Saat ini kulineran menjadi agenda yang tidak begitu menyenangkan. Apalagi jika anda berkesempatan untuk menjelajah negara lainnya, tentu anda akan menemukan ciri khas kuliner setiap negara. Begitu juga ketika anda sedang liburan ke India. Anda harus mencicipi makanan khas India yang populer. Terutama untuk anda yang gemar dengan makanan kaya rempah.

India sendiri memang memiliki destinasi wisata yang akan membuat liburan menyenangkan. Belum lagi festival festival kebudayaan yang tidak kalah menarik. Untuk kulinernya sendiri memiliki aroma yang kuat juga rasa yang dalam.Bahan bahan yang digunakan kebanyakan bahan yang fresh. Rempah rempahnya juga sangat kaya sehingga berbeda dengan yang ada di India.

1. Ayam Tandoori

Ayam Tandoori
Image Credit: Facebook Best Western Papilio Hotel

Dari sekian banyak kuliner yang ada, Ayam Tandoori termasuk olahan yang terkenal di negara lain sekalipun. Dinamakan dengan Tandoori karena memang dalam memasaknya akan melewati proses tandoori. Dimana ayam akan dimasak dengan bumbu, kemudian dipanggang jika bumbunya sudah meresap. Dipanggangnya menggunakan oven dan temperaturnya tinggi.

Bahkan tidak jarang temperaturnya bisa mencapai 300 derajat celcius. Karena sangat panas biasanya akan ditusuk dengan menggunakan besi panjang.Bumbu yang digunakan cukup banyak dan tidak meninggalkan kasoori methi yang merupakan bumbu khas India. Walaupun banyak ditemukan di negara lain, tetapi mencicipi langsung tentu akan berbeda sensasinya.

2. Jalebi

Jalebi
Image Credit: Facebook Pugalia Caterer

Makanan khas yang bisa anda coba berikutnya adalah Jalebi. Kuliner satu ini memiliki rasa yang manis dan mudah untuk diterima oleh lidah banyak orang. dibuat dari tepung kemudian dibentuk melingkar dan dimasak dengan digoreng. Setelah itu direndam dengan sirup gula, teksturnya kenyal mirip permen. Dan biasanya dikonsumsi sebagai makanan penutup.

3. Biryani

Biryani
Image Credit: Facebook Dabbawala Biryani Rjy

Anda pasti sudah mengenal Biryani yang juga banyak ditemukan di negara lainnya. Berupa menu utama yang kemudian dimasak dengan banyak rempah dan juga dipadukan dengan daging serta sayuran. Menyebutnya juga sangat beragam, ada yang menyebut biriani, briyani, beryani dan lainnya. Yang membuatnya berbeda adalah beras basmati yang jadi bahan utama.

BACA:  15 Tempat Wisata Menarik di New Delhi India Buat Liburan

Beras ini memang berbeda dengan beras di negara lainnya. Beras untuk kuliner khas ini memiliki bentuk panjang dan juga lebih kering. Untuk memasaknya, beras akan lebih dahulu di cuci juga direbus tanpa bumbu. Setelah setengah matang, baru semua bumbunya dimasukkan. Menikmatinya bisa menggunakan lauk sesuai dengan selera, ayam ataupun daging lainnya.

4. Chapati

Chapati
Image Credit: Facebook Pecinta Roti India Chapati Kota Palu

Untuk anda yang sering menikmati film Bollywood atau dramanya, anda pasti tidak asing dengan Chapati. Selain termasuk makanan terkenal, juga banyak dijadikan nama tokoh perempuan. Chapati sendiri merupakan jenis roti yang dibuat dari gandum yang sengaja agar tak mengembang. Rasanya tawar sehingga dikonsumsi dengan lauk berbumbu lainnya.

5. Naan

Naan
Image Credit: Facebook Cocina Casera: Comer y Viajar

Walaupun masyarakat negara ini mengkonsumsi nasi, tidak jarang mereka juga menggunakan roti sebagai makanan pokok. Dan Naan menjadi makanan tradisional India yang dibuat dari tepung ragi. Masyarakat Indonesia sendiri menyebutnya dengan nama roti India. Roti tradisional ini akan dinikmati dengan ayam tandoori atau menu lain. Saat ini Naan juga hadir lebih bervariasi.

6. Gulan Jamun

Gulan Jamun
Image Credit: Instagram Sharath S

Tidak hanya mengenalkan menu makanan utama, India juga memiliki banyak camilan atau makanan penutup. Seperti Gulab Jamun misalnya yang juga bisa ditemukan di negara lain di Asia Selatan. Rasanya manis dengan bentuk bulat kecil seperti bola. Dibuat dari susu dan bahan lain, setelah digoreng akan direndam dengan sirup gula sehingga rasanya sangat manis.

7. Dosa

Dosa
Image Credit: Facebook 101.1 MGTRADIO Bandung

Jika mendengar namanya, mungkin anda akan bertanya tanya mengapa makanan dari India ini dinamakan dengan Dosa. Bagi masyarakat Indonesia memang namanya terdengar ekstrim. Makanan khas ini sekilas mirip dengan crepes, dengan tekstur yang kering juga rasanya yang nikmat. Bahan utamanya dari beras dan kacang yang telah difermentasi.

Rasanya yang gurih dengan tekstur yang garing membuat Dosa memiliki banyak penggemar. Biasanya akan dinikmati sebagai menu sarapan ataupun makan malam. Bisa juga dijadikan sebagai camilan saat sedang senggang. Untuk mencicipinya akan ada banyak saus pilihan yang bisa dipilih sesuai selera. Selain itu, kandungan gizinya juga cukup tinggi.

8. Pulao

Pulao
Image Credit: Twitter Uday Pratap Singh Tomar

Pilaf atau Pulao juga masuk dalam jajaran makanan andalan India yang memiliki rasa jempolan. Secara tampilan memang sangat mirip dengan nasi biryani. Tetapi ada tiga perbedaan utama yang bisa anda lihat. Perbedaan pertama penyajiannya, Pulao dijadikan hidangan tambahan untuk menemani sajian utama.

BACA:  11 Pantai Cantik di India yang Terkenal

Nasi Biryani akan dimasak terpisah dengan dagingnya, tetapi untuk Pulao akan dijadikan dalam satu wadah. Nasi akan dimasak dengan daging yang kemudian ditambahkan dengan berbagai bumbu sampai meresap. Rasa Pulao juga lebih ringan dari segi rempah dibandingkan dengan Nasi Biryani. Pastikan untuk mencicipinya jika anda berkesempatan di India.

9. Kofta

Kofta
Image Credit: Twitter Zal Zadeh

Kofta atau bola bola daging menjadi makanan khas India yang juga harus anda coba. Di negara asalnya biasanya akan diolah menggunakan daging kambing. Menggunakan rempah rempah khas yang membuatnya terlihat begitu nikmat. Di negara lain dimodifikasi menggunakan bahan lain, bahkan ada yang membuat bola bola dari sayuran.

10. Samosa

Samosa
Image Credit: Facebook Phantom Gourmet

Samosa juga bukanlah camilan asing, anda bisa menjumpainya di Indonesia sekalipun. Seperti pastel namun bentuknya segitiga , rasanya gurih dan juga memiliki tekstur yang garing. Saat ini Samosa sudah mengalami banyak perkembangan, isiannya semakin beragam. Mulai dari isian asin atau gurih sampai dengan isian mani seperti susu atau coklat.

11. Kheer

Kheer
Image Credit: Facebook Zee 24 Ghanta

Karena bahan makanan utamanya masihlah beras, India juga memiliki banyak olahan beras. Salah satunya adalah Kheer yang merupakan makanan unik dengan banyak penggemar. Bisa dikatakan Kheer sebagai puding beras dan dijadikan makanan penutup. Perpaduan susu, gula, tepung gandum dan rempah pilihan membuat rasanya makin nikmat.

12. Rogan Josh

Rogan Josh
Image Credit: Facebook Visit Johor

Jika membahas makanan khas negara India, anda tidak boleh melewatkan Karinya. Jenis Kari yang ada di negara ini sangat beragam, tergantung dari asal daerahnya. Yang paling terkenal adalah Rogan Josh yang menggunakan daging kambing. Beberapa juga ada yang memasaknya dengan ayam atau sapi. Warnanya merah pekat dan dinikmati dengan roti khas.

13. Rajma Masala

Rajma Masala
Image Credit: Twitter Chani, 강

Rajma Masala adalah kacang merah yang banyak dikonsumsi untuk mereka yang sedang diet. Kuliner khas India ini tidak hanya menggunakan kacang merah, tetapi biji bijian kering lainnya. Bumbu kaya rempah yang membuatnya terlihat menggoda, bisa dinikmati dengan Chapati. Anda bahkan bisa membuat makanan ini sendiri di rumah, ada banyak resep beredar.

14. Tikka Masala

Tikka Masala
Image Credit: Twitter TuCocinaMundo

Termasuk dalam jajaran kari India, Tikka Masala dibuat dari ayam yang membuat anda penasaran. Bahkan banyak chief luar negeri yang membuat resep masakan khas India ini. Yang membuatnya berbeda untuk memasaknya ditambahkan dengan cream, tomat dan juga yoghurt. Rasa karinya begitu kuat dan akan disajikan dengan nasi agar makin nikmat.

BACA:  20 Tempat Wisata Menarik di India Buat Liburan

15. Kathi Roll

Kathi Roll
Image Credit: Twitter Okezone

Jajanan kaki lima juga bisa anda jadikan sebagai pilihan kulineran di India. Kathi Roll menjadi makanan paling kondang yang mirip dengan kebab. Yang membuatnya berbeda, pembungkusnya menggunakan roti flatbread. Rasanya terkenal paling bisa diterima oleh semua lidah. Maka dari itu, anda tidak boleh melewatkan nikmatnya Kathi Roll ini.

16. Laddu

Laddu
Image Credit: Facebook Yatra.com

Selain Jalebi, Laddu juga menjadi makanan khas India yang terkenal. Berbentuk mirip gula dan bentuknya bulat kecil. Rasanya yang manis membuatnya banyak yang menyukainya. Adonan Laddu dibuat dari tepung gandum kasar dan gula, umumnya akan disajikan di acara keagamaan. Laddu juga menjadi makanan penutup bagi penduduk muslim saat Idul Fitri.

17. Idli

Idli
Image Credit: Facebook India Food Network

Jika melihat tampilannya, Idli bentuknya mirip dengan serabi. Dan makanan asal India ini banyak dikonsumsi ketika sarapan tiba. Dibuat dari fermentasi lentil juga beras kemudian dikukus. Menikmatinya bisa menggunakan kari sayuran pedas. Ada juga yang menyantapnya dengan menggunakan buah nanas. Perpaduan rasanya yang khas membuatnya makin nikmat.

18. Kheema

Kheema
Image Credit: Instagram Vani Santhosh

Makanan tradisional yang tidak kalah menarik untuk anda cicipi adalah Keema. Merupakan daging giling yang dibumbui dengan banyak rempah, ditambahkan irisan kentang juga kacang polong. Sangat pas disantap ketika malam hari ketika cuaca sedang sangat dingin. Memiliki tekstur yang legit, sangat pas jika disantap dengan roti tawar.

19. Pani Puri

Pani Puri
Image Credit: Facebook Sweet Home Restaurant

Kuliner khas India yang tidak boleh dilewatkan berikutnya adalah Pani Puri. Hidangan ini banyak ditemukan di pasar dan termasuk yang mengenyangkan. Bentuknya bulat dengan isian yang beragam, mulai dari kacang kacangan, irisan kentang yang dimasak dengan bumbu rempah. Penyajiannya biasanya ditambahkan dengan kuah khas.

20. Halwa

Halwa
Image Credit: Twitter Virginia Rodriguez

Untuk membuat perjalanan kuliner anda semakin lengkap, anda bisa mencoba nikmatnya Halwa. Halwa merupakan kudapan manis atau manisan yang dijadikan sebagai makanan penutup. Bahan dasarnya adalah wortel yang diserut kemudian diolah menjadi puding. Umumnya berbentuk kotak dan juga ditambahkan dengan kismis.

Dari deretan makanan khas India yang disebutkan, anda tentu bisa menemukan beberapa ciri khas. Dimana makanan India banyak menggunakan rempah rempah. Jika berupa makanan manis, menggunakan bahan bahan di sekitar seperti kacang kacangan ataupun kismis.