14 Tempat Wisata Favorit di Madiun

Ingin jalan-jalan ke Madiun? Berikut List Tempat Wisata di Madiun Terbaru & Lagi Hits.

Kesempatan kali ini kita akan mengulas salah satu kota yang ada di Jawa Timur dan mendapatkan sebutan sebagai kota perdagangan dan industri, yaitu Madiun. Meski begitu, ada banyak hal yang juga dikembangkan tidak hanya dari industrinya saja tetapi juga dari pariwisata. Jika ada peribahasa yang menyebut bahwa sekali dayung dua tiga pulau terlampaui maka sepertinya anda bisa datang ke Madiun dengan menemukan banyak tempat wisata di sini.

Keindahan alam di Madiun memang dipengaruhi oleh letaknya yang ada di sebelah barat kota Surabaya. Sebutan lain untuk kota Madiun adalah Kota Budaya, Kota Brem dan Kota Sastra. Anda bisa menemukan taman rekreasi umbul, air terjun krecekan Denu hingga Air Terjun Seweru. Berikut ini daftar tempat wisata di Madiun yang layak dikunjungi saat berlibur.

1. Situs Nglambangan

Situs Nglambangan
Image Credit: Travelingyuk.com

Wisata edukasi ternyata tak kalah indah dari tempat-tempat wisata alam. Seperti yang dimiliki Madiun yakni Situs Nglambangan. Wisata ini memberi manfaat tersendiri karena anda bisa belajar sejarah. Situs Nglambangan merupakan salah satu situs peninggalan dari Kerajaan Majapahit. Benda-benda sejarah disini seperti lumbung selayur, punden lambing kuning hingga Pura Lembangsari.

Ada upacara adat di lokasi wisata ketika sudah masuk di bulan Syuro. Alamatnya berada di Desa Nglambangan, Kecamatan Wungu. Anda bisa memarkirkan kendaraan di lahan yang telah disediakan.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Brubahan, Nglambangan, Kec. Madiun, Kab. Madiun, Jawa Timur.

2. Waduk Kedung Brubus

Waduk Kedung Brubus
Image Credit: Tempatwisata.pro

Objek wisata unik di Madiun untuk Anda yang hobi memancing ada di Waduk Kedungbrubus. Tempatnya begitu asri dengan dikelilingi tumbuhan hijau. Wisata yang satu ini berada di Kecamatan Pilangkenceng. Sebagai objek wisata, Waduk Kedungbrubus mulanya hanya sebuah bendungan yang digunakan untuk penampungan air.

Namun seiring waktu, bendungan tersebut telah disulap sebagai tempat wisata yang sekaligus sarana irigasi. Selain itu, fasilitas umum juga cukup memadai seperti tempat parkir, rest area, tempat sholat, juga kamar mandi pengunjung. Ketika senja mulai Nampak, Anda bisa menjadikannya sebagai objek foto. Yang pasti hasilnya akan sangat eksotis.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dawuhan, Kec. Pilangkenceng, Kota Madiun, Jawa Timur.

3. Wahana Bermain Sekar Arum

Wahana Bermain Sekar Arum
Image Credit: Wisatasia.com

Tempat wisata yang satu ini merupakan sarana rekreasi edukatif yang bisa anda datangi. Ada pemandangan yang sayang untuk dilewatkan. Anda bisa menunggu anak-anak bermain di gazebo yang sudah disiapkan. Objek wisata ini juga memiliki berbagai paket wisata mulai dari arung jeram, luncur gantung hingga permainan dengan basis alam lainnya. Anak-anak akan sangat betah berada di tempat wisata ini.

Lokasinya ada di Desa Kare, Kabupaten Madiun. Ada beberapa fasilitas seperti toilet, lahan parkir, gazebo, arung jeram hingga kantin. Buka setiap hari jam 09.00 hingga 22.00 WIB.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Kare, Kec. Kare, Kab. Madiun, Jawa Timur.

4. Taman Rekreasi Wisata Umbul

Taman Rekreasi Wisata Umbul
Image Credit: Sewadrone.id

Bagi Anda yang suka berwisata edukasi, taman rekreasi Wisata Umbul bisa menjadi tujuan yang tepat. Pasalnya, di tempat tersebut Anda akan mendapati berbagai benda peninggalan Belanda. Objek utamanya adalah sebuah kolam pemandian dengan pemandangan alam terbuka yang indah. Selain itu, di sana juga terdapat peninggalan dari dua kebudayaan yang berbeda, yaitu Hindu dan Budha.

Tidak hanya berwisata air, Taman Rekreasi Wisata Umbul juga menyediakan berbagai objek menyenangkan lainnya. Sebut saja mini zoo dengan koleksi satwa yang bisa menjadi sarana edukasi anak. Selain itu, Anda juga bisa mengajak keluarga untuk out bound atau mengunjungi taman bermain yang masih berada di satu lokasi.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Madiun Umbul Square, Glonggong, Kec. Dolopo, Kota Madiun, Jawa Timur.

5. Taman Kota Caruban

Taman Kota Caruban
Image Credit: Flickr.com

Mereka yang ingin melepaskan penat dan rasa lelah seharian bisa datang ke Taman Kota Caruban. Tempatnya terasa sejuk dan menenangkan. Taman Kota Caruban ini berada di tengah kota Madiun. Menjadi hasil renovasi dari Pasar Besar Caruban yang ternyata memang suka didatangi oleh warga lokal di sana terutama ketika sore hari.

Bukan hanya dilengkapi beberapa fasilitas pendukung tetapi ada pedagang kaki lima yang juga tersedia. Anda bisa duduk santai menghabiskan waktu senggang dengan pemandangan sekitar. Lokasinya di Jalan Anggur, Purwosari, Wonoasri.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Anggur, Purwosari, Kec. Wonoasri, Kab. Madiun, Jawa Timur.

6. Monumen Kresek

Monumen Kresek
Image Credit: Takaitu.id

Madiun tidak henti-hentinya menyuguhkan tempat bersejarah yang menarik untuk dikunjungi. Seperti Monumen Kresek yang ada di Kecamatan Wungu. Di sini, Anda akan menyaksikan berbagai gambaran pembantaian yang dilakukan PKI, mulai dari monumen hingga relief yang diukir begitu apik.

BACA:  Wisata Telaga Sarangan, Tujuan Rekreasi Seru & Sejuk di Magetan

Monumen yang sudah ada sejak tahun 1991 ini tak ubahnya seperti tempat bersejarah para pahlawan. Pasalnya Anda akan menemukan ukiran nama-nama orang yang gugur dan dinobatkan sebagai pahlawan di sebuah prasasti.

Perhatian utama yang ada di Monumen Kresek adalah sebuah patung besar yang dibangun di atas puncak bukit. Di mana menggambarkan sebuah penyerangan dari seorang anggota komunis yang seakan ingin memenggal kepala lelaki tua yang disebut-sebut sebagai Kyai Husen.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sewu, Kresek, Kec. Wungu, Kota Madiun, Jawa Timur.

7. Hutan Pinus Nongko Ijo

Hutan Pinus Nongko Ijo
Image Credit: Wowkeren.com

Nama yang unik dan memberi anda pengalaman yang berbeda ketika datang ke tempat wisata ini. Objek wisata kekinian Hutan Pinus Nongko Ijo merupakan hutan pinus yang rimbun dan udara terasa sejuk di sana. Pengelolaan hutan ini dipegang oleh perhutani dan memiliki banyak nangka hijau yang besar.

Dari sinilah masyarakat menyebut nama hutan sebagai hutan nongko ijo. Tempat ini juga menawarkan keindahan hutan dan dua mata air sungai yang bertemu antara sungai Juweh dan sungai Catur. Lokasinya berada di Dusun Mbonromo, Desa Kare.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Mbonromo, Kec. Kare, Kab. Madiun, Jawa Timur.

8. Dumilah Waterpark

Dumilah Waterpark
Image Credit: Endahsetia86.wordpress.com

Bosan dengan wahana bermain air yang itu-itu saja, mungkin Anda bisa mencoba Dumilah Waterpark. Lokasinya berada di Kecamatan Madiun dan kabarnya telah menjadi wahana paling sering dikunjungi. Bagaimana tidak, di sini Anda tidak hanya diajak bermain air saja, tapi juga flying fox dan mini game.

Selain itu, tersedia food court untuk Anda yang ingin wisata kuliner khas Madiun. Letak Dumilah Waterpark tepat di jantung kota, sehingga tidak sulit untuk menemukan lokasinya. Tempat wisata yang tepat untuk berlibur bersama keluarga. Kunjungi pula Garden Zone di mana berbagai tumbuhan langka terawat dengan baik.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Slamet Riyadi No.99, Klegen, Kec. Madiun, Kota Madiun, Jawa Timur.

9. Waduk Dawuhan

Waduk Dawuhan
Image Credit: Pojokpitu.com

Waduk ternyata bisa menjadi tempat wisata yang cukup menarik. Anda bisa melihatnya di Madiun yakni Waduk Dawuhan. Waduk ini biasanya digunakan untuk tempat santai dan nongkrong dari para muda-mudi di wilayah setempat. luasnya sekitar 1.273 km persegi dan berfungsi sebagai irigasi. Setidaknya menjadi irigasi dari 9 desa dan 3 kecamatan yang terairi dari waduk ini.

Letak Waduk adalah sekitar 8 km dari tengah kota. Tepatnya berada di Desa Sidomulyo, Kecamatan Wonoasri, Kabupaten Madiun. Ada fasilitas seperti lahan parkir dan warung.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Plumpung Lor, Waduk, Kec. Wonoasri, Kab. Madiun, Jawa Timur.

10. Taman Wisata Tirtonirmolo Water Park

Taman Wisata Tirtonirmolo Water Park
Image Credit: Thegridevolution.wordpress.com

Selain terkenal akan wisata sejarahnya, Madiun juga memiliki Taman Wisata Tirtonirmolo Waterpark dengan pesona keindahan yang layak dikunjungi. Bahkan tempat wisata ini selalu ramai, baik ketika hari biasa maupun saat liburan tiba. Banyak wahana yang bisa Anda mainkan dengan tantangan yang berbeda-beda.

Untuk fasilitas, Taman Wisata Tirtonormolo Waterpark bisa dibilang lengkap. Di dalamnya sudah terdapat rest area, panggung festival, mushola, juga area parkir yang strategis.

Sedangkan untuk wahana, Anda bisa menikmati keseruan bermain wahana air, motor electric anak, flying fox, dan lain sebagainya.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Ngawi-Madiun No.KM.7, Sambi, Tempuran, Kec. Ngawi, Kab. Ngawi, Jawa Timur.

11. Air Terjun Banyulawe Dong

Air Terjun Banyulawe Dong
Image Credit: Mday.info

Nama yang unik ini ternyata mampu menarik wisatawan untuk berkunjung. Air terjun Banyulawe Dong ini memang mengharuskan anda untuk menempuh perjalanan cukup berat. Tetapi rasa lelah bisa terbayarkan jika sudah melihat pemandangan alam sekitar. Anda bisa mandi di bawah air terjun untuk melepas rasa lelah.

Lokasi dari air terjun ini berada di Desa Kepel, Kecamatan Kare. Memiliki fasilitas lahan parkir dan buka selama 24 jam. Jangan lupa untuk membawa makan dan minum sebagai bekal selama di perjalanan.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Gligi, Kepel, Kec. Kare, Kab. Madiun, Jawa Timur.

12. Waduk Bening Widas

Waduk Bening Widas
Image Credit: Beritamagetan.com

Kecamatan Seradan mempunyai sebuah bendungan yang fungsinya untuk membendung aliran Kali Bening beserta anak sungainya. Waduk Bening Widas namanya, di mana waduk ini memiliki luas permukaan air sebesar 570 hektar. Tepat di sebelahnya Anda akan menyaksikan penampakan Gunung Pandan.

Di kala liburan datang, Waduk Bening Widas bahkan bisa menampung hingga tujuh ribu pengunjung. Dikenal dengan wisata alamnya yang asri cocok untuk wisata out door. Penampakan gunung Wilis yang kokoh, air jernih, alam yang indah, seakan menjadi panorama sempurna. Sampai saat ini, Waduk Bening Widas terus mengalami perbaikan dan perkembangan.

BACA:  Candi Penataran, Candi Hindu Megah di Blitar Sarat Nilai Sejarah
Harga Tiket: Rp 7.500; Map: Cek Lokasi
Alamat: Setren, Pajaran, Kec. Saradan, Kota Madiun, Jawa Timur.

13. Air Terjun Kucur

Air Terjun Kucur
Image Credit: Paapaajalah.blogspot.com

Bukan hanya air terjun Banyulawe Dong. Tetapi anda bisa menemukan air terjun Kucur yang diketahui memiliki daya tarik unik. Sebab air terjun ini ternyata air terjun buatan yang dibangun agar bisa mengatasi masalah kekeringan di musim kemarau yang sering terjadi. Tetapi meski air terjun ini merupakan air terjun buatan, keindahan di sekitar tetaplah terjaga dan alami.

Lapis tingkat pertama air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 15 meter, 3 lapis tingkat berikutnya memiliki ketinggian 3 meter. Fasilitas yang disediakan adalah lahan parkir dan toilet. Air terjun ini berada di Dusun Pucang Sawit, Desa Padas Kecamatan Dagangan.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pucang Sawit, Padas, Kec. Dagangan, Kab. Madiun, Jawa Timur.

14. Sun City And Theme Park

Sun City And Theme Park
Image Credit: Anantohermawan.blogspot.com

Tempat wisata yang satu ini juga dikenal dengan nama SunCity Waterpark Madiun. Tempatnya sangat cocok untuk Anda yang hobi berenang dan bermain air. Bahkan ada berbagai wahana yang bisa dicoba seperti bom-bom car, waterboom, kolam renang Olympic, flying fox, sampai kereta api mini.

Oleh karenanya Sun City and Theme Park sangat tepat bila dijadikan tujuan wisata keluarga. Bahkan katanya wisata air Sun City digadang-gadang sebagai wisata wahana air terlengkap di Madiun. Tidak heran banyak pengunjung dari berbagai daerah yang datang kemari. Terdapat pula berbagai fasilitas umum yang cukup lengkap mulai dari arena bermain anak, toilet, kantin, mushola, juga rest area.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. S. Parman No.2, Sukosari, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur.

15. Kolam Renang Sendang Biru

Kolam Renang Sendang Biru
Image Credit: Tripjalanjalan.com

Kali ini datang dari tempat wisata buatan bernama Kolam Renang Sendang Biru. Mereka yang suka berenang akan dimanjakan dengan berbagai fasilitas yang ada. Baik itu untuk kolam renang dewasa atau untuk anak-anak. Kolam renang ini juga dilengkapi wahana permainan seperti seluncur air agar bisa menambah keseruan di sana.

Lokasi tempat wisata ini ada di Jalan Raya Mungut, Kecamatan Wungu. Fasilitas yang disediakan adalah lahan parkir, toilet, seluncur air, kamar ganti dan kantin. Tiket masuknya hanya Rp. 5000 per orang.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Manisan, Munggut, Kec. Wungu, Kab. Madiun, Jawa Timur.

16. Air Terjun Krecekan Denu

Air Terjun Krecekan Denu
Image Credit: Travelingyuk.com

Bosan dengan liburan yang itu-itu saja dan sedang ingin menikmati alam bebas? Air terjun Krecekan Denu bisa menjadi solusinya. Menikmati pesona alam dari berbagai tumbuhan hijau, angin sepoi serta suasana yang sejuk seakan dapat mengobati penat.

Pesona alam dari air terjun dengan tinggi 20 meter begitu memanjakan mata. Bisa dibilang, tempat wisata yang satu ini tergolong baru. Oleh sebab itu kondisi alamnya masih sangat asri. Di mana lokasinya di kelilingi oleh tebing curam juga hutan lebat.

Berfoto pun menjadi aktivitas yang wajib ada di list liburan Anda. Sebab di sinilah letak surga Madiun berada.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Kepel, Kec. Kare, Kota Madiun, Jawa Timur.

17. Masjid Kuno Kuncen

Masjid Kuno Kuncen
Image Credit: Beritalima.com

Objek wisata religi kali ini adalah Masjid Kuno Kuncen. Semenjak masa pemerintahan Sultan Trenggono yakni Raja Ketiga Kesultanan Demak, wisata bersejarah ini sudah ada. didirikan di aera kerajaan Demak tak heran jika masjid tersebut memiliki arsitektur bangunan yang kental dengan budaya Hindu. Corak budaya juga sangat terasa dan terlihat jelas di bagian gapura masjid.

Nama masjid ini juga diberikan oleh masyarakat Kuncen dengan nama Masjid Nur Hidayatullah di tahun 1970an. Alamatnya berada di Kelurahan Kuncen, Kota Madiun. Ada fasilitas lahan parkir, masjid dan gazebo.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kuncen, Kec. Madiun, Kota Madiun, Jawa Timur.

18. Gunung Wilis

Gunung Wilis
Image Credit: Sobatmabar.blogspot.com

Sebenarnya Gunung Wilis adalah gunung di Jawa Timur yang lerengnya tersebar ke beberapa Kabupaten. Mulai dari Kediri, Tulungagung, Ponorogo, Trenggalek, Nganjuk, dan terakhir Madiun. Salah satu yang menjadi perburuan para wisatawan adalah lereng Gunung Wilis Madiun.

Di sini Anda bisa menikmati kekayaan alam yang begitu beragam. Sebut saja Hutan Wisata Nongko yang letaknya berada dekat dari pusat kota. Belum lagi pemandangan dari puluhan pohon pinus yang menjulang. Masih di Gunung Wilis Anda akan menemukan pesona air terjun yang masih alami.

BACA:  10 Tempat Makan Enak di Mojokerto Favorit Wisatawan

Ketinggian gunung Wilis yang mencapai 2169 mdpl membuatnya menjadi objek pendakian. Bahkan banyak area yang belum terjamah manusia, sehingga masih alami. Meski belum memiliki jalur resmi untuk para pendaki, Gunung Wilis tetap menjadi target para wisatawan. Apalagi ketika sampai di puncak, nampaklah pesona alam sekitar yang memikat.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tawang, Banaran, Kec. Pulung, Kab. Ponorogo, Jawa Timur.

19. Brumbun Tubing Adventure

Brumbun Tubing Adventure
Image Credit: Wisatalengkap.com

Mereka yang ingin beraktivitas menantang dan menarik bisa juga memanfaatkan adanya Brumbun Tubing Adventure. Tempat wisata ini memang sedang populer dan sering dikunjungi oleh para wisatawan khususnya ketika akhir pekan atau di masa liburan.

Anda bisa melakukan kegiatan menantang yang tak terlupakan. Seperti wisata arung jeram dengan arus yang deras, hingga pemandangan yang masih begitu alami. Lokasinya berada di Wungu, Madiun. Fasilitas yang disediakan adalah lahan parkir, toilet, kamar ganti dan kantin.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Malang, Brumbun, Kec. Wungu, Kab. Madiun, Jawa Timur.

20. Palang Mejayan

Palang Mejayan
Image Credit: Google Maps (Kelompok Arca Mejayan )

MAdiun tidak hanya menyuguhkan berbagai wahana permainan keluarga, tapi kota ini juga memiliki banyak tempat bersejarah. Salah satunya adalah Palang Mejayan yang juga biasa disebut dengan Situs Rumah Palang. Bisa dibilang tempat yang satu ini cukup populer di kalangan wisatawan. Palang Mejayan adalah tempat di mana Anda bisa menilik berbagai benda peninggalan Kerajaan Jawa Kuno.

Di Palang Mejayan Anda bisa belajar sejarah kerajaan yang tercermin melalui berbagai macam arca yang masih terawat dengan baik. Sehingga tidak hanya sekedar berlibur tapi juga menimba ilmu.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Panglima Sudirman No. 79 A, Mejayan, Kec. Madiun, Kota Madiun, Jawa Timur.

21. Taman Wisata Gunung Kendil

Taman Wisata Gunung Kendil
Image Credit: Youtube.com (tyo nugie)

Indonesia memiliki tempat wisata yang tak kalah indah dengan yang dimiliki luar negeri. seperti Taman Wisata Gunung Kendil yang memiliki pemandangan mirip dengan pemandangan Santa Monic di Los Angles. Tempat ini dulunya merupakan tempat latihan militer. Namun sudah tidak difungsikan lagi, akhirnya pihak pengelola menjadikan lokasi ini sebagai sebuah objek wisata yang di dalamnya tersedia beberapa fasilitas.

Misalnya saja seperti toilet, musholla, gazebo dan masih banyak lagi. Ada juga wahana yang menarik seperti kolam pancing, arena balap motor dan lain sebagainya. Lokasinya ada di Desa Pilangrejo, Kecamatan Wungu.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pilangrejo, Kec. Wungu, Kab. Madiun, Jawa Timur.

22. Wisata Alam Grape

Wisata Alam Grape
Image Credit: Waa.atozviews.com

Bagi anda yang tidak ingin menempuh perjalanan jauh untuk berwisata, pilih Wisata Alam Grape. Tempat ini hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit dari tengah kota. Menawarkan bermacam-macam kegiatan wisata alam yang cukup menantang. Mulai dari wisata lintas alam, berkemah hingga bersepeda.

Lokasinya berada di Desa Kresek, Kecamatan Wungu. Lokasi ini juga memiliki luas sekitar 1,5 hektar yang dibangun juga beberapa fasilitas penunjang. Misalnya seperti mushola, toilet, kantin dan lain sebagainya.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kresek, Wungu, Kuwiran, Kec. Kare, Kab. Madiun, Jawa Timur.

23. Waduk Notopuro

Waduk Notopuro
Image Credit: Madiunbeauty.blogspot.com

Waduk yang juga dimiliki Madiun adalah Waduk Notopuro. Anda bisa datang ke waduk yang jaraknya 15 km dari kota Caruban ini. Fungsinya memang sebagai irigasi sawah penduduk sekitar. Tetapi bedanya adalah waduk ini tidak berasal dari saluran air tetapi merupakan waduk tadah hujan yang menampung aliran air di sektiar Hutan Lereng Gunung Pandan.

Lokasi waduk ada di Dusun Notopuro, Desa Duren. Anda bisa mendapatkan pemandangan yang indah dan datang ketika jelang matahari terbit. Ada fasilitas lahan parkir, warung dan toilet.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tulung, Kec. Saradan, Kota Madiun, Jawa Timur.

24. Air Terjun Seweru

Air Terjun Seweru
Image Credit: Plasainformasi.com

Madiun memiliki air terjun seweu yang juga patut untuk dikunjungi. Selain dikenal dengan nama Seweru, air terjun ini memiliki banyak nama lain seperti Air Terjun Serondo dan Air Terjun Kedung Malam. Ada suasana sejuk di tempat wisata ini dan tersedia kolam dibawah air terjun.

Anda bisa datang ke Dusun Seweru, Desa Kare. Kolam dibawah air terjun juga terbilang aman jika Anda ingin berenang disana. Fasilitasnya adalah lahan parkir dan area untuk perkemahan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dusun Seweru, Branjang, Kec. Kare, Kota Madiun, Jawa Timur.

Itulah rekomendasi tempat wisata yang menarik dieksplor di Madiun. Alamnya yang indah serta masyarakatnya yang menjunjung tinggi budaya membuat Madiun sebagai salah satu tujuan berwisata yang wajib Anda kunjungi.