Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 10.00 – 17.00 WIB, Alamat: Drono, Desa Tridadi, Kec. Sleman, Kab. Sleman, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Puri Mataram merupakan salah satu destinasi wisata yang hits di Sleman, Yogyakarta. Dengan mengambil konsep alam yang digabungkan dengan budaya khas Jogja, destinasi wisata ini sangat cocok untuk pilihan liburan bersama keluarga. Destinasi wisata ini juga recommended untuk anak-anak muda karena ada banyak sekali spot foto menarik.

Resmi dibuka pada tahun 2018, destinasi wisata ini juga menjadi sumber ekonomi yang signifikan untuk warga Desa Tridadi. Lahan yang digunakan sendiri sebenarnya merupakan tanah dari kas desa, awalnya hanya dipergunakan untuk sawah dan tegalan. Tanpa menghilangkan unsur sawah, akhirnya warga berinisiatif untuk mengembangkannya sebagai wisata alam menggunakan dana desa.

Destinasi wisata ini terus dikembangkan menjadi lebih baik lagi. Awalnya hanya ada empat zona saja ketika Puri Mataram ini diresmikan yaitu Becak Air, Taman Bunga, Taman Kelinci, dan Pasar Ndelik. Setelah memasuki tahun 2019, kawasan ini memiliki tiga zona tambahan yaitu Taman Kaktus, Zona Tangkap dan Terapi Ikan, dan Kandang Domba Merino

Daya Tarik yang Dimiliki Puri Mataram

Daya Tarik Puri Mataram Sleman
Image Credit: Google Maps Cak Parto

Saat ini, Puri Mataram menjadi salah satu destinasi yang populer. Sebagai tempat wisata keluarga, destinasi ini memberikan segudang daya tarik yang membuat banyak pengunjung yang datang setiap harinya. Kawasan ini juga terus dikembangkan sehingga daya tarik yang dimiliki juga semakin bertambah dari waktu ke waktu.

1. Nuansa Alam dan Budaya

Memiliki konsep budaya, pengunjung akan langsung disuguhkan dengan berbagai ornamen khas Jawa. Seperti namanya, pengunjung seperti dibawa ke masa Kerajaan Mataram. Restoran yang berada di bagian depan menyambut pengunjung dengan arsitek joglo khas Jogja. Tak jauh dari restoran terdapat kolam buatan yang cukup luas dengan wahana bebek airnya.

Jika pengunjung lebih masuk ke dalam, maka akan dapat melihat hamparan sawah yang hijau. Selain sawah, pepohonan di sekitarnya juga membuat suasana menjadi lebih segar dan asri. Agar lebih terasa nuansa alamnya, terdapat jembatan bambu panjang yang dibentuk artistik dengan ornamen-ornamen bambu yang akan berbunyi saat tertiup angin.

Keindahan alam yang digabungkan dengan budaya Jawa ini menjadi daya tarik untuk destinasi wisata keluarga ini. Apalagi saat ini belum ada konsep wisata seperti yang ada di Puri Mataram Sleman. Karenanya banyak pengunjung yang penasaran untuk datang dan merasakan kecantikan dan kesegaran yang ditawarkan destinasi wisata ini.

2. Restoran Joglo

Tidak hanya menawarkan keunikan bangunan joglo khas Jogja, restoran ini juga menawarkan pengunjung menu-menu masakan tradisional. Makanan seperti sayur tempe, mangut lele, tahu bacem, tempe bacem dan banyak lagi lainnya dapat dicoba sepuasnya oleh pengunjung. Menu masakan tradisional ini dapat dinikmati sambil merasakan suasana alam sekitar.

Menu makanan di restoran ini selain memanjakan pengunjung, juga menawarkan harga yang sangat terjangkau. Harga satu porsi menunya berkisar dari Rp 8.000 hingga Rp 15.000 saja.

Sistem makannya juga prasmanan sehingga pengunjung dapat mengambil makanan sesuai dengan porsi masing-masing. Belum tersedia layanan kartu debit sehingga pengunjung harus menyiapkan uang cash.

3. Berbagai Wahana

Ada banyak sekali wahana-wahana yang tersedia sehingga pengunjung tidak akan merasa bosan menghabiskan waktu di kawasan tempat wisata ini. Wahana air seperti becak dan sepeda air dapat mengantar pengunjung mengitari kolam buatan.

Selain itu, ada juga wahana lainnya seperti Taman Kelinci dan Kandang Merino di mana pengunjung dapat berinteraksi dengan kelinci dan domba merino.

Daya Tarik Dimiliki Puri Mataram Sleman
Image Credit: Google Maps Gloria Amckd

4. Spot Foto

Tersedia banyak sekali spot-spot foto cantik yang dapat digunakan oleh pengunjung untuk mengabadikan momen. Sangat cocok bagai para anak muda yang memiliki hobi hunting foto. Ada taman-taman bunga yang indah, miniatur tugu pal putih, juga spot-spot lainnya yang menarik sebagai latar foto. Termasuk juga jembatan bambu yang cukup ikonik di kawasan ini.

5. Pasar Ndelik

Pasar Ndelik merupakan salah satu daya tarik di Puri Mataram karena keunikannya. Pasar ini dapat dikunjungi setiap hari Minggu. Menawarkan berbagai macam jajanan tradisional yang sangat menarik untuk dicoba. Lokasi pasar ini ada di belakang pepohonan, karena itu dinamakan Pasar Ndelik. Dalam bahasa Indonesia, ndelik artinya sembunyi.

Keunikan lainnya adalah alat pembayaran pasar ini bukan dengan menggunakan uang namun dengan pandel atau uang berbentuk kayu. Sebelum berbelanja di pasar ini, pengunjung harus menukar uang rupiah dengan pandel ini. Harga 1 pandel sendiri sebesar Rp 10.000.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Puri Mataram Sleman
Image Credit: Google Maps Lightning McQueen

Puri Mataram berada di Tridadi, Sleman. Jaraknya hanya 10 kilometer saja dari pusat Kota Yogyakarta. Kurang lebih menempuh waktu 30 menit perjalanan. Lokasi destinasi wisata ini cukup mudah untuk diakses. Jalanan yang dilalui semuanya sudah teraspal dengan baik. Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi seperti motor dan mobil.

Destinasi wisata ini juga dapat diakses menggunakan GoogleMap. Jika Anda ragu-ragu dengan jalan yang harus Anda lalui, maka Anda dapat mencari rute terbaik di GoogleMap untuk membantu perjalanan Anda menuju lokasi.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Tiket Puri Mataram Sleman
Image Credit: Google Maps Gilang Primada

Puri Mataram buka setiap hari. Jam operasional untuk wahana sendiri mulai dari 10.00 hingga 17.00 WIB, sedangkan restoran masih buka hingga pukul 21.00 WIB. Anda masih bisa mengambil foto di beberapa spot hingga malam hari. Pada hari Minggu, pengunjung juga bisa mengunjungi Pasar Ndelik di objek wisata ini. Pasar ini sudah mulai buka sejak pukul 07.00 WIB.

Tidak ditarik biaya tiket masuk untuk menikmati destinasi wisata ini, namun untuk beberapa wahana dan spot foto ditarik biaya mulai Rp 10.000 hingga Rp 30.000 sesuai dengan wahana yang dipilih. Sedangkan untuk biaya retribusi parkir kendaraan juga tidak mahal. Anda hanya perlu membayar Rp 3.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 5.000 untuk kendaraan roda empat.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Puri Mataram

Aktivitas Puri Mataram Sleman
Image Credit: Instagram AGUSHKM

Ada banyak sekali kegiatan yang dapat Anda lakukan di Puri Mataram Sleman. Liburan Anda tidak akan terasa membosankan karena ada banyak sekali wahana yang dapat Anda coba. Wahana-wahana ini sangat seru dan cocok untuk segala usia. Karenanya destinasi wisata ini merupakan pilihan yang tepat untuk menghabiskan waktu bersama keluarga.

1. Mencoba Berbagai Wahana

Ada banyak sekali wahana-wahana yang dapat Anda coba dan tentu saja sangat seru. Jika Anda suka olahraga air, maka Anda dapat mencoba sepeda atau bebek air. Selain itu, Anda juga dapat menangkap ikan dan terapi ikan. Selain itu, Ada juga delman yang dapat Anda naiki. Tentu saja sangat menyenangkan mengelilingi kawasan Puri Mataram ini di atas delman.

2. Berfoto

Ada banyak sekali spot-spot foto yang instragamable. Karena itu berfoto merupakan kegiatan yang tidak boleh terlewatkan. Anda dapat berfoto di taman bunga yang luas. Di antara taman bunga ini juga terdapat miniatur tugu pal putih. Selain itu, Anda juga dapat menaiki jembatan bambu untuk berfoto di atasnya. Hiasan bambu yang estetik akan membuat foto Anda juga tampak lebih cantik.

Terdapat juga Taman Kaktus yang tidak boleh Anda lewatkan. Sesuai dengan namanya, ada banyak kaktus tumbuh dan tertata cantik sehingga sangat cocok sebagai tempat untuk berfoto. Selain itu, masih banyak lagi spot-spot foto lainnya yang dapat Anda gunakan.

Aktivitas Seru Puri Mataram Sleman
Image Credit: Instagram Hendra Darmawan

3. Berinteraksi dengan Hewan

Berlibur dengan keluarga, terutama jika membawa anak-anak, kegiatan ini pasti akan sangat menyenangkan untuk dicoba. Anda dapat memasuki taman kelinci. Di taman ini ada banyak kelinci yang berlarian. Pengunjung dapat berinteraksi langsung seperti memberi makanan, atau bahkan menggendong kelinci-kelinci ini. Selain kelinci, Anda juga dapat berinteraksi dengan hewan lainnya.

4. Wisata Kuliner

Ada banyak kuliner tradisional yang pasti akan memanjakan lidah Anda. Restoran dengan bentuk bangunan Joglo ini menawarkan makanan yang lezat dan murah. Pasar Ndekik juga tidak boleh dilewatkan. Di pasar ini, Anda juga dapat berwisata kuliner dengan mencoba berbagai jajanan tradisional dengan cara yang unik.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Puri Mataram Sleman
Image Credit: Google Maps Gilang Primada

Meskipun termasuk destinasi wisata baru, namun Puri Mataram telah menyediakan fasilitas-fasilitas yang memadai untuk para pengunjung. Lahan parkir sangat luas untuk menampung motor, mobil, hingga bus. Lahan parkir ini rencananya juga akan diluaskan kembali mengingat semakin banyaknya pengunjung yang datang.

Selain lahan parkir, tersedia juga berbagai fasilitas umum yang dapat memberikan kenyamanan untuk pengunjung. Tersedia toilet, juga ada musala untuk beribadah, restoran, hingga tersedia juga penginapan bagi pengunjung yang akan bermalam.

Fasilitas lainnya berupa berbagai wahana menarik yang ditawarkan. Wahana-wahana ini semakin dikembangkan dan ditambah dengan wahana yang tidak kalah menarik seiring berjalannya waktu. Spot-spot foto juga menjadi salah satu fasilitas andalan dari destinasi wisata keluarga ini. Taman-taman bunga tidak hanya menambah cantik namun juga cantik untuk dipandang.

Puri Mataram menjadi salah satu destinasi wisata hits di Sleman, Yogyakarta yang semakin lama semakin populer dan banyak dikunjungi. Wahana-wahana yang tersedia juga semakin lama semakin menarik. Jika Anda berlibur ke Yogyakarta, destinasi dengan akses yang sangat mudah dicapai ini merupakan salah satu pilihan wisata yang harus dikunjungi.