Kota Tua selalu menjadi destinasi populer bagi wisatawan yang berkunjung ke Jakarta. Inilah rekomendasi spot wisata di Kota Tua, Jakarta yang populer dan kekinian layak masuk dalam list tujuan liburan Anda selanjutnya.

Kawasan Kota Tua menjadi satu tempat yang seolah tak pernah sepi oleh wisatawan, baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Di tengah modernisasi ibukota, Kota Tua tetap bertahan menghadirkan suasana yang berbeda serta menyimpan banyak cerita sejarah. Ada banyak spot wisata yang sangat direkomendasikan saat Anda datang ke sudut ibukota ini.

Kota Tua selalu menjadi tempat terbaik bagi para wisatawan yang ingin berwisata sejarah. Ada banyak bangunan dan peninggalan sejarah yang dipertahankan sebagaimana aslinya. Bangunan-bangunan tersebut kebanyakan sudah berubah menjadi museum yang pastinya bisa dikunjungi.

Selain belajar sejarah dengan mengunjungi museum, banyak juga yang datang ke Kota Tua untuk berburu foto. Ini karena ada banyak spot yang menarik untuk dijadikan objek wisata. Ada pula berbagai aktivitas menarik lain yang bisa Anda lakukan di beberapa spot wisata yang ada di Kota Tua Jakarta.

1. Museum Fatahillah

Museum Fatahillah
Image Credit: Indonesiakaya.com

Museum Fatahillah adalah ikon dari kawasan wisata Kota Tua Jakarta. Tidak hanya menjadi tujuan wisata sejarah, Anda juga bisa melakukan berbagai aktivitas menarik di sini seperti fotografi, bersantai, menikmati kuliner sekitar dan masih banyak lainnya.

Arsitektur bangunan khas Eropa dan mirip dengan Istana Dam di Amsterdam menjadi daya tarik yang selalu dicari para pecinta fotografi. Di bagian dalam ada puluhan ribu benda koleksi sejarah, baik yang asli maupun replika yang bisa menjadi sumber pembelajaran sejarah. Tidak heran jika musim liburan tiba, banyak siswa-siswa dari berbagai sekolah yang dating berkunjung ke museum ini.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Taman Fatahillah No.1, Pinangsia, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta.

2. Taman Fatahillah

Taman Fatahillah
Image Credit: Google Maps (Wendimas Adhitya)

Masih dari area Museum Fatahillah, kali ini beralih ke bagian luarnya, yaitu Taman Fatahillah yang berada tepat di depan museum. Tempat ini juga menjadi satu spot wisata di Kota Tua Jakarta yang sangat difavoritkan para wisatawan.

Konon, di masa kolonial Belanda, taman ini adalah alun-alun yang luas. Meskipun saat ini sudah tidak seluas dulu, spot ini tetap menjadi daya tarik bagi para wisatawan. Anda bisa menyewa sepeda atau topi lebar yang disewakan di sekitar taman ini. Spot ini juga menjadi spot favorit para pengunjung untuk berfoto.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Lada Dalam No.7, Pinangsia, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta.

3. Museum Bank Indonesia

Museum Bank Indonesia
Image Credit: Google Maps (Bismar Eduard)

Berkunjung ke Kota Tua rasanya belum lengkap jika tidak mengunjungi museum-museum yang ada di kawasan ini. Salah satunya ada Museum Bank Indonesia, museum yang paling sering dikunjungi wisatawan yang tertarik dengan sejarah perbankan di negeri ini.

Di dalam museum ini pengunjung bisa belajar tentang sejarah dan peran Bank Indonesia serta perjalanan perbankan dan perjalanan sistem pertukaran uang di Indonesia. Sama dengan kebanyakan gedung di kawasan Kota Tua, bangunan ini juga memiliki arsitektur yang megah dan khas arsitektur Eropa.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Lada 3, RT.3/RW.6, Pinangsia, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta.

4. Museum Wayang

Museum Wayang Indonesia
Image Credit: Instagram.com @wideyal

Selanjutnya ada Museum Wayang, spot di Kota Tua Jakarta yang paling tepat untuk belajar tentang kebudayaan Indonesia, terutama wayang. Di museum ini Anda bisa belajar dan melihat berbagai koleksi wayang dari berbagai jaman.

Tidak hanya koleksi wayang dari Nusantara saja yang dipajang di dalam museum ini. Ada pula koleksi wayang dari berbagai negara lain yang bisa Anda lihat dan pelajari. Jadi, bagi pecinta sejarah dan budaya, destinasi wisata ini memang layak masuk list kunjungan Anda.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pintu Besar Utara No.27 Pinangsia, RT.3/RW.6, Kota Tua, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta.

5. Museum Seni Rupa dan Keramik

Museum Seni Rupa dan Keramik
Image Credit: Kompas.com

Kawasan Kota Tua Jakarta ini menjadi tempat yang tepat jika ingin belajar tentang sejarah. Berbagai jenis museum bisa ditemukan disini, termasuk satu diantaranya adalah Museum Seni Rupa dan Keramik ini.

Museum ini menyajikan beragam koleksi keramik serta berbagai seni rupa lain. Karya seni rupa dan keramik yang dipamerkan di dalam museum ini tidak hanya koleksi yang berasal dari Indonesia saja, namun juga dari negara lain.

Di museum ini Anda tidak hanya belajar tentang perkembangan kesenian Indonesia saja. Anda juga bisa sekaligus belajar cara membuat gerabah. Ada Studio Gerabah yang menyediakan pelatihan membuat gerabah di museum ini.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pos Kota No.2, Pinangsia, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta.

6. Café Batavia

Café Batavia
Image Credit: Google Maps (Din Neo)

Kalau Anda sudah lelah menjelajah berbagai museum yang ada di kawasan Kota Tua Jakarta ini, ada satu lokasi yang menjadi objek kunjungan favorit, yaitu Café Batavia. Namanya juga café, tentu menyediakan berbagai menu yang menggugah selera untuk pelanggannya.

Namun, bukan hanya itu saja daya tarik café yang berada di kawasan Kota Tua ini. Café ini memiliki arsitektur vintage yang begitu kental khas arsitektur kolonial. Karena itulah café ini juga sering menjadi lokasi photoshoot.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pintu Besar Utara No.14, Pinangsia, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta.

7. Toko Merah

Toko Merah
Image Credit: Kumparan.com

Tak lengkap rasanya mengeksplor Kota Tua Jakarta jika belum mengunjungi Toko Merah. Seperti namanya, toko ini didominasi dengan warna merah menyala yang membuat siapapun yang berkunjung akan mengalihkan pandangannya ke bangunan ini.

Arsitektur bangunan ini juga khas bangunan kolonial dengan ciri jendela-jendelanya yang berukuran besar. Tempat ini memiliki sejarah panjang dan pernah berkali-kali berganti kepemilikan.

Saat ini bangunan ini difungsikan untuk tempat konferensi, pameran seni dan pertunjukan. Tempat ini memang tidak dibuka untuk umum. Namun, Anda tetap bisa mengabadikannya dengan berfoto di bagian luar bangunan.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kali Besar Barat No. 11, Pinang Siang No.3, Roa Malaka, Kec. Tambora, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta.

8. Jembatan Kota Intan

Jembatan Kota Intan
Image Credit: Google Maps (Andre Mehong)

Jembatan Kota Intan ini merupakan salah satu lokasi favorit wisatawan yang berkunjung ke Kota Tua Jakarta. Jembatan yang dibangun tahun 1628 ini adalah jembatan tertua di Indonesia. Jembatan gantung yang dibangun oleh VOC ini pun masih kokoh hingga kini dan menjadi ikon sejarah di Kota Tua Jakarta.

Arsitekturnya yang unik dengan gaya vintage khas kolonial menjadi daya tarik yang selalu menarik pengunjung untuk mampir kesini. Desainnya yang unik menjadikan jembatan ini sebagai spot foto favorit pengunjung.

Kebanyakan pengunjung yang datang ke Jembatan Kota Intan memang untuk mengabadikan foto di atas jembatan yang masih kokoh ini. Latar belakang Kota Tua yang identik dengan nuansa kolonial menjadikan alasan mengapa spot ini sangat difavoritkan.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ancol Pademangan, RT.8/RW.7, Pinangsia, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta.

9. Kawasan Kali Besar

Kawasan Kali Besar
Image Credit: Facebook.com @travelergadungandotdom

Ketika berada di Kota Tua Jakarta, tentu tidak akan lengkap jika tidak membahas kawasan Kali Besar. Kali Besar ini mengalir di tengah-tengah Kota Tua dan menjadi saksi bisu berbagai peristiwa bersejarah yang terjadi pada masa itu.

Setelah proses revitalisasi, Kali Besar kemudian diubah dengan penampilan baru yang lebih modern dan pastinya ramah wisatawan. Ada area taman yang luas serta pedestrian terapung yang bisa menjadi tempat untuk Anda menikmati kawasan Kota Tua lebih dekat. Bangunan Toko Merah lokasinya juga dekat dengan kawasan Kali Besar ini.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pinangsia, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta.

10. Pelabuhan Sunda Kelapa

Pelabuhan Sunda Kelapa
Image Credit: Google Maps (Septiana Lestari)

Pelabuhan Sunda Kelapa adalah satu dari sekian banyak peninggalan kolonial yang juga sekaligus menjadi saksi bisu setiap peristiwa bersejarah yang terjadi di Batavia kala itu. Dari pelabuhan inilah Batavia kemudian dikenal luas di mata dunia.

Pelabuhan ini pernah menjadi pusat perdagangan dunia yang ramai pada masa itu. Pelabuhan Sunda Kelapa banyak dikunjungi karena hingga kini wisatawan masih bisa melihat sisa-sisa kejayaan pelabuhan yang berperan penting bagi perekonomian di masa kolonial ini.

Wisatawan yang datang ke pelabuhan ini kebanyakan ingin melihat kapal-kapal Phinisi yang bersandar. Selain itu, jangan lewatkan pemandangan matahari terbenam yang luar biasa cantik dari Pelabuhan Sunda Kelapa ini.

Harga Tiket: Rp 2.500; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Maritim Raya no.8, Penjaringan, Kec. Penjaringan, Kota Jakarta Utara, DKI Jakarta.

11. Stasiun Jakarta Kota

Stasiun Jakarta Kota
Image Credit: Google Maps (Fadila Akbar)

Ini adalah stasiun tertua yang ada di Jakarta. Dibangun pada tahun 1870, stasiun ini saat ini sudah menjadi cagar budaya yang dilindungi dan dilestarikan. Selain menjadi tempat berhentinya si ular besi, stasiun ini juga menyimpan daya tarik yang selalu menarik wisatawan.

Desain dan arsitekturnya yang unik dan khas bangunan kolonial menjadikan Stasiun Jakarta Kota ini wajib dikunjungi. Banyak diantara para pecinta fotografi yang menjadikan stasiun ini sebagai objek bidikan lensa kameranya.

Kalau Anda mau ke kawasan Kota Tua dan menggunakan moda transportasi kereta, Anda harus turun di stasiun ini. Meskipun sudah dijadikan sebagai cagar budaya, stasiun ini masih beroperasi hingga saat ini.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Lada, Pinangsia, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta.

12. Petak Sembilan Pecinan Glodok

Petak Sembilan
Image Credit: Medcom.id

Siapa bilang kawasan Kota Tua hanya identik dengan kolonial? Kawasan Petak Sembilan Pecinan Glodok ini buktinya. Kawasan ini juga menjadi salah satu tempat favorit untuk dikunjungi wisatawan.

Disini Anda bisa merasakan nuansa khas Tiongkok yang begitu kental. Hal tersebut karena kawasan ini memang mayoritas ditinggali oleh etnis Tionghoa. Suasana pecinan semakin terasa karena Anda bisa menemukan banyak klenteng di kawasan ini.

Lokasinya tidak jauh dari Kota Tua Jakarta. Aktivitas yang bisa dilakukan oleh wisatawan yang datang ke kawasan ini adalah berburu kuliner dan berbelanja. Anda bisa melakukan wisata kuliner disini karena Anda bisa menemukan berbagai penjual makanan, baik makanan khas Tiongkok hingga kuliner tradisional bisa ditemukan disini.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kemenangan Raya No.40, RT.5/RW.1, Glodok, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta.

Itu beberapa destinasi wisata di Kota Tua Jakarta yang menjadi spot favorit bagi para wisatawan. Kota Tua ini tidak hanya bisa menjadi destinasi wisata sejarah, namun juga menawarkan daya tarik lain yang tidak akan ditemukan dimanapun.