Mumbai adalah salah satu kota terpadat yang bisa anda jumpai ketika berada di India. Meskipun begitu, ada berbagai tempat menarik di Mumbai untuk anda kunjungi. Sering dikatakan sebagai kota metropolitan di India, kota yang padat ini memang menjadi destinasi yang pas untuk berlibur.

Sebab, ketika anda menghabiskan waktu disini, maka anda pun akan diberikan kemudahan dalam akses transportasi. Mulai dari akses melalui udara, kereta api hingga jalanan umum pun bisa anda jelajahi. Anda juga bisa berkunjung ke pasar tradisional hingga menikmati indahnya panorama alam sembari mencicipi makanan khasnya ketika berada disini. Berikut rekomendasi tempat wisata hits di Mumbai yang wajib Anda kunjungi.

1. Danau Pawna

Danau Pawna
Image Credit: Google Maps Soumendu Khan

Apabila anda ingin berkunjung ke salah satu tempat wisata alam, maka Danau Pawna ini dapat menjadi tujuan pertama anda. Pesona alam yang ditampilkan di danau ini pun sangat indah. Sehingga tidak heran banyak wisatawan yang datang berkunjung. Bagi anda yang menyukai pemandangan yang memukau, dipastikan akan betah berlama lama menghabiskan waktu disini.

Saat berada di Danau Pawna, ada satu kegiatan yang wajib anda lakukan yakni berkemah. Bahkan disini, pelancong juga bisa melihat indahnya bangunan yakni Bendungan Pawna. Beragam kegiatan lain juga bisa anda lakukan disini. Sebut saja seperti ridge dancing, advanced kitting dan juga bermain paralayang.

Harga Tiket: 4.176 Rupee; Map: Cek Lokasi
Alamat: Thakursai Pawana Nagar Tal, Dist, Maval, Lonavla, Maharashtra, India.

2. Danau Pawoi

Danau Pawoi
Image Credit: Google Maps Abster Wins

Masih dengan tema destinasi alam, tempat menarik di Mumbai berikutnya adalah Danau Pawoi. Apabila anda sedang suntuk dan ingin melepas penat, keindahan danau yang ada di Mumbai ini memang sangat cocok. Memiliki kedalaman mulai dari 3 km hingga 12 km ini, sebaiknya anda menghindari melakukan aktivitas air ketika berada disini.

Biasanya para wisatawan akan duduk dan bersantai di tepi danau sembari menikmati pemandangan dan angin sepoi sepoi di sore hari. Pasalnya, panorama yang disajikan oleh Danau Pawoi akan membuat anda betah. Terlebih lagi ketika senja datang dan indahnya panorama sunset pun akan membuat anda terkagum.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Powai, Mumbai, Maharashtra.

3. Pantai Chowpatty

Pantai Chowpatty
Image Credit: Google Maps Saurabh Sonawane

Salah satu pantai yang ada di Mumbai ini memang terbilang cukup padat dan ramai pengunjung. Terutama ketika sedang masa liburan. Namun, tetap saja destinasi bahari ini memang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung. Oleh karena itu, tidak ada salahnya bagi anda datang dan menikmati keindahan alam yang ada di sini.

BACA:  15 Tempat Wisata Menarik di New Delhi India Buat Liburan

Selain disuguhkan dengan panorama pantai yang khas, anda pun juga bisa berburu makan malam disini. Sebab, ketika malam hari di sekitar pantai kerap kali diadakan bazar. Anda pun akan menemukan ratusan pedagang kaki lima yang menjajakan dagangannya. Apabila anda beruntung, maka anda juga bisa menonton pertunjukan ulat saat berkunjung ke Pantai Chowpatty.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Mumbai, Maharashtra, India.

4. Kebun Binatang Mumbai

Kebun Binatang Mumbai
Image Credit: Google Maps Sushant Dhone

Anda sedang liburan ke India sembari membawa anak kecil? Tentu saja, tempat ini bisa anda jadikan pilihan. Berkunjung ke kebun binatang Mumbai, maka anda pun sekaligus menjadi bagian dari sejarah. Bagaimana tidak, tempat ini merupakan kebun binatang yang tertua di India.

Letaknya yang berada di pusat kota Mumbai, membuat anda bisa dengan mudah menjangkaunya. Ada berbagai jenis binatang yang bisa anda temukan disini. Mulai dari binatang local hingga mancanegara. Selain itu, disini anda juga akan menemukan kebun yang berdiri sekitar 3 ribu pohon langka.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Railway Station, Lalbaug Flyover, near Byculla, Byculla East, Mumbai, Maharashtra.

5. Akuarium Taraporewala

Akuarium Taraporewala
Image Credit: Google Maps Manal Koli

Belum puas mengunjungi kebun binatang, maka anda bisa melanjutkan perjalanan ke Akuarium Taraporewala. Wisata satu ini terbilang cukup unik karena dikenal sebagai akuarium yang tertua di India. Saat berkunjung kesini, maka anda pun akan bisa melihat sekitar 400 spesies ikan laut dan ikan tawar.

Bahkan terdapat ekosistem berupa ubur ubur dan karang yang bisa anda temukan disini. Daya tarik lain yang disuguhkan oleh wisata ini adalah adanya terowongan yang memiliki Panjang sekitar 12 kaki. Terowongan tersebut juga dilengkapi dengan hiasan berupa kaca akrilik yang dipasang yakni 180 derajat.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Marine Drive, Near Charni Road, Railway Station, Mumbai, Maharashtra, India.

6. Pasar Colaba Causeway

Pasar Colaba Causeway
Image Credit: Google Maps Mahesh Mete

Tempat belanja di Mumbai ini memang terbilang cukup unik. Sebab, pasar tradisional terbesar ini menyediakan berbagai macam barang. Mulai dari sepatu, pakaian, perhiasan hingga tas murah. Kelebihan dari pasar ini adalah memiliki lokasi yang terbilang cukup strategis. Sehingga akan memudahkan anda yang ingin mencarinya.

Bagi anda yang ingin berbelanja oleh-oleh selama liburan di Mumbai, pasar tradisional tersebut bisa anda singgahi. Anda pun bisa menemukan barang dengan harga yang pas. Ditambah lagi, anda juga bisa menawarnya. Bagaimana? Anda tertarik untuk berbelanja dan menghabiskan waktu disini?

BACA:  20 Tempat Wisata Menarik di India Buat Liburan
Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bakery Ln, Army Area, Nofra, Navy Nagar, Colaba, Mumbai, Maharashtra, India.

7. Kuil Siddhivinayak

Kuil Siddhivinayak
Image Credit: Google Maps Dr Pawan Gupta

Kuil yang ada di Mumbai ini dulunya merupakan sebuah tempat ibadah kecil dan kemudian diubah menjadi kuil agung. Keunikan dari bangunan ini adalah 50 persen bangunannya sendiri masih murni dari abad ke 20. Untuk struktur bangunan yang pertama, kuil yang menjadi tempat ibadah tersebut menggunakan blok kecil dengan ukuran yakni 3.6m x 3.6m persegi.

Bangunan peribadatan ini dibiayai oleh wanita Agri yang bernama Deubai Patil. Kuil bersejarah ini sendiri memang dibangun dan didedikasikan untuk Dewa Shri Ganesha yang dibangun pada tahun 1801. Kuil satu ini juga dikenal dengan Navasala Pavanara Ganapati atau Navasacha Ganapati.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: SK Bole Marg, Prabhadevi, Mumbai, Maharashtra, India.

8. Gerbang India

Gerbang India
Image Credit: Google Maps piyush chaudhary

Destinasi berikutnya yang bisa anda jelajahi adalah Gerbang India. Ketika anda menghabiskan waktu di Mumbai, jangan sampai lupa berkunjung ke gerbang ikonik dan landmark yang paling menonjol dari kota terpadat yang ada di India ini. Letaknya sekitar 25 km dari bandara, anda pun bisa berfoto sebagai kenang kenangan di gerbang tersebut.

Untuk desainnya sendiri, Gateway India tersusun dan memiliki desain yakni berupa kurva luas dengan ketinggian yang mencapai 26 km. sedangkan untuk gaya arsitekturnya sendiri yakni Indo Saracenic yang mana dibuat dengan menggunakan semen dan basal kuning yang tidak mudah larut.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Apollo Bandar, Colaba, Mumbai, Maharashtra, India.

9. Marine Drive

Marine Drive
Image Credit: Twitter indianhistorypics

Marine Drive juga menjadi satu dari sekian tempat wisata populer di Mumbai yang keberadaannya cukup ikonik. Berada dekat dengan Gateway India, anda pun bisa sekaligus mengunjunginya ketika berada disana. Untuk orang local sendiri menyebut destinasi indah ini adalah Kalung Ratu.

Kelebihan dari Marine Drive adalah sebuah destinasi yang ramah pejalan kaki. Bagaimana tidak, disini terdapat area khusus untuk anda yang ingin menjelajah wisata ini dengan jalan kaki yakni sepanjang 4 km. anda pun akan merasakan indahnya jalanan di India saat mengunjungi Marine Drive.

Bahkan ketika malam hari, pemandangan yang indah yakni berupa lampu lampu yang hidup membuat destinasi wisata ini menjadi gemerlap bak layaknya kalung ratu yang berkilauan. Tidak mengherankan banyak pelancong yang mengabadikan foto ketika berjalan jalan di Marine Drive ketika malam hari yang cerah tersebut.

BACA:  11 Pantai Cantik di India yang Terkenal

Disini, anda juga sekaligus bisa melihat pemandangan berupa perairan Laut Arab yang sangat bersinar tertimpa cahaya lampu dan bulan. Angin yang semilir pun menambah suasana syahdu ketika anda menghabiskan malam di sini. Teluk yang indah tersebut memang membingkai kota Mumbai dengan keindahannya tersendiri.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Mumbai, India.

10. Elephanta Caves

Elephanta Caves
Image Credit: Google Maps Elephanta Caves

Termasuk objek wisata yang masuk situs warisan dunia UNESCO, tentunya anda tidak boleh melewatkan kesempatan berkunjung ke destinasi ini. Ketika menghabiskan waktu di Elephanta Caves, anda pun akan bisa melihat keindahan lima gua Hindu dan dua gua Budha yang mengagumkan. Bagi anda yang suka tempat unik dan menjelajah, wisata gua ini tentunya wajib untuk anda singgahi.

Di gua yang menakjubkan ini, anda pun akan bisa melihat bagaimana lokasi tempat beribadah atau pemujaan. Selain itu, di Elephant Caves anda juga bisa melihat beberapa patung patung yang megah dan akan membuat anda terpukau. Sehingga tidak heran, banyak pelancong mancanegara yang datang dari jauh sengaja singgah sejenak menikmati keindahan di gua ini.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Gharapuri, Maharashtra, India.

11. Pagoda Vipassana

Pagoda Vipassana
Image Credit: Google Maps vivek bala

Destinasi selanjutnya adalah Pagoda Vipassana. Bangunan yang identik dengan warna kuning keemasan ini merupakan pusat meditasi yang terkenal di India. Saking luasnya, bangunan tersebut pun mampu menampung sekitar 8 ribu orang atau pengunjung yang datang. Tentunya bangunan ini sangat luas bukan?

Biasanya kebanyakan pelancong akan datang ke pagoda ini untuk menikmati keindahan dan kemegahan dari bangunan tersebut. Namun, banyak juga yang mengabadikan bangunan ini sebagai tempat untuk berfoto. Dengan berlatarkan hamparan rumput yang hijau dan bangunan berwarna kuning kontras akan menjadikan foto yang anda miliki tampak estetik. Pastikan anda mengunjunginya ketika sedang berada di Mumbai.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Esselworld Gorai, Borivali West, Mumbai, Maharashtra, India.

Saat anda mengunjungi kota Mumbai, memang banyak objek wisata menarik yang bisa anda kunjungi. Anda pun dijamin tidak akan bosan. Sebab mulai dari wisata alam, sejarah, budaya, religi bahkan wisata belanja bisa dengan mudah anda temukan disini. Menghabiskan waktu disini pun tentunya akan membuat anda lupa waktu dan pastinya ingin kembali lagi.