Qatar merupakan salah satu negara maju dan makmur. Negara yang berbatasan langsung dengan Arab Saudi dan Teluk Persia ini, merupakan negara pengekspor minyak bumi terbesar di dunia. Tidak hanya kekayaan negaranya saja yang mencuri perhatian, namun objek wisata dengan pemandangan yang indah juga menjadi daya Tarik para wisatawan.

Ketika sedang berlibur di Qatar jangan lewatkan untuk singgah di Kota Doha. Merupakan ibu kota negara Qatar yang memiliki banyak tempat tujuan wisata yang menarik. Wisatawan tidak hanya dimanjakan dengan berbagai gedung pencakar langit, namun juga pemandangan kota yang sukses menghibur. Berikut daftar tempat wisata di Doha yang wajib dikunjungi.

1. Museum Seni Islam

Museum Seni Islam
Image Credit: Google Maps Jacob John

Wisatawan tidakk boleh melewatkan Museum Seni Islam yang terkenal karena keindahannya ini. Museum yang unik dan sekaligus menarik, merupakan museum menakjubkan yang dibangun di sebuah pulau yang terletak di semenanjung buatan. Pulau ini jaraknya dekat dengan pelabuhan perahu tradisional atau yang disebut dhow.

Bagi yang tidak mengetahui mengetahui apa itu dhow. Dhow merupakan perahu Qatar yang terbuat dari kayu. Di sekeliling museum, anda dapat menjumpai taman yang indah yang tentu saja membuat mata menjadi segar.

Di dalam museum ini, juga terdapat berbagai fasilitas yang dapat menarik pengunjung. Di museum ini tersedia mulai dari toko oleh-oleh, galeri yang didirikan sementara dan permanen, kafe untuk bersantai, perpustakaan, teater yang cukup luas dengan kapasitas 200 kursi, kelas, dan bahkan terdapat restoran.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Doha, Qatar.

2. Souq Waqif

Souq Waqif
Image Credit: Google Maps Nasim Khan

Ketika berkunjung ke suatu negara atau kota, tidak lengkap rasanya jika tidak membeli oleh-oleh. Terdapat sebuah pasar tradisional yang memiliki nama Souq Waqif. Souq Waqif ini merupakan pasar besar yang terdapat di Kota Doha. Pasar ini adalah salah satu tempat paling populer dan favorit yang sering dikunjungi oleh para wisatawan.

Pasar ini juga terbilang unik. Pasalnya tetap menjaga warisan dan tradisi masyarakat secara turun temurun, namun pasar ini juga tetap tergolong selalu mengikuti perkembangan zaman yang terus maju.

BACA:  15 Tempat Wisata Menarik di Qatar Buat Liburan

Ketika singgah di pasar ini, banyak pilihan oleh-oleh yang bisa dibeli, seperti berbagai kerajinan khas Qatar. Jika ingin berwisata kuliner, pengunjung bisa membeli berbagai makanan khas Qatar, makanan Arab, dan juga makanan internasional lainnya.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Doha, Qatar.

3. Doha Corniche

Doha Corniche
Image Credit: Google Maps Ib Laursen

Ketika anda ingin menikmati pemandangan kota ini dengan berjalan kaki, maka Doha Corniche merupakan pilihan yang tepat. Area ini terletak di tepi laut yang memang tujuannya dibuat untuk pejalan kaki. Banyak pengunjung yang memanfaatkan tempat ini untuk jogging dan bersantai menikmati indahnya pemandangan laut.

Ketika singgah di Doha Corniche ini, anda juga akan dimanjakan dengan berbagai pemandangan gedung pencakar langit. Taman yang begitu bersih dan terawat rapi juga memikat minat wisatawan untuk berkunjung. Pemandangan ketika malam hari juga tidak kalah elegan, yang mana terdapat lampu kerlap-kerlip dari gedung pencakar langit disana.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Doha, Qatar.

4. Taman Aspire

Image Credit: Google Maps Saleh Aljaber

Taman Aspire yang indah ini merupakan taman terbesar di Kota Doha. Taman ini memiliki luas hingga mencapai 88 hektar. Biasanya taman ini digunakan untuk piknik dan kegiatan bersantai lainnya. Ketika singgah disini Anda dapat melihat Menara Aspire yang begitu menakjubkan. Menara ini juga akan bertambah keindahannya pada saat malam hari.

Taman ini sangat cocok dijadikan tujuan ketika sedang berlibur dengan keluarga atau kerabat dekat. Bentangan taman hijau yang tertata rapi, tempat duduk yang disediakan, dan pohon-pohon yang berbentuk unik mampu membuat wisatawan ingin berlama-lama dan menghabiskan waktu disini.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Al Waab Street، Doha, Qatar.

5. Pulau Pisang

Pulau Pisang
Image Credit: Cnnindonesia.com

Destinasi selanjutnya adalah Pulau Pisang. Meskipun merupakan pulau yang berukuran kecil, namun pulau Pisang ini berhasil memikat banyak pengunjung. Pulau di Asia Barat ini berbentuk seperti bulan sabit yang terletak di lepas pantai. Pulau ini memiliki marina serta terumbu karang yang tentunya surga bagi pencinta kehidupan di bawah laut.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Doha, Qatar.

6. Masjid Katara

Masjid Katara
Image Credit: Google Maps Emran Hossain

Dari segi luas dan megahnya memang masjid ini tidak sebesar dan semegah masjid lain yang ada di dunia. Walau begitu, masjid ini hadir dengan kombinasi warna, desain serta lantai yang unik. Lantai masjid ini berasal dari mayoritas lantai syiah. Adapun yang mendapat ijin masuk ke dalam masjid ini yaitu mereka yang menjadi simbol dari tradisi Arab, Afrika dan Persia.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Doha, Qatar.
BACA:  15 Tempat Wisata Menarik di Qatar Buat Liburan

7. Mia Park Doha

Mia Park Doha
Image Credit: Google Maps Tomy k Wilson

Jika Anda ingin menghabiskan waktu luang bersama keluarga atau teman dekat, MIA Park adalah tempat yang cocok untuk Anda kunjungi. Taman ini penuh dengan ruang hijau, kegiatan rekreasi, dan menawarkan pemandangan cakrawala Kota Doha yang begitu indah.

Taman ini juga menawarkan kios dan kafe dengan menu yang menyajikan berbagai pilihan makanan ringan dan minuman dan juga menawarkan pemandangan Teluk Barat Doha yang indah dan menakjubkan.

Ada banyak hal yang bisa dinikmati di MIA Park yang cocok untuk bersantai, bersenang-senang dan hiburan. Selain itu anda juga dapa melakukan aktifitas seperti, paddle fit, fun games, latihan fisik dan masih banyak lagi.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Doha, Qatar.

8. The Pearl Qatar

The Pearl Qatar
Image Credit: Google Maps Meaxos Memedik

The Pearl adalah pulau buatan yang terletak di dekat Distrik West Bay yang bergengsi di Kota Doha. Pulau ini menampilkan marina dengan deretan kapal pesiar bergaya Mediterania, menara perumahan, vila, dan hotel, area ini juga menawarkan pengalaman berbelanja mewah dengan butik dan ruang pamer desainer premium.

Pulau ini juga merupakan rumah bagi tempat makan modern mulai dari es krim yang menyegarkan hingga pengalaman kuliner bintang lima, dan menonjol karena alun-alun dan alun-alun ramah pejalan kaki serta berbagai taman lanskapnya.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Doha, Qatar.

9. Mall Villagio

Mall Villagio
Image Credit: Google Maps Villaggio Mall

Tempat wisata selanjutnya yang wajib di kunjungi ketika singgah di Kota Doha adalah pusat perbelanjaan Villagio. Villaggio Mall adalah pusat perbelanjaan yang terletak di Zona Aspire di ujung barat Kota Doha. Terletak di jalan Al Waab antara Hyatt Plaza dan Sports City dan memiliki lebih dari 200 toko, termasuk banyak merek terkenal di pasar AS, Inggris, Italia, dan Jerman.

Di dalam, interiornya bertema Italia , baik sebagai kota bukit italia , tetapi juga dengan kanal dalam ruangan sepanjang 150 meter dengan gondola. Mal ini memiliki Taman Hiburan Gondolania, taman hiburan dalam ruangan ini mencakup Gelanggang Gondolania ice rink, salah satu dari dua gelanggang ice hockey di Qatar.

BACA:  15 Tempat Wisata Menarik di Qatar Buat Liburan
Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Al Waab St, Doha, Qatar.

10. State Grand Mosque

State Grand Mosque
Image Credit: Twitter Qatar Calendar

State Grand Mosque atau yang lebih dikenal dengan sebutan masjid Masjid Imam Abdul Wahab merupakan masjid terbesar di Negara Qatar yang terletak di Kota Doha. State Grand Mosque ini memiliki gaya arsitektur perpaduan budaya tradisional Arab dan modern ini mampu menampung banyak jamaah.

Di State Grand Masque ini terdapat 65 kubah yang menghiasi bangunan luar dan 28 kubah besar menutupi bagian tengah. Masjid ini juga memiliki 20 pintu masuk, yang terdiri dari 3 pintu utama dan 17 pintu samping. Selain itu masjid ini juga dilengkapi fasilitas lain seperti tempat wudhu terpisah yang sangat luas, tempat parkir dan area khusus untuk tamu VIP.

Keindahan dan kemegahan State Grand Mosque di kota Doha ini, bisa menjadi salah satu pilihan wisata religi anda bersama keluarga atau teman dekat. Namun ketika mengunjungi masjid ini harus berlaku sopan, santun, tidak membuat keributan, atau pun melakukan kegiatan lain seperti makan dan minum dalam masjid.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Al Muhandiseen St, Doha, Qatar.

11. Qatar National Museum

Qatar National Museum
Image Credit: Google Maps Imrul Bin Abdullah Foundation

Qatar terkenal akan arsitektur kota-kotanya yang sangat modern serta memukau. Jika anda berkunjung ke Qatar National Museum, maka anda dapat melihat langsung kemegahan arsitektur bangunan ini.

Museum yang terletak di Kota Doha ini, dirancang dengan gaya futuristic. Museum bersejarah ini ini dahulu merupakan Istana Sheikh Abdullah Al-Thani yang kini menjelma menjadi museum dan galeri yang kerap menyelenggarakan pameran-pameran spektakuler kelas dunia. Di museum ini anda bisa melihat benda bersejarah peninggalan masyarakat Qatar.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Museum Park St, Doha, Qatar.

Tempat wisata di Kota Doha tidak hanya kaya akan bangunan yang modern, tinggi menjulang dan kekinian saja, namun banyak bangunan indah yang berasal dari peradaban masa lalu yang dapat Anda kunjungi disini, lengkap rasanya jika Anda menjadikan tempat ini sebagai destinasi wisata, sehingga dapat membuat pikiran menjadi fresh.