India memang menjadi tujuan wisata yang menarik, ada banyak hal yang bisa diexplore di sini. Bagaimana negara yang padat ini memiliki budaya yang kuat, religi serta tempat-tempat yang indah. Sehingga wajar jika banyak wisatawan yang mengunjunginya dari berbagai penjuru dunia. Belum lagi ada banyak oleh-oleh khas India yang juga diburu oleh traveler.

Rasanya memang tidak lengkap apabila tidak belanja di negara yang dikunjungi. Walaupun zaman sudah begitu maju, membeli di tempat asalnya pasti akan memberikan kesan yang berbeda. Di India sendiri buah tangan yang bisa anda buru tidak hanya makanan, ada banyak kain ataupun barang untuk teman teman ataupun keluarga di rumah.

1. Manisan

Manisan
Image Credit: Facebook Quicklly.com

Manisan atau Ladoo menjadi makanan khas India yang juga bisa anda jadikan sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah. Bahkan manisan ini termasuk makanan yang paling terkenal di negara ini. Kehadirannya tidak pernah absen dalam acara keagamaan ataupun ritual budayanya. Panganan ini berbentuk bola dan dibuat dari tepung, gula, susu serta minyak samin.

Tekstur nya mirip dengan kue onde onde dan rasanya dominan manis. Bisa disimpan dalam jangka waktu 10 hari dan bisa sampai 1 bulan jika di kulkas, menjadikannya tahan untuk jadi buah tangan. Di India sendiri ada banyak jenis manisan, mulai dari Ladoo, Gulab Jamun dan juga jalebi. Untuk mendapatkannya juga tidak susah, banyak yang menjual makanan khas ini.

2. Chai atau The

Chai atau The
Image Credit: Facebook Aashish Kaushik

Anda tentu tahu jika India juga termasuk penghasil teh yang berkualitas. Sehingga oleh-oleh khas yang bisa anda buru adalah Chai atau teh. Yang membuatnya unik adalah aromanya yang lebih wangi serta disajikan dengan cara yang berbeda. Teh yang terbaik di India berasal dari provinsi Darjelling dan berbentuk bulat dengan warna yang keruh.

Salah satu yang paling kondang adalah Teh Taj Mahal yang memiliki kemasan mewah. Anda bisa memilih berbagai varian, mulai yang langsung dicelup hingga bubuk dan tersedia berbagai ukuran. Termasuk yang tahan lama, sehingga akan baik baik saja jika anda bawa ke tanah air. Dan pastikan untuk meletakkan di tempat yang aman dari tekanan agar teksturnya aman.

BACA:  20 Tempat Wisata Menarik di India Buat Liburan

3. Samosa

Samosa
Image Credit: Facebook Phantom Gourmet

Makanan khas India yang berbentuk segitiga ini juga bisa menjadi oleh-oleh yang menarik. Camilan ini sekilas mirip dengan pastel, isiannya beragam dari daging sampai sayuran. Agar lebih awet sampai di Indonesia, sebaiknya anda membeli yang kondisi setengah matang. Sausnya juga lebih baik dipisahkan, nanti begitu tiba tinggal di goreng lagi.

4. Naan

Naan
Image Credit: Facebook Cocina Casera: Comer y Viajar

Roti khas India ini juga bisa anda jadikan buah tangan untuk keluarga di rumah. Mirip dengan roti cane tetapi memiliki rasa yang lebih manis, renyah juga gurih. Dibuat dari tepung ragi dengan cara memasak tandoor. Bisa anda bawa pulang jika membelinya yang beku. Menikmatinya bisa dengan kari ataupun makanan lainnya setelah anda oven lebih dahulu.

5. Acar India

Acar India
Image Credit: Facebook LBB, Delhi

Makanan ini memiliki ciri khas rempah yang begitu kuat. Dan anda juga bisa menemukannya dalam Acar India yang bisa anda bawa pulang sebagai oleh-oleh khas. Perpaduan citarasa lokal dan juga rempah rempah khasnya akan membuat siapapun ketagihan. Rasanya manis, pedas, asam yang sangat pas, dan anda bisa memilih tiga jenis acar.

Acara yang diawetkan dengan minyak, garam juga cuka. Dan dari semua jenis yang ada acar mangga menjadi yang paling populer. Selain acar mangga, anda juga bisa memilih acar labu, ayam, ikan, buah buahan dan sayuran lainnya. Sudah dikemas dalam kemasan modern, Acar India akan aman anda bawa pulang ke rumah. Anda bisa menemukannya di toko di New Delhi.

6. Camilan Khas India

Camilan Khas India
Image Credit: Twitter @bikanoworld

Arab memiliki kacang Arab yang begitu khas, maka buah tangan ini bisa berupa cemilannya. Ada banyak camilan khas yang bisa anda bawa pulang dan dinikmati ketika anda bersantai. Salah satunya yang paling kondang adalah merek Haldiram’s. Produsen makanan ringan ini membuat banyak cemilan seperti Aloo Bhujia atau kentang renyah.

Kentang renyah ini dikemas dengan berbagai varian rasa untuk anda jadikan pilihan. Atau bisa juga membawa Moong dal atau kacang yang juga banyak difavoritkan. Camilan ini sangat mudah untuk dibawa dan juga bisa tahan lama. Mendapatkannya juga sangat mudah, anda hanya perlu mengunjungi supermarket atau pasar dengan harga yang ramah kantong.

BACA:  11 Pantai Cantik di India yang Terkenal

7. Tas Etnik India

Indian Ethnic Bags
Image Credit: Twitter craferiaexport 💯%Follow Back

Bukan hanya makanan, oleh-oleh dari negara ini juga bisa berupa barang. Seperti Tas Etnik India yang memiliki banyak penggemar dan diburu oleh wisatawan. Buah tangan ini memang sangat unik dan bisa anda jadikan pelengkap fashion anda. Ciri khas yang paling menonjol adalah warnanya yang sangat beragam. Dengan hiasan manik manik yang membuatnya makin cantik.

Coraknya yang khas dan tersedia berbagai ukuran akan sangat pas jika anda jadikan buah tangan keluarga di rumah. Ada banyak daerah yang menawarkan tas etnik ini dengan harga yang bervariasi. Salah satu pusatnya berada di High Street Phoenix, anda bisa menemukan banyak penjual tas yang cantik ini. Harga yang ditawarkan juga beragam dan termasuk ramah kantong.

8. Gelang India

Gelang India
Image Credit: Facebook Sana Store Swiss

Anda tentu sering melihat jika perempuan India menggunakan gelang berwarna warni. Gelang juga bisa anda jadikan sebagai buah tangan yang menarik. Aksesoris ini hadir dalam warna yang beragam dan juga ukuran besar sampai kecil. Anda bisa membelinya di daerah Colaba Causeway atau di Sarojini Nagar Market, biasanya dijual dalam paket atau satuan.

9. Kain Sari

Kain Sari
Image Credit: Facebook মাধবী লতা

Jika membahas souvenir khas India, maka anda tidak boleh melewatkan Kain Sari. Kain yang indah ini biasanya memiliki ukuran 4 sampai 9 meter. Warnanya sangat beragam dan banyak diburu kaum hawa. Menggunakannya dililit pada bagian pinggang atau diikat di kepala. Untuk mendapatkannya bisa mengunjungi Mahatma Jyotiba Phule Mandai.

10. Sepatu Majori

Sepatu Majori
Image Credit: Instagram The Juttis Bliss! 💝 Juttis!

Tidak hanya Kain Sari, anda juga bisa memburu Sepatu Majori dari India yang dijadikan sebagai oleh-oleh khas yang menarik. Sepatu tradisional ini seringkali dijadikan sebagai outfit utama. Bentuknya unik dan biasanya tidak menggunakan hak tinggi. Sekilas sepatunya mirip dengan sepatu Aladin, di India sendiri hadir dengan banyak motif dan juga warna.

Ciri khas lainnya terletak pada motif di bagian luar permukaannya. Untuk mempercantik ditambahkan dengan manik manik ataupun kulit kerang. Anda bisa membelinya untuk kerabat atau teman teman terdekat anda. Mendapatkan souvenir ini, anda bisa langsung menuju ke sentral pembuatannya di daerah Jaipur.

BACA:  20 Makanan Khas India yang Terkenal & Wajib Dicoba

11. Selendang Pashmina

Selendang Pashmina
Image Credit: Facebook May Wati Ra

Kain-kain di India memiliki motif yang khas dan juga bisa dijadikan sebagai buah tangan. Selendang Pashmina contohnya yang memiliki motif dan warna yang unik. Membuatnya akan sangat berbeda dibandingkan negara lainnya. Bahannya dibuat dari wol kasmir yang halus dan bisa anda temukan di daerah Ahuja Sons tepatnya di South Extension Market.

12. Miniatur Taj Mahal

Miniatur Taj Mahal
Image Credit: Instagram tokogitha

Taj Mahal masih menjadi ikon wisata di India, sehingga banyak yang menjual Miniaturnya untuk oleh-oleh yang unik. Miniatur ini dibuat dari marmer putih mirip dengan versi aslinya, hanya saja ukurannya lebih mungil. Miniatur Taj Mahal bisa dengan mudah untuk anda dapatkan, salah satunya dengan mengunjungi Janpath Market di New Delhi.

13. Jammu dan Kashmir

Jammu dan Kashmir
Image Credit: Twitter Companion Journey

Kerajinan tangan dari India sangat beragam dan salah satunya yang bisa anda bawa pulang adalah Jammu dan Kashmir. Kerajinan tangan khas India Utara ini dibuat dari gerabah. Dibentuk dalam aneka bentuk, mulai dari lukisan, syal sampai dengan karpet. Harganya cukup mahal, karena untuk membuatnya memang dibutuhkan keahlian khusus.

14. Kotak Bumbu India

Kotak Bumbu India
Image Credit: Facebook Shalini Surana

Oleh-oleh berikut ini sangat cocok diberikan pada teman atau keluarga yang suka memasak. Seperti yang kita ketahui, India memang selalu menggunakan banyak rempah dalam setiap olahannya. Dengan membeli kotak bumbu ini, akan ada banyak rempah di dalamnya. Anda bisa membelinya di kawasan Mehar Chand and Sons.

15. Produk Ayurvedic

Produk Ayurvedic
Image Credit: Twitter Summie N.

Makanan, kerajinan sampai bumbu sudah anda buru, maka anda jangan melewatkan produk dari Ayurvedic. Balsem ini telah digunakan bertahun tahun dan menjadi balsem untuk terapi terpercaya. Mengandung mineral kuno dan senyawa herbal yang banyak khasiat, pasti akan membuat teman atau keluarga senang. Belum lagi efek menenangkan yang juga bisa dirasakan saat penggunaan.

India menjadi alternatif liburan yang menyenangkan. Karena ada banyak tempat menarik yang bisa anda kunjungi. Selain itu juga wisata kulinernya yang bisa anda coba. Belum lagi oleh-oleh khas India juga sangat beragam. Mulai dari makanan, kerajinan sampai produk untuk kesehatan bisa anda pulang. Pastikan anda membeli yang bisa bertahan lama jika di bawa ke tanah air.