Kulineran dan liburan seakan menjadi satu paket yang tidak bisa dipisahkan begitu saja. Begitu juga ketika anda menghabiskan waktu di Qatar, anda bisa sekalian mencicipi kulinernya. Termasuk dalam negara Timur Tengah, negara ini tentu memiliki beberapa pengaruh dari Timur Tengah dalam kulinernya. Namun makanan khas Qatar akan membuat lidah anda bergoyang.

Makanannya menggunakan bumbu rempah yang khas layaknya negara Iran atau India. Bahan yang diolah kebanyakan berupa sayuran, daging ataupun beras. Mengingat penduduk Qatar mayoritas muslim, anda tidak akan kesulitan untuk mencari makanan halal. Dan berikut beberapa rekomendasi kuliner khas Qatar yang wajib untuk anda cicipi.

1. Machboos atau Kabsa

Machboos atau Kabsa
Image Credit: Twitter @USAmbKuwait

Kuliner yang bisa anda cicipi saat berada di Qatar salah satunya Kabsa atau Machboos. Hidangan dari nasi ini dimasak dengan berbagai rempah dan juga ditambahkan dengan daging. Umumnya daging yang digunakan berupa daging kambing, daging domba, daging sapi hingga ayam. Beberapa juga ditambahkan dengan kentang atau udang.

Di kawasan Timur tengah sendiri, Kabsa termasuk makanan kondang dan wajib untuk dicicipi. Jika anda menikmatinya di restoran, anda mungkin akan menemukan kabsa yang dicampur dengan lemon atau air mawar. Rasanya akan semakin nendang, perpaduan pedas, manis dan gurih yang pas. Makanan ini juga tidak sulit untuk anda temukan.

2. Harees

Harees
Image Credit: Instagram Qurban Surabaya

Hidangan satu ini biasanya akan muncul saat bulan Ramadhan, tidak jarang juga disajikan saat hari besar lainnya. Tampilannya mirip dengan bubur yang begitu lembut dan wajib anda coba. Harees sendiri dibuat dari tepung terigu yang ditambahkan dengan mentega. Ditambahkan juga daging yang bisa dari ayam maupun kambing, tidak jarang keduanya.

Sebenarnya selain ditemukan di Qatar, anda juga bisa menemukan makanan nikmat ini di negara lain di Timur Tengah. Selain rasanya yang khas, penyajian makanan ini juga sangat unik. Pasalnya, penyajiannya menggunakan kayu manis serta kapulaga, disajikan bersamaan membuat aromanya khas. Harees digadang gadang sebagai makanan khas Qatar yang kaya nutrisi.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Qatar yang Paling Diburu Wisatawan

3. Thareed

Thareed
Image Credit: Twitter @SIGMAREXIC

Memang ada banyak banyak kuliner khas Qatar yang menyehatkan. Begitu juga dengan Thareed yang dibuat dari berbagai jenis sayuran. Sayuran yang paling umum ditambahkan berupa wortel, lasana kentang sampai kacang kacangan. Tidak ketinggalan daging ayam atau domba agar rasanya semakin menggugah selera.

Penyajiannya cukup unik, di piring akan ditambahkan dengan roti regag. Setelahnya roti tersebut akan disiram dengan campuran daging dan sayuran tersebut. Inilah mengapa rotinya memiliki tekstur yang lembut serta memiliki ciri khas rasa Timur Tengah yang cukup kental. Roti segag sendiri adalah roti tipis yang bentuknya mirip dengan crepe.

Makanan khas ini termasuk kuliner populer yang sayang untuk dilewatkan. Dan roti juga menjad makanan pengganti nasi yang begitu digemari. Thareed juga seperti Harees, lebih banyak disajikan ketika buka puasa. Agar rasanya makin nikmat, tidak jarang Thareed akan disajikan dengan tambahan rempah rempah ataupun saus khusus.

4. Luqaimat

Luqaimat
Image Credit: Twitter @GHarthy

Untuk anda yang gemar mengkonsumsi makanan manis, anda bisa menjadikan Luqaimat sebagai kuliner berikutnya yang dicicipi. Sekilas melihat tampilannya, akan mengingatkan anda dengan kue donat. Karena memang bentuknya bulat bulat kecil, cara memasaknya juga dengan cara digoreng. Tetapi tidak berlubang di tengah seperti donat.

Soal rasa anda tidak perlu khawatir, kuliner khas Qatar ini sangat lembut. kemudian disajikan dengan siraman madu atau gula agar rasanya makin nendang. Ada rasa gurih dan manis yang akan membuat anda ketagihan mencicipinya. Bukan hanya dijadikan sebagai makanan penutup, Luqaimat juga biasanya akan hadir sebagai menu buka puasa di bulan Ramadhan.

5. Kousa Mahshi

Kousa Mahshi
Image Credit: Twitter @Arili_NFT

Melanjutkan perjalanan rasa anda, anda bisa menjadikan Kousa Mahshi sebagai kuliner yang harus anda cicipi. Apalagi Kousa Mahshi termasuk hidangan yang telah mendunia. Soal rasa juga tidak perlu khawatir, karena akan membuat siapapun yang mencobanya ketagihan. Bahan yang digunakan untuk membuatnya dari cukini dengan isian daging kambing.

Dan untuk membuat rasanya semakin nikmat, ditambahkan taburan bawang putih serta mint di atasnya. Penyajiannya juga unik, dengan cara dipanggang sehingga rasanya sangat khas. Selain rasanya yang khas, aroma panggang yang kuat juga membuatnya begitu banyak digemari. Kousa Mahshi menjadi makanan yang harus masuk dalam daftar kulineran anda.

Menemukan makanan ini juga tidaklah sulit, ada banyak rumah makan dan restoran besar yang menawarkannya. Sehingga anda tidak perlu khawatir saat ingin mencicipi kuliner yang populer ini. Apalagi mencicipinya di pinggir pantai Qatar pasti akan memberikan rasa yang berbeda dan lebih khas dibandingkan di negara lain.

BACA:  8 Pantai Cantik di Qatar yang Terkenal

6. Madrooba

Madrooba
Image Credit: Twitter Shezon Bakery Cafe

Madrooba menjadi panganan selanjutnya yang juga harus anda cicipi. Secara tampilan, akan mengingatkan anda dengan Harees. Karena memang arti dari Madrooba adalah dipukul atau ditumbuk. Sehingga wajar jika bentuknya akan menyerupai namanya. Bahan utama untuk memasaknya yakni daging ayam yang direbus dan ditambahkan dengan pasta tomat atau rempah.

Proses memasaknya juga membutuhkan waktu yang panjang semua bahan akan direbus dalam waktu dua jam. Setelah itu semua bahan akan ditumbuk hingga bentuknya mirip dengan pasta. Dalam penyajiannya, makanan khas Qatar ini akan ditambahkan dengan mentega, susu dan juga kapulaga. Rasanya yang khas membuatnya termasuk panganan yang terkenal.

7. Saloona

Saloona
Image Credit: Instagram Ian ‘Marshy’ Marshall

Agar perjalanan rasa anda semakin beragam, anda bisa menjadikan Saloona sebagai panganan berikutnya. Panganan khas Qatar ini sendiri dibuat dari kaldu daging atau sayuran pedas. Di dalam kaldu tersebut, anda akan menemukan sayuran lain misalnya kentang, wortel, terong dan juga kentang. Saloona bisa dinikmati tanpa nasi, bisa juga dengan nasi.

Soal rasa, anda tidak perlu khawatir karena tidak akan membuat anda kecewa. Sangat cocok untuk anda yang memang suka dengan makanan yang rasanya pedas. Menemukannya juga tidaklah sulit, kuliner Asia Barat ini mudah untuk anda temukan. Harga yang dibanderol untuk satu porsi nya juga tidaklah mahal, sekitar 15 QR jika dirupiahkan sekitar Rp 57 ribu.

8. Balaleet

Balaleet
Image Credit: Twitter Tara’s MC Table

Balaleet merupakan menu sarapan yang akan membuat anda ketagihan akan rasanya. Beberapa juga menjadikannya sebagai makanan penutup. Paling pas mencicipinya dalam kondisi yang sudah dingin ataupun masih hangat. Bahan utamanya berupa mie bening tipis yang kemudian di goreng. Jika di Indonesia akan mengingatkan anda dengan bihun.

Setelah itu makanan khas Qatar ini akan dimasak dengan tambahan kapulaga, kayu manis, safron dan juga gulang. Agar tampilannya semakin menarik, umumnya akan menambahkan kacang dan topping berupa telur dadar. Rasanya yang manis dan gurih akan membuat anda ketagihan. Jika melihat penyajiannya, Balaleet akan mirip dengan kuliner India.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Qatar yang Paling Diburu Wisatawan

9. Umm Ali

Umm Ali
Image Credit: Instagram Thetorchdoha

Umm Ali menjadi panganan penutup yang juga wajib untuk anda cicipi. Hidangan yang berasal dari Mesir dan juga begitu populer di Qatar dengan rasanya yang gurih juga manis. Bahan utama untuk membuatnya terdiri dari kacang, gula, kayu manis dan juga susu. Setelahnya dicampur ke roti, Umm Ali akan mengingatkan pastry yang rasanya manis dan teksturnya lembut.

10. Margoog

Margoog
Image Credit: Instagram Bluelilyiriss

Makanan khas Qatar yang harus anda cicipi berikutnya yakni Margoog. Termasuk makanan yang kaya serat dan juga vitamin di dalamnya. Bukan hanya sehat, rasanya juga tidak akan membuat anda kecewa. Di dalamnya ada banyak sayuran, mulai dari terong, wortel, zucchini dan juga kentang serta tomat. Rasanya makin nikmat dengan tambahan daging lunak.

Yang membuatnya makin unik, biasanya akan ditambahkan dengan adonan roti mentah di dalamnya. Sebelumnya, adonan akan diremas lebih dulu barulah dipotong setipis mungkin. Setelahnya barulah dipotong serta direbus bersamaan dengan kaldu sayuran. Membuat rasa kaldunya meresap ke dalam bahan bahan lainnya.

11. Wareg Enab

Wareg Enab
Image Credit: Facebook Eti Cahya

Untuk membuat perjalanan kuliner anda makin lengkap, anda juga harus cicipi nikmatnya Wareq Enab. Dibuat dari daging domba, nasi dibungkus daun anggur dan juga bumbu khas. Umumnya Wareq Enab akan menjadi makanan pembuka dan juga mudah ditemukan. Makanan khas Qatar ini tidak akan membuat anda kecewa karena sudah mencicipinya.

Kuliner khas Qatar kebanyakan menggunakan daging dan juga sayuran. Tetapi bumbunya yang khas akan membuat anda ketagihan akan rasanya. Selain itu, anda juga tidak sulit menemukan kuliner kuliner khasnya. Beberapa makanan yang telah disebutkan bisa anda jadikan sebagai pilihan saat sedang di Qatar.