Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Peh Pulo, Sumbersih, Kec. Panggungrejo, Kab. Blitar, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Pantai Peh Pulo merupakan salah satu pantai yang oleh kebanyakan wisatawan disamakan dengan Raja Ampat. Hal itu memang dikarenakan pantai ini memiliki pesona yang begitu menakjubkan. Keindahan yang ditawarkan oleh tempat wisata yang satu ini memang akan membuat Anda begitu terkagum-kagum.

Memiliki struktur pulau-pulau yang berukuran kecil, sehingga panorama yang disajikan mirip seperti tempat wisata Raja Ampat. Selain itu juga tempat wisata yang satu ini adalah salah satu dari objek wisata yang cukup baru. Sehingga wajar memang jika belum banyak dikunjungi oleh para wisatawan.

Namun sekalipun tergolong baru, pengelolaan objek wisata tersebut sudah cukup baik mengingat lagi terdapat beberapa fasilitas yang bisa dipakai oleh para wisatawan. Bagi Anda yang tertarik untuk mengetahui informasi lebih jauh mengenai pantai tersebut, berikut ini akan diulas daya tarik, lokasi, harga tiket dan lain sebagainya terkait Pantai Peh Pulo.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Peh Pulo

Daya Tarik Pantai Peh Pulo
Image Credit: Instagram zulvamf

1. Memiliki Garis Pantai yang Cukup Luas

Daya tarik pertama yang dimiliki oleh pantai yang satu ini yaitu garis pantainya yang cukup luas. Jarak yang cukup jauh dari garis pasang laut tersebut membuat pantai ini tampak semakin menarik. Banyak sekali hal-hal seru yang bisa Anda lakukan ketika berada di garis pantai ini. Para wisatawan memanfaatkan betul garis pantai dengan area yang luas tersebut.

Banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan ketika berkunjung ke tempat ini. Salah satunya yaitu dengan mengambil gambar menggunakan background tebing yang begitu indah. Selain itu, garis pantai juga banyak dimanfaatkan oleh para wisatawan untuk berkemah.

2. Mirip Seperti Raja Ampat

Tentunya setiap dari kita sudah tahu Raja Ampat. Wisata tersebut memang sangat populer. Namun karena letaknya yang cukup jauh, sehingga cukup susah untuk datang ke tempat itu. Namun tidak perlu khawatir, karena terdapat pantai yang memiliki keindahan serupa Raja Ampat, yaitu Pantai Peh Pulo.

Di sekitar pantai terdapat banyak sekali pulau-pulau kecil yang tersebar. Pasir yang terdapat di pantai ini juga memiliki warna putih, serta air lautnya juga memiliki warna biru jernih. Tempat yang satu ini mempunyai suasana yang begitu nyaman.

Selain itu, lingkungannya juga cukup bersih. Karena memang tidak terlalu banyak wisatawan yang berkunjung ke tempat tersebut oleh karena tempat ini masih tergolong baru dibuka.

Daya Tarik Dimiliki Pantai Peh Pulo
Image Credit: Google Maps Hary St

3. Panorama Bawah Laut

Daya tarik berikutnya yaitu panorama bawah lautnya yang begitu indah. Anda akan menemukan ekosistem bawah laut dari pantai ini masih begitu terjaga dan alami. Di sana terdapat banyak sekali karang-karang yang indah. Selain itu biota laut juga cukup beraneka ragam.

Beraneka macam ikan warna-warni dapat Anda temukan di tempat tersebut. Kondisi bawah laut Pantai Peh Pulo memang sangat bersih dan Anda akan jarang menemukan sampah di tempat ini. Keunikan tersebutlah yang menjadi daya tarik bagi pantai tersebut.

4. Terdapat Bukit-Bukit Karang

Oleh karena Pantai Peh Pulo terletak di daerah teluk, maka sangat wajar jika Anda bisa menemukan bukit-bukit karang di sana. Dengan Anda menemukan perbukitan karang tersebut, tentu dapat menambah keindahan tempat yang satu ini. Selain itu juga bukit tersebut biasa dipakai sebagai salah satu tempat camping ataupun medan tracking.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Peh Pulo
Image Credit: Google Maps Sarah Hapsari

Objek wisata yang satu ini berada di kecamatan Panggungrejo, Kabupaten Blitar. Jika Anda ingin mengunjunginya, maka terdapat beberapa jalur yang nantinya dapat Anda gunakan. Anda bisa melewati daerah Blitar itu sendiri ataupun luar Blitar. Namun perlu untuk Anda ketahui, bahwasannya untuk bisa tiba di objek wisata tersebut lebih baik jika memakai sepeda motor.

Bagi Anda yang berangkat dari kota Blitar, maka disini Anda harus berkendara menuju ke Lodaya. Setelah itu Anda melaju ke timur sejauh 1 km hingga nantinya Anda tiba di Desa Sumbersih. Bagi Anda yang membawa mobil, Anda bisa memarkirkan mobil di desa tersebut.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Pantai Peh Pulo
Image Credit: Instagram Rohib

Untuk harga tiket sendiri nantinya Anda tidak dikenakan tarif apapun agar bisa masuk. Hal itu dikarenakan objek wisata tersebut terbilang baru. Bisa dikatakan disini bahwasanya untuk Anda bisa menuju ke Pantai Peh Pulo, maka Anda hanya perlu mengeluarkan biaya untuk parkir kendaraan saja.

Bagi Anda yang membawa kendaraan roda empat, maka Anda bisa memarkir kendaraan tersebut di rumah warga sekitar. Tempat ini memang tidak memiliki akses bagi kendaraan roda empat. Oleh karena itulah, Anda perlu memarkirkannya di dekat tempat wisata. Biaya yang dikenakan untuk parkir mobil sendiri yaitu sebesar Rp 5.000.

Sedangkan bagi Anda yang kebetulan membawa sepeda motor, di tempat wisata tersebut telah disediakan area parkir. Biaya yang harus Anda keluarkan untuk memarkirkan sepeda motor yaitu Rp 2.000. Hanya dengan biaya tersebut Anda sudah bisa menikmati keindahan yang ditawarkan oleh pantai ini.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Peh Pulo

Aktivitas di Pantai Peh Pulo
Image Credit: Instagram Rohib

1. Trekking

Ada banyak sekali aktivitas menarik yang bisa dilakukan ketika Anda berada di Pantai Peh Pulo ini. Salah satu aktivitas tersebut yaitu trekking. Pantai ini mempunyai bukit-bukit yang ditumbuhi oleh pepohonan yang cukup rimbun. Sehingga hal itu membuat beberapa pengunjung melakukan aktivitas tracking ke bukit tersebut.

Dari atas bukit itulah nantinya Anda dapat menikmati keindahan pantai secara lebih menyeluruh. Anda dapat melihat pantainya yang memiliki pasir putih, bukit-bukit hijau dan juga air laut yang begitu jernih dan bersih.

2. Berkemah

Aktivitas berikutnya ketika Anda berada di tempat ini yaitu berkemah. Berkemah tentu merupakan hal yang sangat menyenangkan, terlebih jika dilakukan di pantai ini. Keindahan malam di tempat ini begitu menakjubkan. Karena itu tidak sedikit wisatawan yang datang ke pantai tersebut untuk berkemah.

Aktivitas Menarik di Pantai Peh Pulo
Image Credit: Google Maps Geris Novita

3. Berburu Foto

Tentunya liburan tidak akan lengkap jika Anda tidak berburu foto. Berburu foto keren dan juga instagramable di tempat ini merupakan hal yang wajib untuk Anda lakukan. Terdapat banyak sekali spot-spot menarik yang bisa Anda manfaatkan untuk mengabadikan momen. Karena itulah, ketika berkunjung ke tempat ini, maka jangan lupa untuk membawa kamera.

4. Diving dan Snorkeling

Aktivitas terakhir yang bisa dilakukan ketika Anda berkunjung ke Pantai Peh Pulo yaitu snorkling dan juga daiving. Kondisi alam dari pantai tersebut yang begitu terjaga dan juga masih begitu alami membuat tempat tersebut mempunyai keindahan bawah laut yang sangatlah elok.

Anda akan menemukan habitat ikan dan juga terumbu karang masih sangat terjaga. Karena itulah, sangat sayang sekali jika Anda datang ke tempat ini tidak melakukan aktivitas diving ataupun snorkeling. Namun dikarenakan di sana tidak terdapat penyewaan alat, maka Anda perlu membawa perlengkapan sendiri dari rumah.

Penginapan Murah Dekat Pantai

Penginapan Dekat Pantai Peh Pulo
Image Credit: Google Maps Rob

1. Rimba Homestay

Bagi Anda yang berencana untuk bermalam dan mencari penginapan yang nyaman di dekat pantai ini, direkomendasikan pada Anda yaitu Naga Rimba Homestay. Jarak penginapan ini memang tidak terlalu dekat, namun juga tidak terlalu jauh. Waktu yang Anda butuhkan untuk sampai di Pantai Peh Pulo dari penginapan tersebut kurang lebih 45 menit.

2. Hotel Blitar Indah

Untuk hotel Blitar Indah memiliki waktu tempuh kurang lebih 1 jam perjalanan hingga akhirnya Anda bisa sampai di kawasan pantai. Penginapan yang satu ini memiliki harga yang cukup terjangkau. Hanya dengan Rp 150.000 Anda sudah bisa bermalam di penginapan tersebut. Fasilitas yang ditawarkan pun juga cukup lengkap.

3. Homestay Puput Purwanti

Rekomendasi penginapan terakhir yaitu Homestay Puput Purwanti. Penginapan ini mempunyai jarak sekitar 45 menit dari pantai. Objek wisata tersebut berada di kawasan pantai Serang. Bagi Anda yang memang berencana untuk menginap maka bisa untuk bermalam di tempat ini.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas di Pantai Peh Pulo
Image Credit: Instagram Rohib

Pantai Peh Pulo merupakan pantai yang tergolong masih baru. Namun, meski begitu untuk fasilitas pantai ini sudah cukup memadai. Fasilitas yang disediakan memang tergolong sederhana. Bagi Anda yang ingin berganti pakaian, maka di tempat ini sudah disediakan toilet umum.

Selain itu, area parkir sepeda motor yang tersedia di tempat ini juga cukup luas dan aman. Tak perlu khawatir nantinya Anda akan merasa kelaparan dan Anda juga tidak perlu capek-capek membawa bekal dari rumah, karena di tempat ini sudah tersedia warung.

Sekalipun fasilitas dari pantai ini tidak terlalu lengkap, seperti pantai-pantai lainnya, namun keindahan yang disajikan oleh pantai ini tentu akan membuat Anda merasa puas ketika berkunjung.

Bagi Anda yang saat ini tengah mencari wisata pantai yang mirip seperti Raja Ampat, maka Pantai Peh Pulo di Blitar merupakan jawabannya. Di tempat inilah nantinya Anda akan menemukan keindahan alam yang begitu memukau. Dijamin Anda tidak akan kecewa ketika mengunjunginya.