Terletak di Semenanjung Kecil di kawasan Jazirah Arab, Qatar termasuk tujuan liburan yang juga menarik. Dikenal sebagai negara maju yang memiliki kota kota megah. Berbatasan dengan Teluk Persia dan juga Arab Saudi membuatnya termasuk negara terkaya di dunia karena cadangan gas alam dan minyaknya. Dan ternyata juga banyak objek wisata di Qatar yang bisa dikunjungi.

Perekonomian dan pendapatan yang ada di negara ini memang sangat tinggi. Sehingga wajar jika anda akan menemukan kota kota megapolitan yang begitu megah. Kendati demikian, anda tetap bisa menemukan tujuan wisata yang menarik. Berikut beberapa rekomendasi destinasi wisata di Qatar yang bisa dikunjungi saat anda liburan.

1. Khor Al Adaid

Khor Al Adaid
Image Credit: Google Maps Nassma Mohandes

Menghabiskan waktu di Qatar, anda bisa menjadikan Khor Al Adaid sebagai tujuan pertama. Terutama untuk anda yang suka dengan pemandangan pantai. Khor Al Adaid merupakan wisata pantai di Qatar yang memiliki pemandangan menawan. Panorama yang disajikan sangat berbeda dengan yang biasanya, karena terhubung langsung dengan gurun pasir.

Pada satu sisi anda akan melihat hamparan gurun pasir yang membentuk bukit cantik. Namun di sisi lainnya anda akan melihat samudra yang terbentang luas. Liburan di sini juga tidak akan membuat anda bosan, mengingat banyak aktivitas yang bisa dilakukan. Di tempat wisata ini, anda bisa ski pasir maupun balapan 4wd, berkemah juga menjadi aktivitas favorit.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Khor Al Adaid, Qatar.

2. Museum of Islamic Art

Museum of Islamic Art
Image Credit: Google Maps Jacob John

Melanjutkan perjalanan anda menjelajah Qatar, anda bisa mengunjungi Museum of Islamic Art. Qatar sendiri memang termasuk negara dengan penduduk yang mayoritas muslim. Sehingga mengenal kebudayaan Islam di Timur Tengah sangat sayang untuk dilewatkan. Dan museum of Islamic Art menyimpan sejarah islam yang bisa menambah pengetahuan anda.

Apalagi bangunannya juga sangat megah yang mengusung arsitektur Gaya Islam kuno. Selain itu, anda juga bisa menemukan berbagai koleksi artefak Islam yang paling lengkap. Dikumpulkan dari berbagai negara semenjak akhir 1980 an. Destinasi wisata di Qatar ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang seperti ruangan untuk penelitian maupun perpustakaan.

BACA:  11 Tempat Wisata Menarik di Doha Buat Liburan
Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Doha, Qatar.

3. Palm Tree

Palm Tree
Image Credit: Twitter DebbieDerry

Palm Tree merupakan pulau buatan yang begitu menarik perhatian wisatawan asing. Desain yang dimiliki mirip dengan yang ada di Singapura, yakni modelnya mirip dengan pohon palem. Karena inilah juga mengapa dikenal dengan nama Palm Tree. Walaupun pulau buatan, keindahan yang dihadirkan tidak akan membuat anda kecewa.

Ketika anda menginjakkan kaki di pulau buatan ini, anda akan langsung menikmati suasana yang megah, karena ada banyak villa maupun apartemen mewah di area ini. Pengunjung yang datang tidak hanya untuk liburan, beberapa juga untuk urusan bisnis. Pastikan anda tidak melewatkan tempat wisata di Qatar ini ketika menghabiskan di negara kaya satu ini.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Al-Ghanim Bus Station, Behind Alfardan Centre, Doha, Qatar.

4. Burj Khalifa

Burj Khalifa
Image Credit: Google Maps prasangika de silva

Burj Khalifa merupakan gedung pencakar langit yang begitu megah. Destinasi Asia Barat ini begitu terkenal dan selalu jadi jujugan. Menjadi ikon Qatar, anda bisa mengambil beberapa foto dan menikmati kemegahannya. Saat pembangunan, negara ini sempat terlilit hutang karena biaya untuk pembangunan. Namun kini sepertinya keterpurukan telah berlalu dan Burj Khalifa menjadi kebanggaan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Burj Khalifa, Qatar.

5. The Golden Mosque

The Golden Mosque
Image Credit: Google Maps rakky rakesh

Anda juga bisa menemukan beberapa bangunan masjid cantik ketika berada di Qatar. Salah satunya yang bisa dikunjungi yakni The Golden Mosque. Masjid cantik ini memiliki arsitektur yang menakjubkan. Seperti namanya, akan ada lapisan emas yang melapisi semua bagian bangunan. The Golden Mosque semakin megah saat bangunannya tertimpa cahaya matahari.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Doha, Qatar.

6. Masjid Katara

Masjid Katara
Image Credit: Google Maps Emran Hossain

Masjid cantik yang juga bisa dikunjungi saat di Qatar selanjutnya yakni Masjid Katara. Berbeda dengan The Golden Mosque, Masjid Katara memiliki desain tradisional yang begitu indah. Dimana bangunan lebih banyak menggunakan ubin Syi’ir yang terkenal di kalangan Timur Tengah. Detail dari arsitekturnya juga memiliki nilai budaya serta filosofi yang menarik.

Terutama bagian komposisi warna bangunan yang begitu kontras dengan perlambang Kebesaran Arab, Afrika dan Persia. Pengunjung tidak hanya bisa menikmati arsitektur bangunannya yang cantik, tetapi juga bisa sekalian beribadah di sini. Jangan lupa juga untuk mengambil gambar cantik ketika anda singgah di masjid megah ini.

BACA:  11 Tempat Wisata Menarik di Doha Buat Liburan
Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Doha, Qatar.

7. Benteng Al Zubara

Benteng Al Zubara
Image Credit: Google Maps Tausif shaikh

Selain memiliki banyak masjid cantik, tempat wisata di Qatar juga berupa peninggalan sejarah. Seperti Benteng Al Zubara yang sudah ada sejak tahun 1938 dan memiliki nilai historis yang tinggi. Bagi penduduk asli Qatar, keberadaannya begitu penting. karena pernah menjadi basis militer hingga 1980 an.

Bukan hanya itu, Bentang Al Zubara juga memiliki arsitektur yang sangat cantik dengan nilai arkeologi yang tinggi. Saat anda singgah di sini, pastikan anda menaiki tangga yang lokasinya di halaman belakang benteng. Di lantai dua akan terdapat tembok yang memiliki banyak lubang. Nuansa historis dan keindahan akan membuat anda memiliki pengalaman tidak terlupakan. Bentang Al Zubara harus masuk dalam daftar liburan anda.

Harga Tiket: Gratis Map: Cek Lokasi
Alamat: Al Zubara Fort, Qatar.

8. Desert Safari

Desert Safari
Image Credit: Twitter Helena Ereditsh Dr

Untuk anda yang menyukai liburan dengan aktivitas yang menantang, anda bisa menjadikan Desert Safari sebagai tujuan, tepatnya di Gurun Doha. Namun untuk menikmati aktivitas ini, anda harus memiliki persiapan yang matang. Mengingat perjalanan hanya bisa dilakukan dengan pemandu perjalanan, selain itu juga harus menyiapkan makanan dan transportasi.

Perjalanan ini akan membawa anda menyusuri gurun pasir yang begitu luas. Melalui tur ini, anda akan merasakan perjalanan yang tidak terlupakan. Merasakan bagaimana kamp di tengah gurun, kemudian pesta barbeque maupun menikmati kulinernya. Mencoba tempat wisata Bentang Al Zubara, anda harus menyiapkan budget yang cukup dalam.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Doha, Qatar.

9. Kassem Darwish Fakhroo Islamic

Kassem Darwish Fakhroo Islamic
Image Credit: Facebook Jerome Malabaguio Pasamba

Apabila anda ingin menikmati pemandangan dari ketinggian, maka anda bisa mengunjungi Kassem Darwish Fakhroo Islamic. Bangunan ini terkenal dengan menara spiralnya yang begitu megah. Anda bisa naik ke puncak menaranya untuk bisa menikmati keindahannya. Pemandangan yang dihadirkan tidak akan bisa anda lupakan begitu saja.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Doha, Qatar.

10. Corniche

Corniche
Image Credit: Google Maps Ib Laursen

Ingin bersantai sejenak di tengah hiruk pikuk kota? Corniche merupakan tujuan yang tepat untuk anda. kawasan taman kota di Qatar ini lokasinya langsung menghadap ke lautan. Dikelilingi dengan gedung gedung pencakar langit yang membuat panoramanya menawan. Suasananya yang teduh, akan membuat anda betah berlama lama di sini.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Doha, Qatar.
BACA:  11 Tempat Wisata Menarik di Doha Buat Liburan

11. Qatar National Museum

Qatar National Museum
Image Credit: Google Maps Imrul Bin Abdullah Foundation

Destinasi wisata yang menarik dikunjungi berikutnya yakni Qatar National Museum. Sebelum dijadikan sebagai museum, dahulunya adalah Istana Sheikh Abdullah Al Thani. Selain memiliki banyak koleksi di dalamnya, anda juga akan dimanjakan dengan keindahan gedung yang dimilikinya. Peninggalan masa lalu sampai masa modern bisa ditemukan di sini.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Museum Park St, Doha, Qatar.

12. Museum Al Wakra

Museum Al Wakra
Image Credit: Google Maps Mike Soh

Tempat wisata di Qatar sebelumnya merupakan desa nelayan yang kini sudah memiliki banyak rekreasi. Dan Museum Al Wakra menjadi salah satunya yang termasuk kondang dikunjungi. Pengunjung akan lebih mengenal perkembangan arsitektur di Qatar saat singgah ke sini. Selain itu juga ada banyak artefak yang berkaitan dengan sejarah di masa lalu.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Al Wakrah, Qatar.

13. Hotel Atlantis

Hotel Atlantis
Image Credit: Facebook Dubai

Hotel Atlantis adalah pusat banyak fasilitas publik yang begitu lengkap. Biasanya wisatawan akan mengunjunginya saat sedang berada di kawasan Palm Tree. Lokasinya juga dekat dengan pusat kota yang akan memberikan anda kenyaman saat istirahat. Hotel mewah yang berada di Qatar ini menjadi yang tidak boleh dilewatkan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Qatar.

14. State Grand Mosque

State Grand Mosque
Image Credit: Twitter Qatar Calendar

Bangunan masjid yang juga harus masuk dalam tujuan liburan anda yakni State Grand Mosque. Termasuk masjid paling besar di Qatar dengan perpaduan arsitektur modern dan budaya. Membuatnya menjadi jujugan bagi wisatawan yang ingin ibadah atau menikmati keindahannya. Suasananya makin cantik ketika matahari tenggelam.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Al Muhandiseen St, Doha, Qatar.

15. Souq Waqif

Souq Waqif
Image Credit: Google Maps Nasim Khan

Di Qatar, anda juga bisa wisata belanja dengan mengunjungi Souq Waqif. Tempat wisata di Qatar yang menawarkan banyak barang, termasuk oleh oleh. Yang membuatnya selalu ramai, harga yang ditawarkan juga terjangkau. Bangunan dengan gaya arsitektur yang masih tradisional semakin menambah daya tariknya.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Doha, Qatar.

Liburan di Qatar anda tidak perlu bingung, karena ada banyak tempat menarik yang bisa anda kunjungi. Mulai dari wisata sejarah, wisata religi sampai dengan wisata alam yang begitu megah. Untuk membuat liburan makin berkesan, anda sebaiknya menyiapkan rencana dengan matang. Dan tentu saja budget yang pas, karena memang butuh biaya yang tidak sedikit.