Harga Tiket: Rp 20.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Singkup, Kec. Pasawahan, Kab. Kuningan, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Waktu liburan merupakan hari untuk menghabiskan waktu bersama dengan keluarga mau pun pasangan, entah itu dalam bentuk ketenangan atau pun kesenangan. Salah satu rekomendasi yang dapat dijadikan untuk menghabiskan masa liburan adalah destinasi Wisata Cipaniis Kuningan. Destinasi yang sangat terkenal dengan pesona panorama alam yang indah.

Nama wisata di Kuningan ini memiliki arti yang sama dengan pesona alam yang disajikan. Kata “cipaniis” berarti air yang mendinginkan. Wisata ini menghadirkan aliran sungai yang jernih, segar, dan mendinginkan. Paduan dengan banyaknya hutan pinus membuat suasana memiliki kesan yang sejuk dan menenangkan fikiran.

Wisata Cipaniis memberikan sensasi nyaman untuk para wisatawan yang datang. Kebanyakan pengunjung yang datang dari kalangan orang tua, orang dewasa, anak-anak muda, anak-anak kecil, sampai balita. Wisata ini banyak dipadati pengunjung pada hari libur. Oleh karena itu, banyak yang berenang dan berpiknik dengan keluarga di bawah pohon pinus.

Daya Tarik yang Dimiliki Wisata Cipaniis

Daya Tarik Wisata Cipaniis
Image Credit: Google Maps Anton Salehhidayat

Kota Cirebon tidak berhenti menjadi pusat daya tarik wisata alam, pengunjung wisatawan banyak yang berdatangan ke Cirebon hanya menikmati waktu liburan mereka. Salah satu yang menjadi pengikat pengunjung adalah Wisata Cipaniis. Tempat ini adalah destinasi terkenal untuk berlibur bersama keluarga. Inilah daya tariknya:

1. Pemandangan Alam yang Mempesona

Wisata ini memancarkan panaroma alam yang sangat indah. Pemandangan khas pegunungan yang dipenuhi dengan pepohonan pinus menambah kesejukan udara di sini. Keelokan dari tampilan yang disuguhkan kaki Gunung Ciremai menambah kecantikan dari alamnya.

Tempat ini memiliki aliran air seperti sungai yang tidak terlalu deras. Airnya pun sangat jernih, sehingga pengunjung akan tidak sabar untuk berenang dan bermain air di wisata ini. Selain itu, air ini juga sebagai daya sumber mata air yang dimiliki oleh penduduk sekitar.

2. Memiliki Sumber Mata Air yang Jernih

Air yang berasal dari Gunung Ciremai memberikan kejernihan dan kemurnian asli dari kualitas air di Wisata Cipaniis. Bahkan penduduk sekitar banyak yang meminum sumber mata air ini secara langsung. Pengunjung biasanya hanya menikmatinya dengan berenang dan bermain air di area aliran air. Aliran air ini hanya memiliki kedalaman setengah meter sampai 2 meter saja.

3. Pemandangan Sunset yang Indah

Bagi pengunjung yang berniat camping di Gunung Ciremai ini, pastinya akan merasakan keindahan sunset di puncak gunung. Bahkan dari wisata ini, pemandangan sunset juga terlihat. Kebanyakan hutan pinus yang ada tidak terlalu rimbun, sehingga orang bisa melihat pemandangan luar pegunungan.

Image Credit: Google Maps Subeni beni

4. Memiliki Banyak Wahana Permainan

Wisata Cipaniis juga menyediakan berbagai wahana untuk anak-anak mau pun orang dewasa. Wahana-wahana ini seperti flying fox, panjat tali, jembatan goyang, dan lain sebagainya. Permainan ini untuk melatih anak-anak agar berani ketika berada di alam bebas.

5. Tempat yang Cocok untuk Liburan

Wisata ini sangat rekomendasi sekali untuk Anda yang ingin berkumpul bersama teman, keluarga, dan pasangan yang hanya sekedar bersenang-senang. Tempat ini bagaikan taman alami yang berada di pegunungan dengan keindahan yang mampu membuat banyak orang terpesona.

Selain itu, bagi pecinta petualangan alam juga bisa datang ke lokasi ini dengan menikmati petualangan Gunung Ciremai sekaligus bercamping di area tersebut.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Wisata Cipaniis
Image Credit: Google Maps Solihati

Wisata ini menghadirkan kecantikan alami untuk para pengunjung. Pengunjung yang ingin datang ke Wisata Cipaniis Kuningan dapat datang ke Desa Paniis, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Anda dapat menaiki transportasi kendaraan roda dua mau pun roda empat.

Selama perjalanan pengunjung akan disajikan dengan pemandangan alam pegunungan. Medan yang ditempuh tidak terlalu sulit, hanya banyak lika liku jalan dan beberapa yang berlubang. Namun, pengunjung harus tetap berhati-hati. Untuk dapat ke sana hanya menempuh jarak sekitar 30 km dengan waktu tempuh 1 jam dari Kota Cirebon.

Karena kawasan Wisata Cipaniis sudah cukup terkenal, sangat mudah sekali untuk menemukannya. Pengunjung yang ingin datang ke sini bisa melewati rute dengan penunjuk jalan yang ada di mana-mana. Terdapat patokan pohon pinus di pinggir jalan dengan tulisan yang mengarahkan pengunjung ke wisata ini.

Jika masih bingung pengunjung bisa menemukannya di Goggle Maps atau tanya ke warga sekitar. Pastinya perjalanan Anda akan terasa mudah dan menyenangkan. Hal yang perlu diperhatikan adalah pengunjung jangan berbicara hal-hal kotor dan membuang sampah sembarangan pada tempat ini.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Wisata Cipanis
Image Credit: Google Maps Iwan Purwana

Wisata ini sudah memiliki sertifikat resmi dari pemerintah setempat sebagai tempat wisata dan patut untuk dijaga kelestarian alamnya. Pengunjung yang ingin ke Wisata Cipaniis, bisa membayar uang sebesar Rp 20.000 per orang untuk dewasa dan Rp 15.000 untuk anak-anak.

Untuk biaya tambahannya, pengunjung hanya dikenakan biaya parkir sesuai dengan kendaraan yang dipakai. Tempat ini juga menyediakan penitipan helm dengan biaya Rp 1.000. Jadi pengunjung tidak perlu khawatir helm Anda akan dicuri. Dengan biaya yang hanya sedikit, keluarga Anda sudah bisa menikmati wisata liburan di tempat yang indah ini.

Jam operasional buka tutup wisata ini pada pukul 07.00 sampai 17.00 WIB, namun apabila pengunjung yang berniat camping atau pun berpetualang bisa melaporkan hal tersebut ke petugas wisata.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Wisata Cipaniis

Aktivitas di Wisata Cipaniis
Image Credit: Facebook Kuningan Repost

Wisata ini dirancang khusus untuk para keluarga yang ingin menikmati waktu liburan dengan menyenangkan dan tenang. Oleh karena itu, banyak sekali perlengkapan yang memenuhi tempat ini. Sehingga pengunjung bisa menghabiskan waktu liburan di Wisata Cipaniis Kuningan. Inilah kegiatan yang sering dilakukan:

1. Berenang dan Bermain Air

Pengunjung dari kalangan dewasa hingga anak-anak bisa mencoba sensasi berenang di air yang jernih dan sejuk. Kedalaman air yang hanya sampai 2 meter dan tidak terlalu derasnya aliran dapat dicoba anak-anak sambil bermain air. Pastinya akan membuat hati senang.

2. Berpiknik dengan Orang Terdekat

Wisata alam yang sejuk dan tenang disertai dengan banyaknya pohon pinus sehingga tidak terkena sinar matahari adalah tempat yang cocok untuk berpiknik. Pengunjung dapat menghabiskan makanan dari rumah di Wisata Cipaniis. Selain itu, bercerita dengan teman di tempat ini juga sangat mengasyikkan.

3. Bermain dengan Berbagai Wahana

Tempat ini menyediakan wahana permainan untuk para pengunjung yang ingin menguji keberanian para anak-anak. Anak-anak akan merasa senang karena bisa bermain di alam dengan asyik dan menambah pengalaman mereka.

4. Berfoto-Foto

Ada banyak tempat yang bisa dijadikan spot foto para pengunjung, yaitu pemandangan pohon-pohon pinus, aliran sumber mata air yang jernih, wahana-wahana permainan, dan tempat foto yang telah disediakan dapat menambah kecantikan dari foto kamera Anda. Pastinya foto-foto Anda sangat layak untuk dipamerkan ke akun media sosial.

Aktivitas Menarik di Wisata Cipaniis
Image Credit: Google Maps Ummu Fadli

5. Camping

Wisata Cipaniis bisa dijadikan area camping, pengunjung yang suka menjelajah di pegunungan. Gunung Ciremai bisa menjadi tempat yang bisa dicoba. Pemandangan malam dari pegunungan sangat indah, dari atas bisa terlihat lampu-lampu yang dipancarkan dari pemukiman warga. Jika langit cerah, kerlap kerlip bintang akan terlihat jelas.

6. Berpetualang

Tidak hanya untuk orang dewasa saja yang diperbolehkan berpetualang, anak-anak pramuka juga diperbolehkan untuk berpetualang di tempat ini. Namun, harus tetap diawasi oleh para Pembina. Tempat ini juga biasa dijadikan kegiatan ekstrakulikuler sekolah di Kuningan.

7. Menelusuri Wisata dengan Sepeda

Pengunjung dan penduduk bisa melakukan olahraga sepeda gunung di tempat ini. Jalanan yang tidak terlalu sulit dan pemandangan yang indah bisa membuat badan menjadi sehat dengan melakukan olahraga yang ringan.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Wisata Cipanis
Image Credit: Google Maps Teti Lisnawati

Wisata Cipaniis merupakan destinasi yang banyak sekali dikunjungi para wisatawan lokal. Jadi, sudah tak heran jika fasilitas yang disediakan sudah cukup banyak, apalagi tempat ini sangat dijaga perawatan dan kebersihannya. Fasilitas yang ditambahkan berguna untuk memberikan kenyamanan dan kesan keindahan untuk para pendatang ke tempat ini.

Fasilitas yang telah mendukung wisata ini berupa wahana permainan seperti flying fox, jembatan goyang, panjat tali, perusutan, ayunan, dan lain sebagainya. Terdapat juga tempat parkir, toilet dan ruang ganti, mushola, dan warung penjual makanan. Pengunjung banyak yang puas dengan fasilitas pendukung yang disediakan oleh petugas wisata setempat.

Selain itu, terdapat juga fasilitas pelengkap lainnya seperti penyewaan pelampung ban, tempat duduk, penyewaan tikar, penyewaan tenda camping, penyewaan sepeda, dan spot-spot foto yang dibuat dengan cantik. Hal inilah yang menambah kesenangan untuk para pengunjung, karena semua yang dibutuhkan telah tersedia di wisata ini.

Itulah beberapa hal yang menarik dari Wisata Cipaniis di Kuningan, wisata ini bisa menjadi rekomendasi untuk Anda sebagai tempat liburan keluarga atau pun dengan orang yang dicintai. Selain itu, ada banyak kegiatan yang dilakukan dan fasilitas yang disediakan sudah cukup lengkap dan memadai. Semoga dapat memberikan manfaat.