17 Oleh-Oleh Khas Makassar Paling Populer

Oleh-oleh Khas Makassar

Makassar Kota terbesar di Kawasan Indonesia Timur. Tidak hanya terkenal dari pariwisata alam yang mempesona. Makassar juga terkenal memiliki beragam oleh-oleh khas yang menarik untuk di bawa pulang.

Oleh-oleh Khas Makassar beragam bentuknya mulai dari souvenir sampai ke makanan khas. Berbagai oleh-oleh khas bisa dengan mudah Anda temui ketika sedang berlibur ke Makassar.

Jangan sampai Anda melewatkan serunya berburu oleh-oleh lantara masih bingung mau membeli apa. Berikut rekomendasi oleh-oleh khas Makassar beserta tempat belinya yang bisa Anda jadikan pilihan ketika mencari cenderamata dari Makassar.

1. Kain Sutra Dari Sengkang

Kain Sutra Dari Sengkang

Image Credit by Serempak.id

Kain dan Sarung Sutra merupakan kerajinan tangan khas dari Suku Bugis. Anda bisa mendapatkan kain dan sarung sutra dengan kualitas terbaik dari Makassar di pusat oleh-oleh.

Harga kain sutra memang terkenal mahal namun di pusat oleh-oleh Anda bisa mendapatkan harga murah dengan kualitas semi-semi sutera sampai yang kualitasnya asli dengan harga jutaan. Kain Sutra dari Sengkang oleh-oleh Khas Makassar untuk orang tersayang.

2. Handicraft Toraja

Handicraft Toraja

Image Credit by Pixamola.com

Handicraf Toraja terdiri dari banyak pilihan mulai dari ukiran kayu, gantungan kunci berbentuk boneka dan tulisan, lukisan, baju tradisional sampai dengan yang paling sederhana seperti tempat tisu pun ada. Harga dari Handicraft Toraja ini bervariasi.

Harga disesuaikan dengan kualitas bahan yang dipakai. Anda juga bisa mencari cenderamata kreatif yang dihasilkan penduduk di pusat oleh-oleh Makassar.

3. Minyak Tawon Makassar

Minyak Tawon Makassar

Image Credit by Tionghoa.info

Meskipun minyak tawon saat ini sudah bisa dibeli di semua apotek yang ada di Indonesia, namun kualitas minyak tawon yang dibeli dari wilayah pembuatannya langsung jelas terjamin. Makassar merupakan daerah penghasil minyak tawon terbaik.

Minyak Tawon Makassar bisa Anda temui di pusat oleh-oleh di Makassar. Beragam penyakit bisa disembuhkan dengan minyak tawon mulai dari gatal-gatal sampai dengan bisul sekalipun.

4. Kain dan Sarung Tenun Khas Bugis

Kain dan Sarung Tenun Khas Bugis

Image Credit by Sarungbhs.co.id

Selain sutra ada juga kain tenun yang menjadi ciri khas Kebudayaan Suku Bugis yang ada di Makassar. Kain dan Sarung Tenun Khas Bugis merupakan oleh-oleh yang sangat terkenal di kalangan orang yang suka berburu kain khas dari kota wisata.

Kain dan Sarung Tenun Khas Suku Bugis punya corak yang menarik dan juga unik. Bahan yang dipakai untuk membuat kain dan sarung pun berbeda-beda ada yang dari katun sampai dengan sutera. Satu kain harganya mulai dari 20 ribu untuk kualitas standar.

5. Kopi Toraja

Kopi Toraja

Image Credit by Omiyago.com

Berkunjung ke Makassar tidak lengkap rasanya bila tidak membawa buah tangan yang satu ini. Meskipun Anda bukan pencinta kopi namun tidak ada salahnya untuk membawakan Kopi Toraja sebagai oleh-oleh untuk keluarga, teman dan sanak saudara.

Citarasa dari Kopi Toraja ini unik dan tidak bisa Anda dapatkan dari kopi lain. Ada tiga pilihan jenis kopi yang bisa Anda pilih yaitu Robusta, Special Blend dan Arabica.

6. Sirup Markisa

Sirup Markisa

Image Credit by Vibizmedia.com

Sirup Markisa merupakan oleh-oleh Khas dari Makassar yang memiliki perbedaan dengan sirup markisa Medan. Di Makassar sirup markisa dibuat secara alami dengan menggunakan buah markisa asli.

Ada satu brand sirup markisa yang menjadi favorit wisatawan yaitu Sirup Markisa Malino. Sirup Markisa yang dibuat dari hasil buah markisa di perkebunan Malino. Citarasa minuman yang manis dan mengandung banyak vitamin yang baik untuk kesehatan.

7. Kerupuk Jintan

Kerupuk Jintan

Image Credit by Cookpad.com

Kerupuk Jintan oleh-oleh Khas Makassar berbahan sagu. Selain sagu Kerupuk Jintan sesuai dengan namanya menggunakan bahan jintan hitam yang memiliki tekstur keras.

Kerupuk dari Makassar ini sangat renyah dan menjadi buah tangan populer asal Makassar. Anda bisa mendapatkan kerupuk jintan di pusat oleh-oleh yang ada di daerah Makassar.

8. Sirup DHT

Sirup DHT

Image Credit by Daerahwisata.com

Dari namanya saja orang sudah tahu bahwa sirup yang satu ini merupakan buah tangan yang cuma ada di Makassar. Anda jangan terkecoh dengan tampilan kemasan yang menyuguhkan berbagai gambar buah karena sebenarnya Sirup DHT ini adalah varian rasa pisang ambon.

Sirup DHT memiliki warna merah pekat dan rasanya manis. Biasa ditemukan pada minuman es pisang hijau yang banyak dijual di Kota Makassar. Sirup DHT cocok Anda jadikan oleh-oleh saat berliburan di Makassar.

9. Kacang Disco Makassar

Kacang Disco Makassar

Image Credit by Indonesiakaya.com

Kacang disko oleh penduduk setempat menjadi makanan primadona di hari lebaran. Untuk wisatawan banyak yang menyukai Kacang disko lantaran rasanya yang lezat dan gurih.

Varian rasa yang bisa dipilih dari Kacang Disko Makassar yaitu Original dan rempah. Ketika dimakan Kacang disko akan menghasilkan sensasi ledakan dalam mulut perpaduan antara manis dan gurih dalam balutan tepung.

10. Kacang Sembunyi

Kacang Sembunyi

Image Credit by Nyaribisnis.com

Bentuknya mirip dengan molen pisang mini. Kacang Sembunyi merupakan cemilan dari bahan kacang tanah yang di balur dengan tepung terigu untuk bagian luarnya. Sesuai dengan namanya kacang yang tersembunyi dalam tepung.

Kacang sembunyi ini menjadi incaran wisatawan untuk dijadikan oleh-oleh Khas Makassar. Memiliki cita rasa yang renyah dan juga gurih, Kacang sembunyi cocok untuk cemilan sore sambil minum teh.

11. Kue Benang-benang

Kue Benang-benang

Image Credit by Kabarmakassar.com

Kue Benang-benang memiliki citarasa yang legit dan manis. Kue yang berbentuk seperti benang-benang yang dilipat ini menjadi salah satu oleh-oleh khas dari Makassar.

Kue Benang-benang selain sebagai oleh-oleh khas biasanya oleh masyarakat Makassar digunakan untuk sajian di acara pesta pernikahan. Kue Benang-benang produksinya masih secara tradisional sehingga tidak salah bila kue ini masih terjaga citarasanya dari dulu.

12. Abon Raos

Abon Raos

Image Credit by Tokopedia.com

Abon Raos namanya berasal dari bahasa sunda “Raos” yang memiliki arti enak. Abon Raos merupakan sajian abon daging sapi yang memiliki citarasa sangat nendang dan enak tentunya.

Abon Raos enak dimakan hanya dengan sepiring nasi putih hangat. Anda tidak akan kesulitan menemukan Abon Raos karena hampir semua tempat jual oleh-oleh di Makassar menjual Abon Raos.

13. Kue Kurma

Kue Kurma

Image Credit by Craftlog.com

Kue Kurma Anda tidak boleh terkecoh dari namanya. Cemilan khas Makassar yang satu ini terbuat dari bahan mentega, telur, maizena dan tepung terigu yang kemudian di balur dengan caramel sehingga bentuknya menyerupai kurma.

Rasa dari Kue Kurma sedikit gurih karena adanya potongan kacang yang membalur luaran kue dan dominan manis dari bahan caramel yang dipakai. Kue Kurma ini banyak diburu wisatawan untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

14. Otak-otak Ikan Tenggiri

Otak-otak Ikan Tenggiri

Image Credit by Rasasayange.co.id

Otak-otak Ikan Tenggiri Oleh-oleh Khas Makassar. Otak-otak dibalut dengan daun pisang lalu dibakar untuk kemudian di nikmati. Jika ingin membawanya sebagai oleh-oleh sebaiknya pilih Otak-otak Ikan tenggiri yang masih fress baru dibuat.

Otak-otak Ikan Tenggiri ini bisa Anda dapatkan ketika berkunjung ke Pantai Losari dan tempat pusat oleh-oleh yang ada. Ada dua tempat penjual otak-otak yang paling enak dan terkenal di Makassar yaitu otak-otak Ibu Elly dan otak-otak Ibu Sanny.

15. Coto Makassar Instan

Coto Makassar Instant

Image Credit by Shopee.co.id

Tidak bisa lupa dengan citarasa Coto Makassar dan ingin bisa menikmatinya di rumah. Tenang, Anda bisa membeli oleh-oleh berupa Coto Makassar Instan yang merupakan inovasi terbaru dari aneka oleh-oleh Makassar.

Anda bisa membuat sendiri Coto Makassar di rumah atau untuk dibagikan kepada teman dan keluarga yang belum pernah mencoba nikmatnya Coto Makassar. Coto Makassar Instan bisa Anda dapatkan di pusat oleh-oleh.

16. Mantao Pare

Mantao Pare

Image Credit by Travelingyuk.com

Bentuknya sekilas mirip bakpao namun ini bukan bakpao. Mantao Pare bentuknya bulat berwarna putih diolah dengan cara digoreng atau dikukus.

Ada banyak varian rasa dari Mantao Pare yaitu pandan, cokelat, keju dan isian daging. Mantao Pare ini cocok Anda jadikan buah tangan dari Makassar karena memiliki rasa yang enak dan bentuknya yang lucu.

17. Dangke

Dangke

Image Credit by Travelingyuk.com

Dangke oleh-oleh yang berasal dari bahan susu kerbau yang kemudian di fermentasi. Oleh-oleh khas Makassar ini hanya ada di Enrekang.

Enrekang adalah daerah di Makassar yang menghasilkan Kambing Etawang. Cemilan ini akan sulit ditemukan di daerah lain. Selain dimakan langsung Dangke juga cocok menjadi lauk untuk pendamping Nasi putih.

Rekomendasi 5 Pusat Oleh-oleh di Makassar

1. Toko Ujung

Toko Ujung

Lokasi: Jl. Somba OPU No.36, Bulo Gading, Kec. Ujung Pandang, Kota Makassar. – Image Credit by 2Pos.asia

Pusat Oleh-oleh di Makassar yang legendaris sudah berdiri sejak lama. Toko Ujang menjual berbagai souvenir kerajinan Khas Makassar dan aneka cemilan atau makanan khasnya.

Uniknya di Toko Ujang Anda akan menemukan Kopi Toraja made in Toko Ujang sendiri dengan cita rasa yang enak. Pencinta souvenir bisa berburu gantungan kunci, magnet kulkas, hiasan kupu-kupu khas Malino, sandal dan souvenir lainnya di Toko Ujang.

2. Toko Cahaya

Toko Cahaya

Lokasi: Jl. Toddopuli Raya Timur Blok C2 No.15, Panakkukang, Paropo, Borong, Kec. Manggala, Kota Makassar. – Image Credit by Tripadvisor.co.id

Toko Cahaya salah satu pusat oleh-oleh yang terkenal di Makassar. Sudah berdiri sejak tahun 1905 yang bisa dikatakan sebagai toko oleh-oleh pertama di Makassar.

Anda bisa mendapatkan beragam oleh-oleh dari cenderamata sampai makanan di Toko Cahaya. Toko Cahaya buka setiap hari dari pagi sampai jam 10 waktu setempat.

3. Toko Keradjinan

Toko Keradjinan

Lokasi: Jl. Somba OPU No.34, Bulo Gading, Kec. Ujung Pandang, Kota Makassar. – Image Credit by Daerahwisata.com

Seperti namanya pusat oleh-oleh ini lebih didominasi oleh hasil-hasil kerajinan lokal yang ada di Makassar. Harga yang ditawarkannya pun sangat terjangkau.

Aneka Kue yang dijual merupakan hasil dari industri kreatif rumah tangga yang ada di Makassar. Sarung Khas Bugis dengan bahan katun saja bisa Anda dapatkan dengan harga mulai dari 40 ribu rupiah.

4. Toko Mentari

Toko Mentari

Lokasi: Jl. Somba OPU No.140, Bulo Gading, Kec. Ujung Pandang, Kota Makassar. – Image Credit by Openrice.com

Toko Mentari menjual aneka jajanan untuk oleh-oleh sampai dengan mutiara yang bisa Anda bawa pulang. Untuk jajanan Khas Makassar di toko ini mulai dari 12 sampai 25 ribu.

Selain menjual aneka souvenir khas Makassar. Di Toko mentari juga tersedia oleh-oleh Yang lebih bervariasi misalnya miniatur Rumah Tator, kerajinan dari kain tenun dan lainnya.

5. Toko Oleh-oleh Kota Daeng

Toko Oleh-oleh Kota Daeng

Lokasi: Jl. Perintis Kemerdekaan, Sudiang, Kec. Biringkanaya, Kota Makassar. – Image Credit by Openrice.com

Lokasi yang strategis karena dekat dengan Bandara membuat Toko Oleh-oleh Kota Daeng menjadi pusat oleh-oleh di Makassar yang direkomendasikan. Andalan dari toko ini menjual oleh-oleh khas dari Kota Daeng.

Anda bisa mendapatkan packing kardus yang rapi untuk oleh-oleh yang Anda beli dari toko ini sehingga mempermudah proses pembawaannya. Selain itu harga aneka oleh-olehnya pun sangat terjangkau dengan tempat yang enak dan nyaman untuk berbelanja.

Itu tadi pilihan oleh-oleh khas Makassar yang bisa Anda bawa pulang sebagai buah tangan untuk sahabat, teman, keluarga dan sanak saudara dan juga rekomendasi pusat oleh-olehnya. Informasi diatas bisa Anda jadikan bahan referensi oleh-oleh ketika berlibur di Makassar.