, jika Anda dapat memperoleh kurma segar dari Bahrain, keluarga dan kerabat Anda dijamin akan sangat bahagia. Karena itu, pastikan untuk membawa pulang oleh oleh satu ini untuk teman atau bahkan pasangan Anda setelah datang mengunjungi Bahrain.

BACA:  15 Tempat Wisata Menarik di Bahrain Buat Liburan

Jika ingin mendapatkan buah kurma yang segar, Anda dapat mengunjungi Pasar Petani di Bahrain. Jika menyukai kurma kering, Anda bisa datang ke Bateel di pusat kota. Tempat ini tidak hanya menjual berbagai kurma populer, tetapi juga olahan kurma yang unik. Olahan kurma yang dijual biasanya dilapisi dengan coklat dan diisi dengan almond atau jeruk.

Anda bisa menjadikan makanan yang satu ini sebagai pilihan untuk dijadikan oleh-oleh bagi saudara atau kerabat di rumah. Pastinya anak-anak akan merasa sangat senang dengan buah tangan yang satu ini. Anda bisa memilih berbagai varian rasa dan isian yang sesuai dengan keinginan dan juga selera. Harga juga bervariasi dan dipilih sesuai kesanggupan.

7. Mutiara

Pearl
Image Credit: Twitter KYAH

Bahrain juga terkenal dengan mutiara. Negara ini memiliki mutiara asli dengan berbagai bentuk. Berkat industri mutiara, ekonomi negara ini telah meningkat sejak tahun 1930-an. Beberapa toko mutiara bertahan hingga hari ini, tetapi Bahrain masih memiliki pasar kecil yang menawarkan koleksi mutiara eksotis dengan harga yang tidak terlalu tinggi.

Bagi anda yang tertarik untuk membeli mutiara, belilah dari toko resmi untuk mendapatkan beberapa tips. Nama-nama populer untuk menjual mutiara berlisensi termasuk Mannai Jewellery, Matal Jeweller, dan Al Mahmood Pearl dari Moda Mall. Semua jenis oleh-oleh khas Bahrain tersebut bisa didapatkan dengan mudah di kawasan perbelanjaan ini.

Itulah jenis oleh-oleh khas Bahrain yang bisa dipilih untuk dibawa pulang. Anda bisa memilih berbagai jenis produk bermanfaat atau bahkan makanan khas yang bisa dijadikan buah tangan. Pastikan bahwa produk yang akan dibawa bisa bertahan dalam jangka waktu yang cukup panjang sehingga tidak rusak ketika sedang dibawa di perjalanan saat pulang ke tanah air.