15 Tempat Wisata di Tangerang Selatan Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Tempat Wisata Tangerang Selatan

Ingin Liburan ke Tangerang? Periksa Daftar Tempat Wisata Terbaik di Tangerang Selatan, Banten. Destinasi Wisata Terbaru, Kekinian & Paling Hits untuk Dikunjungi Saat Liburan.

Nama Kota Tangerang Selatan mungkin sudah tidak asing di telinga Anda. Tapi tahukah Anda bahwa Kota Tangerang Selatan berbeda dengan Kabupaten Tangerang? Pada tahun 2008, Tangerang Selatan resmi memisahkan diri dari Kabupaten Tangerang dan menjadi kota kelima terbesar di wilayah Jabodetabek.

Semenjak menjadi kota, Tangerang Selatan mengalami perkembangan pesat baik di bidang infrastruktur maupun pariwisata. Perkembangan tersebut bisa dibuktikan dengan banyaknya lokasi wisata di Kota Tangerang Selatan yang selalu menarik banyak pengunjung.

Selama ini mungkin Anda beranggapan bahwa kota di Provinsi Banten ini hanya dipenuhi dengan sejumlah gedung pencakar langit. Padahal di balik bangunan-bangunan tersebut terdapat banyak sekali tempat rekreasi yang menarik dan tidak boleh Anda lewatkan. Berikut ini ulasan 15 tempat wisata di Tangerang Selatan yang bisa Anda jadikan pilihan untuk berlibur.

1. Taman Kota Bumi Serpong Damai

Taman Kota Bumi Serpong Damai

Image Credit: Tempatwisataseru.com

Taman Bumi Serpong Damai atau yang biasa dikenal dengan sebutan BSD adalah tempat wisata yang sangat populer bagi para warga Kota Tangerang Selatan dan kota-kota di sekitarnya. Berbeda dengan taman pada umumnya yang identik dengan ruang hijau terbuka, tempat ini justru lebih terlihat seperti kebun raya.

Ada dua taman yang terletak di lokasi berbeda. Taman yang pertama menawarkan pemandangan alam yang asri dengan area khusus yang digunakan untuk berolahraga. Sementara taman yang kedua memiliki area yang lebih luas dan cocok menjadi tujuan rekreasi.

Lokasi: Jl. Letnan Sutopo, Lengkong Gudang Timur, Kec. Serpong, Kota Tangerang Selatan.

2. Froggy Edutography

Froggy Edutography

Image Credit: Indonesia.tripcanvas.co

Froggy Edutography atau yang biasa dikenal dengan nama Istana Melayang adalah tempat wisata yang cocok bagi Anda yang memiliki buah hati atau adik di usia kanak-kanak. Bangunan ini tampak seperti istana yang melayang.

Tempat wisata ini memiliki sepuluh lantai yang disesuaikan dengan program yang disesuaikan dengan kecerdasan masing-masing anak seperti kelas musik, matematika, dan masih banyak lagi. Jadi, sayang sekali rasanya jika tempat wisata edukatif yang satu ini dilewatkan.

Lokasi: Jl. BSD Grand Boulevard, Cluster Commercial Park Barat No. 1, BSD City, Pagedangan, Kec. Pagedangan, Kota Tangerang.

3. Tanah Tingal

Tanah Tingal

Image Credit: Bukalapak.com

Meski Tangerang Selatan sudah dipenuhi dengan bangunan-bangunan beton, banyak objek wisata yang bisa Anda datangi untuk melepas penat dari kesibukan kota. Salah satunya adalah Tanah Tingal. Tempat ini menawarkan konsep pedesaan yang pastinya menarik bagi warga kota yang jarang melihat pemandangan pedesaan.

BACA:  10 Tempat Makan Enak di Serang Favorit Wisatawan

Tanah Tingal memiliki beragam fasilitas dan cocok sebagai tempat untuk berekreasi bersama keluarga dan rekan. Mulai dari fasilitas outbound, wall climbing¸ permainan air, melihat koleksi burung, dan masih banyak lagi. Tempat ini juga menyajikan tempat penginapan dan tentunya dikenakan biaya yang relatif mahal.

Lokasi: Jl. Merpati Raya No.32B, Sawah Baru, Kec. Ciputat, Kota Tangerang Selatan.

4. Ocean Park Kota Bumi Serpong Damai

Ocean Park Kota Bumi Serpong Damai

Image Credit: Penawisata.com

Ocean Park BSD tidak hanya terkenal bagi warga Kota Tangerang Selatan, namun juga populer di Indonesia karena menawarkan konsep wisata air yang modern. Tempat ini memiliki beragam jenis wahana air yang tentunya sangat mengasyikkan.

Pengunjung bisa menikmati banyak wahana seru di Ocean Park BSD dengan tiket masuk yang cukup terjangkau. Disamping itu, objek wisata air yang satu ini juga memiliki area yang dibuat seperti pantai lengkap dengan ornamen yang mampu memikat para pengunjung.

Lokasi: Jl. Pahlawan Seribu, Lengkong Gudang, Kec. Serpong, Kota Tangerang Selatan.

5. Taman Wisata Pulau Situ Gintung

Taman Wisata Pulau Situ Gintung

Image Credit: Liburananak.com

Taman Wisata Pulau Situ Gintung juga bisa menjadi pilihan untuk menikmati wisata air. Di tempat ini terdapat water park yang bisa Anda gunakan untuk bermain air bersama keluarga dengan berbagai wahana yang bisa Anda coba.

Selain itu, Taman Wisata Situ Gintung juga dikelilingi dengan taman hijau yang luas dan cocok dijadikan sebagai area outbound dengan sejumlah kegiatan yang menarik. Pengunjung juga bisa menyewa ATV untuk menikmati keindahan taman dari darat maupun dari ketinggian dengan menggunakan sepeda layang.

Lokasi: Jl. Pisangan Raya No.20, RT. 03/09, Cireundeu, Kec. Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan.

6. The Breeze Kota Bumi Serpong Damai

The Breeze Kota Bumi Serpong Damai

Image Credit: Kabar6.com

Tempat wisata yang satu ini juga populer dikalangan masyarakat Kota Tangerang Selatan dan terkenal sebagai pusat perbelanjaan. Meski begitu, The Breeze juga menyajikan konsep alam yang sangat menarik dan membuat para pengunjung merasa nyaman.

Pengunjung bisa menikmati nuansa alam yang disajikan sambil berwisata kuliner maupun belanja. The Breeze jelas mengusung konsep tempat wisata belanja yang tidak hanya sebatas bangunan gedung, namun menawarkan tempat yang nyaman untuk merilekskan diri.

Lokasi: Jl. BSD Grand Boulevard, Sampora, Kec. Cisauk, Kota Tangerang.

BACA:  15 Tempat Wisata di Rangkasbitung Lebak Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

7. Kandank Jurank Doank

Kandank Jurank Doank

Image Credit: Gatra.com

Kandank Jurank Doank merupakan tempat wisata edukasi yang bisa dijankau oleh semua kalangan masyarakat. Tempat wisata ini didirikan oleh Dik Doank atas keprihatinannya terhadap pendidikan para penerus bangsa, dan alam merupakan tempat yang baik untuk mengenali potensi anak-anak.

Dengan mengunjungi Kandank Jurank Doank, anak-anak berkesempatan untuk mendapatkan berbagai jenis pembelajaran yang menyenangkan. Anak-anak akan belajar cara menanam padi, melatih ketangkasan melalui outbound, dan banyak permainan edukatif lainnya yang diajarkan di alam terbuka.

Lokasi: Kompleks Alvita Blok Q No. 14, Sawah Baru, Ciputat, Sawah Lama, Kec. Ciputat, Kota Tangerang Selatan.

8. Kampung Dongeng Indonesia

Kampung Dongeng Indonesia

Image Credit: Abouttng.com

Lokasi wisata yang satu ini juga cocok untuk membangun karakter anak-anak melalui nilai kehidupan yang disampaikan dengan mendongeng. Penggunaan metode pembelajaran seperti ini jelas akan disukai anak-anak karena mudah dimengerti oleh mereka.

Para pendongeng profesional menyampaikan cerita mereka dengan cara yang menarik seperti dengan menirukan suara binatang yang dilengkapi dengan suara latar untuk menambah keseruan cerita. Banyaknya manfaat yang bisa didapatkan di tempat wisata edukatif ini membuat banyak orangtua berbondong-bondong mengajak buah hati mereka kemari.

Lokasi: Jl. Musyawarah No. 99, RT 04 / RW 01, Sawah Lama, Kec. Ciputat, Kota Tangerang Selatan.

9. Upside Down World

Upside Down World

Image Credit: Youtube.com (Wisata Jabodetabek)

Lokasi wisata di Kota Tangerang Selatan yang satu ini cocok bagi Anda yang menyukai seni fotografi karena menyajikan tempat-tempat yang bisa Anda gunakan untuk menghiasi beranda akun media sosial Anda.

Dari namanya saja sudah jelas bahwa tempat yang satu ini memiliki ruangan yang terbalik. Hal inilah yang membuat tempat ini sangat unik dan menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung terutama para anak muda.

Lokasi: Jl. Alam Sutera Boulevard No.5-6, Pakulonan, Kec. Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan.

10. Klenteng Boen Hay Bio

Klenteng Boen Hay Bio

Image Credit: Medium.com

Tempat peribadatan yang satu ini juga bisa menjadi salah satu pilihan Anda untuk melepas penat dengan menapaki kembali jejak kebudayaan Tionghoa di Kota Tangerang Selatan. Ciri khas klenteng ini terletak pada patung kepiting yang menempel di atas bangunan.

Seperti bangunan klenteng pada umumnya, Klenteng Boen Hay Bio yang dalam bahasa Indonesia berarti Samudera Tak Terbatas ini didominasi dengan warna merah lengkap dengan ornamen khas Tionghoa. Selain menjadi peninggalan bersejarah, tempat ini juga menjadi tujuan wisata religi yang menarik.

BACA:  10 Taman Keren di Tangerang untuk Mengisi Akhir Pekan

Lokasi: Jl. M Arohim No.45, Cilenggang, Kec. Serpong, Kota Tangerang Selatan.

11. The Flavor Bliss

The Flavor Bliss

Image Credit: Twitter.com @Abouttng

Bagi Anda penggemar kuliner, The Flavor Bliss adalah objek wisata kuliner yang wajib Anda kunjungi. Lokasi ini dibungkus dalam konsep modern yang menjadi magnet tersendiri bagi penggemar wisata kuliner.

Pengunjung bisa menikmati berbagai hidangan khas dari dalam negara maupun manca negara seperti japanese food, chinese food, dan masih banyak lagi.

Lokasi: Jl. Alam Sutera Boulevard, Pakulonan, Kec. Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan.

12. Kampung Konservasi Rimbun

Kampung Konservasi Rimbun

Image Credit: Metrotangsel.com

Penat dengan hiruk pikuk kota? Kampung Konservasi Rimbun bisa menjadi pilihan Anda untuk melepas penat. Lokasi ini mengusung konsep ekowisata dengan berbagai jenis kegiatan di alam terbuka.

Di sini pengunjung akan belajar bagaimana cara bercocok tanam sambil mengenal aspek-aspek yang berkaitan dengan konservasi alam, sosial budaya, dan masyarakat lokal.

Lokasi: Jl. Haji Jamat No.11, Ciater, Serpong, Ciater, Kec. Serpong, Kota Tangerang Selatan.

13. Patriot Paintball Sport Alam Sutera

Patriot Paintball Sport Alam Sutera

Image Credit: Business.google.com

Jika Anda menginginkan sensasi bermain paintball seperti perang sungguhan, Anda bisa mengunjungi Patriot Paintball Sport Alam Sutera. Lokasi yang digunakan pun sangat luas lengkap dengan beragam ornamen seperti bangkai helikopter dan mobil, tong, dan ban bekas.

Bersama dengan keluarga, teman, maupun rekan kerja, Anda bisa menikmati keseruan bermain paintball di tempat yang satu ini.

Lokasi: Jl. Alam Sutera Boulevard, Pakulonan, Kec. Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan.

14. Scientia Square Park

Scientia Square Park

Image Credit: Liburananak.com

Lokasi wisata ini bisa menjadi pilihan untuk mengisi kegiatan liburan anak-anak di ruang terbuka. Di tempat ini anak-anak bisa mencoba beragam jenis mainan yang belum pernah mereka coba sebelumnya seperti ayunan pendulum, kolam yang bisa mengeluarkan uap air, dan sebagainya.

Selain area playground, Anda juga bisa membawa anak Anda untuk berkeliling di Butterfly Park untuk melihat beragam jenis kupu-kupu yang sudah jarang sekali terlihat di area Kota Tangerang Selatan.

Lokasi: Jl. Scientia Boulevard, Curug Sangereng, Kec. Kelapa Dua, Kota Tangerang.

15. Tandon Ciater

Tandon Ciater

Image Credit: Detaktangsel.com

Tandon Ciater merupakan tempat wisata baru di Kota Tangerang Selatan. Namun sebenarnya area wisata ini adalah danau buatan yang berfungsi untuk menampung air.

Karena merangkap sebagai tempat wisata, banyak fasilitas yang disediakan seperti tempat beribadah, pusat jajanan, lintasan lari, dan fasilitas pendukung lainnya.

Lokasi: Jl. Widya Kencana Ciater, Buaran, Kec. Serpong, Kota Tangerang Selatan.

Itulah 15 tempat wisata di Kota Tangerang Selatan yang bisa Anda jadikan pilihan untuk menghabiskan akhir pekan maupun melepas penat dari kesibukan kota. Banyaknya referensi tempat wisata di atas tidak akan membuat Anda kebingungan untuk menentukan tempat mana yang ingin Anda kunjungi.