Biaya Wisaya: Mulai Rp 25.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Pulau Weh, Kota Sabang, Aceh.; Map: Cek Lokasi

Keindahan alam nusantara tersebar dari Sabang di ujung barat hingga Merauke di ujung timur. Di ujung barat Indonesia, ada Pulau Weh di Sabang yang terkenal akan pesona keindahan laut dan pantainya. Pantai Iboih salah satunya yang menjadi daya tarik bagi para pelancong dari berbagai daerah datang ke pulau ini.

Para wisatawan yang singgah akan disuguhkan dengan hamparan laut biru dengan airnya yang begitu jernih dan suasananya yang asri. Masyarakatnya yang hangat hingga kulinernya yang lezat akan memanjakan para pelancong yang datang. Saat mengunjungi pulau ini, jangan lupa mencicipi olahan hasil lautnya yang terkenal yaitu sate gurita.

Ada banyak hal menarik yang dapat ditemukan di pulau paling barat Indonesia ini. Selain wisata alam, ada juga wisata sejarah seperti mengunjungi bangunan kuno peninggalan Jepang. Tugu fenomenal yang sudah terkenal di kalangan wisatawan yakni monumen kilometer nol juga ada di Pulau Weh.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Weh

Daya Tarik Pulau Weh
Image Credit: Twitter ALCYONE

1. Menikmati Keindahan Pulau Paling Barat Indonesia

Salah satu daya tarik bagi wisatawan berkunjung ke Pulau Weh adalah karena lokasinya yang berada di ujung barat Indonesia. Banyak pelancong dari luar daerah yang datang untuk merasakan pengalaman traveling ke pulau terluar ini.

Selain kunjungan dari wisatawan lokal, pulau ini juga kerap menjadi destinasi liburan para turis asing. Keindahan alamnya dan berbagai pesona yang dimilikinya menjadi daya tarik bagi wisatawan asing untuk datang.

2. Sunrise Pantai Iboih

Pesona keindahan yang dapat dinikmati wisatawan adalah keindahan matahari terbit di Pantai Iboih. Tempat wisata ini sudah begitu terkenal dan menjadi salah satu destinasi yang wajib dikunjungi saat berada di Pulau Weh.

Selain untuk menikmati sunrise, pantai ini juga menjadi tempat persinggahan pertama bagi wisatawan yang datang dari pelabuhan Banda Aceh. Pemandangan laut dengan gradasi warna biru, hijau toska, dan bening akan menyambut kehadiran para wisatawan.

3. Monumen atau Tugu Kilometer Nol Indonesia

Selain karena lokasinya yang ada di ujung, banyak wisatawan rela datang jauh-jauh ke pulau ini karena ingin merasakan pengalaman menjajakan kaki di monumen kilometer nol. Tugu yang menjadi tanda atau titik dari garis kilometer nol Indonesia yang hanya ada di pulau ini.

Daya Tarik Dimiliki Pulau Weh
Image Credit: Google Maps Zuki Rama

4. Bungker Jepang di Atas Bukit

Peninggalan zaman Jepang masih dapat ditemukan di pulau ini. Di sebuah bukit, terdapat bangunan kuno yang dulunya merupakan bungker tentara Jepang. Tempat ini juga menjadi salah satu rekomendasi yang wajib untuk dikunjungi.

5. Keindahan Taman Laut

Sebagai pulau paling ujung, Pulau Weh menyimpan banyak keindahan alam. Salah satunya adalah taman laut yang berada di sekitar Pantai Iboih. Panorama bawah lautnya yang indah berhasil menyedot perhatian para wisatawan untuk datang. Taman laut merupakan habitat bagi banyak ikan lucu dan menggemaskan.

6. Gunung Berapi Bawah Laut

Daya tarik yang mungkin jarang dimiliki tempat wisata lain adalah keberadaan gunung berapi bawah laut. Lokasi ini juga menjadi spot penyelaman favorit bagi para wisatawan yang ingin mencoba petualangan baru dan berbeda. Air laut yang lebih hangat dan banyak gelembung air menjadi daya tarik dari tempat ini.

7. Air Terjun Pria Laot

Beralih ke sisi selatan, ada sebuah air terjun yang indah dengan suasana yang masih sangat alami. Air Terjun Pria A lot, menjadi salah satu pesona keindahan yang ditawarkan pulau ini.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pulau Weh
Image Credit: Twitter Wisata Aceh

Lokasi Pulau Weh sangat mudah diakses dari Pelabuhan Banda Aceh. Bagi wisatawan dari luar daerah yang ingin mengunjungi pulau cantik ini, dapat memulai perjalanan dari Pelabuhan Ulee Lheu di Banda Aceh.

Perjalanan dilanjutkan dengan menyeberang ke Pelabuhan Balohan, Sabang. Tersedia transportasi umum seperti kapal feri dan fast boat untuk wisatawan. Penyeberangan menggunakan kapal feri membutuhkan waktu 2 jam atau lebih tergantung cuaca. Jika ingin lebih cepat, wisatawan dapat menyeberang menggunakan fast boat.

Selama berada di pulau, wisatawan dapat menjelajah banyak tempat menggunakan kendaraan bermotor. Namun untuk lebih efisien, sebaiknya wisatawan menyewa sepeda motor atau mobil untuk mencapai satu tempat wisata ke tempat wisata lainnya.

Estimasi Biaya Wisata ke Pulau

Biaya Wisata ke Pulau Weh
Image Credit: Google Maps Afar Blank

Anda perlu menyiapkan anggaran Rp 25.000,- untuk menyeberang dari Banda Aceh menuju Pulau Weh dengan menggunakan kapal feri Pelabuhan Ulee Lheu.

Tiket untuk penyeberangan menggunakan fast boat lebih mahal sekitar Rp 90.000,-. Harga tiket tersebut adalah untuk sekali jalan atau sekali menyeberang. Meski mengeluarkan biaya lebih, Anda dapat menikmati keindahan pulau cantik paling barat Indonesia.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pulau Weh

Aktivitas Menarik di Pulau Weh
Image Credit: Instagram explore Pulau Weh

1. Menikmati Sunrise di Tepi Pantai Iboih

Jika Anda ingin menikmati keindahan pulau ini dengan lebih puas, sebaiknya jadwalkan untuk bermalam di Pantai Iboih. Anda bisa menjelajah banyak tempat pada keesokan harinya dengan tenaga dan persiapan yang maksimal. Namun jangan sampai bangun kesiangan, karena pagi hari ada pemandangan indah yang tidak boleh terlewatkan.

Buka jendela kamar dan Anda bisa menyaksikan keindahan sunrise yang mempesona di Pantai Iboih. Pemandangan matahari terbit yang akan memberikan ketenangan dan juga semangat untuk memulai petualangan Anda.

2. Snorkeling di Taman Laut

Taman laut di Pulau Weh adalah salah satu keindahan alam yang tidak boleh terlewatkan. Air lautnya sangat jernih, ombaknya juga tidak terlalu besar, dan yang paling menarik adalah ikan-ikan lucu yang berenang di tempat ini.

Wisatawan tidak perlu khawatir dengan peralatan snorkeling karena bisa menyewanya di sekitar tempat snorkeling ini, termasuk dengan jaket pelampung. Anda juga bisa menyewa pemandu lokal untuk menemani dan membantu Anda snorkeling dengan lebih aman.

3. Menyelam di Sekitar Gunung Api Bawah Laut

Salah satu kegiatan yang paling menarik untuk dilakukan wisatawan adalah menyelam di spot gunung berapi bawah laut. Lokasinya tidak jauh dari teluk Pria Laot dengan kedalaman sekitar 10 meter.

Anda akan merasakan menyelam di dalam air yang hangat dengan banyak gelembung air yang muncul dari celah-celah batu dasar laut. Keanekaragaman hayati lautnya juga menjadi suguhan bagi para penyelam.

4. Melihat Bangkai Kapal Uap

Bagi pecinta keindahan bawah laut, Pulau Weh memiliki spot diving yang menarik. Tidak jauh dari tempat snorkeling, terdapat bangkai kapal yang tenggelam kurang lebih di kedalaman 14 meter.

Aktivitas di Pulau Weh
Image Credit: Twitter Kie

5. Melihat Bungker Jepang

Wisatawan sebaiknya sempatkan waktu untuk mengunjungi bukit di Anoi Itam. Anda akan menjumpai sebuah bungker kuno yang masih kokoh hingga saat ini. Bangunan tersebut merupakan tempat perlindungan bagi para tentara Jepang di masa penjajahan dulu.

Kini, bungker Jepang menjadi salah satu destinasi wisata yang bayak dikunjungi di pulau ini. Selain melihat bungker, wisatawan juga bisa menikmati pemandangan di sekelilingnya yang indah. Lokasi bungker di bangun di atas bukit dengan di bawahnya adalah pantai karang dengan ombak yang menakjubkan.

6. Mengunjungi Tugu Kilometer Nol

Kegiatan yang paling wajib dilakukan di pulau ini adalah mengunjungi monumen kilometer Indonesia di hutan wisata Sabang. Monumen penanda titik nol kilometer Indonesia ini merupakan bangunan tinggi yang menjadi spot foto paling menarik bagi wisatawan.

Selain itu, lokasinya juga berada di dekat laut sehingga memiliki pemandangan alam yang indah. Wisatawan dapat melihat bentangan samudera Hindia dan pemandangan hijau dari perbukitan di sekitarnya.

7. Melihat Air Terjun Pria Laot

Pulau terluar Indonesia ini ternyata memiliki air terjun yang indah dan menarik untuk dikunjungi. Wisatawan dapat beralih ke sekitar Gunung Sarung Keris untuk dapat menemukan Air Terjun Pria Laot ini.

Petualangan Anda akan dimulai dengan perjalanan menerobos hutan lebat. Beberapa aliran sungai juga akan dilewati untuk mencapai lokasi air terjun. Walaupun sedikit menguras tenaga, namun semuanya akan terbayar lunas saat Anda melihat keindahan air terjunnya bahkan Anda mencoba terapi ikan di kolamnya.

8. Berfoto-foto

Sebelum mengunjungi Pelabuhan Ulee Lheu, sebaiknya siapkan kamera terbaik Anda. Ada banyak keindahan dan hal menarik yang sebaiknya Anda abadikan dalam jepretan kamera.

Penginapan Murah di Sekitar Pulau

Penginapan di Sekitar Pulau Weh
Image Credit: Google Maps Dly Saputra

1. Olala Bungalow

Penginapan terdekat untuk wisatawan yang ingin menginap di Pulau Weh Sabang adalah Olala Bungalow. Penginapan ini dibangun di tepi pantai, tepatnya di Pantai Iboih. Cocok untuk Anda yang ingin menikmati sunrise cantik di pantai yang terkenal ini. Selain kamar, disediakan juga fasilitas lain seperti restoran untuk para tamu yang menginap.

2. Frededies Santai Sumur Tiga

Penginapan yang banyak dipilih direkomendasikan wisatawan salah satunya adalah Frededies Santai Sumur Tiga. Tempat ini cocok untuk Anda yang ingin mendapatkan pemandangan laut dari jendela kamar. Para tamu juga mendapatkan fasilitas lain seperti tempat tidur yang nyaman dan tempat makan.

3. Pulau Weh Paradise

Sebagian besar tempat menginap di pulau ini menawarkan pemandangan laut seperti di penginapan ini. Tamu akan mendapatkan fasilitas kamar tidur yang nyaman dan juga balkon. Setelah sampai di penginapan, wisatawan dapat duduk-duduk santai di balkon sambil menikmati makan dan pemandangan laut yang indah.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas di Kawasan Pulau Weh
Image Credit: Google Maps Yoyon Haryono

Fasilitas untuk menunjang kebutuhan wisatawan di Pulau Weh sudah cukup memadai. Salah satunya adalah restoran atau tempat makan yang dapat ditemui di beberapa tempat. Beragam kuliner lezat dan menggugah selera ditawarkan dengan harga yang cukup ramah di kantong. Olahan seafood menjadi primadona bagi para wisatawan yang datang.

Selain tempat makan, fasilitas penginapan juga didirikan di beberapa tempat. Anda bisa menemukan hotel atau penginapan di pusat kota hingga di tepi pantai. Fasilitas di tempat penginapan juga beragam, mulai dari yang standar hingga yang lengkap dengan kamar AC dan pemandangan pantai.

Fasilitas yang tersedia lainnya adalah untuk transportasi bagi para wisatawan. Beberapa tempat menyediakan penyewaan sepeda motor dan mobil untuk turis yang datang ke pulau ini. Menyewa kendaraan pribadi lebih disarankan agar mobilitas selama di Pulau Weh menjadi lebih mudah dan efisien.

Itulah daya tarik, rute, hingga fasilitas yang tersedia di Pulau Weh Sabang. Pemandangan alam yang indah, bangunan yang ikonik, kuliner yang lezat, dan penduduk lokal yang hangat menjadi paket lengkap yang ditawarkan wisata pulau paling barat Indonesia ini.