Bahrain merupakan negara di kawasan Asia Barat yang berada di Teluk Persia. Bahrain adalah sebuah pulau yang berada diantara Semenanjung Qatar dan sebelah timur laut negara Arab Saudi. Negara ini dikenal sebagai negara penghasil minyak bumi terbesar di kawasan Teluk Persia.

Tidak hanya itu, Bahrain juga mengembangkan sektor pariwisatanya untuk menarik perhatian wisatawan dari berbagai negara untuk berwisata. Untuk mengembangkannya, negara ini selalu meningkatkan fasilitas di bidang pariwisatanya supaya mampu bersaing dengan beberapa negara tetangga yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Berikut rekomendasi tempat wisata menarik di Bahrain.

1. Bahrain Fort

Bahrain Fort
Image Credit: Google Maps William Khalil

Bahrain Fort merupakan benteng yang megah yang dibangun oleh Portugis pada abad ke-16. Benteng ini merupakan bagian dari situs Warisan Dunia UNESCO yang diyakini sebagai ibu kota Kerajaan Dilmun kuno di mana sudah didiami manusia sejak 2300 SM.

Benteng ini didukung oleh pusat pengunjung yang bergaya modern serta museum yang luar biasa, di mana anda dapat memperoleh panduan audio gratis lalu menikmati minuman di Museum Cafe.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Karbabad, Bahrain.

2. Museum Minyak

Museum Minyak
Image Credit: Google Maps D C1

Terkenal sebagai penghasil minyak terbesar di Teluk Persia. Tentunya Bahrain juga memiliki Museum Minyak sebagai salah satu destinasi wisatanya. Museum Minyak ini dibangun tahun 1992 yang untuk memperingati 60 tahun penemuan minyak. Lokasinya berada di kaki bukit Jabal Ad-Dukhan yang merupakan puncak tertinggi Bahrain.

Museum ini adalah simbol yang melambangkan kekayaan Bahrain sebagai penghasil minyak yang melimpah. Museum ini menampilkan beberapa foto, pameran yang berisi penjelasan mengenai industri minyak. Tidak jauh dari museum ini terdapat sumur minyak pertama di Bahrain. Tidak heran jika tempat wisata satu ini kerap dikunjungi oleh wisatawan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Batu Nunggul Banjar Sampalan, Batununggul, Kec. Nusa Penida, Kab. Klungkung, Bali.

3. Bahrain National Museum

Bahrain National Museum
Image Credit: Google Maps khaled almerbati

Selain Museum Minyak, negara ini juga mempunyai museum nasional yang bernama Bahrain National Museum. Museum ini merupakan salah satu tempat wisata yang cukup populer karena disini Anda dapat mengetahui lebih dalam tentang sejarah Bahrain.

BACA:  10 Tempat Wisata Menarik di Manama Buat Liburan

Museum ini menyimpan berbagai koleksi penting mengenai sejarah negara ini, seperti temuan arkeologi di zaman Dilmun kuno, foto-foto satelit hingga kerajinan tradisional. Tidak hanya itu, disini ada beragam pameran yang wajib untuk dikunjungi, seperti Budaya di era Islam serta Hall of Graves. Sementara itu, di lantai bawah museum terdapat tempat pameran, toko oleh-oleh dan cafe.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Manama, Bahrain.

4. Kepulauan Amwaj

Kepulauan Amwaj
Image Credit: Google Maps Vivek Surendran

Kepulauan Amwaj merupakan pulau buatan. Kepulauan Amwaj adalah wilayah paling menarik di Bahrain dan salah satu tempat wisata terpenting. Kepulauan Amwaj memiliki banyak atraksi menarik, seperti pusat perbelanjaan, restoran mewah, kafe, dan resor. Sebagai kota yang berkembang pesat, pulau ini juga mempunyai menara mewah yang menjadikannya daya tarik utama bagi investor.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bahrain.

5. Bab Al Bahrain

Bab Al Bahrain
Image Credit: Google Maps Himal Raule

Bab Al Bahrain atau Gerbang ke Bahrain ini dibangun oleh kolonial Inggris pada tahun 1945. Bab Al Bahrain merupakan tempat wisata menarik yang wajib Anda kunjungi karena merupakan sebuah pintu masuk menuju Manama Souq.

Bangunan ini didesain oleh Sir Charles Belgrave yang kemudian didesain ulang pada tahun 1986 sehingga Bab Al Bahrain bernuansa Islami. Di depan gerbangnya terdapat sebuah alun-alun yang awalnya adalah sebuah dermaga.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bab Al Bahrain Ave, Manama, Bahrain.

6. Beit Al Quran

Beit Al Quran
Image Credit: Google Maps Ahmad Ibrahim

Tempat wisata selanjutnya adalah Beit Al-Qur’an yang selalu menarik perhatian wisatawan Muslim dari berbagai negara. Selain karena arsitektur bangunannya yang bernuansa modern, Beit Al-Qur’an juga menyimpan berbagai koleksi Al-Qur’an, naskah serta ukiran kayu.

Disini terdapat miniature Al-Qur’an terkecil dengan ukuran 4,7 x 3,2 cm yang berasal dari Persia. Beit Al-Qur’an sudah dilengkapi dengan penjelasan dalam Bahasa Inggris, sehingga Anda yang tidak pandai berbahasa Arab tak perlu khawatir tidak bisa mendapatkan informasi disini.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Building, Manama, Bahrain.

7. Masjid Al Fateh

Masjid Al Fateh
Image Credit: Google Maps Farkas Rita

Destinasi menarik di Bahrain ini wajib sekali Anda kunjungi apabila Anda seorang Muslim. Masjid Al Fateh ini berdiri diatas tanah reklamasi pada tahun 1984 dan menjadi masjid terbesar di Bahrain karena masjid ini mampu menampung sampai 7000 jamaah.

Masjid ini dibangun dengan bahan-bahan terbaik, yaitu marmer yang asalnya dari Italia, kayu jati dari India serta kaca yang dikirim langsung dari Austria. Desain interior masjid ini pun tidak kalah menakjubkan sehingga siapapun yang datang akan terpesona karena keindahannya.

BACA:  7 Oleh-Oleh Khas Bahrain yang Paling Diburu Wisatawan
Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Awal Avenue Corner Al Fatih Highway، Manama, Bahrain.

8. Al Jasra House

Al Jasra House
Image Credit: Google Maps Obada Alhassan

Al Jasra House merupakan salah satu dari beberapa rumah bersejarah yang ada di Bahrain. Rumah ini juga menjadi tempat wisata yang patut untuk dikunjungi bagi Anda yang suka menjelajah tempat bersejarah.

Al Jasra House dibangun sekitar tahun 1907 yang dikenal sebagai tempat kelahiran dari mantan emir, Sheikh Isa bin Sulman Al Khalifa yang lahir pada tahun 1933. Rumah ini dibangun dengan cara tradisional dengan memakai batu karang dan batang pohon palem.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Al Jasra, Bahrain.

9. Ar Areen Wildlife Park

Ar Areen Wildlife Park
Image Credit: Google Maps Firoz Latheef

Ar Areen Wildlife Park merupakan kawasan konservasi bagi beragam spesies asli Timur Tengah dan Afrika Utara. Cagar alam yang luasnya 10 kilometer persegi ini berada di barat daya Al Zallaq Hwy.

Ketika memasuki taman ini Anda akan diajak menonton film pendek yang dilanjutkan dengan berkeliling taman dengan bus kecil. Tidak usah khawatir jika tak bisa berbahasa Arab karena terdapat audio pemandu dalam Bahasa Inggris. Disini Anda dapat melihat 80 jenis burung dan 45 spesies mamalia dan salah satunya adalah Orix yang bertanduk seperti unicorn.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bahrain.

10. Beit Syeikh Isa Bin Ali

Beit Syeikh Isa Bin Ali
Image Credit: Google Maps Ahmad Bahzad

Objek wisata di Bahrain selanjutnya adalah Beit Syeikh Isa bin Ali Al Khalifa. Wisata ini menawarkan pemandangan indah yang menggambarkan kehidupan masyarakat sebelum tambang minyak ditemukan.

Beit Syeikh Isa Bin Ali Al Khalifa merupakan bangunan yang dibangun di tahun 1800 dan merupakan salah satu contoh terbaik dari arsitektur rumah tradisional Bahrain. Di dalamnya terdapat ruangan yang dibagi menjadi empat bagian, yaitu ruangan untuk Syeikh, keluarga, tamu serta pembantu.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Muharraq, Bahrain.

11. Tree Of Life

Tree Of Life
Image Credit: Google Maps Basharat Ali

Tree of Life juga merupakan tempat wisata menarik di Bahrain yang wajib Anda kunjungi karena dianggap cukup ajaib. Tree of Life atau Pohon Kehidupan merupakan pohon besar dan juga rimbun. Pohon ini terletak kurang lebih 40 kilometer dari Kota Manama.

Tree of Life ini dapat hidup di tanah yang tandus dan usianya sudah diperkirakan mencapai ratusan tahun. Pohon ini sepertinya memperoleh nutrisi untuk tumbuh dengan menyerap mata air di bawah tanah. Hal Tersebut dianggap sebagai keajaiban dan membuatnya dianggap sebagai tanaman terakhir dari Surga.

BACA:  10 Makanan Khas Bahrain yang Terkenal & Wajib Dicoba
Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dirt Road to Tree of Life، Jebel Dukhan, Bahrain.

12. Riffa Fort

Riffa Fort
Image Credit: Google Maps Dr. Bishr Mohammad

Riffa Fort atau Benteng Riffa ini terletak di kota Riffa. Sepanjang perjalanan menuju banteng ini, Anda akan disuguhkan pemandangan jalan indah berhiaskan deretan pohon palem, pohon jeruk, dan bunga-bunga.

Riffa Fort ini dibangun pada abad ke-19 kemudian dipugar pada tahun 1983. Benteng ini masih berdiri kokoh sampai saat ini dan terlihat megah. Riffa Fort sangat menarik untuk dikunjungi karena pemandangannya yang begitu indah, perpaduan dari lembah padang golf serta jalan setapak yang cantik.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Riffa, Bahrain.

13. Qalat Arad

Qalat Arad
Image Credit: Google Maps Alan L

Qalat Arad adalah tempat yang menyenangkan untuk menikmati pemandangan teluk, terutama saat matahari terbenam ketika penduduk setempat pergi ke taman tetangga. Dibangun di awal abad ke-15 oleh Portugis, Qalat Arad mengambil namanya dari nama Yunani untuk Muharraq, Arados.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Arad, Bahrain.

14. Manama Souq

Manama Souq
Image Credit: Google Maps Moho Mohd

Manama Souq adalah pasar terbuka di mana Anda dapat merasakan kehidupan jalanan kerajaan yang otentik, dimulai dengan lokasinya di jantung Manama. Penanda pintu masuk ke Manama Souq yakni Bab al-Bahrain. Di pasar tua ini, anda dapat mulai menemukan perhiasan mahal hingga souvenir hingga rempah-rempah eksotis dan kurma lokal.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Al Mutanabi Ave, Manama, Bahrain.

15. Bahrain International Circuit

Bahrain International Circuit
Image Credit: Google Maps Andrey Petrov

Balapan di padang gurun tentu saja menghadirkan beberapa tantangan. Formula satu “F1” dilangkahkan ke Bahrain pada 2004 untuk penggemar balap motor. Ribuan pengunjung datang mengunjungi trek ini setiap tahunnya – sepanjang 5,4 km – untuk menyaksikan Grand Prix Formula 1 tahunan di Bahrain. Hal tersebut membuat tempat ini menjadi salah satu destinasi wisata yang sangat terkenal.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Gulf of Bahrain Avenue Umm Jidar, Sakhir، 1062, Bahrain.

Itulah daftar tempat wisata menarik di Bahrain yang wajib anda kunjungi ketika sedang berlibur bersama keluarga atau teman dekat. Tentu saja singgah di negara ini akan menjadikan pengalaman yang luar biasa bagi para wisatawan.