8 Wisata Pantai di Balikpapan Paling Recommended

Wisata Pantai Balikpapan

Wisata murah dan mudah adalah pilihan tepat ketika Anda tidak punya waktu untuk berlibur dalam jangka waktu lama. Beberapa tempat wisata menyediakan area yang mudah dikunjungi serta berbiaya murah. Untuk pilihan teratas, Anda harus memilih wisata pantai. Banyak daerah di Indonesia memiliki wisata pantai termasuk Balikpapan yang terkenal dengan kota pelabuhan dan perdagangan.

Balikpapan terletak di provinsi Kalimantan timur. Kota ini adalah tempat yang memiliki banyak pendatang dan penduduk dari berbagai suku. Lokasinya dekat dengan pantai bahkan Balikpapan sendiri bagian dari kota pelabuhan. Oleh karena itu, pantai dan laut sudah menjadi pemandangan biasa. Selain itu, kondisi tersebut juga membentuk budaya yang kental dengan suasana laut.

Kota Balikpapan dan daerah sekitarnya memiliki banyak pantai nan indah. Anda bisa saja pergi ke pinggir pantai tanpa nama dan tetap menikmati suasananya. Namun, hal tersebut belum cukup jika Anda ingin berwisata secara lebih lanjut ke pantai. Beberapa pantai sudah dipersiapkan untuk objek wisata. Fasilitas, transportasi, dan akomodasi sudah menunjang para wisatawan.

1. Pantai Sepinggan

Pantai Sepinggan

Lokasi: Jl. Sepinggan Raya 1, Sepinggan, Kec. Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan. – Image Credit by Maringetrip.com

Salah satu objek wisata di Balikpapan adalah pantai sepinggan. Anda pasti tidak asing dengan daerah Sepinggan yang telah berkembang. Pantai ini memiliki pemandangan alam yang indah terutama jika Anda mengunjunginya ketika matahari terbit dan terbenam. Selain itu, pantai juga memiliki pohon-pohon rindang yang mencegah udara panas.

Berwisata ke pantai ini tidak lengkap jika belum menyusuri pasir yang lembut di kaki. Untuk menambah aktifitas, Anda dapat mencoba beberapa olahraga air. Tentu saja, sebagian besar pengunjung lebih fokus untuk menikmati semilir angin dan suasana asri pantai yang masih alami. Pantai ini dapat dijangkau dengan mudah karena sudah ada transportasi pendukung.

2. Pantai Lamaru

Pantai Lamaru

Lokasi: Teritip, Kec. Balikpapan Timur, Kota Balikpapan. – Image Credit by Pegipegi.com

Balikpapan adalah kota besar di Kalimantan Timur yang lokasinya dekat dengan pantai. Untuk objek wisata, pantai masih menjadi tujuan utama. Pemerintah daerah mengembangkan berbagai pantai yang berada di sekitar Balikpapan. Salah satu destinasi wisata pantai tersebut adalah Pantai Lamaru.

Pantai ini tampak memiliki pembatas berupa pepohonan hijau yang menyebar mengelilingi pantai. Anda tidak perlu khawatir jika berkunjung di saat terik matahari. Area hijau tersebut berfungsi untuk berteduh dan menenangkan diri. Tempat ini juga telah dilengkapi dengan fasilitas dan akomodasi yang memadai.

3. Pantai Melawai

Pantai Melawai

Lokasi: Jl. Pelabuhan Semayang, Prapatan, Kec. Balikpapan Kota, Kota Balikpapan. – Image Credit by Getborneo.com

Jika bertanya tentang wisata pantai di Balikpapan, salah satu jawabannya adalah Pantai Melawai. Lokasinya terletak dekat dengan kota sehingga transportasi bukan menjadi kendala besar. Sebaliknya, pantai ini dikunjungi berbagai macam wisatawan karena keindahan panorama laut dan alamnya.

Pengunjung dapat melepas penat di sekitar pantai setelah berjalan menyusuri pinggiran ombak. Pasir yang lembut menjadikan pengunjung nyaman untuk kemanapun tanpa alas kaki. Beberapa arena olahraga khusus air juga tersedia. Jika tertarik, Anda dapat mencobanya untuk merasakan suasana pantai yang berbeda.

Suasana pantai yang asri adalah daya tarik utama Pantai Melawai. Anda juga dapat menikmati indahnya matahari terbenam. Fasilitas pantai telah memadai sehingga tidak perlu khawatir terkait akomodasi dan penginapan.

4. Pantai Kemala

Pantai Kemala

Lokasi: Jl. Jenderal Sudirman, Prapatan, Kec. Balikpapan Kota, Kota Balikpapan. – Image Credit by Langitkaltim.com

Pantai selanjutnya yang harus dikunjungi di Balikpapan adalah pantai Kemala. Lokasinya cukup dekat dan tersedia transportasi pendukung yang memadai. Pantai ini masih memiliki keindahan alam yang asri dengan sedikit sentuhan manusia. Selain itu, Anda juga dapat bermain air dan menikmati semilir angin yang sejuk.

Pantai kemala telah mengalami beberapa penambahan fasilitas. Tentu saja, semua itu untuk kenyamanan pengunjung dengan tetap menjadi kondisi asli pantai. Anda dapat berkunjung kapanpun ke tempat ini.

5. Pantai Batu

Pantai Batu

Lokasi: Perapatan, Kec. Balikpapan Kota, Kota Balikpapan. – Image Credit by Balikpapanpremio.com

Beberapa pantai masih belum terekspos oleh media sehingga jarang pengunjung. Jika Anda suka tempat yang sepi dan nyaman untuk menenangkan diri, pantai batu di Balikpapan adalah pilihan yang tepat. Lokasinya cukup mudah untuk dicapai. Tentu saja, beberapa pengunjung pantai sudah cukup untuk menjamin bahwa Anda ada di tempat wisata yang tepat.

Pantai ini memiliki kondisi alam yang alami. Pemandangan horizon pantai akan semakin indah ketika Anda berada di waktu yang tepat yaitu pagi dan sore hari. Pantai juga memiliki pasir lembut dengan buliran kecil dan tidak menusuk di kaki. Anda bisa berjalan menyusuri pinggiran pantai sembari bermain air.

6. Pantai Banua Patra

Pantai Banua Patra

Lokasi: Perapatan, Kec. Balikpapan Kota, Kota Balikpapan. – Image Credit by Visitkaltim.id

Tempat wisata terkenal mudah ditemukan di aplikasi peta digital. Jika Anda mencari wisata pantai di Balikpapan, salah satu nama yang muncul adalah Pantai Banua Patra. Tempat ini mudah dijangkau dan transportasi juga tersedia dengan mudah.

Sama halnya dengan pantai lain, Banua Patra cukup ramai ketika hari libur. Beberapa pengunjung akan memadati area ini tetapi tetap terjamin kenyamanannya. Anda tidak perlu ragu terkait penginapan dan akomodasi. Banyak hotel dan rumah makan tersedia di sekitar pantai.

Pantai ini masuk jajaran objek wisata unggulan. Pemandangan indah dan ombak yang sedikit tenang menjadi daya tarik utama mengapa wisatawan berlibur ke tempat ini. Selain itu, kondisi pasir pantai juga cukup lembut dan tidak terik ketika terkena panas. Jika Anda sudah lelah berkeliling, beberapa tempat peristirahatan siap untuk melepas penat.

7. Pantai Monpera

Pantai Monpera

Lokasi: Jl. Jenderal Sudirman No.1, RW.RT.11, Kec. Klandasan Ulu, Balikpapan Kota. – Image Credit by Flickr.com @Ferrat1310

Pantai lain yang tidak kalah menarik di Balikpapan adalah Pantai Monpera. Lokasinya dekat dengan kota tetapi masih termasuk area pedesaan. Anda dapat melihat beragam kehidupan laut yang tampak asri dan semarak.

Untuk menunjang wisatawan, pantai Monpera telah berbenah dan mulai melengkapi diri dengan fasilitas penunjang. Anda dapat bermain sekitar pantai dengan tenang atau mencoba aktifitas yang menantang. Pantai juga terjaga kebersihannya sehingga sangat nyaman dan tidak tampak kumuh.

Pantai ini menjadi lokasi favorit untuk mereka yang ingin menikmati keindahan matahari terbenam. Horizon langit di ufuk barat dan timur membuat pantai terlihat indah ketika pagi dan senja. Anda tidak akan melewatkan kesempatan ini untuk mengabadikannya dengan kamera.

8. Pantai Manggar Segarasari

Pantai Manggar Segarasari

Lokasi: Jl. Pantai Manggar Segarasari Manggar, Manggar Baru, Kec. Balikpapan Timur, Kota Balikpapan. – Image Credit by Ksmtour.com

Balikpapan dibangun di sekitar pantai sebagai kota pelabuhan. Pantai dan kapal sudah bukan hal asing lagi bagi masyarakat setempat. Beberapa pantai masih belum memiliki nama sehingga disebut dengan daerah dimana pantai itu berada.

Jika Anda ingin berlibur ke Balikpapan, salah satu objek wisata pantai pilihan adalah Pantai Manggar Segarasari. Lokasinya telah tersedia di peta dan mudah untuk dijangkau. Pengunjung dapat melakukan berbagai aktifitas seperti bermain air atau sekadar menyusuri bibir pantai. Tempat ini juga telah didukung dengan akomodasi penunjang.

Pantai di Balikpapan yang telah disebutkan di atas termasuk tempat yang dapat dikenali dengan mudah. Anda dapat bertanya atau mencari di internet terkait pantai tersebut. Banyak review dan tips bagaimana berkunjung dengan nyaman. Beberapa area pantai masih alami dan ombak tidak berbahaya. Namun, Anda harus tetap menjaga keselamatan agar tercapai tujuan berwisata.

Bangka Belitung Bengkulu Jambi Lampung Riau Sumatra Barat Sumatra Selatan Sumatra Utara
Tempat Wisata Muara Enim
12 Tempat Wisata di Muara Enim Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi
Tempat Wisata Lahat
16 Tempat Wisata di Lahat Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi
Tempat Wisata Sawahlunto
13 Tempat Wisata di Sawahlunto Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi
Banten DI Yogyakarta DKI Jakarta Jawa Barat Jawa Tengah Jawa Timur
Tempat Makan Mojokerto
10 Tempat Makan Enak di Mojokerto Favorit Wisatawan
Wisata Kuliner Mojokerto
10 Wisata Kuliner di Mojokerto yang Enak & Wajib Anda Coba
Oleh-Oleh Khas Mojokerto
10 Oleh-Oleh Khas Mojokerto Paling Populer
Gorontalo Sulawesi Barat Sulawesi Selatan Sulawesi Tengah Sulawesi Tenggara Sulawesi Utara
Minuman Makanan Khas Manado
26 Minuman & Makanan Khas Manado yang Populer
Tempat Makan Manado
13 Tempat Makan Enak di Manado Favorit Wisatawan
Wisata Kuliner Manado
10 Wisata Kuliner di Manado yang Enak & Wajib Anda Coba
Tempat Wisata Sumbawa
15 Tempat Wisata di Sumbawa Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi
Tempat Wisata Bima
21 Tempat Wisata di Bima Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi
Tempat Makan Ubud Bali
12 Tempat Makan di Ubud Bali Paling Enak
Tempat Makan Denpasar Bali
13 Tempat Makan di Denpasar Bali Paling Enak
Wisata Pantai Balikpapan
8 Wisata Pantai di Balikpapan Paling Recommended
Tempat Wisata Samarinda
16 Tempat Wisata di Samarinda Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi
Tempat Wisata di Banjarbaru
15 Tempat Wisata di Banjarbaru Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi
13 Tempat Wisata Terbaik di Bontang
13 Tempat Wisata di Bontang Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi