Lebanon yang merupakan bagian dari kawasan Timur Tengah ini mempunyai kebudayaan yang hampir sama dengan negara Timur Tengah lainnya. Namun negara ini akan menjadi tujuan wisata yang tak kalah menyenangkan untuk dikunjungi. Bila berkunjung ke Negara ini, maka anda bisa membeli rekomendasi oleh-oleh khas Lebanon berikut.

Tak hanya makanan, namun pilihan buah tangan khas Lebanon lainnya bisa berupa kerajinan tangan yang dibuat khusus oleh masyarakat disana. Beberapa buah tangan ini juga mempunyai harga yang terjangkau sehingga anda bisa membawanya kembali ke kampung halaman untuk diberikan kepada orang terdekat atau dipajang di rumah.

1. Pohon Cedar

Pohon Cedar
Image Credit: Alowisata.com

Cedar adalah simbol pohon nasional Negara Lebanon. Bahkan gambar pohon ini ditampilkan di bendera kebangsaan negara ini. Sehingga pohon cedar memiliki kaitan sejarah yang kental dengan Negara Lebanon dan sering disebutkan dalam teks-teks kuno. Pohon ini juga disebutkan mengambil peran penting dalam perkembangan budaya hingga keagamaan di negara ini.

Pohon cedar ini dikenal karena memiliki bau yang wangi dan mudah tumbuh. Batang kayunya berbentuk bulat besar yang membuat kayu cedar cocok sebagai bahan pembuatan kapal, bahan baku pembuatan atap kuil, dan bahan bangunan utama lainnya. Tak perlu membawa pohonnya, anda bisa membawa buah tangan yang berupa kerajinan kayu Cedar.

2. Kaftan Lebanon

Kaftan Lebanon
Image Credit: Facebook Djoodie LLC

Salah satu oleh-oleh khas Lebanon yang paling diburu wisatawan adalah kaftan. Pakaian khas timur tengah ini juga banyak diburu turis mancanegara. Model asli dari Timur Tengah ini tentu akan berbeda bila anda membelinya di dalam negeri. Sehingga kesempatan berkunjung ke sini akan dijadikan kesempatan untuk berbelanja.

Salah satu keunikan desain kaftan lebanon adalah mempunyai desain yang lebih ramai pada bagian tengah dan juga bagian atasnya. Motif khas lainnya adalah dengan adanya motif gambar tanaman atau motif diagonal yang terlihat cantik digunakan. Pakaian tradiosonal ini akan menjadi oleh-oleh yang menarik untuk dibawa pulang.

BACA:  15 Tempat Wisata Menarik di Lebanon Buat Liburan

3. Buku

Buku
Image Credit: Twitter adizuhdi

Lebanon dan buku adalah dua hal yang seringkali dikaitkan. Negaranya terkenal karena melahirkan banyak nama penulis terkenal di dunia yang karya-karyanya sudah diakui oleh dunia Internasional. Salah satu penulis paling populer asal Lebanon adalah Khalil Gibran dan Rawi Hage, yang kata katanya banyak sekali dikutip hingga saat ini.

Tak hanya itu, berbagai macam buku sejarah yang dijual di berbagai toko buku juga bisa menjadi oleh-oleh yang menarik. Buku buku tersebut akan tersedia dalam bahasa Inggris sehingga akan mudah dimengerti oleh turis asing. Souvenir berupa buku ini tentu akan menjadi oleh-oleh yang unik dan tak terluoakan.

4. Ibrik Lebanon

Ibrik Lebanon
Image Credit: Twitter Charly

Oleh-oleh Khas lainnya adalah Ibrik. Ibrik adalah sebutan untuk teko yang digunakan untuk menyajikan kopi khas Lebanon. Mayarakatnya sangat menyukai kopi, sehingga di negara ini anda tidak akan heran bila menyaksikan banyak café yang berdiri dengan berbagai macam konsep yang menarik.

Kopi khas Lebanon tersebut kemudian akan diseduh dan disajikan dengan teko khusus yang disebut Ibrik. Ibrik dibuat dari bahan tembaga atau kaca yang dipadukan dengan berbagai macam ornamen yang unik dan menarik. Teko yang dibuat dengan manual oleh masyarakat lokal ini akan menarik sebagai buah tangan khas.

5. Coaster Perspex

Coaster Perspex
Image Credit: Facebook Design Ripple

Terdapat salah satu benda karya seni yang sering diburu wisatawan yang datang ke Lebanon. Benda seni adalah karya Nada Debs yang merupakan seorang desainer asal negara ini. Desainer ini dikenal dengan gaya khasnya yang sering menggabungkan antara kerajinan budaya Timur Tengah dan budaya Asia Barat yang unik namun terlihat cantik.

Karya seni ini menjadi populer karena mengusung tema minimalis namun tetap menggunakan unsur bahan modern di dalamnya. Ide karya seninya ini berasal dari pengalaman masa kecilnya saat berkunjung di tempat wisata Jepang dan pengalamannya saat sekolah desain di Amerika, hingga dan saat dia mulai merintis karirnya di Inggris.

6. Dompet La rose de sim

Dompet La rose de sim
Image Credit: Facebook La Rose de Sim

Buah tangan lainnya adalah tas tangan atau dompet La Rose de Sim. Kerajinan tangan khas dari Lebanon ini akan menjadi pilihan yang tepat untuk oleh-oleh yang akan dibawa pulang. Perpaduan konsep klasik namun juga cantik dan modern ini akan menambah cantik penampilan anda bila memakainya.

BACA:  15 Makanan Khas Lebanon yang Terkenal & Wajib Dicoba

Desain dompet dan tas tangan ini akan dihiasi dengan lukisan yang terinspirasi dari kisah cinta antara Simon dan Marie Rose. Pasangan terkenal pada jaman keemasan lebanon yaitu pada tahun tujuh puluhan. Tak hanya dompet, La rose de sim juga memproduksi banyak jenis tas mewah yang dilapisi emas hingga batu semi mulia.

7. Piring Wisata

Piring Wisata
Image Credit: Designboom.com

Ada salah satu souvenir khas Lebanon yang sayang untuk anda lewatkan. Piring wisata dengan desain gambar lokasi wisata ini akan sangat cantik dijadikan buah tangan dan juga salah satu pelengkap dekorasi rumah. Lukisan di bagian tengah piring ini biasanya akan berupa landamark negara Lebanon yang cantik.

Bahan material yang digunakan untuk membuat piring ini adalah timah yang indah. Lukisan yang unik ini akan diambil dan mewakili salah satu kota atau kota-kota pada zaman Phoenicia. Kota kota tersebut adalah representasi dari sisa masa lalu kejayaan Lebanon. Setiap piring ini akan dibingkai dengan pigura yang elegan sehingga sangat mudah dibawa.

8. Kerajinan dari Kayu

Kerajinan dari Kayu
Image Credit: Facebook Spatula warna

Oleh-oleh khas dari Lebanon yang paling diburu lainnya adalah kerajinan dari kayu. Masyarakatnya suka membuat kerajinan tangan dari kayu dengan tema yang klasik dan tradisional. Beberapa diantaranya adalah kerajinan kayu miniatur gerbong tradisional Lebanon, miniatur kursi tua, lampu dan sisha kayu yang unik.

Kerajinan kayu ini mempunyai jenis dan ukuran yang bervariasi. Sehingga anda bisa membelinya untuk oleh-oleh dengan praktis namun tetap terkesan khas. Tak hanya dijadikan untuk oleh-oleh saja, namun anda juga bisa membeli kerajinan tangan ini sebagai pelengkap dekorasi interior rumah yang cocok dengan tema klasik.

9. Gelang dan Kalung

Gelang dan Kalung
Image Credit: Facebook Roots Collective

Aksesoris satu ini memang selalu menjadi favorit banyak turis mancanegara bila berkunjung ke Lebanon. Aksesoris berupa gelang dan kalung ini akan membuat penampilan anda tampak lebih cantik dan khas. Desainnya yang tidak berlebihan akan membuatnya cocok digunakan disegala konsep pakaian yang akan anda gunakan.

Tak hanya digunakan, cincin, gelang dan kalung ini juga bisa anda beli sebagai buah tangan untuk teman terdekat atau keluarga. Bentuk dan harganya juga beragam, sehingga anda bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan. perhiasan khas yang unik dan cantik ini akan menjadi salah satu oleh-oleh yang berkesan.

BACA:  10 Tempat Wisata Menarik di Beirut Buat Liburan

10. Perhiasan

Perhiasan Lebanon
Image Credit: Twitter Nada Ghazal

Buah tangan yang paling diburu wanita adalah perhiasan. Bukan perhiasan sembarangan, namun perhiasan khas Lebanon ini mempunyai corak yang unik. Tak hanya perhiasan biasa yang digunakan sebagai pajangan, namun kualitas perhiasan ini sangat baik dan juga tahan lama bila digunakan.

Perhiasan ini akan terbuat dari emas atau perak yang cantik. Anda bisa mengunjungi banyak toko perhiasan yang tersebar di Lebanon dan memilih jenis dan model perhiasan yang anda sukai. Kualitas perhiasan ini akan dibuat dengan menggunakan emas 18 karat yang bernilai tinggi.

11. Peta Lebanon

Peta Lebanon
Image Credit: Alowisata.com

Buah tangan satu ini memang terkesan umum, namun masih banyak wisatawan yang membeli peta suatu negara bila mengunjunginya. Seperti peta Lebanon yang bisa anda dapatkan dibanyak tempat penjualan souvenir bagi pada wisatawan. Tak hanya membelinya, anda juga bisa menggunakan peta tersebut saat berkeliling negara ini.

Sembari berkeliling, anda bisa menandai kota kota mana saja yang dikunjungi dengan menambahkan keterangan disekitarnya. Atau anda juga bisa menghiasnya dengan memberi foto yang anda ambil di tiap tiap lokasi yang dimaksud.

Itulah beberapa daftar oleh-oleh khas yang bisa anda dapatkan dari Lebanon. Buah tangan ini tak hanya menarik namun juga bisa digunakan sebagai benda pengingat bahwa anda pernah berkunjung ke negara ini. Benda kenangan tersebut bisa anda pajang di dalah satu bagian rumah dan menambah dekorasi ruangan agar tampak lebih estetik.