13 Wisata Kuliner di Blitar yang Enak & Wajib Anda Coba

Wisata Kuliner Blitar

Blitar merupakan salah satu daerah di Jawa Timur yang sering dijadikan destinasi wisata. Tidak hanya terkenal dengan wisata sejarah dan wisata alamnya saja, Blitar juga sangat cocok menjadi tujuan wisata kuliner bagi Anda yang ingin memanjakan lidah dengan aneka sajian hidangan lezat.

Kuliner di Blitar sangat beragam, terutama makanan tradisionalnya. Ada banyak jenis makanan khas yang tentu tidak akan Anda dapati di daerah lain. Makanan dengan rasa pedas, gurih, dari yang kering hingga yang berkuah semua bisa Anda dapatkan di Blitar.

Jika Anda berkesempatan mengunjungi Blitar sangat sayang rasanya jika tanpa mencicipi kuliner khasnya. Berikut rekomendasi 13 tempat di Kota Proklamator ini yang bisa Anda jadikan tujuan untuk menjelajah kuliner.

1. Rujak Petis Ngegong

Rujak Petis Ngegong

Lokasi: Sumberjo, Olak Alen, Kec. Sanankulon, Kab. Blitar. – Image Credit by Ksmtour.com

Rujak Petis Ngegong menyajikan kuliner khas berupa rujak petis yang diracik dari bahan kacang rujak, petis, dan bumbu-bumbu tertentu. Kemudian dijadikan satu diuleg hingga tercampur merata. Selanjutnya ditambahkan sayur-sayuran dan nasi. Anda juga bisa menambahkan beberapa lauk lain seperti telur, tempe, atau kerupuk.

Sekilas rujak petis tampak menyerupai rujak cingur, karena memang proses memasaknya hampir sama. Yang membedakan adalah pada rujak petis tinggal terdapat cingur. Warung Rujak Petis Ngegong ini menyajikan rujak dengan rasa pedas manis yang akan menggugah selera makan Anda.

2. Warung Tewel Mbah Martumi

Warung Tewel Mbah Martumi

Lokasi: Jl. Mastrip No 5, Rejosan, Ngoran, Kec. Nglegok, Kab. Blitar. – Image Credit by Beritagar.id

Tewel merupakan sayur yang berasal dari nangka muda. Jika Anda belum pernah mencoba olahan tewel, wajib singgah ke Warung Mbah Martumi di Blitar yang terkenal dengan kuliner tewelnya. Sayur ini diolah menjadi makanan bersantan dengan kuah kental yang menyegarkan. Sayur tewel sangat lezat disantap dengan nasi dan lauk-pauk.

Warung Mbah Martumi ini telah ada sejak dulu dan menjadi langganan masyarakat yang ingin menyantap olahan sayur tewel. Apabila Anda kurang bisa menikmati makanan pedas, lebih baik menyiapkan air putih atau minuman lain karena rasa makanan ini sangat pedas.

BACA:  10 Wisata Kuliner di Jombang yang Enak & Wajib Anda Coba

3. Uceng Barokah

Uceng Barokah

Lokasi: Jl. Mahakam No.190, Tanjungsari, Kec. Sukorejo, Kota Blitar. – Image Credit by Kulinaneblitar.blogspot.com

Warung Barokah Pak Sabar yang terdapat di Blitar ini menyediakan berbagai pilihan menu lalapan sambal dengan rasa mantap. Anda bias memilih menu mulai dari ayam penyet, ayam panggang, kare ayam, lele penyet, nasi campur, serta masih banyak lainnya. Yang paling terkenal dari tempat makan ini tentu saja olahan ikan uceng.

Menu uceng tersedia dalam berbagai varian antara lain uceng goreng, sayur uceng, dan bothok uceng. Adapun kuliner primadona yang banyak digemari pengunjung adalah uceng goreng. Rasanya sangat gurih dan crispy. Uceng goreng dihidangkan bersama sambal pedas menghasilkan rasa lezat yang membuat ketagihan.

4. Tahu Bumbu Lawu

Tahu Bumbu Lawu

Lokasi: Jl. Lawu, Kauman, Kec. Kepanjenkidul, Kota Blitar. – Image Credit by Bowedleg.com

Tahu bumbu sering disebut juga dengan tahu lontong, karena memang disajikan bersama dengan lontong. Satu porsi tahu bumbu Lawu berisikan tahu yang digoreng setengah matang, sambal kecap, petis, tauge, lontong, dan taburan bawang goreng serta seledri. Ada pula yang disajikan dengan tambahan udang.

Anda juga bisa menambahkan kerupuk atau lauk lain sesuai selera. Tahu bumbu ini memiliki rasa pedas dengan sedikit manis. Kuah bumbunya memberikan kesegaran dan kelezatan bumbu alami. Tahu bumbu disajikan dengan porsi pas yang siap menghilangkan rasa lapar.

5. Ayam Bakar Bu Mamik

Ayam Bakar Bu Mamik

Lokasi: Jl. Kalimantan No.11A, Sananwetan, Kec. Sananwetan, Kota Blitar. – Image Credit by Garnesia.com

Ayam Bakar Bu Mamik merupakan salah satu kuliner legendaris Blitar yang menyediakan berbagai menu seperti ayam bakar khas, gurame bakar madu, sop buntut, dan lain-lain. Yang menjadi favorit para pengunjung adalah ayam bakar khas dengan rasa pedas manis manis gurih berpadu bumbu spesial.

Meskipun menyajikan berbagai menu eksklusif, rumah makan ini membandrol per porsi makanan dengan harga terjangkau. Dengan budget mulai Rp10.000 saja, Anda sudah bisa merasakan kelezatan menu masakan di sini.

BACA:  20 Tempat Wisata di Bondowoso Terbaru & Terhits Dikujungi

6. Pecel Mbok Bari

Pecel Mbok Bari

Lokasi: Jl. Ir. Soekarno No.85, Sentul, Kec. Kepanjenkidul, Kota Blitar. – Image Credit by Travelingyuk.com

Warung Pecel Mbok Bari menyediakan menu pecel dengan rasa lezat yang sudah terkenal sejak dulu. Tidak hanya pengunjung asli Blitar, banyak punya wisatawan dari luar daerah yang mengunjungi tempat ini. Warung ini bahkan telah memiliki cabang yang tersebar di Blitar.

Satu porsi pecel Mbok Bari disajikan dalam piring berisi nasi, sayuran, tauge, yang dibaluri dengan bumbu pecel khas. Tambahan peyek kacang dan kerupuk yang ditaburkan di atasnya semakin menambah nikmat pecel ini. Anda juga bisa menambahkan lauk lain seperti telur, tempe goreng, dan sebagainya.

7. President Resto

President Resto

Lokasi: Jl. Dokter Wahidin No.91, Sentul, Kec. Kepanjenkidul, Kota Blitar. – Image Credit by Kulinerblitaraya.blogspot.com

Tempat dengan konsep lesehan ini menyediakan berbagai pilihan menu masakan tradisional hingga modern, di antaranya ayam rica-rica, gurame bakar, ayam masak pedas, cap cay kuah, ayam asam manis, dan lain-lain.

Selain makanannya yang lezat, President Resto mempunyai tempat yang kondusif dan nyaman untuk bersantai bersama keluarga dan kawan. Anda juga bisa memesan aneka minuman menyegarkan sebagai pengiring kudapan lezat.

8. Es Drop

Es Drop

Lokasi: Jl. Anggrek No.51, Sukorejo, Kec. Sukorejo, Kota Blitar. – Image Credit by Youtube.com (TRIBUNWOW OFFICIAL)

Es drop sudah ada sejak dulu kala. Bahannya terbuat dari santan dan gula jawa yang dicetak dalam bentuk memanjang kemudian ditambahkan lidi pada bagian tengahnya yang berfungsi sebagai pegangan es ketika sudah membeku. Es ini tidak dibungkus plastik melainkan kertas putih.

Es drop yang terkenal di Blitar adalah Es Drop Cap Burung Betet. Meskipun telah melalui beberapa masa, cara pembuatan dan bahan es drop tetap konsisten sehingga kualitasnya tetap terjaga. Bahkan proses produksinya pun menggunakan metode lama. Es ini tersedia dalam berbagai varian rasa susu, buah, original, coklat, dan sebagainya.

9. Soto Daging Bok Ireng

Soto Daging Bok Ireng

Lokasi: Jl. Kelud, Kepanjen Lor, Kec. Kepanjenkidul, Kota Blitar. – Image Credit by Jatimsmart.id

Warung Soto Daging Bok Ireng menyediakan menu soto spesial yang menjadi langganan banyak orang. Tempat makan ini buka mulai pukul 8 pagi hingga tutup pada jam 2 siang. Lokasinya yang strategis membuatnya banyak dikunjungi orang-orang pada waktu sarapan dan makan siang.

BACA:  15 Wisata Kuliner di Tasikmalaya yang Enak & Wajib Anda Coba

Satu porsi soto daging Bok Ireng disajikan dalam mangkuk berukuran standar yang berisi nasi putih, daging ayam suwir, mie bihun, dan beberapa tambahan komponen lain untuk menghasilkan rasa lezat. Harganya pun terjangkau sesuai dengan porsi makan besar.

10. Es Pleret

Es Pleret

Lokasi: Jl. Kenanga,  Kepanjen Lor, Kec. Kepanjenkidul, Kota Blitar. – Image Credit by Travelingyuk.com

Es pleret adalah salah satu kuliner yang menjadi ciri khas Blitar. Sekilas es ini tampak seperti dawet, hanya saja terdapat pleret yang berbentuk menyerupai bakso berlubang berukuran kecil. Pleret ini terbuat dari bahan tepung beras yang memiliki rasa gurih.

Bagi Anda yang ingin mencoba kuliner segar di cuaca panas, bisa mengunjungi kedai Es Pleret Kebon Rojo yang biasanya buka mulai pukul 8 pagi hingga sore. Paduan kuah manis dan pleret gurih akan memberikan kesegaran.

11. Sego Contong Cempaka

Sego Contong Cempaka

Lokasi: Jl. Tanjung No.1, Blitar, Kec. Sukorejo, Kota Blitar. – Image Credit by Tempatkulinerdiindonesia68.blogspot.com

Kuliner sederhana ini merupakan nasi yang disajikan dalam bentuk contong dengan pembungkus dari kertas atau daun. Makanan ini berbentuk kerucut dan banyak disukai masyarakat karena porsinya cukup banyak tapi dijual dengan harga terjangkau. Warung makan kaki lima ini buka setiap malam.

Terdapat beberapa pilihan menu Sego Contong Cempaka meliputi nasi campur, nasi kuning, nasi goreng, nasi ayam suwi, nasi penyet, nasi ayam bakar, dan nasi goreng ayam krispi. Selain itu tersedia pula sayuran dan lauk-pauk sederhana yang semakin menambah kelezatan.

12. Warung Mak Ti

Warung Mak Ti

Lokasi: Jl. Mawar, RT.03/RW.03, Nglaos, Jatinom, Kec. Kanigoro, Kota Blitar. – Image Credit by Travelingyuk.com

Warung Mak Ti adalah tempat makan prasmanan yang cukup terkenal di Blitar. Ada banyak pilihan menu masakan tradisional yang kelezatannya tidak diragukan lagi. Beberapa menu yang paling banyak diminati antara lain lodeh rebung, sambal goreng tempe, tumis lompong, olahan daun singkong, ayam goreng, dan lain-lain.

Warung makan ini dikonsep dengan model prasmanan sederhana yang cocok dijadikan tempat makan bersama keluarga atau kawan. Harga per porsi makanannya pun cukup terjangkau. Anda bisa memilih makanan sendiri sesuai selera.

13. Soto Babat Mardi Waluyo

Soto Babat Mardi Waluyo

Lokasi: Jl. Kalimantan No.113, Karangtengah, Kec. Sananwetan, Kota Blitar. – Image Credit by Sotodaginglamongancakdi.business.site

Jika Anda ingin menjajal kelezatan soto babad yang terkenal di Blitar bisa mengunjungi tempat makan Soto Babat Mardi Waluyo. Satu porsi soto babat disajikan dalam mangkuk yang berisi nasi, babat, kuah soto, dengan racikan bumbu yang menghasilkan cita rasa terbaik.

Meskipun porsinya cukup banyak soto babat di tempat ini dijual dengan harga yang terjangkau. Selain soto babat, tersedia juga beberapa pilihan menu lain seperti soto ayam, soto daging, dan lain-lain. Anda juga bisa menambahkan lauk dan minuman untuk menemani kudapan soto.

Itulah 13 rekomendasi wisata kuliner di Blitar yang saying jika dilewatkan. Siapkan lidah Anda untuk dimanjakan dengan aneka sajian lezat yang tidak akan terlupakan. Secara umum harga kuliner tersebut cukup terjangkau sehingga ramah di kantong wisatawan.