Pantai Tambakrejo Blitar

Pantai Tambakrejo salah satu destinasi pantai di Blitar yang menyajikan panorama yang masih asri dan alami. Pantai pasir putih yang memukau untuk aktivitas liburan yang seru dan menyenangkan.

Harga Tiket: Rp 6.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Desa Tambakrejo, Kec. Wonotirto, Kab. Blitar, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Pantai Tambakrejo terletak di km 30 Kabupaten Blitar bagian selatan. Garis pantai membentang sepanjang kurang lebih 10 km di sebuah teluk. Pasirnya lumayan bersih walau tidak terlalu putih. Hamparan air laut kebiruan dengan ombak yang bergulung-gulung. Tampak asri dan enak dipandang mata.

Embusan anginnya kencang. Bau air garam dan amis ikan seolah menjadi sesuatu yang lumrah. Saat sang surya berada persis di atas kepala, cuaca terasa sangat menyengat. Pastikan Anda memakai sunblock sebelum menyambangi tempat ini. Di samping itu, beragam aktivitas seru telah menanti untuk dilakoni.

Pantai Tambakrejo belum terlalu populer meski lokasinya gampang diakses. Di atas hamparan pasir yang lumayan luas, Anda masih bisa merasakan kebebasan. Sejauh mata memandang sangat sulit menemukan pulau-pulau lain di tengah birunya samudra.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Tambakrejo

Daya Tarik Pantai Tambakrejo
Image Credit: Twitter.com @sharefotografi

1. Panorama yang Natural

Memiliki kawasan yang luas, pantai satu ini justru bisa dibilang belum begitu terjamah. Kesan natural akan Anda dapatkan ketika menginjakkan kaki pertama kali. Barisan pepohonan dibiarkan tumbuh subur di sekitarnya. Sulit menemukan spot-spot foto buatan layaknya objek wisata serupa.

Jika ingin narsis, Anda harus pandai-pandai memanfaatkan panorama yang memang sudah tersaji sedari awal. Barangkali, inilah yang menjadi keunikan Pantai Tambakrejo. Di tengah maraknya destinasi bernuansa kekinian, pihak pengelola masih mempertahankan aspek natural.

2. Kumpulan Batu seperti Candi

Salah satu keanehan yang mengusik mata, sekaligus memantik rasa penasaran adalah keberadaan kumpulan batu persis di area pesisir. Posisinya yang berderet bagai candi di atas hamparan pasir sungguh asing. Namun, di waktu yang sama juga tampak memikat. Banyak pengunjung yang terpesona dan memilih spot tersebut untuk berfoto ria.

Momen terbaik untuk mengabadikan potret adalah saat matahari mulai terbenam. Warna jingga yang merekah, lalu membaur di atas permukaan air begitu indah. Terlebih, ombak bergulung seolah berkejaran. Di samping itu, Anda bisa duduk di atas bebatuan sambil menikmati sepiring kudapan.

BACA:  15 Tempat Wisata di Sampang Terbaru & Terhits Dikunjungi
Daya Tarik dari Pantai Tambakrejo
Image Credit: Facebook.com @fahmicatperku

3. Kampung Nelayan

Kawasan Pantai Tambakrejo merangkap sebagai Kampung Nelayan. Beragam jenis ikan dilelang dengan harga relatif terjangkau. Hasil tangkapan penduduk setempat, yang mana kondisinya masih segar. Proses pelelangan ini berlangsung sejak pagi. Bagi Anda yang ingin makan asyik, bisa membuat pesta barbeku.

Sebagian bahan dan peralatan boleh dibawa dari rumah. Sementara itu, untuk ikannya bisa Anda beli di sini. Namun, jika tak ingin terlalu repot, alternatif lain adalah membeli ikan bakar langsung. Aktivitas demikian cocok dilakukan bersama kawan atau keluarga. Hitung-hitung jeda sejenak dari kesibukan kerja.

4. Upacara Larung Sesaji

Beralamat di daerah yang terkenal akan kekentalan budaya, masyarakat sekitar agaknya tak mau ketinggalan momen. Setiap memasuki tanggal 1 Muharam, diadakan sebuah upacara bernama Larung Sesaji. Biasanya, bermula dari penampilan tarian yang diikuti pembawaan tumpeng agung.

Aneka lauk pauk, nasi, hingga hasil bumi diletakkan di atas tumpeng tersebut. Untuk kemudian, digotong ke arah pantai. Selanjutnya, para sesepuh melakukan ritual doa. Sebagai penutup, makanan dan hasil bumi tadi dilarungkan ke laut. Tujuan upacara ini tidak lain untuk melestarikan budaya, sekaligus bentuk rasa syukur.

Bagi Anda yang menyukai ragam kebudayaan di Indonesia, direkomendasikan datang pada tanggal 1 Muharam. Anda bisa menyaksikan rangkaian Larung Sesaji. Setelah itu, barulah melanjutkan keseruan eksplorasi pantai.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Pantai Tambakrejo

Alamat Pantai Tambakrejo
Image Credit: Google Maps (Hendra Pujangga)

Bagi yang domisili di luar kota disarankan memakai angkutan umum. Ini karena peluang untuk mengakses kearifan alam dan budaya Blitar lebih besar. Selain itu, Anda pun akan memperoleh pengalaman baru.

Anda dapat memulai perjalanan dari Terminal Patria Blitar. Ambil angkot rute pedesaan ke arah Gawang. Sampaikan kepada sopir bahwa Anda ingin turun di Pantai Tambakrejo. Selanjutnya, Anda tinggal duduk santai hingga tiba di tujuan. Namun, jadwal moda transportasi ini sampai sore saja.

Perlu diketahui, umumnya butuh waktu selama 1 sampai 2 jam untuk memasuki kawasan pantai ini. Penyebabnya adalah angkot yang sering berhenti di tengah jalan guna mencari penumpang lain. Jika Anda tertarik menambah wawasan seputar Blitar, manfaatkan momen penantian tersebut untuk mewawancarai sopir.

Apabila Anda memilih kendaraan pribadi, kunci pertama adalah mengikuti panduan Google Map. Sebaiknya gunakan motor karena jalanan menuju pantai relatif sempit. Mobil berukuran besar akan kesulitan dan terpaksa harus berhenti di parkiran, lalu berjalan kaki. Alternatif lain, Anda bisa menyewa mobil travel, namun tarifnya lebih mahal.

BACA:  14 Tempat Wisata di Ponorogo Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Perjalanan menuju Desa Tambakrejo, Kecamatan Wonotirto cukup berkelok. Anda akan dibawa melintasi perbukitan. Jika Anda menyetir sendiri, lakukan secara perlahan dan tetaplah waspada. Di beberapa titik bahkan dibatasi tanjakan serta tikungan tajam. Paling tidak Anda butuh waktu 30 menit saat berangkat dari pusat Kota Blitar.

Kabar baiknya, Anda akan dikenai biaya kurang dari Rp 10.000 dan sudah termasuk parkiran saat menyambangi Pantai Tambakrejo. Rinciannya meliputi tiket masuk Rp 6.000, sewa parkir Rp 1.000 untuk motor dan mobil Rp 2.000. Tarif yang sangat murah jika dibandingkan dengan destinasi serupa di kota sekitar. Beroperasi 24 jam penuh.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Tambakrejo

Kegiatan di Pantai Tambakrejo
Image Credit: Google Maps (Kresnanda Bayu S)

1. Bermain Layangan

Memang banyak pepohonan tumbuh di sekitar Pantai Tambakrejo, namun posisinya agak jauh dari arena bermain. Lingkungannya sangat lapang sehingga memungkinkan pengunjung bermain layangan. Terutama bila Anda datang bersama anak kecil, kegiatan ini menyenangkan untuk dicoba.

2. Berjemur

Ada sejumlah sandbag dan payung pantai yang dihamparkan di atas pasir. Tak ada salahnya mencoba berjemur walau Anda tinggal di negara tropis. Siapkan kacamata dan earphone agar lebih mendalami suasana. Ditemani deburan ombak dan semilir angin, coba pejamkan mata Anda demi menikmati waktu.

3. Berburu Seafood

Tak hanya ikan, para penjual juga menawarkan kepiting dan aneka seafood lain. Jika Anda seorang pecinta kulineran, artinya datang ke sini merupakan pilihan tepat. Minuman seperti es teh dan kelapa muda turut meramaikan. Apa yang kebanyakan pengunjung inginkan sudah tersedia, tinggal siapkan budget saja.

4. Berkemah

Apabila Anda punya cukup waktu luang, maka kegiatan kemah tidak boleh terlewatkan. Tidur di alam terbuka, seru-seruan bersama kawan sepermainan, hingga bertahan diterpa dinginnya angin malam. Tepat sebelum fajar, pengalaman Anda akan semakin lengkap lewat panorama sunrise.

Penginapan Murah Terdekat dari Pantai Tambakrejo

Penginapan Pantai Tambakrejo
Image Credit: Agoda.com

1. Patria Palace Hotel

Penginapan kasual yang menawarkan fasilitas dan panorama standar. Tarif per malam mulai dari Rp 290.000-an. Anda akan mendapatkan akses WiFi dan sarapan gratis. Keunggulannya adalah berada di tengah perkotaan. Dekat dengan stasiun, pasar, serta alun-alun. Terpaut sejauh 33 km dari Pantai Tembakrejo. Ada di Jalan Mastrip No. 56.

BACA:  10 Wisata Kuliner di Madiun yang Enak & Wajib Anda Coba

2. Patria Garden Hotel

Berlokasi di Jalan batanghari Barat No. 1, terpaut sejauh 34 km dari Pantai Tambakrejo. Tarif per malam mulai dari Rp 218.000-an, harga yang bisa dikatakan amat terjangkau. Lingkungannya cukup asri, aneka pohon dan tanaman hias mengisi halaman. Hotel ini kental akan nuansa Jawa, sarapan disajikan secara prasmanan.

3. Hotel Tugu Blitar

Penginapan bergaya klasik khas abad ke-19. Tarif per malam dibanderol mulai dari Rp 400.000-an. Pelayanan baik, dilengkapi minuman selamat datang. Menawarkan kamar minimalis bernuansa tempo dulu. Tersedia akses Wifi gratis, sarapan, hingga televisi. Terpaut sejauh 33 km dari Pantai Tembakrejo.

Perlu diingat, tarif penginapan bisa berubah sewaktu-waktu. Oleh karena itu, pastikan Anda melakukan reservasi lebih awal apabila berencana liburan ke Pantai Tembakrejo. Caranya, dengan rutin memantau aplikasi atau website perjalanan yang ada di internet.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Tambakrejo Blitar

Fasilitas Pantai Tambakrejo
Image Credit: Google Maps (Mambakazzurri Azzurri)

Pantai Tambakrejo menawarkan beragam fasilitas yang siap memanjakan pengunjung. Anda akan menemukan deretan warung makan yang menawarkan seafood. Ada parkiran yang mampu menampung bus mini. Saat merasa gerah dan kepanasan, telah tersedia tenda kecil untuk berteduh sejenak. Bahkan, ada sandbag dilengkapi payung pantai.

Anda tertarik menyusuri area pantai? Sudah disiapkan ATV sebagai sarana di daratan, serta perahu nelayan untuk perairan. Hanya saja, pihak pengelola tidak menyarankan para pengunjung berenang atau menyelam di Pantai Tambakrejo. Pasalnya, intensitas ombak terlalu besar, juga ada cekungan cukup dalam di dasar laut.

Meski demikian, tetap disediakan ruang bilas dan toilet. Mungkin saja Anda akan terkena percikan air asin sewaktu berkeliling menggunakan perahu. Kalau sudah seperti ini, Anda tidak perlu pusing mencari ruang bersih-bersih diri. Berlibur ke pantai selatan Jawa, memang tidak melulu harus beraktivitas dalam laut.

Blitar sesungguhnya menyimpan beragam potensi wisata, baik yang bertujuan edukasi ataupun hiburan. Namun, masyarakat cenderung mengidentikkan Blitar dengan sejarah dan budaya. Tak heran bila wisatawan lebih suka mengunjungi daerah lain di Jawa Timur. Agaknya, butuh upaya besar untuk membuat seluruh potensi wisata kota ini dikenal luas.