Ibukotanya yang disebut Paris di Timur Tengah, menjadikan Lebanon salah satu tempat yang menarik bagi banyak turis. Anda akan dapat menemukan berbagai makanan khas Lebanon yang terkenal menggugah selera. Masakan negara ini dipengaruhi oleh cita rasa Timur Tengah, sehingga tidak mengherankan jika ragam masakan menyerupai masakan khas tersebut.

1. Badem Tatlisi

Badem Tatlisi
Image Credit: Twitter elmayanak

Badem Tatlisi adalah kue tradisional Lebanon yang dipengaruhi oleh masakan Turki. Jadi jangan heran jika menemukan Badem Tatlisi di Turki. Kue ini dibuat dari adonan tepung berbentuk oval kemudian diisi dengan berbagai macam kacang panggang. Berbagai jenis kacang-kacangan seperti almond, cincangan kacang tanah, kacang mete, dan pistachio.

Makanan hidangan ini juga dapat digunakan sebagai padding Badem Tatrici. Karena rasanya yang manis, kue ini sering dijadikan makanan penutup. Namun, sebagian orang menjadikan kue ini sebagai teman santai ketika sedang menikmati suasana pagi atau sore hari ditemani dengan secangkir teh, kopi, dan wine. Anda bisa mencobanya ketika datang berkunjung.

2. Kibbeh

Kibbeh
Image Credit: Twitter Love Live Cook!

Salep Turki atau Salep dan Cinnamon Stick Christmas Eggnog. Hidangan ini umumnya disajikan dengan batang kayu manis dan anggrek yang juga dikenal sebagai Kibbeh. Makanan ini adalah hidangan tradisional Lebanon yang tidak boleh Anda lewatkan. Hidangan ini adalah daging giling yang dicampur dengan gandum dan bawang bombay, dikeraskan dan dimasak hingga matang.

Meskipun Kibbeh terlihat seperti bakso pada pandangan pertama, hidangan ini juga merupakan hidangan nasional negara ini. Rasa rempah yang kuat telah menjadi favorit banyak orang. Kibbeh dapat dimakan dengan saus tahini yang dibuat dengan merebus biji wijen dengan lembut dan lembut. Kibbeh sering dinikmati dengan saus yogurt tawar dan salad sayuran segar.

3. Shish Kebab

Shish Kebab
Image Credit: Twitter Aviatour

Jenis makanan berikutnya yang juga cukup populer di Lebanon adalah Shish Kebab. Tidak jauh berbeda dengan jenis kebab Timur Tengah, Shish ini merupakan suatu hidangan yang sangat kaya akan nilai tradisional. Dikatakan seperti itu karena kebab Shish ini dipenuhi dengan rempah-rempah khas yang mungkin jarang ditemukan di wilayah lainnya.

BACA:  15 Tempat Wisata Menarik di Lebanon Buat Liburan

Untuk jenis daging yang digunakan pada makanan khas Lebanon satu ini adalah daging kambing yang masih muda, kemudian dicampurkan dengan bawang putih dan juga rempah. Jenis makan satu ini sangat bisa dinikmati di berbagai jenis situasi. Bahkan anda bisa menemukan banyak kios yang menjual hidangan ini terutama di sepanjang jalan.

4. Nasi Pilaf

Nasi Pilaf
Image Credit: Facebook iacpculinary

Jenis hidangan berikutnya yang bisa dicoba yaitu Nasi Pilaf. Bentuk hidangan ini sekilas mirip dengan olahan masakan Timur Tengah yang dikenal sebagai nasi kebuli. Bedanya, nasi yang digunakan merupakan nasi goreng yang dicampur dengan menggunakan bihun dan ditaburi dengan daun seledri. Anda bisa mencobanya ketika datang berwisata ke kawasan Lebanon.

Uniknya lagi, anda bisa menyantap hidangan satu ini dengan menggunakan irisan daring domba. Namun jika tidak suka maka bisa menggantinya dengan menggunakan daging kambing ataupun ayam. Anda masih bisa menemukan banyak makanan halal ketika berjalan jalan dan datang berkunjung atau berwisata ke Lebanon.

5. Shawarma

Shawarma
Image Credit: Twitter Daemoen

Selanjutnya anda bisa menemukan makanan khas Taco versi Timur Tengah yang diberi nama Shawarna. Makanan yang bentuknya tidak jauh berbeda dengan sandwich ini sangat banyak peminatnya di Lebanon. Hidangan yang satu ini merupakan suatu masakan yang berbahan dasar roti dengan menggunakan isian berupa daging kambing dan disajikan bersama acar dan tahineh.

Pilihan daging yang bisa dipilih ketika membeli hidangan yang satu ini adalah ayam dan kambing. Untuk proses pembuatannya, pertama daging yang ditusuk dengan menggunakan batang besar akan diasinkan dan dimasak dengan perlahan. Kemudian daging tersebut akan digunting dan ditempelkan di pita rol 10 Inch dengan menggunakan acar tomat dan bumbu rempah.

6. Kembang Kol Gulung

Kembang Kol Gulung
Image Credit: Twitter the kitchen bruja

Kuliner khas Lebanon berikutnya datang dari menu yang sehat dan cocok bagi anda seorang vegetarian. Makanan Asia Barat ini cukup terkenal dan dirasa sangat lezat, jadi tidak heran jika Kembang Kol Gulung ini populer di negara ini. Makanan ini dimasak dengan menggunakan metode goreng yang sangat cepat dan mudah ditemukan di kios pinggir jalan.

BACA:  11 Oleh-Oleh Khas Lebanon yang Paling Diburu Wisatawan

7. Lady Fingers

Lady Fingers
Image Credit: Facebook Cakes She Bakes

Hidangan yang tidak kalah unik dan menarik yang bisa ditemukan yaitu Lady Fingers. Jika sebelumnya telah membahas berbagai jenis makanan hidangan yang cukup berat, yang satu ini merupakan makanan yang dihidangkan sebagai menu penutup. Untuk bentuk dari hidangan ini yaitu berupa roti gulung yang didalamnya diisi dengan bayam dan bawang.

Bagi anda yang ingin mencoba makanan unik khas Lebanon dalam jumlah yang banyak maka bisa mencoba membeli makanan yang satu ini untuk mengganjal isi perut. Makanan ini sangat mudah ditemukan di beberapa kios yang ada di kawasan jalanan Lebanon dengan harga yang tergolong relatif murah. Bentuk dari makanan ini terlihat seperti Cerutu.

8. Falafel

Falafel
Image Credit: Twitter Chef Staph

Di Urutan berikutnya terdapat falafel yang dikenal sebagai makanan Libanon dengan resep otentik Mesir. Makanan ini merupakan jenis roti goreng yang dibuat dengan menggunakan bahan dari kacang fava atau buncis. Makan jenis ini sangat cocok disajikan untuk dimakan sendiri maupun bersama dengan keluarga. Isian dari roti goreng biasanya berupa salad, acar, dan saus tahini.

9. Baklava

Baklava
Image Credit: Twitter El #PalestineWillBeFree

Anda juga dapat menemukan sebuah hidangan yang banyak ditemukan di Yunani yaitu Baklava. Tak hanya di Yunani, makanan satu ini juga cukup populer dikalangan masyarakat Lebanon. Baklava umumnya dijadikan sebagai salah satu menu atau hidangan penutup. Bentuk atau tekstur yang dirasakan dari kue ini tidak jauh berbeda dengan kue lapis.

Bagi and yang menyukai hidangan manis maka makanan yang satu ini sangat cocok. Lapisan yang bisa ditemukan dalam adonan Baklava diantaranya adalah isian kacang, sirup atter atau sirup jeruk yang dicampur dengan air mawar dan gula serta madu. Kebiasaan yang umum dilakukan oleh masyarakat adalah dengan memotong Baklava menjadi segitiga atau berlian.

10. Sahlab

Sahlab
Image Credit: Facebook Oma Ghomrawi

Sahlab lebih dikenal sebagai minuman khas Lebanon yang kembali ke resep Turki dan sangat populer di beberapa negara-negara Timur Tengah. Minuman ini biasanya banyak dijual terutama saat bulan Ramadhan. Sahlab umumnya diminum untuk pemanasan di musim dingin. Di musim panas, sirlak dapat dicampur dengan rasa jeruk untuk rasa yang segar.

BACA:  10 Tempat Wisata Menarik di Beirut Buat Liburan

11. Kunafi

Kunafi
Image Credit: Instagram MarNic

Kunafi merupakan makanan khas yang dikeluarkan sebagai menu penutup dengan isian menggunakan keju putih yang manis, kacang, dan juga sirup. Selain itu, Kunafi juga umumnya digunakan sebagai menu untuk sarapan bagi masyarakat lokal. Anda juga bisa menambahkan sebuah topping seperti pistachio dan kacang di beberapa kios di Lebanon.

12. Siyyadiyeh

Siyyadiyeh
Image Credit: Facebook 365 restaurant

Jika bosan dengan menu hidangan daging, anda bisa beralih ke menu dengan bahan dasar ikan dan beras yang berikut ini. Menu hidangan ni dikenal dengan sebutan Siyyadiyeh. Untuk proses pembuatannya, ikan biasanya akan dimasak dengan menggunakan kunyit dan disajikan dengan menggunakan nasi yang dicampur dengan bawang, dan juga saus tahini.

13. Manaeesh

Manaeesh
Image Credit: Twitter Emsherif KW

Manakish merupakan pizza mini yang dibuat di banyak toko roti lokal di Lebanon. Hidangan tradisional ini biasanya ditaburi keju, saus pedas, daging giling, tomat potong dadu dan bawang. Keju yang digunakan untuk topping Manakish biasanya adalah keju jenis Akkawi, yaitu keju putih yang asin. Anda bisa memilih kombinasi topping yang diinginkan sesuai selera.

14. Mulukhiyah

Mulukhiyah
Image Credit: Instagram Enlil.tv

Makanan unik berikutnya yang bisa ditemukan di Lebanon adalah Mulukhiyah. Hidangan ini merupakan suatu makanan tradisional yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat lokal dan terbuat dari rebusan daun mallow, ayam, daging sapi serta kemudian dicampurkan dengan menggunakan bawang cincang mentah dan juga cuka yang ditaburkan diatas nasi hangat.

15. Ma’amoul

Ma'amoul
Image Credit: Twitter Joaro “Jo”

Jenis makanan yang terakhir yaitu Maamoul yang biasanya hanya ditemukan di hari-hari tertentu seperti bulan Ramadhan dan hari Paskah yang dianut oleh umat Nasrani. Hidangan ini merupakan kue yang dibuat dengan isian menggunakan pistachio atau kacang walnut. Jadi jangan lupa untuk mencicipinya ketika anda datang berlibur ke Lebanon.

Terdapat banyak jenis hidangan yang sangat unik dan layak untuk dicoba ketika anda datang berkunjung ke Lebanon. Daftar hidangan tersebut dibandrol dengan harga yang relatif terjangkau dan dapat ditemukan di berbagai wilayah terutama di kawasan jalanan. Jadi jangan lupa untuk mencicipi segala bentuk amaan khas yang unik dari Lebanon.