15 Mall Favorit di Jakarta yang Wajib Anda Kunjungi

Mall Jakarta

Sebagai wilayah ibukota sekaligus pusat kegiatan bisnis, bukan hal asing jika di Jakarta dijumpai banyak pusat perbelanjaan. Selain menyediakan aneka kebutuhan masyarakat, mall juga difungsikan sebagai salah satu tempat refreshing bagi sebagian orang. Mall-mall yang ada di Jakarta hampir tak pernah sepi dari pengunjung yang hilir mudik.

Kota Megapolitan Jakarta mempunyai banyak mall dengan fasilitas dan model bangunan beragam. Setidaknya terdapat 70 lebih pusat perbelanjaan yang berada di Jakarta, tersebar mulai dari penghujung Jakarta Utara hingga Jakarta Selatan. Mall-mall ini pun ada yang sudah terstandar internasional, ada pula yang belum terlalu besar.

Bagi sebagian penduduk Jakarta, mengunjungi mall lazimnya hal biasa. Selain karena mudah ditemukan, bangunan mall yang menjulang tinggi menjadi daya pemikat orang-orang agar mengunjunginya. Namun ada pula yang masih belum tahu pusat perbelanjaan mana saja yang harus dikunjungi. Berikut rekomendasi 15 mall favorit di Jakarta.

1. Lippo Mall Kemang

Lippo Mall Kemang

Image Credit: Facebook.com @Lippokemangvillage

Lippo Mall Kemang lebih dikenal sebagai surganya musik, karena di tempat ini seirngkali diadakan acara live musik. Setiap hari diadakan live musik dengan tema yang berbeda-beda. Misalnya, pada hari Senin dibawakan lagu-lagu dari era 90-an, kemudian pada hari Rabu bertemakan lagu reggae, dan lain-lain.

Di bangunan yang memiliki enam lantai ini terdapat banyak toko dari brand-brand ternama, seperti Victoria Secret, New Look, dan masih banyak lagi. Selain itu, ada pula sejumlah cafe serta bar. Mall ini selalu ramai didatangi oleh pengunjung setiap harinya, baik ketika hari akfit maupun hari libur.

Lokasi: Jl. Pangeran Antasari No.36, RT.11/RW.5, Bangka, Kec. Mampang Prapatan, Kota Jakarta Selatan.

2. Central Park

Central Park

Image Credit: Centralparkjakarta.com

Mall ini terletak di kawasan Jakarta Pusat dan menjadi salah satu pusat perbelanjaan terbesar. Adapun di Central Park tidak hanya terdapat area untuk berbelanja saja, tetapi ada pula kompleks gedung yang terdiri dari apartemen serta area perkantoran. Mall ini pun lokasinya berdekatan dengan dua mall lain yang hanya dipisahkan beberapa bangunan saja.

Salah satu daya tarik utama Central Park yakni keberadaan Taman Tribeca. Banyak anak muda yang menjadikan taman outdoor ini sebagai tempat tongkrongan favorit. Bahkan terdapat area untuk jalan-jalan bersama peliharaan tercinta.

Lokasi: Jl. Letjen S. Parman No.28, RW.6, Tanjung Duren Selatan, Kec. Grogol petamburan, Kota Jakarta Barat.

3. Grand Indonesia

Grand Indonesia

Image Credit: Jakarta-tourism.go.id

Pusat perbelanjaan yang konon disebut-sebut sebagai mall terbesar ini mempunyai total luas sekitar 640.000 m2. Berdiri di atas bangunan setinggi tujuh lantai, Grand Indonesia memiliki lebih dari 400 toko di dalamnya. Selain area perbelanjaan, mall satu ini juga mempunyai galeri seni dan budaya yang memamerkan hasil ciptaan para seniman lokal.

Arsitektur Grand Indonesia didesain agar bisa tampak estetik dan elegan jika dilihat dari dalam maupun luar bangunan. Oleh karena itu, jika Anda masuk ke dalamnya dijamin akan betah berlama-lama. Di dalam mall ini juga terdapat bioskop dan aneka resto ternama yang menjual kuliner beraneka ragam.

BACA:  22 Tempat Makan Enak di Jakarta Favorit Wisatawan

Lokasi: Jl. MH Thamrin No.1, RW.5, Menteng, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat.

4. Thamrin City

Thamrin City

Image Credit: Infopromodiskon.com

Mall satu ini juga terletak di wilayah Jakarta Pusat. Jika dibandingkan dengan mall-mall kelas menangah ke atas pada umumnya, Thamrin City sedikit berbeda. Sasaran konsumen yang dituju oleh pusat perbelanjaan ini lebih bervariasi dari segi kapasitas ekonomi, sehingga produk yang dijual pun relatif lebih terjangkau.

Thamrin City juga menjadi tempat penjualan grosir bagi orang-orang yang hendak kulakan produk tertentu, seperti pakaian, kosmetik, dan sebagainya. Penataan Thamrin City berdasarkan zona-zona tertentu, sehingga bisa ditemukan zona khusus pakaian misalnya, kemudian ada juga zona elektronik, zona batik, serta masih banyak lagi.

Lokasi: Jl. K.H. Mas Mansyur, Kebon Melati, Kec. Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat.

5. Mall Kelapa Gading

Mall Kelapa Gading

Image Credit: Doyanjalan.com

Salah satu mall terbesar ini berdiri di atas area seluas 150.000 m2. Di Mall Kelapa Gading terdapat gerai-gerai dari banyak brand kenamaan. Di samping juga ada food court terbesar yang luasnya lebih dari 6.000 m2 untuk menampung sekitar 2.000 orang.

Selain menjadi pusat perbelanjaan, Mall Kelapa Gading juga sering menjadi tempat diadakannya event-event menarik seperti fashion show, live music, serta masih banyak lagi lainnya. Bahkan di tempat ini juga terdapat court khusus anak-anak yang diberi nama Kids Safari.

Lokasi: Jl. Boulevard Raya, RT.13/RW.18, Kelapa Gading Timur, Kec. Kelapa Gading, Kota Jakarta Utara.

6. Plaza Indonesia

Plaza Indonesia

Image Credit: Jakartatravelguide.com

Plaza Indonesia merupakan salah satu mall yang berada di distrik sentra bisnis Sudirman. Mall ini juga menjadi salah satu yang tertua, karena telah diresmikan sejak 1990 dan tetap beroperasi hingga kini. Berada di bundaran bisnis terbesar, Plaza Indonesia juga difungsikan sebagai tempat aktivitas bisnis para kelas borjouis.

Dengan total luas sekitar 38.000 m2, mall ini menjadi ‘rumah’ bagi banyak outlet perbelanjaan lokal hingga gerai brand-brand ternama dunia seperti Gucci, Versace, Louis Vuitton, dan masih banyak lain. Letaknya yang tidak jauh dari Bundaran HI menjadikan mall ini sangat strategis untuk dijangkau dari arah manapun. Maka tidak heran jika setiap waktu selalu ramai.

Lokasi: Jl. M.H. Thamrin No.9, RT.9 / RW.5, Gondangdia, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat.

7. Pondok Indah Mall

Pondok Indah Mall

Image Credit: Heikaku.com

Mall mewah satu ini berada di kawasan elit Jakarta. Hampir setiap kalangan atas telah mendengar nama mall ini saking familiarnya. Pondok Indah Mall didesain dengan gaya interior yang klasik modern. Pada bagian hall kerap dijadikan tempat event dan pameran.

Mall ini telah dilengkapi fasilitas unggulan berupa playground, family room, guest service, hingga nursery room bagi pengunjung yang membutuhkan stroller atau kursi roda. Bahkan mall ini telah mempunyai shelter busway yang terhubung secara langsung ke dalam mall.

BACA:  15 Tempat Wisata di Jakarta Pusat Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Lokasi: Jl. Metro Pondok Indah Kav. IV, RT.1/RW.16, Pd. Pinang, Kec. Kby. Lama, Kota Jakarta Selatan.

8. Senayan City

Senayan City

Image Credit: Wikipedia.org

Mall megah yang berada di kompleks elit Senayan ini menyuguhkan area perbelanjaan dengan desain memukau. Dijamin Anda tidak akan bosan menjelajah seisi mall karena ada banyak sekali hal menarik yang bisa ditemukan.

Mall ini sering dijadikan lokasi event populer seperti JFW dan Brightspot Market. Di dalam bangunan megah ini ada juga bioskop dan toko-toko brand ternama dunia. Lokasinya yang strategis menjadikan mall seluas 48.000 m2 sebagai ini pusat perbelanjaan, pusat rekreasi, sekaligus pusat bisnis.

Lokasi: Jl. Asia Afrika No.19, RT.1/RW.3, Gelora, Kec. Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat.

9. Mall Artha Gading

Mall Artha Gading

Image Credit: Arthagading.com

Mall Artha Gading berdiri di atas area yang mempunyai luas kurang lebih 270.000 m2. Mall ini didesain khusus dengan interior menawan yang menghadirkan kesan artistik dan mewah. Adapun pada bagian dalam terdapat atrium sejumlah tujuh yang tersebar di berbagai tempat.

Di dalam mall ini terdapat berbagai gerai yang menyediakan kebutuhan primer hingga tersier. Beragam brand-brand terkenal juga membuka outlet. Selain itu, Mall Artha Gading juga memiliki bioskop XXI dan tempat nongkrong lain yang digandrungi anak muda hingga orang dewasa.

Lokasi: Jl. Boulevard Artha Gading No.1, RW.8, Kelapa Gading Barat, Kec. Kelapa Gading, Kota Jakarta Utara.

10. Sarinah

Sarinah

Image Credit: Tripadvisor.co.id

Mall satu ini tergolong yang paling tua di Indonesia. Telah didirikan sejak 1963 dan hingga kini masih berdiri kokoh. Dengan bangunan setinggi lebih dari 74 meter, Anda bisa menghabiskan waktu di pusat perbelanjaan satu ini untuk berburu pakaian, peralatan rumah tangga, kosmetik, hingga benda-benda elektronik.

Tidak hanya mempunyai gerai untuk berbelanja, Sarinah juga menyediakan kebutuhan pokok cepat habis seperti gula, beras, tepung, dan sebagainya. Selain itu, di tempat ini juga terdapat gedung pertemuan yang beberapa fasilitas eksklusif lain yang dapat digunakan untuk beragam kegiatan bisnis.

Lokasi: Jl. M.H. Thamrin No.11, RW.4, Gondangdia, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat.

11. Mall Taman Anggrek

Mall Taman Anggrek

Image Credit: Indopolitika.com

Mall yang mempunyai ikon berupa screen LED terbesar ini merupakan salah satu pusat perbelanjaan terpopuler. Mall ini pertama kali dibuka secara resmi pada 1996, dan hingga kini masih menjadi jajaran top mall Jakarta. Berada tidak jauh dari Central Park, mall ini menyediakan kebutuhan umum dan khusus yang bisa didapatkan dari gerai-gerai di dalamnya.

Daya tarik utama Mall ini sebagai tempat hiburan adalah keberadaan area untuk ice skating. Bertempat di lantai tiga, Anda bisa mencoba luncuran ice yang mengasyikkan. Mall ini menerapkan program sejenis loyalti yang memungkinkan pengunjungnya bisa mendapatkan rewards menarik setelah berbelanja dalam jumlah tertentu. Menarik, bukan?

Lokasi: Jl. Letjen S. Parman No.28, RT.12/RW.1, Tomang, Kec. Grogol petamburan, Kota Jakarta Barat.

BACA:  20 Oleh-Oleh Khas Jakarta Paling Populer

12. Kota Kasablanka

Kota Kasablanka

Image Credit: Asacinta.blogspot.com

Kota Kasablanka menjadi salah satu mall yang sering dikunjungi. Mall ini masih terhitung baru, namun fasilitas yang dimilikinya sudah sangat lengkap. Desain bangunannya artistik jika dilihat dari luar maupun dalam.

Bangunan yang memiliki lima lantai ini menjadi tempat bagi gerai-gerai resmi dan department store. Mulai dari gerai informa, ACE, Sogo, dan lain-lain. Bahkan di dalamnya juga terdapat area unuk fitness dan pusat kebugaran. Tempat ini bisa menjadi alternatif Anda yang ingin mencuci mata atau sekedar berjalan-jalan menghabiskan waktu dan uang.

Lokasi: Jl. Casablanca No.88, RW.5, Menteng Dalam, Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan.

13. Pacific Place

Pacific Place

Image Credit: Wisatajakarta.co.id

Pacific Place tidak kalah dari mall-mall lain jika berbicara tentang kelengkapan fasilitas. Mall yang terletak di kawasan sentra bisnis Sudirman ini konon paling dekat dan paling mudah aksesnya dengan area bisnis lainnya. Oleh karena itu, seringkali dijadikan tempat untuk menjalankan aktvitas bisnis selain fungsi utamanya sebagai pusat perbelanjaan.

Mall ini mempunyai atrium utama yang sangat megah dan besar di setiap lantainya. Keberadaan atrium ini selain sebagai aula utama, juga memudahkan pengunjung agar tidak tersesat ketika tengah menjelajah seisi mall. Di dalam Pacific Place Anda bisa mendapati gerai-gerai makanan, pakaian, kosmetik, dan sebagainya dari brand lokal maupun mancanegara.

Lokasi: Jl. Jend. sudirman kav 52-53, RT.5/RW.3, Senayan, Kec. Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan.

14. FX Sudirman

FX Sudirman

Image Credit: Urbanasia.com

FX Sudirman juga dikenal di masyarakat sebagai FX Mall. Bangunan megah ini terdiri atas delapan lantai yang di setiap lantainya memiliki fasilitas bisnis kelas atas dan juga gerai-gerai elit lainnya. Tidak hanya sebagai pusat perbelanjaan, di dalam FX Mall disediakan pula area untuk kebugaran, olahraga, bahkan juga ada lapangan tenis dan kolam renang.

Meskipun dari segi luas mall ini tidaklah sebesar pusat perbelanjaan lain, fasilitas di FX Mall sudah sangat lengkap. Tempat ini menjadi salah satu pilihan alternatif favorit para anak muda yang hendak nongkrong santai. Lokasinya pun strategis karena memang difungsikan pula sebagai pusat bisnis.

Lokasi: Jl. Jend. Sudirman, RT.1/RW.3, Gelora, Kec. Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat.

15. Gandaria City

Gandaria City

Image Credit: Heikaku.com

Gandaria City berada di wilayah borjuis Jakarta Selatan. Mall ini adalah salah satu bangunan yang terletak di superblok dengan area terdiri atas gedung perkantoran, hotel berbintang lima, kondominium mewah, serta hunian elit. Mall ini masih bisa tergolong pusat perbelanjaan baru meskipun dari segi fasilitas sudah setaraf mall-mall lain.

Mall ini mempunyai tujuh lantai yang di dalamnya terdapat banyak toko-toko dari brand terkemuka tanah air dan dunia. Ada juga bioskop dan tempat tongkrongan khas anak muda yang tidak akan membosankan. Area parkir pada mall ini pun sudah relatif baik karena telah dibangun tiga basement untuk parkir.

Lokasi: Jl. Sultan Iskandar Muda, RT.10/RW.6, Kebayoran Lama Utara, Kec. Kebayoran Lama, Kota Jakarta Selatan.

Itulah 15 rekomendasi mall di Jakarta yang paling populer serta paling banyak dikunjungi. Selain menjadi tempat untuk membeli berbagai macam kebutuhan bagi kalangan menengah ke atas, di mall tersebut seringkali diadakan beragam event menarik.