Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Abuan, Kec. Susut, Kab. Bangli, Bali; Map: Cek Lokasi

Di Bali terdapat banyak tempat untuk melukat yang sangat terkenal, seperti Pura Taman Pecampuhan Sala. Tempat ini cukup hits di media sosial sehingga kerap menjadi alasan bagi banyak orang untuk mengunjunginya. Walaupun keberadaannya sudah terbilang lama, namun baru terkenal belum lama ini.

Taman Pecampuhan Sala merupakan tempat wisata religi yang cukup digemari, terutama bagi umat Hindu yang tinggal di Pulau Bali. Tentu saja pura yang menarik ini tak hanya sebagai tempat wisata saja, namun juga dijadikan tempat untuk melakukan ibadah. Lokasi dari pura ini ada di Kabupaten Bangli, Pulau Bali.

Wisata yang begitu mengesankan sudah pasti menanti Anda apabila datang ke pura ini. Selain itu, juga dapat dipastikan bahwa liburan Anda ke tempat ini akan memberi beragam pengalam maupun pengetahuan baru. Oleh sebab itu, akan terasa sayang sekali bila tidak meluangkan waktu untuk berwisata ke pura tersebut.

Daya Tarik Pura Taman Pecampuhan Sala

Daya Tarik Pura Taman Pecampuhan Sala
Image Credit: Google Maps Arya Kumara

1. Dilengkapi dengan Pancoran Berjumlah 9 Buah

Di lokasi Pura Taman Pecampuhan Sala tersebut pada awalnya hanya memiliki satu buah pancoran atau pengelukatan saja. Pada tahun 2017 silam, setelah minta petunjuk melalui upacara, pura tersebut pada akhirnya ditambah dengan 8 buah pancoran, sehingga sekarang ini totalnya ada 9 buah.

Masing-masing pancoran juga memiliki namanya tersendiri. Antara lain yaitu Tirta Taman, Tirta Utama, Tirta Bolakan, Tirta Bumbing, Tirta Tulawali, Tirta Pandan, Gerojogan Pesiram Tan Hana, dan juga Gerojogan Pesiram Dedari.

Di setiap pancoran pun, airnya memiliki khasiat tertentu. Ada yang memiliki khasiat untuk menolak bala, melancarkan ekonomi, memohon rezeki, mengobati orang yang sakit nonmedis, dan lain-lain.

2. Kondisi Udara di Kawasan Pura yang Segar

Setiap wisatawan di Pura Taman Pecampuhan Sala akan merasa dimanjakan oleh kondisi udaranya yang sungguh segar. Kondisi udara itu disebabkan oleh letak dari area pura ini yang memang cukup dekat dengan alam yang berisikan pepohonan hijau. Segala aktivitas wisata maupun religi Anda terasa menyenangkan dan khidmat karena ditemani dengan semilirnya hembusan angin.

Untuk itu, wisatawan yang sehari-harinya tinggal dalam kawasan yang ramai dan padat oleh penduduk tentu saja akan suka apabila mendatangi pura ini. Wisatawan dipastikan akan bisa merasakan nikmatnya udara yang segar dan tentu saja masih bersih yang mana sangat bagus bagi kesehatan.

3. Setiap Sungai di Pura Memiliki Air Terjun

Daya tarik selanjutnya di pura ini yaitu pada masing-masing sungai yang tersedia di sana telah dilengkapi dengan air terjun yang memukau. Walaupun akses yang dilalui untuk tiba di pura tersebut sedikit menantang, namun wisatawan tidak ada yang kapok.

Pasalnya, sesampainya di pura, wisatawan akan disuguhkan dengan panorama indah dari air terjun. Apalagi, ada tebing bebatuan yang makin membuatnya tampak eksotis. Bagi wisatawan yang senang dengan indahnya panorama alam, berkunjung ke pura tersebut adalah opsi yang pas. Air terjun tersebut menjadikan alam di area pura lebih asri, indah, dan juga sejuk.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pura Taman Pecampuhan Sala
Image Credit: Google Maps Ir. Kadek Amerta Yasa, ST.,MT

Lokasi dari Pura Taman Pecampuhan Sala berada di Pulau Dewata yang tepatnya adalah di Kecamatan Susut, Kabupaten Bangli, Bali. Jika wisatawan hendak bertandang dari Kota Denpasar, maka waktu yang akan dihabiskan adalah sekitar 1 jam. Bila Anda bertandang dari Kota Bangli, maka waktu yang dibutuhkan lebih singkat lagi yaitu sekitar 15 menit saja.

Transportasi yang bisa dipilih oleh wisatawan untuk melalui perjalanan menuju pura yaitu mobil serta motor. Bukan hanya dengan memanfaatkan kendaraan saja, namun wisatawan masih perlu jalan kaki agar dapat menuruni sejumlah anak tangga, kurang lebih 100 m saja dari jalanan besar.

Warga yang tinggal di sekitar tempat wisata religi tersebut sangat ramah. Bila Anda kebingungan dengan arah menuju pura, maka bisa tanya kepada warga yang ditemui di jalanan. Mereka akan dengan senang hati menunjukkan rutenya, sehingga jangan malu ketika bertanya.

Nantinya kalau Anda sudah hampir sampai dengan lokasi Pura Taman Pecampuhan Sala, akan tampak sejumlah papan penunjuk arah. Jika ingin tahu rute detailnya, silahkan membuka Google Maps.

Anda tidak usah pusing-pusing memikirkan mengenai biaya untuk memasuki lokasi wisata. Hal itu karena Pura Taman Pecampuhan Sala merupakan salah satu wisata yang tidak memberlakukan tiket masuk. Pecalang yang ada di tempat tersebut dengan senang hati akan mengantar wisatawan tanpa perlu dipungut biaya alias gratis.

Namun, sebagai tanda bersyukur kepada pencipta dan warga di sekitar pura tersebut, wisatawan disarankan untuk memberikan uang secara sukarela ketika berkunjung ke tempat wisata ini. Tentu saja kebanyakan wisatawan juga sama sekali tidak keberatan dengan hal tersebut.

Salah satu pura andalan di Pulau Bali ini boleh dikunjungi oleh umum selama 24 jam penuh. Mengenai waktu yang paling pas dan direkomendasikan bagi Anda yang akan datang ke sana adalah di hari-hari yang oleh warga sekitar dianggap baik, seperti pada bulan purnama, Tilem, maupun hari libur.

Hal ini karena pada har itulah warga dari berbagai Kabupaten yang ada di Pulau Bali ramai-ramai datang ke pura itu. Mereka akan melakukan pengelukatan ataupun pembersihan diri di sana.

Aktivitas yang Menarik di Pura Taman Pecampuhan Sala

Aktivitas Pura Taman Pecampuhan Sala
Image Credit: Google Maps Hendra W

1. Melakukan Pengelukatan

Mengunjungi Pura Taman Pecampuhan Sala sangat terasa spesial dikala Anda berencana untuk mengikuti acara melukat di sana. Wisatawan yang ingin melukat akan diarahkan (dipandu) oleh pecalang yang sedang bertugas di sana. Para pecalang itu sudah siap untuk basah demi mengantar wisatawan ke tempat melukat dengan menyeberangi sungai.

2. Melakukan Fotografi

Wisatawan yang datang ke pura yang menawan ini tentu saja dipersilahkan untuk melakukan kegiatan fotografi. Sebagai kawasan wisata religi, pura ini tidak kalah cantiknya dengan kawasan wisata lain yang ada di Bali. Spot berfoto yang paling disukai wisatawan yakni air terjun.

3. Main Air

Sungai yang memiliki air bersih di pura ini tergolong sungguh ideal jika dimanfaatkan oleh wisatawan untuk main basah-basahan, membasuh tubuh, membersihkan raga dan juga rohani. Kegiatan ini dijamin akan disukai oleh setiap wisatawan.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pura

Fasilitas Pura Taman Pecampuhan Sala
Image Credit: Google Maps 발리Hulk

Sebagai salah satu pura yang masih baru saja populer, maka tidak perlu heran apabila fasilitas yang ada di Pura Taman Pecampuhan Sala belum lengkap dan masih dalam pengembangan. Beberapa tempat atau area yang ada di sana terus dibenahi dan juga dilakukan penambahan sejumlah fasilitas wisata.

Fasilitas yang bisa wisatawan jumpai ketika mengunjungi pura yaitu tempat untuk ganti pakaian. Hal itu karena bila ada wisatawan yang hendak melukat, biasanya akan bawa pakaian ganti karena pakaian yang sebelumnya dikenakan akan basah. Oleh karena itu, penting sekali disediakan fasilitas ruang ganti.

Wisatawan tak perlu khawatir ketika berganti pakaian, karena ruangan gantinya dibedakan dalam 2 bagian, yakni untuk laki-laki dan satunya lagi untuk perempuan. Wisatawan diharapkan untuk menggunakan fasilitas tersebut dengan sebaik mungkin. Sehingga, fasilitas bisa dimanfaatkan dalam jangka waktu yang lama.

Nah, sekian penjelasan mendetail tentang tempat wisata religi yang diberi nama Pura Taman Pecampuhan Sala. Anda yang berencana untuk mendatangi tempat yang suci ini, maka harus dibarengi dengan pikiran yang bersih dan hati yang tenang. Hal itu bertujuan supaya dapat mendapatkan restu dari sang pencipta.