10 Taman Keren di Tangerang untuk Mengisi Akhir Pekan

Taman Keren Tangerang

Ada kalanya, Anda membutuhkan momen melepas penat di tempat terbuka, sembari mendekatkan diri dengan alam. Untungnya, dewasa ini semakin banyak pembangunan taman di tengah-tengah kota yang digalakkan untuk memenuhi tuntutan masyarakat akan ruang hijau terbuka.

Berbicara tentang refreshing, salah satu opsi untuk melepaskan penat adalah dengan melewatkan waktu di taman. Entah itu sekadar untuk melihat-lihat dan bersantai, atau mungkin berfoto-foto ria. Bagi Anda yang berdomisili di kota Tangerang, Anda dapat berkunjung ke taman-taman keren berikut ini baik sendiri maupun bersama keluarga Anda.

1. Taman Potret

Taman Potret

Image Credit: Wisatanegeri.com

Sejak diresmikannya taman ini pada awal 2015 silam, taman yang berdiri di atas tanah seluas lima hektar ini selalu ramai pengunjung. Jika Anda ingin berkunjung ke taman ini, Anda tidak perlu khawatir tentang akses menuju tempatnya. Taman Potret terletak di daerah perkotaan, sehingga akses menuju lokasi tidaklah susah.

Lalu, apa saja yang ada di dalam taman Potret ini? Ada beragam replika yang dipamerkan di taman ini; seperti  patung wanita menari, replika kapal Pinisi, serta tulisan I Love TNG yang bisa juga dibaca I Love Tangerang (Saya cinta Tangerang).

Penataan yang apik serta aneka tumbuhan yang terawat menjadi daya tarik tersendiri taman ini. Bagi Anda yang ingin bersantai di ruang hijau terbuka, tidak ada salahnya untuk menghabiskan waktu di sini. Anda juga bisa jajan di kawasan Pasar Jajanan Taman Potret yang menyajikan berbagai macam makanan.

Lokasi: Babakan, Kec. Tangerang, Kota Tangerang.

2. Scientia Square Park

Scientia Square Park

Image Credit: Hipwee.com

Jika Anda ingin refreshing di taman yang memungkinkan Anda untuk melakukan berbagai aktivitas, Anda bisa datang ke Scientia Square Park. Walau akses menuju lokasi taman ini tidak semudah taman-taman yang akan disebutkan nanti, namun Anda bisa melakukan banyak hal di taman ini.

Misalnya saja, bermain skateboard, menaiki wahana motor cross, atau menjajal wall climbing. Di taman ini, Anda juga bisa melihat kupu-kupu yang dirawat, areal persawahan, bahkan bercengkerama dengan kelinci dan ikan-ikan koi. Zona playground juga tersedia untuk anak-anak.

Selain dipenuhi dengan wahana-wahana seru, Scientia Square Park juga menyediakan foodcourt, lengkap dengan restoran fast-foodnya. Ada juga fasilitas pelatihan inline skate dan wushu bagi pengunjung yang ingin mahir di dua jenis olahraga tersebut.

BACA:  15 Tempat Wisata di Cilegon Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Lokasi: Jl. Scientia Boulevard, Curug Sangereng, Kec. Kelapa Dua, Kec. Tangerang.

3. Taman Bambu

Taman Bambu

Image Credit: Travelspromo.com

Meningkatnya minat masyarakat terhadap kawasan pariwisata yang natural tentu akan mendorong pemerintah membuat taman-taman baru di tengah kota. Setelah Taman Potret pada tahun 2015, Tangerang memiliki satu kawasan wisata baru, yaitu Taman Bambu atau Bamboo Park.

Mengusung tema serba bambu, taman ini merupakan spot yang ciamik untuk bersantai apalagi jika Anda memutuskan untuk datang pada malam hari. Anda akan disambut oleh pernak-pernik serba bambu di sana, dan tidak lupa, banyak lampion-lampion cantik yang tergantung. Hal ini menjadikan lokasi refreshing ini sangat Instagrammable.

Selain itu, karena Taman Bambu ini sebenarnya adalah kawasan eduwisata, Anda akan dapat menemukan beragam ornamen seni yang dibuat oleh para seniman Tangerang. Salah satunya adalah patung berbentuk lenggang Cisadane yang memiliki tinggi sekitar dua meter.

Tak lupa ada patung perahu bambu, lalu patung manusia dengan pose mengayuh sepeda, serta ada bentukan rumah yang juga terbuat dari bambu. Area taman yang dipenuhi oleh berbagai macam pohon bambu membuat taman menjadi rindang dan berudara sejuk. Hal inilah yang juga membuat Taman Bambu menarik minat banyak pengunjung.

Lokasi: Babakan, Kac. Tangerang, Kota Tangerang.

4. Taman Pramuka

Taman Pramuka

Image Credit: Bersapedahan.wordpress.com

Selain membangun kota di segi ekonomi, rupanya pemerintah kota Tangerang serius untuk memberikan pelayanan terbaik di bidang pariwisata bagi para warganya. Setelah Taman Bambu dan Taman Potret, kini ada pula Taman Pramuka.

Jika Anda datang ke sini bersama putra-putri Anda, maka Taman Pramuka adalah tempat yang pas. Di taman ini ada berbagai fasilitas permainan anak-anak seperti perosotan, ayunan, dan kuda-kudaan. Tersedia pula saung untuk duduk santai.

Hal yang berbeda di Taman Pramuka adalah, taman ini bisa digunakan sebagai lokasi camping. Namanya saja, Taman Pramuka. Selain itu, Taman Pramuka ini pada nantinya akan  dikembangkan menjadi taman yang dapat mengakomodasi kegiatan kepramukaan lainnya. Area-area diskusi juga didirikan untuk menunjang kebermanfaatan taman ini.

Lokasi: Jl. Daan Mogot, Sukaasih, Kec. Tangerang, RT.001/RW.003, Sukaasih, Kec. Tangerang, Kota Tangerang.

BACA:  13 Wisata Kuliner di Tangerang yang Enak & Wajib Anda Coba

5. Taman Gajah Tunggal

Taman Gajah Tunggal

Image Credit: Marjanotmorenot.blogspot.com

Akhir-akhir ini banyak sekali pihak yang menggemborkan semangat untuk semakin mencintai lingkungan. Salah satu slogan yang sering kita dengar adalah reuse, reduce, recycle. Nah, keberadaan Taman Gajah Tunggal di kota Tangerang ini adalah jawaban yang dapat menyadarkan kita bahwa barang-barang yang direcycle bisa dijadikan karya yang menarik.

Begitu memasuki taman ini, Anda akan disambut oleh patung gajah hitam yang berdiri dengan mengangkat satu kakinya. Namun bukan ini yang mendasari penamaan taman ini sebagai Taman Gajah Tunggal. Taman ini merupakan kontribusi dari perusahaan PT. Gajah Tunggal yang berlokasi di Tangerang, yang ditujukan untuk program Corporate Social Responsibility.

Hal spesial dari taman ini adalah pemanfaatan ban yang didaur ulang untuk selanjutnya digunakan sebagai bahan utama pembuatan ornamen di taman tersebut. Selain itu, seperti taman-taman lain, Anda juga dapat menemukan spot foto yang bagus di sini, salah satunya adalah di pagar pembatas sungai Cisadane.

Lokasi: Jl. Perintis Kemerdekaan I No.1, Babakan, Kec. Tangerang, Kota Tangerang.

6. Taman KunCi (Kupu-kupu dan Kelinci)

Taman KunCi (Kupu-kupu dan Kelinci)

Image Credit: Belajarcerita.com

Taman KunCi adalah kawasan eduwisata lain yang ada di kota Tangerang. Salah satu taman tematik di Kota Tangerang ini menawarkan suasana asri ruang terbuka hijau di tengah kawasan perkotaan. Seperti yang sudah dicerminkan melalui namanya, di taman ini Anda bisa bersantai sembari melihat-lihat hewan, misalnya kelinci.

Destinasi wisata ini bisa Anda pilih untuk melepas penat setelah seminggu bekerja, atau untuk menghabiskan waktu bersama keluarga Anda. Terlebih apabila Anda memiliki putra-putri yang masih kecil, dengan berkunjung ke taman ini, Anda bisa memperkenalkan dunia fauna kepada buah hati Anda.

Selain kandang kelinci, di tengah-tengah taman Anda bisa melihat bangunan berbentuk dome yang merupakan tempat kupu-kupu berada. Dengan beragam warna sayap yang indah, tentu Anda akan betah berlama-lama berdiri di dekat dome kupu-kupu ini.

Lokasi: Babakan, Kec. Tangerang, Kota Tangerang.

7. Taman Prestasi

Taman Prestasi

Image Credit: Wisatasia.com

Berlokasi di dekat alun-alun Kota Tangerang, Taman Prestasi menyediakan area yang difungsikan sebagai ruang terbuka hijau. Bersama dengan taman lain, taman ini difungsikan sebagai paru-paru kota. Sehingga, taman ini sangat cocok untuk Anda yang ingin bersantai di bawah pohon yang rindang.

BACA:  10 Wisata Kuliner di Serang yang Enak & Wajib Anda Coba

Seringkali Anda juga akan menemukan anak-anak dan remaja yang bermain, berdiskusi, atau berolahraga di taman ini. Hal ini dikarenakan taman ini terletak di dekat kawasan sekolah. Namun, jangan salah, jika Anda ingin bersantai, tempat ini juga cocok dijadikan tempat bersantai.

Lokasi: Jl. Jend. Ahmad Yani, RT.002/RW.001, Sukarasa, Kec. Tangerang, Kota Tangerang.

8. Cisadane River Walk

Cisadane River Walk

Image Credit: Jejakdara.blogspot.com

Sebagai salah satu kota yang dilalui oleh aliran sungai Cisadane, Tangerang tak menyia-nyiakan kesempatan ini untuk menjadikan daerah pinggir sungai sebagai daerah ekowisata. Salah satunya adalah didirikannya Cisadane River Walk ini.

Dilengkapi dengan jalur pedestrian, tempat duduk, area permainan, dan spot-spot kuliner, Cisadane River Walk ini pantas dijadikan rujukan taman sebagai tempat refreshing. Terdapat juga bangunan menara dan meriam yang mengingatkan pengunjung tentang sejarah masa lalu kota Tangerang.

Lokasi: Jl. Kelapa Sawit Timur No. 4 Gading Serpong Tangerang SMA Pahoa, Pakulonan Barat, Kec. Tangerang, Kota Tangerang.

9. Cisadane Flying River Deck

Cisadane Flying River Deck

Image Credit: Kompas.com

Tak jauh dari Cisadane River Walk, Anda akan menemukan spot ini. Tempat ini adalah suatu anjungan yang dibentuk seolah-olah mengapung di sungai. Area river deck ini banyak digemari oleh pengunjung karena mereka bisa berfoto-foto di atasnya.

Terlebih lagi, di Cisadane Flying River Deck ini, ditemukan pilar-pilar warna-warni yang semakin memikat pengunjung untuk tetap berada di lokasi ini. Wah, ternyata daerah pinggiran sungai pun bisa dijadikan tempat wisata yang bagus, ya!

Lokasi: Pakulonan Barat, Kec. Kelapa Dua, Kota Tangerang.

10. Taman Elektrik

Taman Elektrik

Image Credit: Tangerangnews.com

Taman tematik yang diresmikan pada pertengahan awal 2019 ini menyajikan ornamen-ornamen pohon elektrik yang dihiasi lampu warna-warni. Memang, hiasan taman seperti ini semakin populer dan banyak digunakan di berbagai kota di Indonesia. Selain itu, taman ini juga dipenuhi dengan pencahayaan warna-warni sehingga banyak orang meluangkan waktunya di sini.

Air mancur yang beralaskan karet menjadi spot bermain favorit anak-anak di taman ini. Untuk pengunjung dewasa, Anda bisa duduk-duduk santai di atas rumput sintetis yang disediakan di Taman Elektrik ini.

Lokasi: Sukaasih, Kec. Tangerang, Kota Tangerang.

Nah, itulah 10 rekomendasi taman di Kota Tangerang yang bisa Anda kunjungi baik di hari biasa maupun akhir pekan. Anda bisa sekadar berjalan-jalan di taman ataupun duduk-duduk bersama orang tersayang.