Bukit Cumbri salah satu wisata alam hits berupa perbukitan yang berada di perbatasan 2 kabupaten, yakni Wonogiri dan Ponorogo. Dikenal sebagai Negeri di Atas Awan untuk menikmati Sunrise dan pemandangan alam yang memukau.

Harga Tiket: Rp 2.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jl. Kepyar, Kec. Purwantoro, Kab. Wonogiri, Jawa Tengah; Map: Cek Lokasi

Bukit Cumbri merupakan salah satu bukit yang ada di Wonogiri, Jawa Tengah. Bukit ini memiliki ketinggian sekitar 683 mdpl yang menyuguhkan hamparan awan jika Anda berada di atasnya. Sebab tak mengenal bukit, warga setempat menyebutnya dengan sebutan Gunung Cumbri.

Tempat ini mulai populer semenjak foto-foto eksotisnya beredar di sosial media. Mulai dari sunrise dan sunset yang indah, suasana di atas awan hingga jalanan terjal dan sempit yang mengundang adrenalin ada di tempat ini. Sehingga mulai banyak pengunjung yang datang ke tempat ini untuk hiking.

Nah, jika Anda ingin berlibur ke Bukit Cumbri ini, lebih baik simak artikel ini sampai habis agar mendapatkan informasi tentang Bukit ini, baik dari segi fasilitas, harga tiket, maupun aktivitas menarik. Sehingga liburan Anda lebih terorganisir secara matang.

Daya Tarik yang Dimiliki Bukit Cumbri

Daya Tarik Bukit Cumbri
Image Credit: Google Maps (Dita Aryanti)

1. Panorama Sunrise dan Sunset

Fenomena matahari tenggelam dan matahari terbit ini memang menjadi keistimewaan bagi setiap wisatawan yang berlibur ke suatu tempat wisata. Tak terkecuali di Bukit Cumbri ini, yang mana sunrise dan sunset ini menjadi daya pikat yang menarik perhatian pengunjung.

Momen inilah yang sangat pas untuk disaksikan. Sembari menikmati udara sejuk di pagi hari ataupun suasana menenangkan saat langit berubah menjadi jingga.

2. Keindahan Negeri di Atas Awan

Bukit Cumbri memiliki salah satu panorama yang jarang bisa di temukan, mungkin di Indonesia ada beberapa tempat, yakni hamparan awan putih yang mengelilingi tebing-tebing yang ada di sekitarnya. Dimana tebing tersebut bisa Anda naiki untuk menyaksikan fenomena alam ini.

Hal inilah yang membuat kaum hits milenial datang kemari untuk berswafoto. Hamparan awan tersebut menyerupai lautan. Pokoknya sangat cantik sekali, tidak percaya Anda bisa melihatnya di youtube.

3. Panorama Memukau

Panorama memukau dapat Anda jumpai di tempat ini. Apalagi saat cuacanya sedang cerah-cerahnya maka bukit ini akan nampak memiliki dua bukit yang puncaknya saling berlawanan arah. Satunya menghadap ke barat dan satu lagi menghadap ke timur, seperti sedang bertengkar saja ya.

Puncak bukit di sebelah timur lebih tinggi dibandingkan puncak bukit di sebelah barat. Puncak tersebut memiliki struktur tanah yang tidak rata akibat dari banyaknya bebatuan yang tak teratur. Sehingga kondisi jiwa dan raga harus benar-benar fit.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Bukit Cumbri

Alamat Bukit Cumbri
Image Credit: Google Maps (Mei Joko Santoso)

Alamat lengkap tempat ini adalah Kepyar, Purwantoro, Pagerukir, Sampung, yang berada di Kabupaten Wonogiri provinsi Jateng. Namun, sebenarnya letak bukit ini berada di antara Kabupaten Ponorogo dengan Kabupaten Wonogiri. Untuk rutenya sendiri ada berbagai macam alternatif.

Pertama Anda bisa menggunakan google maps atau sejenisnya untuk mengetahui lokasi ini. Namun ada pun jalur yang dilewati, jika Anda berasal dari kota Madiun, Anda bisa pergi ke arah Ponorogo. Setelah sampai Anda bisa pergi ke sampung dan berlanjut ke Pagerukir.

Kedua jika berangkat dari Solo, Anda bisa berangkat ke jalan Wonogiri mengarah ke jalur Ponorogo. Sebelum sampai di gapura bertuliskan Selamat Datang Kota Ponorogo Anda bisa belok ke kiri. Setelah itu, Anda lurus saja menuju Desa Biting di Purwantoro. Kemudian Anda pun bisa mengikuti petunjuk arah ke Bukit Cumbri.

Untuk pergi ke wisata ini Anda pun bisa menggunakan jasa persewaan mobil murah ataupun membawa kendaraan pribadi. Namun, Anda harus berjalan kaki untuk bisa sampai ke wisata alam hits tersebut. Untuk jalur pendakiannya sendiri ada 4 jalur.

Jalur pertama melewati Desa Pagerukir Kecamatan Sampung yang ada di Ponorogo, dan 3 jalur lain lewat Wonogiri. Jalur mendaki dari Wonogiri yaitu Dusun Kepyar yang ada di pintu barat, Dusun Sumber menjadi pintu tengah, dan pintu timur menggunakan jalur lewat Dusun Jatisari.

Harga Tiket Masuk Bukit Cumbri Wonogiri

Harga Tiket Bukit Cumbri
Image Credit: Google Maps (Bayu Andika)

Pesona Bukit Cumbri yang indah bak negeri dongeng menarik harga tiket masuk yang cukup murah, yakni Rp 2.000 saja per orang. Namun, untuk parkirnya Anda juga harus membayar lagi.

Tenang saja, tarif parkirnya murah kok, untuk roda empat hanya Rp 5.000 saja sedangkan untuk roda dua hanya Rp 3.000. Anda pun bisa menikmati bukit yang indah ini setiap hari, bahakan setiap jam, menit, dan detik. Sebab jam bukanya adalah 24 jam.

Selain itu Anda juga bisa bermalam di tempat ini dan di kenai biaya tambahan. Cukup murah saja biaya tambahan untuk berkemah di Bukit Cumbri yang cantik ini, yakni Rp 10.000 saja. Biaya tersebut digunakan untuk tambahan parkir, jadi Anda tidak perlu khawatir masalah keamanan kendaraan Anda.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Bukit Cumbri

Aktivitas Dilakukan di Bukit Cumbri
Image Credit: Google Maps (Leo)

1. Menikmati Pemandangan yang Indah

Seperti yang sudah di sebutkan sebelumnya, tempat ini memiliki pemandangan yang sangat indah dan penuh daya tarik yang bisa Anda nikmati. Mulai dari senja menjelang malam, mega kemerahan saat pagi hari, puncak bukit yang arahnya berlawanan, hingga suasana di atas awan seperti di negeri dongeng.

Selain itu Anda pun bisa melihat hamparan rerumputan liar dan beberapa pohon yang hijau pada musim penghujan. Sebab saat musim kemarau pemandangannya terlihat gersang.

Dengan beragamnya pemandangan yang indah ini andapun bisa menenangkan pikiran Anda. Tempat ini juga cocok untuk Anda yang berprofesi sebagai vlogger di bidang pecinta alam. Selain untuk mempromosikan wisata di Indonesia, juga untuk menjaga kelestarian dan keasrian wisata ini dengan tidak membuat kerusakan.

2. Hunting Foto dan Video

Tujuan utama yang dicari wisatawan anak hits milenial sekarang saat berlibur adalah berburu foto. Gara-gara foto anak milenial yang ada di sosial media juga, Bukit Cumbri ini menjadi populer. Bahkan sampai banyak yang mengantri untuk pergi berfoto ke atas.

Hal tersebutlah yang menjadi bukti kekuatan sosial media di era teknologi industri 4.0 ini sangat luar biasa. Apalagi spot foto di tempat ini juga sangat banyak dan sangat instagramable.

Andapun bisa merekam panorama alam Bukit Cumbri ini. Pakai saja alat seadanya seperti kamera ponsel pintar Anda dengan sedikit percikan filter, tambahkan sedikit tagar saat memposting pasti langsung FYP (For Your Page) diaplikasi kreator video Anda.

3. Berkemah

Tempat ini memiliki sunrise yang indah sehingga Anda rugi jika tidak melihatnya. Jika rumah Anda jauh sangat tak memungkinkan bukan untuk bisa melihatnya. Sebab itu, berkemah adalah solusi yang terbaik.

Bukan hanya keindahan fajar saja, tapi juga keindahan senja yang menjadi pergantian antara siang dengan malam. Pasti sangat indah sekali panorama itu. Ditambah lagi alunan musik dari petikan gitar yang Anda dengarkan bersama teman-teman Anda yang membuat momen ini sangat seru.

Namun jangan lupa membawa bekal makanan, minuman, dan jaket hangat. Sebab tempat ini tidak memiliki fasilitas semacam kantin ataupun warung-warung dan cuaca malam hari sangat dingin.

4. Trekking

Para pencinta trekking sangat cocok sekali jika berlibur ke tempat ini. Sebab tempat ini sangat menantang adrenalin Anda. Perjalanan dari area parkir menuju puncak bukit berkisar satu jam. Selain itu, jalanannya juga sangat ekstrim penuh dengan bebatuan yang tak beraturan yang membuat struktur tanahnya tidak rata.

Oleh sebab itu, saat melakukan trekking jangan sampai Anda lengah, karena bisa berbahaya. Apalagi di kanan kiri jalanan merupakan jurang yang sangat curam dengan jalanannya yang begitu sempit. Anginnya pun berhembus cukup kencang saat Anda berada di ketinggian.

Apakah Anda tertantang untuk trekking di tempat ini? Persiapkan fisik Anda terlebih dahulu serta perlengkapan yang Anda butuhkan. Sehingga liburan tetap menyenangkan tanpa harus membahayakan diri sendiri.

Fasilitas Wisata yang Tersedia di Bukit Cumbri

Fasilitas di Bukit Cumbri
Image Credit: Google Maps (Dita Ariyanti)

Wisata ini masih tergolong baru populer, sehingga belum ada fasilitas yang dapat menunjang kebutuhan para wisatawan. Area parkirpun jauh dari kawasan pendakian, yakni berada di pemukiman warga setempat. Bahkan di kawasan puncak bukit pun juga masih belum ada fasilitas-fasilitas yang dibutuhkan wisatawan.

Oleh sebab itu, Anda harus mengecek kendaraan Anda serta mempersiapkan tubuh Anda supaya tetap sehat. Fasilitas warung di area perbukitan juga belum ada sehingga lebih baik jika Anda membawa makanan, minuman, dan obat-obatan dari rumah.

Kurangnya fasilitas yang ada disebabkan letak bukit yang memang bisanya ditempuh dengan berjalan kaki. Sebab jalanannya sempit dan terjal serta jurang yang sangat curam. Sehingga Anda harus benar-benar berhati-hati.

Meskipun demikian, ada fasilitas alam yang diberikan oleh Bukit Cumbri sendiri, yakni pesona alamnya yang memukau. Tentu tak akan mengecewakan Anda yang sudah berjuang sampai pada titik puncak bukit.

Demikianlah beberapa informasi mengenai Bukit Cumbri yang lagi populer ini. Tentu Anda tidak mau ketinggalan tren foto di tempat ini bukan. Pastinya akan sangat seru dan menantang adrenalin Anda.