Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 09.00-22.00 WIB, Alamat: Batu Cermin, Kec. Komodo, Kab. Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur; Map: Cek Lokasi

Ketika kita berbicara soal Labuan Bajo maka akan muncul banyak sekali nama tempat wisata populer seperti Pulau Kelor, Pantai Pink, hingga Taman Nasional Komodo yang sudah mendunia. Selain nama-nama tersebut masih ada banyak sekali tempat wisata menakjubkan yang berasal dari NTT tersebut, dimana salah satunya adalah Goa Batu Cermin.

Goa cantik ini pertama kali ditemukan oleh seorang pastor sekaligus archeology bernama Theodore Verhoeven pada tahun 1951. Uniknya pada saat ditemukan letak dari goa dengan luas mencapai 19 hektar dan tinggi sekitar 75 meter ini berada di dalam laut namun kini sudah muncul di permukaan.

Ketika anda ingin memasuki mulut goa, pasti akan ada seorang pemandu wisata yang menemani anda. Hal ini dikarenakan Goa Batu Cermin dengan kedalaman 20 meter tersebut memiliki stalaktit dan stalakmit yang bisa melukai siapa saja. Meskipun begitu goa asal Labuan Bajo ini tetap menarik banyak wisatawan karena dindingnya dapat memantulkan sinar Matahari.

Daya Tarik yang Dimiliki Goa Batu Cermin

Daya Tarik Goa Batu Cermin
Image Credit: Google Maps Ribka Tiara Salim

1. Dinding Goa

Daya tarik pertama yang dimiliki oleh Goa Batu Cermin adalah dindingnya yang dapat memantulkan cahaya Matahari, hal inilah yang membuatnya dikenal dengan nama Batu Cermin. Kemampuan memantulkan cahaya ini diperoleh karena dinding dari goa cantik ini memiliki banyak kandungan garam yang mengeras.

Kandungan garam tersebut berasal dari dasar laut yang menempel di dinding goa kemudian ketika sudah muncul ke permukaan laut menjadi kering karena panas Matahari. Selain dapat memantulkan cahaya, dinding dari goa unik ini juga memiliki beberapa fosil atau gambar binatang laut purba yang menempel pada bagian dalam dinding.

2. Stalaktit dan Stalakmit

Beralih ke daya tarik selanjutnya yaitu stalaktit atau batuan runcing yang berada pada atap goa. Batuan runcing tersebut terbentuk dari endapan Kalsium Karbonat dan beberapa jenis mineral lainnya yang larut bersama air kemudian ditarik oleh gravitasi bumi namun sebelum menetes ke tanah mineral-mineral tersebut sudah mengeras terlebih dahulu.

Selain itu, ada juga stalakmit atau batuan runcing yang berada pada dasar Goa Batu Cermin. Terbentuknya batuan runcing yang satu ini bisa dibilang kebalikan dari stalaktit, karena stalakmit terbentuk berkat tetesan air yang mengandung Kalsium Karbonat dan beberapa jenis mineral lainnya kemudian mengeras di dasar goa.

Karena itu stalaktit dan stalakmit umumnya memiliki ujung yang berdekatan karena keduanya terbentuk dengan cara yang sama namun hanya terbalik. Di goa menakjubkan asal Labuan Bajo ini terdapat banyak sekali kedua batuan runcing tersebut sehingga terlihat sangat indah, meskipun begitu anda harus tetap berhati-hati ketika melangkah.

3. Hutan Sekitar Goa

Daya tarik berikutnya yang dimiliki oleh Goa Batu Cermin adalah hutan sekitar lokasi goa populer tersebut yang masih sangat asri. Keberadaan hutan rindang ini juga menjadi daya tarik tersendiri karena pada bagian mulut goa terlihat sangat alami. Belum lagi dengan suasana sekitarnya yang sangat sejuk dan udara yang segar untuk dihirup.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Goa Batu Cermin
Image Credit: Google Maps Sims Widjaja

Lokasi dari Goa Batu Cermin sendiri berada di Kecamatan Komodo, Batu Cermin, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Jika ingin menuju lokasi tersebut, anda bisa menggunakan patokan awal dari Kantor Bupati Manggarai Barat di Kecamatan Komodo, Wae Kelambu, Manggarai Barat.

Keluar dari Kantor Bupati Manggarai Barat silahkan ambil jalur menuju pertigaan Jl. Prof. WZ Johanes lalu belok kanan dan terus di jalan tersebut sampai anda menemukan pertigaan Patung Caci Wae Kesambi (jalan satu jalur). Silahkan belok kiri sedikit untuk masuk ke Jl. Frans Nala (jalur kiri dari Patung Caci Wae Kesambi) sampai memasuki Jl. Bukit Cinta.

Dari Jl. Bukit Cinta anda harus putar balik dan melewati Jl. Frans Nala (jalur kanan dari arah Patung Caci Wae Kesambi) dan terus di jalan tersebut sampai anda menemukan lokasi Goa Batu Cermin yang berada di sebelah kanan jalan. Panjang rute perjalanan ini kurang lebih sekitar 4,2 km dan dapat ditempuh selama 10 menit menggunakan kendaraan pribadi.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Masuk Goa Batu Cermin
Image Credit: Google Maps Bastian AS

Untuk bisa memasuki tempat wisata alam ini anda harus membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000 per orang. Selain itu anda juga bisa menyewa pemandu wisata yang sudah benar-benar paham kondisi di dalam Goa Batu Cermin seharga Rp 20.000.

Sangat disarankan untuk menyewa pemandu wisata agar perjalanan anda di dalam goa unik ini tetap aman. Hal ini karena goa dengan kedalaman mencapai 20 meter tersebut memiliki banyak sekali bebatuan tajam yang bisa saja melukai wisatawan jika salah melangkah.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Goa Batu Cermin

Aktivitas Menarik Goa Batu Cermin
Image Credit: Google Maps Flores Exotic Tours

1. Menelusuri Bagian Dalam Goa

Kegiatan menarik pertama yang bisa anda lakukan di goa hits ini adalah menelusuri bagian dalamnya. Terdapat banyak sekali hal menakjubkan yang bisa anda jumpai mulai dari dinding yang bisa memantulkan cahaya Matahari hingga terdapat beberapa fosil atau gambar binatang laut purba yang tertempel pada bagian dinding goa.

Tidak hanya itu Goa Batu Cermin juga memiliki banyak sekali stalaktit dan stalakmit yang membuatnya terlihat semakin menakjubkan. Meskipun terlihat sangat indah namun stalaktit dan stalakmit ini sangat tajam karena ujungnya berbentuk runcing, oleh karena itu anda harus berhati-hati ketika melangkah agar tidak terluka.

2. Berfoto di Goa Batu Cermin

Ketika anda sudah sampai di lokasi wisata alam ini anda jangan lupa untuk berfoto. Hal tersebut karena anda akan menemukan banyak sekali spot foto menarik mulai dari dinding goa yang unik hingga terdapatnya beberapa batuan runcing yang bisa membuat hasil foto anda terlihat seperti sedang berada diluar negeri.

Tidak hanya bagian dalam goa saja namun di bagian luarnya juga anda akan menemukan sebuah hutan yang sangat alami. Hutan tersebut menjadi pasangan yang bagus bersama mulut goa yang terbuka lebar dan terdapat beberapa anak tangga dari semen melewati mulut goa populer ini.

3. Bersantai

Kegiatan menarik terakhir yang bisa anda lakukan di Goa Batu Cermin adalah bersantai sambil melepaskan lelah dan gelisah. Kegiatan ini sangat didukung oleh hutan yang masih alami, sehingga ketika anda memejamkan mata sebentar dan menyatukan diri dengan alam sekitar maka semua rasa gelisah dan capek akan terlupakan seketika.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Goa Batu Cermin
Image Credit: Google Maps Juan Fitrianto

1. Toilet Umum

Fasilitas pertama yang dimiliki oleh goa cantik asal Labuan Bajo, Manggarai Barat ini adalah toilet umum. Fasilitas ini dapat digunakan oleh siapa saja yang ingin membuang air besar atau kecil.

2. Rest Area

Beralih ke fasilitas selanjutnya yang ada di dalam kawasan wisata Goa Batu Cermin adalah rest area. Fasilitas ini merupakan kumpulan dari beberapa tempat duduk dan beberapa warung makan yang menjual berbagai jenis makanan dan minuman.

3. Area Parkir Kendaraan

Fasilitas terakhir adalah sebuah lahan kosong yang dijadikan area parkir kendaraan. Fasilitas ini cukup besar dan dapat menampung berbagai jenis kendaraan mulai dari sepeda motor, mobil, bahkan bus pariwisata.

Demikian review singkat mengenai sebuah goa cantik yang awal ditemukan berada di dalam laut namun kini sudah muncul ke atas permukaan tanah. Waktu yang paling cocok untuk menelusuri Goa Batu Cermin adalah mulai dari pukul 09.00 sampai 12.00. Karena di saat tersebut cahaya Matahari baru naik dan akan sangat indah ketika dipantulkan dinding goa.