15 Tempat Wisata di Bangkalan Terbaru & Terhits Dikunjungi

Tempat Wisata Bangkalan

Butuh Liburan yang Seru? Periksa Daftar Tempat Wisata di Bangkalan, Pulau Madura. Objek Wisata Alam Terbaru, Populer dan Paling Hits yang Pas Dijadikan Tujuan Liburan Terbaik.

Jawa Timur adalah surga bagi para wisatawan untuk berkunjung, tidak terkecuali dengan Kabupaten Bangkalan. Lokasi kabupaten terbarat sekaligus menjadi pintu masuk ke Pulau Madura melalui Jembatan Suramadu ini, mempunyai daya pikat yang luar biasa bagi pengunjung.

Dahulu setiap wisatawan yang datang ke wilayah ini mungkin hanya mengenal Bangkalan karena kulinernya saja. Padahal, Bangkalan memiliki wisata alam yang menarik dan wajib untuk dikunjungi.

Ada begitu banyak destinasi yang dapat dikunjungi jika Anda berencana singgah ke Kabupaten ini. Nah, berikut ini beberapa tempat wisata yang ada di Bangkalan yang dapat Anda jadikan referensi untuk berlibur.

1. Air Terjun Manitan Baturaja

Air Terjun Manitan Baturaja

Image Credit: Ksmtour.com

Pernahkah Anda menemukan air terjun dengan batu dan tebing di bawahnya. Nah, wisata yang satu ini menawarkan pengalaman tersebut. Jika sudah pernah, maka disini menjadi paling istimewa, karena disini merupakan air terjun terindah yang ada di Pulau Madura.

Air yang turun dari air terjun ini tidak langsung jatuh kebawah tetapi melewati beberapa tebing dan batu di bawahnya terlebih dahulu. Walau tidak setinggi layaknya air terjun yang lain, tidak mengurangi keindahan yang ada, justru menjadikan ciri khas dari lokasi ini.

Untuk mengunjungi tempat ini, sebaiknya pada waktu musim hujan karena debit airnya yang deras. Dengan kondisi Madura yang panas, disini Anda akan mendapati air yang segar bahkan terasa sejuk.

Lokasi: Runggarung, Banyubunih, Kec. Galis, Kab. Bangkalan.

2. Pantai Siring Kemuning

Pantai Siring Kemuning

Image Credit: Instagram.com @antiri92

Bagi Anda yang ingin melepas penat akan aktivitas sehari-hari, maka berlibur di pantai sangat cocok untuk dinikmati. Ditemani ombak yang bergulung sepanjang mata memandang, dan hamparan pasir putih yang indah dapat mengurangi kepenatan Anda.

Ombak disini terkenal dengan tenang karena letaknya di Laut Utara Jawa. Jadi, sangat bersahabat untuk Anda yang ingin bermain air.

Waktu yang tepat untuk berkunjung disini adalah waktu tenggelamnya matahari. Sebelum menikmati matahari tenggelam, Anda dapat mengeksplore spot-spot yang menarik untuk diabadikan bahkan dapat membuat nyaman walau seharian di pantai ini.

Lokasi: Macajah, Kec. Tanjungbumi, Kab. Bangkalan.

3. Bukit Lampion Beramah

Bukit Lampion Beramah

Image Credit: Berwisata.id

Seperti namanya, bukit yang berada di dataran tinggi dengan pemandangan hijau yang khas perkebunan ini sangat mengagumkan. Pesona alam yang disuguhkan akan mengobati kejenuhan Anda.

BACA:  Wisata Bahari Lamongan, Tempat Rekreasi Keluarga yang Lengkap

Di desain dengan konsep yang menarik dengan menambahkan aksesoris lampion sukses untuk menarik perhatian dari kaum muda yang berkunjung. Jika Anda berkunjung, tiket masuk dibandrol senilai Rp 3.000 saja, murah bukan.

Lokasi: Tengginah, Daleman, Kec. Galis, Kab. Bangkalan.

4. Bukit Jaddih

Bukit Jaddih

Image Credit: Flickr.com @bagus herlambang

Bangkalan banyak terdapat bukit kapur yang sebelumnya menjadi lokasi penambangan batu kapur. Salah satunya adalah Bukit Jaddih yang sekarang menjadi tempat favorit bagi wisatawan karena sisa pengerukan yang tertata rapi.

Bagi Anda yang mempunyai hobi fotografi, disini sangat dimanjakan dengan panorama yang sangat epik. Daya pikat yang ditawarkan disini tidak hanya tebing kokoh yang menjulang, tetapi keberadaan kolam hijau yang menambah eksotisnya pemandangan dari lensa kamera.

Lokasi: Jakan, Parseh, Kec. Socah, Kab. Bangkalan.

5. Bukit Kapur Arosbaya

Bukit Arosbaya

Image Credit: Pegipegi.com

Grand Canyonnya Jawa Timur, itulah sebutan wisatawan untuk Bukit Kapur Arosbaya. Karena tebing yang disuguhkan berbeda dengan bukit kapur yang pada umumnya berwarna putih, disini terbentang bukit kapur degan merah kecokelatan.

Dengan warna yang berbeda memberikan pemandangan yang cantik dengan terdapatnya goa-goa kecil di sekitarnya. Bekas pahatan kapur yang unik, dan tanaman hijau yang tumbuh liar menambah daya tarik yang wajib Anda kunjungi.

Lokasi: Plalangan Madura, Makam Air Mata, Buduran, Kec. Arosbaya, Kab. Bangkalan.

6. Pemandian Sumber Porong

Pemandian Sumber Porong

Image Credit: Kaskus.co.id

Panasnya Madura akan membuat Anda akan mencari pemandian yang dapat mengurangi tingkat kegerahan yang dirasakan. Tidak seperti namanya yang terkesan menyeramkan lokasi yang asri dan sejuk menjadi daya tarik wisatawan untuk datang kesini.

Harga tiket mahal tidak akan Anda dapatkan disini, karena masuk ke pemandian ini tidak dikenakan biaya apapun. Jika Anda berada disini, akan dimanjakan dengan tumbuhan liar yang sangat indah, dan air yang sangat jernih sehingga dapat melihat jelas ikan yang berenang disana.

Lokasi: Karang Asem, Pocong, Kec. Tragah, Kab. Bangkalan.

7. Bukit Geger

Bukit Geger

Image Credit: Pariwisatabangkalan.wordpress.com

Nama yang diambil dari desa asal bukit ini menawarkan panorama yang tak kalah mengagumkan dari bukit lain di wilayah Kabupaten Bangkalan. Berada di atas ketinggian kurang lebih 200 di atas permukaan laut menjadikannya spot yang tepat untuk melepas penat.

Dikelilingi oleh hutan mangrove dengan luas sekitar 44 hektar Anda akan disuguhi pemandangan yang luar biasa dari atas bukit. Jika Anda berkunjung kesini, jangan lupa

BACA:  23 Wisata Kuliner di Garut yang Enak & Wajib Anda Coba

untuk mampir ke goa-goa yang berada di sekitar bukit geger ini, ada kurang lebih 5 goa yang akan ditemui dari pintu masuk.

Lokasi: Laok Kunong, Kec. Geger, Kab. Bangkalan.

8. Labuhan Mangrove Education Park

Labuhan Mangrove Education Park

Image Credit: Reresepan.com

Ini merupakan daerah lain di Indonesia banyak yang menawarkan destinasi wisata hutan mangrove. Berbeda dengan hutan mangrove lainnya, hutan mangrove di Kabupaten Bangkalan ini menawarkan edukasi di dalam berwisata.

Jika Anda berkeliling disini, dapat menikmati kawanan burung yang berterbangan dari area menara pantau, serta dapat berkemah di tempat yang sudah disediakan pengelola. Di hutan mangrove educational park ini Anda juga dapat menyewa perahu kano yang dikhususkan untuk pengunjung yang ini mengelilingi sekitar.

Lokasi: Labuhan, Kec. Sepulu, Kab. Bangkalan.

9. Pantai Sembilan

Pantai Sembilan

Image Credit: Portalwisata.co.id

Salah satu pantai yang dekat dengan pusat kota Bangkalan ini memberi daya pikat yang masih sangat alami. Khas pantai yang ada di Pulau Madura, pantai ini memiliki ombak yang sangat tenang sehingga aman untuk Anda dan keluarga berenang.

Fasilitas yang ditawarkan disini tergolong lengkap dari tempat wisata lain di Bangkalan. Banyak tempat makan yang berjejer di sekitar pantai yang menyediakan kuliner khas laut yang dapat Anda temui.

Di sekitar pantai juga terdapat mercusuar sembilangan yang sejarahnya digunakan sebagai tempat pengawasan pasa masa penjajahan Belanda. Sekarang, mercusuar ini dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata.

Lokasi: Jl. Raya Bringsang, Bringsang, Kec. Giligenteng, Kab. Sumenep.

10. Pantai Rongkang

Pantai Rongkang

Image Credit: Pantainesia.com

Pantai rongkang tidak jauh berbeda dengan pantai yang ada di Kabupaten Bangkalan yang lain. Selain pantai sembilan yang dekat dengan pusat kota, lokasi ini juga tidak jauh hanya sekitar 35 km saja.

Yang menarik dari pantai ini adalah tereksposenya Jembatan Suramadu dari bibir pantai. Jembatan yang menghubungkan antara Kota Surabaya dan Pulau Madura ini terbentang seolah pemisah antara laut dan langit Bangkalan.

Pantai yang masih alami dan cukup bersih dapat Anda abadikan dengan latar belakang Jembatan Suramadu yang sangat indah. Waktu yang tepat untuk mengunjungi pantai ini adalah sore hari ketika matahari tenggelam.

Lokasi: Kejawan, Kwanyar Barat, Kec. Kwanyar, Kab. Bangkalan.

11. Taman Paseban Alun-Alun Bangkalan

Taman Paseban Alun-Alun Bangkalan

Image Credit: Renaldiau.wordpress.com

Taman yang berada di pusat Kabupaten Bangkalan ini sangat digemari oleh muda-mudi dari lokal maupun luar daerah untuk bersantai atau berkumpul bersama. Terkadang komunitas yang ada di wilayah ini saling berkumpul disini.

BACA:  16 Tempat Wisata di Lamongan Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Paseban adalah sebutan dari masyarakat sekitar untuk taman ini karena dahulunya merupakan tempat peristirahatan yang digunakan oleh Raja Bangkalan sebelum melaksanakan Sholat di Masjid Agung.

Lokasi: Jl. Jend. A. Yani, Demangan Barat, Demangan, Kec. Bangkalan, Kab. Bangkalan.

12. Museum Cakraningrat

Museum Cakraningrat

Image Credit: Tempatwisata.pro

Mengunjungi suatu daerah tidak salahnya untuk berwisata sejarah. Di Bangkalan terdapat Museum Cakraningrat yang di resmikan pada tahun 2008. Harga tiket masuk di museum ini sangat terjangkau, dengan Rp 1.000 saja untuk biaya pemeliharaan.

Koleksi yang dapat ditemukan disini seperti berbagai macam kain batik Madura, bokor, cucuk sisir, dan masih banyak lagi koleksi sejarah yang lainnya. Selain berwisata sejarah, Anda dapat menambah pengalaman dan pengetahuan tentang Pulau Madura dan sekitarnya.

Lokasi: Jl. Soekarno Hatta No.35, Mlajah, Kec. Bangkalan, Kab. Bangkalan.

13. Taman Rekreasi Bangkalan

Taman Rekreasi Bangkalan

Image Credit: Pulaumadura.com

Taman yang sangat cocok untuk berwisata keluarga Anda karena menawarkan wahana untuk semua usia. Taman yang berada di kawasan Stadion Gelora Bangkalan ini selalu ramai pengunjung.

Fasilitas Taman Rekreasi ini terbilang lengkap. Terdapat arena bermain anak dengan berbagai wahana seperti ayunan untuk anak, kolam renang untuk anak, kolam renang untuk dewasa, atau jika Anda hanya refreshing dapat berkeliling danau dengan menyewa perahu kayuh.

Lokasi: Mlajah, Kec. Bangkalan, Kab. Bangkalan.

14. Wisata Alam Goa Aren

Wisata Alam Goa Aren

Image Credit: Maps.google.com @zain zairo

Tempat wisata selanjutnya adalah wisata goa yang sangat indah dan alami yaitu Goa Aren. Goa ini masih menyatu dengan alam sehingga menciptakan suasana yang sangat asri dan pasti mengagumkan untuk siapa saja yang datang kesini.

Daya pikat Goa Aren ini dengan adanya stalaktit dan stalagmit yang terbentuk secara alami. Sangat cocok bagi Anda yang mempunyai hobi fotografi akan dimanjakan dengan bentuknya yang eksotis.

Lokasi: Ketetang, Kec. Kwanyar, Kab. Bangkalan.

15. Masjid Agung Bangkalan

Masjid Agung Bangkalan

Image Credit: Brisik.id

Destinasi wisata yang terakhir kali ini ditutup dengan wisata religi yang sangat terkenal di wilayah Bangkalan. Syaichona Moch. Cholil bin Abdul Latief atau dikenal dengan Syekh Cholil, adalah salah satu ulama yang turut mendirikan organisasi masyarakat terbesar di Indonesia.

Syekh Cholil dimakamkan di lingkungan Masjid Agung. Selain jamaah yang senantiasa sholat berjamaah disini, banyak pula peziarah yang datang setiap hari dan tidak pernah sepi kunjungan baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Lokasi: Jl. Mertajasah, Tajasah, Mertajasah, Kec. Bangkalan, Kab. Bangkalan.

Itulah beberapa tempat wisata populer di Kabupaten Bangkalan yang wajib Anda kunjungi saat butuh liburan yang lebih berkesan. Baik destinasi pantai, bukit, museum bahkan wisata religi dapat Anda nikmati di wilayah ini.