Spot berfoto dengan latar pohon pinus semakin digemari oleh wisatawan dewasa ini. Tidak heran, banyak destinasi yang kini menawarkan hutan pinus sebagai daya tarik utamanya. Baik di pantai maupun di gunung, mudah bagi Anda untuk menemukannya. Sebagai contoh, terdapat beberapa hutan pinus yang memesona di Jogja, salah satu kota yang ramai disambangi oleh pelancong di Indonesia.

Dibandingkan wisata alam lainnya, wisata alam ini memang menghadirkan rasa damai dan sejuk yang sulit ditolak. Pengunjung dimungkinkan untuk melakukan berbagai aktivitas, mulai dari menjelajah, outbound, berfoto ria, piknik, hingga berkemah. Di samping lanskapnya yang indah, barangkali kesan misterius juga menjadi ciri khas sebuah destinasi berbasis hutan pinus.

Di Jogja sendiri, asal mula kemunculan hutan pinus diprakarsai oleh viralnya foto instagramable dari Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo. Akibat lanskap deretan pohon pinus yang terlihat estetis, tak pelak mengundang rasa penasaran wisatawan lokal. Sampai sekarang, perkembangan destinasi serupa di kota ini semakin marak dari tahun ke tahun. Berikut beberapa lokasi hutan pinus di Jogja yang menarik dikunjungi.

1. Hutan Pinus Asri

Hutan Pinus Asri
Image Credit: Google Maps kereaktif mendunia

Ada beberapa daya tarik yang dimiliki oleh Hutan Pinus Asri antara lain sebuah gardu pandang dengan latar belakang bukit-bukit hijau, rumah sederhana terbuat dari pohon, patung elang, miniatur Bikini Bottom, aneka spot foto unik, dan bahkan taman bunga. Perpaduan ini dijamin membuat Anda merasa enggan pulang saking nyamannya.

Sesuai namanya, destinasi di Desa Muntuk, Dusun Karangasem ini sangat asri. Tidak hanya itu, pengunjung pun dimungkinkan untuk berbaring sambil bersantai ria di antara deretan pohon pinus yang tinggi menjulang. Namun demikian, Anda harus membawa hammock sendiri dari rumah sebab pihak pengelola belum menyediakan fasilitas sejenis itu secara optimal.

Terlebih, di sini Anda akan menemukan sebuah gardu pandang yang menampilkan lanskap Yogyakarta saat bermandikan cahaya matahari pagi atau senja. Jika tertarik melihat sunrise, pastikan Anda berkunjung segera selepas subuh. Begitu pula apabila hendak menikmati sunset, sebaiknya pulang saat waktu hampir menunjukkan pukul 6 sore.

Hutan Pinus Asri mulai dioperasikan pada pukul 6 pagi, jadi jangan lupa kenakan pakaian tebal saat Anda bertandang ke sini. Setelah menyaksikan momen matahari terbit, Anda bisa beralih ke spot lain seperti miniatur Bikini Bottom, di mana pengunjung akan disuguhkan rumah nanas khas milik Spongebob, rumah batu Squidward dan bahkan rumah Patrick si bintang laut.

Dari segi fasilitas, kebutuhan dasar pengunjung sudah bisa diakomodir oleh pihak pengelola, mulai dari warung makan, bangku-bangku kayu, gazebo, toilet, musala, serta bak sampah di sejumlah titik kawasan ini. Terpaut sejauh 22 km dari pusat Kota Jogja, agar tiba di sini paling tidak Anda perlu menghabiskan waktu sekitar 30 menit sampai 1 jam di perjalanan.

Harga Tiket: Rp 2.500; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Hutan Pinus Nganjir, Kec. Dlingo, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

2. Hutan Pinus Mangunan

Hutan Pinus Mangunan
Image Credit: Google Maps Dwi Darmawan

Jalanan menuju destinasi ini cukup bagus sehingga tidak akan terlalu menyulitkan Anda karena telah dilengkapi penerangan memadai dan beraspal. Berdiri di atas lahan seluas 500 hektare, Hutan Pinus Mangunan menghadirkan kesan tenteram. Terlebih saat pagi hari, pengunjung dapat melihat embun bening yang berada di dedaunan. Suasananya syahdu ditemani semilir angin.

Tidak hanya pinus, di sini juga terdapat kayu putih, akasia, merkusi, hingga pohon mahoni, di mana semuanya tumbuh subur memenuhi kawasan perhutanan. Dioperasikan setiap hari dengan demikian pengunjung boleh datang kapan saja. Banyak aktivitas yang bisa dilakoni, tetapi paling menggoda adalah melihat sunrise atau sunset dari gardu pandang berlantai dua.

Dikelilingi oleh hutan, dari gardu pandang Mangunan Anda akan menyaksikan hamparan bukit kehijauan, diikuti embusan angin kencang pembawa ketenangan. Di samping itu, ada vanue unik di beberapa titik lokasi yang kerap dipakai untuk berselfie ria atau berfungsi sebagai tempat penyelenggaraan event di momen tertentu.

Terdapat deretan bangku kayu layaknya amfiteater, biasanya memang dipakai untuk menggelar seni pertunjukan. Bangku-bangku dikelilingi oleh pohon pinus sehingga cahaya matahari sedikit terhalangi. Namun demikian, tidak akan membatasi keindahan hasil foto Anda, dijamin sangat instagramable dan layak mengisi laman sosial media.

Pihak pengelola menyediakan fasilitas yang terbilang lengkap, mulai dari toilet, warung makan, area parkirnya luas, arena outbound, serta musala. Jika ingin mengadakan kegiatan serupa perkemahan atau sekadar piknik di akhir pekan, tempat ini sangat patut Anda pertimbangkan.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Mangunan, Kec. Dlingo, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

3. Hutan Pinus Becici

Hutan Pinus Becici1
Image Credit: Google Maps Ee K

Daftar berikutnya yakni Puncak Becici dengan suasana eksotis serta romantis. Ada beberapa spot yang menarik untuk dicoba, misalnya bermain ayunan kayu di antara batang-batang pohon pinus. Sebuah gardu pandang kecil terletak di bagian puncak, di mana pemandangan Jogja tersaji dengan sempurna jika Anda berdiri di atasnya.

Tidak perlu risau ketika Anda bertandang ke sini sebab jalanannya sudah diaspal rapi, tetapi memang masih terdapat lubang di beberapa titik sehingga tetaplah berhati-hati. Udaranya begitu segar di mana pengunjung akan ditemani semilir angin sepanjang berwisata. Alternatif spot menarik lainnya, ada jajaran kursi panjang bermaterial kayu yang umumnya dipakai untuk istirahat.

Meski begitu, berdiri di gardu pandang bagian puncak tidak direkomendasikan bagi Anda yang takut ketinggian. Pasalnya, spot tersebut tidak dilengkapi pagar pembatas sehingga bisa memicu rasa takut untuk sebagian orang. Lebih baik Anda berpuas saja dengan menikmati fasilitas hammock yang dibawa sendiri dari rumah.

Jika Anda ingin camping, maka Hutan Pinus Becici merupakan alternatif terbaik. Rasakan tidur di alam bebas berteman suara jangkrik dan udara yang semakin dingin dari waktu ke waktu. Tidak perlu khawatir akan keberadaan hewan liar sebab hutan ini dijamin keamanannya. Cukup ramai wisatawan yang membangun tenda di antara pepohonan, kemudian menikmati malam mereka.

Tidak jarang, tempat ini juga difungsikan sebagai vanue foto preweding karena berhasil menampilkan latar lanskap pegunungan di Kota Jogja. Saat malam tiba, Anda pun berkesempatan melihat lampu-lampu di daerah pemukiman dari atas ketinggian. Pada dasarnya, jangan sampai melewatkan aktivitas hunting foto selama bermain di kawasan ini.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Gunungcilik, Desa Muntuk, Kec. Dlingo, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

4. Hutan Pinus Pengger

Hutan Pinus Pengger
Image Credit: Google Maps Flelianty Balibur

Suasana di sini sangatlah estetis terutama saat malam hari, di mana Anda punya kesempatan menyaksikan hamparan kerlap-kerlip lampu di kawasan perkotaan. Selain limpahan oksigen yang menyegarkan pernapasan, tercium pula aroma getah pinus dengan ciri khasnya. Spot yang ditawarkan oleh Hutan Pinus Pengger relatif lebih unik dibandingkan destinasi serupa lainnya.

Misalnya saja, Anda akan menemukan sebuah pohon rekayasa yang dilubangi di bagian tengahnya sehingga saat berfoto terkesan seperti berada di dalam sana. Meski begitu, pihak pengelola tetap mempertahankan kealamian destinasi satu ini.

Spot foto lainnya seperti tangan raksasa, jembatan kayu, rumah Indian berbentuk piramida, serta rumah pohon, di mana semuanya berada di ketinggian tertentu. Dengan begitu, selain daya tarik dari kepungan pohon pinus, Anda pun akan dimanjakan oleh lanskap indah nun jauh di pemukiman warga yang tertangkap kamera dari atas ketinggian.

Ada pula jalur tracking, ayunan, gazebo, area camping, dan masih banyak lagi. Meski terbilang baru, tetapi kualitas yang ditawarkan tidak boleh Anda ragukan. Estetika Hutan Pinus Pengger menjadi semakin menonjol akibat penataan spot yang benar-benar diperhitungkan. Tidak hanya mengandalkan pohon pinus hidup semata, pihak pengelola melakukan rekayasa sedemikian rupa.

Anda bisa menemukan sebuah area hasil rekayasa hutan di mana akar-akar berukuran besar tergeletak di tanah. Suasananya terkesan misterius, tetapi juga artistik pada waktu bersamaan. Tak heran, banyak wisatawan berlomba datang ke sini karena memang pemandangannya sangat memanjakan mata.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Dlingo-Patuk, Kec. Dlingo, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

5. Hutan Pinus Nglinggo

Hutan Pinus Nglinggo
Image Credit: Google Maps Aristyanto Heri Trimawan

Hutan Pinus Nglinggo menjadikan kegiatan off road sebagai daya tarik utama. Bagi Anda pecinta aktivitas seru yang memacu adrenaline, jangan sampai melewatkan destinasi satu ini. Terletak di bilangan Kulon Progo, pengunjung dimungkinkan pula untuk menjelajahi kebun teh hingga menonton pertunjukan seni Lengger Tapeng.

Pohon pinus tumbuh berjajar melingkupi kawasan sekitar, angin berembus kencang membawa dedaunan, bisa dibilang tempat ini mampu membantu Anda untuk rileks. Tersedia amfiteater yang dibentuk melingkar dengan deretan kursi kayu di sekelilingnya, jika tidak ada pertunjukan kerap dipakai sebagai arena peristirahatan oleh pengunjung.

Dibanding wisata serupa lainnya, suasana hutan di sini lebih terasa, apalagi dengan keberadaan jalur off road. Jalan-jalan setapak yang dikelilingi oleh semak belukar, bebatuan berukuran besar, serta sudut kemiringan di atas 45 derajat. Apabila tertarik merasakan sensasi lebih menantang, cobalah datang saat musim hujan sebab jalanan akan menjadi amat licin.

Meski demikian, bukan berarti wisatawan biasa yang enggan mencoba off road tidak merasakan keseruan sama sekali. Masih ada kegiatan lain seperti berburu foto, mampir ke warung makan untuk mencicipi kuliner, menunggu sunrise serta sunset, dan sebagainya.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pagerharjo, Kec. Samigaluh, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta.

Itulah daftar rekomendasi hutan pinus di Jogja yang bisa memenuhi keinginan berpetualang Anda. Semuanya menawarkan keunikan masing-masing sehingga tinggal menyesuaikan selera pengunjung. Mulai dari sekadar menatap matahari terbenam di hutan pinus Asri hingga memacu adrenalin di kawasan Ngglingo.