New Delhi merupakan ibukota di India yang dikenal sebagai kota yang modern dan pusat pemerintahan. Menjadi salah satu kota terpadat yang ada di India, tak membuat New Delhi menjadi kota sibuk yang tidak memiliki destinasi untuk berlibur. Sebab, di kota yang cantik ini, anda akan menemukan sederet objek wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Berada disini, anda pun akan bisa melihat berbagai macam industri seni dan kerajinan. Ditambah lagi, banyaknya monumen megah yang berdiri di kota tersebut menyaratkan untuk dijelajahi. Bagi anda yang penasaran tentang tempat wisata di New Delhi, berikut akan diulas rekomendasi destinasi andalan yang wajib anda singgahi.

1. Kompleks Hauz Khas

Kompleks Hauz Khas
Image Credit: Twitter Medieval Indian Hist

Destinasi pertama yang bisa anda kunjungi ketika berlibur di New Delhi adalah Kompleks Haus Khas. Dikenal sebagai desa perkotaan di bagian selatan, bangunan ini memang identik dengan monumen batu kuno. Anda pun akan menemukan desa yang dihiasi dengan makam kubah yang mana banyak yang dimakamkan di sini mulai dari abad 14 hingga 16.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Hauz Khas, New Delhi, Delhi, India.

2. Masjid Lama

Masjid Lama
Image Credit: Facebook Deccan Herald

Selanjutnya, destinasi religi di New Delhi yang bisa anda kunjungi adalah Masjid Lama. Tempat ibadah ini sebenarnya berada di Old Delhi, namun letaknya yang masih berdekatan dengan New Delhi, membuat anda bisa sekaligus singgah. Masjid yang didirikan sekitar 1665, merupakan masjid terbesar di India.

Salah satu ciri khas dari Masjid termegah ini adalah warnanya yang merah bata karena dibangun dari bata yang berwarna merah. Sehingga anda pun bisa melihat kemegahan dan keindahan dari tempat ibadah tersebut. Dibangun pada jaman Dinasti Mughal, anda pun akan mendapati lokasinya berdekatan dengan Red Fort atau Benteng Merah.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jama Masjid Rd, Chandni Chowk, New Delhi, Delhi, India.

3. Garden of Five Senses

Garden of Five Senses
Image Credit: Google Maps Sabyasachi Jana

Berkunjung ke ibukota India kurang lengkap apabila anda tidak datang ke Garden of Five Senses. Taman dengan hamparan rumput yang hijau tersebut memang sangat indah dan membuat anda betah untuk berlama lama di lokasi tersebut. Disini, anda pun akan disuguhkan dengan bunga yang beraneka warna.

Apabila anda merilahntya melalui drone atau jarak yang jauh, maka anda pun akan mendapati pohon pohon yang berwaran hijau berpadu dengan tanaman bunga yang berwarna warni. Anda pun akan betah dan tidak ingin beranjak. Taman indah ini memang memiliki daya tarik tersendiri dan menjadi lokasi yang cukup instagramable di tengah kota New Delhi.

BACA:  20 Makanan Khas India yang Terkenal & Wajib Dicoba
Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Westend Marg, Saidulajab, Saiyad ul Ajaib, Saket, New Delhi, Delhi, India.

4. Lodhi Garden

Lodhi Garden
Image Credit: Google Maps Travel with Zeeshan

Objek wisata berikutnya adalah Lodhi Garden. Masih berupa taman yang indah di tengah ibukota India ini, anda pun bisa bersantai dan berwisata disini. Lodhi Garden sebenarnya adalah makam dari Sikander Lodi, Sheesh Gumbad, Mohamad Syah dan Bara Gumbad. Mereka merupakan penguasa dari Kesultanan Delhi di abad ke 15.

Saat berkunjung ke taman yang luas ini, anda pun juga akan disuguhkan dengan makam yang memiliki arsitektur sangat indah. Dimana adanya bentuk kubah yang megah dan telah berusia lebih dari 700 tahun. Ditambah lagi dengan rumput hijau yang menghampar luas akan menjadi tempat rekreasi favorit dan jauh dari kesan yang angker.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Lodhi Rd, Lodhi Gardens, Lodhi Estate, New Delhi, Delhi, India.

5. Lotus Temple

Lotus Temple
Image Credit: Google Maps Akshay A H

Lotus Temple adalah salah satu tempat menarik di New Delhi yang merupakan kuil dari umat agama Bahai. Bangunannya sendiri memiliki bentuk yang terkesan sangat unik yakni menyerupai kuncup bunga teratai. Sehingga tak mengherankan, namanya pun sama yakni Lotus Temple.

Memiliki arsitektur yang sangat khas, kuil ini selesai dibuat pada tahun 1986. Karena bentuknya yang sangat berbeda dan elegan, tidak mengherankan banyak wisatawan dari luar negeri yang tertarik untuk melihat keindahannya secara langsung. Bahkan anda pun harus mengantri cukup Panjang jika ingin memasuki kuil ini.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bahapur, Shambhu Dayal Bagh, Kalkaji, New Delhi, India.

6. Birla Mandir Temple dan Iskon Temple

Birla Mandir Temple dan Iskon Temple
Image Credit: Google Maps Prem Sagar

Wisata berikutnya yang bisa anda kunjungi adalah Birla Mandir Temple dan Iskon Temple. Destinasi kuil ini memiliki ciri khas tersendiri yakni atapnya yang memiliki bentuk stupa berwarna merah bata. Banyak pengunjung datang ke kuil tersebut untuk melakukan ritual doa dan juga memohon permintaan. Sehingga dapat dikatakan kuil di New Delhi ini sebagai tempat yang sakral.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Mandir Marg, Gole Market, New Delhi, Delhi, India.

7. Akshardham Temple

Akshardham Temple
Image Credit: Google Maps Dinesh Kotnala

India memang dikenal dengan kuilnya yang banyak. Sehingga salah satu tempat wisata di New Delhi berikutnya adalah Akshardham Temple. Kuil yang megah ini memiliki arsitektur yang terbilang cukup unik dan menakjubkan. Bagaimana tidak, bangunan tersebut dibangun dengan menggunakan marmer yang berukir.

BACA:  15 Oleh-Oleh Khas India yang Paling Diburu Wisatawan

Ada daya tarik tersendiri yang diminati oleh pelancong saat berkunjung kesini. Diantaranya adalah adanya pertunjukan dancing fountain lengkap dengan tata lampu dan music yang sangat indah. Anda bisa menyaksikan pertunjukan tersebut setiap pukul 6 sore waktu setempat. Pastinya anda wajib mengabadikan momen yang indah ini.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Noida Mor, Pandav Nagar, New Delhi, Delhi, India.

8. Humayun’s Tomb

Humayun’s Tomb
Image Credit: Twitter César Losada

Makam Humayun adalah tempat wisata yang tidak boleh anda lewatkan. Pasalnya, makam kaisar Mughal yang dibangun pada tahun 1562 ini, termasuk salah satu situs warisan dunia atau UNESCO pada tahun 1993. Sehingga makam kaisar tersebut menjadi tempat bersejarah yang ada di India.

Makam ini sendiri dirancang oleh Mirak Mirza Ghitas yang mana seorang arsitek Persia. Kompleks dari makam yang ada di New Delhi ini merupakan makam dengan kebun yang pertama ada di India. Selain itu, makam Humayun juga merupakan makam pertama yang memakai batu pasir merah dengan jumlah yang besar.

Harga Tiket: 500 Rupee; Map: Cek Lokasi
Alamat: Nizamuddin, Nizamuddin East, New Delhi, India.

9. Red Fort

Red Fort
Image Credit: Google Maps Bidisha Naskar

Red Fort juga menjadi destinasi wisata yang cukup terkenal. Bangunan yang dibangun sekitar tahun 1638 oleh kaisar Mughal yakni Sultan Shah Jahan ini masih tampak megah hingga sekarang. Benteng tersebut dibangun sebagai tempat tinggal keluarga kerajaan. Dimana bangunnya sendiri juga termasuk situs warisan dunia UNESCO.

Bangunan berwarna merah ini sendiri sebenarnya sebagai saksi bisu dari berakhirnya Dinasti Mughal yang ada di India, meskipun dinasti tersebut telah berkuasa sekitar 3 abad lamanya. Berjalan jalan disini, anda pun akan menemukan dinding yang memanjang dari ujung kota Shah Janabad dengan Panjang yakni sekitar 2.5 km dengan ketinggian antara 16 meter hingga 33 meter.

Harga Tiket: 15 Rupee; Map: Cek Lokasi
Alamat: Netaji Subhash Marg, Lal Qila, Chandni Chowk, New Delhi, India.

10. Jantar Mantar

Jantar Mantar
Image Credit: Google Maps Avinash R

Jantar Mantar adalah bangunan berupa alat alat astronomi yang didirikan oleh Maharaja Jai Singh II dari Jaipur di tahun 1724. Dengan adanya alat astronomi tersebut, dapat digunakan untuk mengukur kalender dan juga perbintangan di masa tersebut. Namun, sekarang, anda bisa datang dan mengunjunginya bangunan bersejarah ini.

Harga Tiket: 100 Rupee; Map: Cek Lokasi
Alamat: Connaught Place, Sansad Marg, New Delhi, India.

11. Qutub Minar

Qutub Minar
Image Credit: Google Maps RAGINI KIRAN

Qutub Minar juga merupakan tempat yang menjadi situs warisan dunia UNESCO. Bangunan yang didirikan pada tahun 1193 ini memang cukup bersejarah di India. Anda pun akan bisa melihat megahnya Menara batu tertinggi yang ada di India. Menara tersebut adalah peninggalan dari Qutb – ud – din – Aibak yang merupakan penguasa Muslim pertama di Delhi.

BACA:  11 Pantai Cantik di India yang Terkenal
Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Seth Sarai, Mehrauli, New Delhi, India.

12. India Gate

India Gate
Image Credit: Google Maps Abdul Bari Hassan

Jangan mengaku pernah ke New Delhi apabila anda tidak mengunjungi India Gate. Monumen yang ada di India ini tepat berada di jantung ibukota. Dimana monumen nasional tersebut memang sengaja dibangun sebagai peringatan atas meninggalnya tentang India – Inggris pada perang dunia I.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Rajpath, India Gate, New Delhi, India.

13. Sender Nursery

Sender Nursery
Image Credit: Google Maps Vishal

Apabila anda ingin mengunjungi taman saat berada di New Delhi, mungkin Sender Nursery dapat menjadi lokasi yang anda tuju. Taman yang berdiri sejak abad ke 16 oleh Mughal ini memang menyajikan keindahan tersendiri. Di tengah tengah taman, anda pun akan menemukan kolam yang sangat Panjang.

Tidak hanya indah saja, saat menghabiskan waktu di taman ini, anda juga bisa sekaligus mengunjungi pasar organic yang ada di sekitarnya. Sehingga, anda pun bisa berbelanja produk produk segar. Mulai dari keju artisanal, acar buatan sendiri dan juga obat tradisional di kawasan tersebut.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Nizamuddin, National Zoological Park, Sundar Nagar, New Delhi, India.

14. Agrasen Ki Baoli

Agrasen Ki Baoli
Image Credit: Google Maps Ravi Paswan

Destinasi wisata berikutnya adalah Agrasen Ki Baoli. Destinasi ini merupalan banguna bersejarah yang mana memiliki sekitar 103 anak tangga di dalamnya. Selain itu, dengan arsitektur yang unik dan megah, akan membuat anda berilusi untuk turun ke kota bawah yang misterius. Pastikan anda singgah sejenak ke lokasi yang mengagumkan ini.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Hailey Road, KG Marg, New Delhi, India.

15. Kuil Chhatarpur

Kuil Chhatarpur
Image Credit: Google Maps Kumaar Ravi

Kuil indah yang berada di selatan New Delhi ini bisa menjadi destinasi penutup yang anda kunjungi. Berdiri sekitar tahun 1970 an, bangunan dengan arsitektur yang luar biasa ini berhasil untuk membius siapa saja yang berkunjung. Disini, anda pun akan menemukan patung dari Radha Krishna, Ram Darbar, Shiv Parvati hingga Dewa Ganesha dan Dewi Laksmi.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dr Ambedkar Colony, Chhatarpur, New Delhi, India.

Beberapa destinasi wisata menarik yang bisa anda kunjungi di New Delhi memang seputar taman dan juga kuil. Namun, jangan salah, tempat wisata tersebut menyimpan keindahan dan menjadi saksi bisu atas sejarah yang terjadi di India. Untuk itu, ketika anda memiliki kesempatan berjalan jalan di New Delhi, pastikan untuk singgah sejenak ke tempat tersebut.