Mengintip Keindahan Alam Kebun Teh Malino Highland

Kebun Teh Malino Highland

Malino Highland di Gowa menyimpan keindahan alam yang sangat menakjubkan. Anda bisa menikmati keseruan berlibur saat berkunjung kebun teh Malino Highland.

Lokasi: Pattapang, Kec. Tinggimoncong, Kab. Gowa.
Map: Cek Lokasi

Kebun Teh ini terletak di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan populer sebagai destinasi wisata bukan hanya bagi wisatawan asli Sulawesi tapi juga dari luar Sulawesi. Lokasinya di dataran tinggi dengan tingkat ketinggian mencapai 1200 meter di atas permukaan laut ini tersusun atas kebun dengan luas hingga 200 hektar. Sudah terbayang betapa besar area wisatanya.

Kebun teh yang terbentang luas dari beragam penjuru ini memberikan nuansa hijau dan sejuk bagi penikmatnya. Orang terkadang berpikir bahwa kebun teh yang bagus dan indah hanya bisa dijumpai di Pulau Jawa. Anggapan tersebut sudah bisa dipastikan salah besar. Karena di Pulau Sulawesi terdapat kekayaan alam berupa kebun teh yang luas nan menawan, tak kalah dengan di Jawa.

Selain luas, Malino Highland juga menyimpan berbagai keunggulan untuk memuaskan hasrat berwisata pengunjungnya. Tak main-main, beragam fasilitas, harga yang sangat terjangkau dan pelayanan terbaik disuguhkan untuk memberikan rasa nyaman dan bahagia bagi pengunjung. Lebih lanjut mari diintip keindahan alam dan keunggulan Kebun Teh Malino Highland.

Sekilas Tentang Kebun Teh Malino Highland

Tentang Malino Highland

Image Credit: Indonesiakaya.com

Malino Highland adalah nama sebuah kebun teh di Provinsi Sulawesi Selatan, tepatnya di Kabupaten Goa. Kebun teh ini di bangun di atas area tanah yang sangat luas yaitu mencapai 200 hektar. Dahulu, asal muasalnya berupa perkebunan dengan luas hingga 900 hektar yang ditumbuhi dengan teh. Hal ini dimaksudkan untuk menyuplai pasokan teh di daerah Sulawesi.

Setelah dianalisis lagi, ternyata perkebunan teh tersebut cukup potensial untuk dijadikan destinasi wisata. Jadi, sekali merengkuh dayung, maka dua tiga pulang akan terlampaui. Selain bisa menghasilkan teh untuk diproduksi, bisa pula dijadikan alternatif wisata untuk para wisatawan. Letaknya juga di tempat yang relatif tinggi, sekitar 1,200 mdpl sehingga udara begitu sejuk.

Kesegaran udara dan kandungan oksigen yang melimpah di Malino Highland berpadu dengan hijau terbentang luas, seluas mata memandang. Keduanya menjadi hal penting yang dicari wisatawan saat berlibur. Pasalnya, udara segar dan bersih baik untuk kesehatan tubuh khususnya bagian pernapasan, sedangkan warna hijau tumbuhan menyehatkan organ mata.

BACA:  15 Pantai di Makassar & Sekitarnya Favorit Dikujungi Para Wisatawan

Saking populernya, Malino Highland sekarang menjadi salah satu landmark di Sulawesi Selatan. Setiap akhir pekan banyak pengunjung yang menjadikannya tujuan utama untuk dikunjungi. Para penggemar fotografi juga dimanjakan dengan spot-spot indah untuk dieksplor. Ada banyak fasilitas dan keunggulan yang dihadirkan, di samping itu tempatnya bisa diakses dengan mudah.

Rute Menuju Kawasan Wisata Malino Highland

Rute Menuju Malino Highland

Image Credit: Jelajahsuwanto.com

Akses menuju Malino Highland sangat mudah. Berbagai jenis kendaraan bisa melalui tempat ini, mulai dari sepeda, motor, mobil bahkan helikopter. Letaknya secara spesifik di Kecamatan Tinggi Moncong atau tepatnya di daerah Patappang, Provinsi Sulawesi Selatan. Malino Highland jadi kebun teh terbesar serta termegah di Sulawesi, sehingga sudah banyak orang yang tahu.

Lokasinya strategis dan sangat mudah dijangkau dari berbagai penjuru Sulawesi. Misalnya dari Kota Makassar, pengunjung bisa menggunakan mobil dengan waktu tempuh mencapai 2 jam lebih 30 menit. Waktu tersebut tergolong tidak terlalu lama, jika dibandingkan dengan sajian wisata yang akan dirasakan nanti ketika sampai tujuan. Jaraknya sekitar 80 km dari Makassar.

Jalan yang dilalui menuju Malino Highland cukup bagus dan halus. Tak perlu khawatir dengan terjalnya medan atau kesulitan lain. Di sepanjang perjalanan ada suguhan hijau di kanan kiri kendaraan. Tak hentinya suguhan tersebut memberikan decak kagum dan membuat mata semakin segar. Rasa kantuk di jalan sudah pasti hilang karena pemandangan yang ditampilkan.

Di samping itu, wisatawan yang berkunjung bisa berbincang santai dengan keluarga atau rekan yang menemani perjalanan ke kebun teh. Suasana sekitar kendaraan sangat mendukung untuk membuat obrolan semakin seru dan menarik. Jangan lupa untuk membawa perbekalan yang cukup seperti minuman dan makanan supaya semakin lengkap dalam berwisata.

Harga Tiket Masuk Kebun Teh Malino Highland

Harga Tiket Malino Highland

Image Credit: Okezone.com

Jika takut dengan biaya yang mahal menuju kebun teh Malino Highland, maka hal itu harus disingkirkan mulai dari sekarang. Pasalnya, harga tiket masuk menuju kebun teh hanya dikenai biaya 50,000 rupiah untuk pengunjung dewasa dan 25,000 rupiah untuk anak-anak. Biaya ini tergolong terjangkau karena banyak hal yang disajikan untuk memuaskan wisata dari pengunjung.

BACA:  8 Tempat Wisata di Malino (Gowa) Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Biaya yang dikeluarkan sangat sepadan dengan keindahan yang diberikan. Tatanan tanaman teh yang rapi dan terawat dengan baik di area bukit yang berkontur naik turun seperti gundukan sungguh sangat indah dipandang mata. Sangat dimungkinkan pengunjung berfoto di tengah-tengah kebun teh tersebut dengan latar hijau sehingga terlihat menakjubkan.

Aroma wangi teh serta suasana yang tenang memberikan relaksasi tersendiri bagi wisatawan. Harga berapapun pasti akan dibayar dengan keuntungan semacam ini. Kesibukan kantor maupun rutinitas yang menjemukan selama seminggu akan terobati di Malino Highland. Jiwa semakin tenang dan jernih dalam berpikir, raga semakin sehat dengan vitamin alami yang diperoleh.

Saat berkunjung, sangat direkomendasikan membawa serta keluarga. Hal ini memungkinkan setiap anggota keluarga menikmati keuntungan yang diperoleh selama di Malino Highland. Anak-anak bahagia dengan rekreasi alam dan edukasi, ayah-ibu bahagia dengan rekreasi hati dan raga setelah aktif melakukan banyak hal selama 6 hari penuh. Wisatawan bisa datang mulai pukul 09.00 WITA.

Fasilitas yang Tersedia di Malino Highland

Fasilitas Malino Highland

Image Credit: Indonesiakaya.com

Hal penting yang jadi prioritas wisatawan saat berwisata, salah satunya adalah fasilitas penunjang di objek wisata. Jika fasilitas tidak lengkap dan kurang memuaskan, maka sudah pasti wisatawan akan malas untuk mengunjunginya. Hal ini disebabkan karena tujuan utama wisata adalah untuk mendapatkan hiburan dan kenyamanan, bukan malah sebaliknya.

Malino Highland menawarkan fasilitas berupa tempat makan dengan desain tempat bergaya Jepang klasik. Arsitektur dengan bentuk unik ini seperti membawa wisatawan ke Negeri Sakura. Suasana seperti di Jepang, kental terasa, ditambah dengan suasana khas pegunungan yang membuat hati tenang. Menikmati setiap menit di tempat makan tersebut akan membuat hati bahagia.

Wisatawan memang sengaja dibuat betah berlama-lama di sekitarnya untuk melepas lelah setelah perjalanan panjang. Beragam menu tersaji dengan racikan khas dari tempat makan yang ada. Ada banyak varian teh yang bisa dicoba, adapula menu makanan seperti snack dan makanan berat yang bisa disantap. Jika sampai siang hari, cocok memesan menu berat untuk makan siang.

Menu andalan yang banyak dipesan wisatawan adalah menu Malino Green Tea. Teh hijau dengan cita rasa sangat khas disajikan dalam wadah menarik. Wisatawan bisa langsung menyeduh dalam keadaan panas untuk menambah kehangatan pada tubuh. Aroma teh semakin menambah rileks pikiran dan menghilangkan berbagai kepenatan yang dirasakan.

BACA:  24 Minuman & Makanan Khas Makassar yang Populer

Fasilitas lain tak kalah seru adalah permainan outdoor yang bisa dicoba bersama keluarga. Permainan tersebut meliputi paralayang, trampoline, menunggang kuda, cross country running dan bungee jumping. Ragam permainan itu bisa menguji adrenalin dan meningkatkan hormon bahagia dalam diri. Anak dan semua anggota keluarga bisa semakin akrab dalam keseruan permainan.

Keunggulan Lain dari Malino Highland

Keunggulan Lain Malino Highland

Image Credit: Anekatempatwisata.com

Malino Highland bukan hanya menawarkan wisata kebun teh, Kafe Green Tea dan aneka permainan outdoor saja. Lebih dari itu, tempat ini merupakan paket lengkap untuk sebuah destinasi wisata. Tak heran jika ramai dikunjungi wisatawan. Pesona alamnya sangat menakjubkan, salah satunya Air Terjun Takapala. Hanya berjalan kaki sejauh 600 meter dari kebun teh, bisa sampai di tempat ini.

Air terjun dengan ketinggian mencapai 100 meter ini semakin menarik karena pada saat ketinggiannya 20 meter ada kabut yang menyelimutinya. View yang terbentuk akan semakin bagus dan indah. Di bagian bawah air terjun terdapat bebatuan vulkanik berwarna kecoklatan, semakin menambah eksotis pemandangan. Di sisi lain ada pula gua kecil yang menarik untuk dilihat.

Keunggulan lain dari Malino Highland adalah hutan pinus yang berada di sekitarnya. Pohon pinus dengan penampakan yang tinggi menjulang membuat udara menjadi sejuk dan tidak panas. Tanaman lain juga turut meramaikan hijaunya sekitar. Momen ini bisa diabadikan dalam kamera dan dijadikan objek foto paling indah. Bisa juga dimanfaatkan untuk jogging di sekitar area tersebut.

Keindahan alamnya memang bisa menyihir siapapun yang datang. Sedapnya teh manis hasil kebun langsung dan kombinasi tempat indah nan menarik mata bisa dinikmati di pagi hingga sore hari. Malam harinya, ada sajian tak kalah seru yang dipersiapkan pengelola untuk pengunjung, yaitu melihat benda luar angkasa dengan teropong bintang. Ini akan jadi momen seru tiada duanya.

Itu tadi yang bisa diintip dari keindahan alam Kebun Teh Malino Highland dan berbagai keunggulannya. Ada beragam fasilitas penunjang yang bisa membuat jiwa dan raga terpenuhi haknya ditambah dengan pelayanan paripurna yang diberikan. Semua keunggulan tersebut akan membuat wisata semakin seru dan menyenangkan. Semakin lengkap lagi jika dinikmati bersama keluarga.