Ibukota dari Kalimantan Utara ini memang dikenal kental dengan budayanya dan berkunjung kesini sembari menjelajah wisata alamnya. Inilah beberapa oleh-oleh khas Tarakan yang unik dan paling diminati wisatawan.

Saat berkunjung ke sebuah daerah, membeli buah tangan adalah hal yang wajib untuk dilakukan. Hal ini pula yang terjadi apabila Anda sedang berkunjung ke Tarakan. Destinasi satu ini memiliki beberapa oleh-oleh khas yang bisa Anda bawa pulang untuk keluarga di rumah. Apa saja buah tangan dari Tarakan? Simak ulasannya berikut ini.

1. Kaos Borneo Indah

Kaos Borneo Indah
Image Credit: Rumahulin.com

Salah satu oleh-oleh yang kerap kali dibawa pulang oleh wisatawan adalah kaos borneo indah. Banyak yang berkata jika belum lengkap apabila Anda ke Tarakan namun belum membawa buah tangan satu ini. Kaos borneo indah menjadi salah satu buah tangan ikonik yang wajib Anda beli saat berkunjung ke kota satu ini.

Anda pun bisa menjadikan kaos tersebut sebagai souvenir untuk keluarga maupun rekan kerja dan sahabat. Hal tersebut dikarenakan kaos satu ini memiliki keunggulan dari segi desain yang unik. Ditambah lagi dengan motifnya yang banyak akan membuat Anda bisa memiliki banyak pilihan.

Umumnya, motif yang dimiliki oleh kaos satu ini adalah batik atau ikon dari kota Tarakan. Selain itu, biasanya kaos satu ini sangat digemari oleh kawula muda sebagai pakaian untuk kegiatan sehari hari. Bukan hanya itu saja, kaos ini pun dibanderol dengan harga yang lumayan terjangkau. Sehingga Anda bisa membawa pulang dalam jumlah banyak untuk oleh-oleh.

2. Peci Khas Dayak

Peci Khas Dayak
Image Credit: Facebook.com @kalimantan.tiga

Buah tangan lainnya yang bisa Anda bawa pulang saat berada di Tarakan adalah peci khas Dayak. Apabila Anda biasanya menemukan peci dengan warna hitam dan putih, maka Anda pun akan menemukan perbedaan dengan peci sat ini. Pasalnya, kerajinan tangan khas satu ini memiliki bentuk dan motif yang tergolong sangat unik.

Untuk itu, Anda pun bisa menjadikan peci suku khas Dayak ini menjadi buah tangan bagi keluarga yang ada di rumah. Peci satu ini mempunyai salah satu keunikan yang terlihat dari perpaduan warna dan juga motif yang beragam. Hal tersebut tentu saja membuat peci ini terlihat lebih unik dan menarik jika dikenakan.

Bukan hanya itu saja, souvenir satu ini juga sangat langkah dan hanya bisa Anda temukan ketika berada di Tarakan saja. Oleh karena itu, jika Anda sedang berlibur atau kebetulan sedang berada di Tarakan, maka oleh-oleh satu ini wajib untuk Anda bawa pulang dan menjadi daftar buah tangan untuk keluarga yang ada di rumah.

3. Dompet dan Tas Motif Etnik

Dompet dan Tas Motif Etnik
Image Credit: Kaskus.co.id

Untuk Anda yang menyukai barang barang etnik, maka dompet dan juga tas tersebut dapat menjadi buah tangan menarik yang bisa Anda bawa pulang. Sebab, dompet dan juga tas unik tersebut akan melengkapi outfit Anda sehari hari. Bagi Anda yang bingung membawa oleh-oleh dari kota ini, maka kedua benda ini dapat Anda jadikan pilihan.

Di samping itu, Anda pun juga akan lebih mudah untuk menemukan benda satu ini. Sebab, ketika Anda berjalan jalan di pasar tradisional ataupun pusat oleh-oleh maka Anda pun akan dengan mudah untuk menjumpainya. Harga yang dibanderol pun cukup beragam, tergantung dari ukuran dan motif yang Anda pilih.

4. Dodol Rumput Laut

Dodol Rumput Laut
Image Credit: Blanja.com

Siapa bilang hanya kota Garut saja yang memiliki produk berupa dodol? Ketika Anda berkunjung ke Tarakan maka Anda pun akan bisa menemukan banyak pedagang yang menjajakan dodol rumput laut. Dengan kemasannya yang praktis, Anda pun bisa menjadikan cemilan ini sebagai salah satu buah tangan untuk keluarga yang ada di rumah.

Dodol rumput laut sendiri memang dikenal memiliki rasa yang lezat nan legit. Dengan rasa yang unik tersebut, dodol yang berbahan dasar rumput laut ini juga akan membuat Anda tertarik. Sebab, buah tangan yang tidak memakan banyak tempat ini akan bisa Anda bawa pulang saat bertandang ke Tarakan.

Selain itu, buah tangan satu ini juga memiliki kandungan yang baik untuk tubuh Anda. Sehingga, Anda pun bisa membawa pulang camilan satu ini dalam jumlah banyak. Untuk Anda yang tertarik menjadikannya sebagai bawaan, maka Anda pun bisa membelinya di pusat oleh-oleh yang tersebar di kota Tarakan.

5. Kaltara Fried Crab

Kaltara Fried Crab
Image Credit: Facebook.com @KaltaraFriedCrab

Oleh-oleh unik lainnya yang bisa Anda temukan di Tarakan adalah Kaltara Fried Crab. Olahan kepiting satu ini memang kerap kali dijadikan pilihan bagi Anda yang sedang berwisata ke Tarakan. Sebab, Kaltara Fried Crab adalah salah satu olahan kepiting soka yang memiliki bentuk seperti ayam krispy.

Ditambah dengan taburan wijen pada bagian atasnya akan membuatnya semakin terasa lebih lezat. Perpaduan cita rasa gurih yang dimilikinya pun akan semakin membuat Anda ketagihan. Untuk Anda yang ingin mengkonsumsinya, jangan lupa untuk tambahkan saus sambal dan juga nasi putih hangat.

6. Abon Kepiting Soka

Abon Kepiting Soka
Image Credit: Twitter.com @synthepilsizer

Selain olahan kepiting dalam bentuk krispy, Anda juga bisa membawa pulang abon unik yang hanya bisa Anda temukan di kota Tarakan. Abon kepiting soka menjadi salah satu olahan yang populer bagi wisatawan yang berkunjung ke Kota Tarakan. Hal ini dikarenakan abon tersebut memiliki rasa yang lezat.

Terbuat dari bahan utama yakni berupa kepiting soka yang dicampur dengan beraneka macam bumbu rempah, membuat rasanya pun semakin guruh. Terlebih lagi, aroma dari abon kepiting ini yang cukup menggoda. Sehingga Anda pun akan ketagihan walaupun baru sekali mencoba.

Dikemas dengan ukuran yang praktis, membuat Anda bisa membawanya dengan gampang sebagai Oleh-oleh. Anda cukup menikmati abon satu ini dengan sepiring nasi hangat atau bagi Anda yang ingin mencemilnya pun juga boleh. Untuk Anda yang tertarik membawa pulang, maka Anda bisa dengan mudah menemukannya di pusat oleh-oleh yang ada di kota ini.

7. Ikan Asin Pipih

Ikan Asin Pipih
Image Credit: Twitter.com @DiensMiftahudin

Selain makanan yang terbuat dari olahan kepiting, saat berada di Tarakan Anda juga bisa mencoba untuk membawa pulang ikan asin pipih. Tarakan sendiri memang dikenal sebagai salah satu kota yang menghasilkan ikan. Sehingga tak mengherankan jika banyak oleh-oleh yang terbuat dari olahan ikan.

Untuk itu, Anda pun bisa membawa pulang ikan asin pipih atau yang kerap kali disebut dengan ikan kerupuk saat berada di kota ini. Makanan satu ini merupakan salah satu olahan ikan asin yang dibuat dari bahan dasar ikan dengan jenis pepija. Ikan satu ini memiliki ciri khas yakni tulangnya yang lembek dan tidak keras dan cita rasa yang gurih.

8. Amplang Bandeng

Amplang Bandeng
Image Credit: Facebook.com @ishani.kapidaa

Amplang Bandeng merupakan salah satu jenis kuliner yang bisa Anda temukan ketika berada di Tarakan. Olahan satu ini menjadi rekomendasi buah tangan yang bisa Anda bawa pulang untuk keluarga di rumah. Amplang bandeng sendiri merupakan salah satu olahan ikan bandeng yang dicampur dengan bumbu bumbu lain dan menghasilkan rasa yang lezat dan sangat khas.

Anda pun bisa menyantap amplang bandeng ini bersama dengan saus sambal. Selain itu, olahan ikan bandeng satu ini pun juga sangat enak sebagai teman makan atau lauk saat berada di rumah. Oleh karena itu, Anda pun bisa membawa pulang makanan khas Tarakan ini yang mungkin tidak akan bisa Anda jumpai di tempat lain.

9. Udang Kering

Udang Kering
Image Credit: Facebook.com @ebi-udang-kering-khas-tarakan

Hidangan selanjutnya yang bisa Anda bawa pulang adalah udang kering. Olahan laut satu ini memang menjadi salah satu oleh-oleh yang diburu para wisatawan. Hal ini dikarenakan udang kering tersebut telah diolah dengan menggunakan bumbu khas yang enak. Dikemas dengan berbagai macam ukuran membuatnya mudah dan praktis untuk dibawa kemanapun.

Selain dijadikan sebagai buah tangan bagi para pelancong, udang kering ini sendiri juga menjadi salah satu komoditas ekspor. Hal ini dikarenakan memiliki rasa yang enak dan juga tahan lama. Untuk itu, tak ada salahnya membawa oleh-oleh satu ini sebagai camilan ataupun teman makan untuk di rumah.

10. Batik Tarakan

Batik Tarakan
Image Credit: Facebook.com @fimeladotcom

Buah tangan satu ini kerap kali menjadi incaran bagi para wisatawan karena batik Tarakan memiliki corak yang sangat unik. Souvenir satu ini memiliki perpaduan warna dan motif yang sangat khas. Sehingga akan menjadi oleh-oleh yang pas untuk keluarga di rumah. Anda bisa memilih motif kain batik yang sesuai dengan selera Anda.

Selain itu, Anda pun juga turut untuk melestarikan budaya dengan membeli produk khas Tarakan satu ini. Anda pun bisa dengan mudah untuk menemukan oleh-oleh satu ini. Sebab, ada banyak sekali butik atau gerai batik yang ada di kota Tarakan. Untuk harganya sendiri pun tergantung dari ukuran dan motif yang Anda pilih.

Itulah beberapa pilihan oleh-oleh khas dari Tarakan yang bisa Anda bawa pulang. Ada banyak sekali pilihan yang bisa Anda berikan ke keluarga atau rekan kerja sebagai buah tangan saat mengunjungi kota Tarakan. Pasalnya, kota penghasil olahan laut ini memiliki banyak sekali makanan dan cemilan khas yang cocok dijadikan sebagai buah tangan menarik.