Jika ditanya mengenai kota tertua di Indonesia, salah satu jawabannya adalah Tapak Tuan yang ada di Aceh Selatan. Bukan hanya tertua tentunya, melainkan banyak tempat wisata menarik yang wajib dikunjungi ketika berada di lokasi. Objek wisata yang paling hits dan mungkin sudah anda ketahui adalah Tapak Tuan Tapa. Sebagian wisatawan menjadikannya kunjungan wajib ketika berada di kota tersebut. Tentu ada alasan tersendiri kenapa hal itu terjadi.

Berbagai objek bisa anda kunjungi ketika berada di Aceh, khususnya kota Tapak Tuan. Apalagi jika kebanyakan tempat menyajikan pemandangan alam begitu indah dan mempesona. Bagi anda yang mendambakan suasana hati tenang dan refreshing, jangan pernah mencoret daftar wisata yang ada di Kota ini. Keindahan alam yang bisa disaksikan masih murni, tanpa adanya campur tangan manusia. Hal inilah yang juga menjadikan beberapa objek selalu ramai dikunjungi ketika hari libur tiba.

Bisa dikatakan bahwa tempat wisata yang ada cukup lengkap, ada air terjun, pantai, puncak atau perbukitan, dan juga tempat pemandian. Dengan banyaknya pilihan tersebut, pengunjung bisa memilih beberapa yang menurut mereka menarik jika terdapat keterbatasan waktu. Keindahan alam yang disajikan cukup atraktif, jadi sangat rugi jika anda hanya mampir sesaat.

Pastinya anda setuju jika ada asal usul dari sebuah nama bukan? Begitu pula dengan nama Tapak Tuan sebagai salah satu kota tertua di Aceh Selatan ini. Ada sebuah pantai, dimana terdapat karang tinggi dan besar di tepian. Diatas batu karang tersebut ada sebuah tapak kaki raksasa dengan ukuran sekitar 6 meter kai 2.5 meter.

Telapak tersebut dipercaya milik Tuan Tapa sebagai petilasan nya. Terlepas dari legenda tersebut, yang jelas keindahannya tidak dapat diabaikan. Tempat tersebut menjadi salah satu yang paling ramai dikunjungi bagi wisatawan yang penasaran. Tentu ada tempat wisata di Tapak Tuan Aceh Selatan lainnya yang layak untuk dikunjungi. Berikut ulasan selengkapnya!

1. Puncak Grapela

Puncak Grapela
Image Credit: Google Maps puncak grapella

Lokasi pertama yang bisa anda kunjungi adalah Puncak Grapela yang ada di desa Gampong Luas. Jarak dari satu kota tidak terlalu jauh, cukup berkendara selama sekitar 15 menit. Sesampainya di lokasi, anda diberikan pemandangan hijau khas perbukitan dengan berbagai pohon dan tanaman, khususnya tanaman perdu.

Tidak terlalu sulit untuk bisa sampa ke lokasi karena ada jalan setapak cukup besar. Dari pucak tersebut, keindahan Samudera Hindia juga jelas terlihat. Selain itu, pemandangan dari bawah cukup mengesankan dengan kontur khas perbukitan. Sayang sekali jika pemandangan indah tersebut dilewatkan.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Panton Luas, Kec. Tapak Tuan, Kab. Aceh Selatan, Aceh.

2. Pantai Lhok Rukam

Pantai Lhok Rukam
Image Credit: Google Maps Musdi Emri

Destinasi bahari di Tapak Tuan berupa panai, cocok bagi anda yang ingin menikmati keindahan dan deburan ombak laut. Pantai Lhok Rukam berada di Subulussalam, Lhok Rukam, tidak jauh dari perkotaan. Keindahan garis pantai tanpa batas sangat sayang untuk dilewatkan. Selain itu, pepohonan rindang yang ada di sekitarnya juga menjadi daya tarik tersendiri. Bagi banyak wisatawan, bermain air dan pasir di pantai menjadi aktivitas yang sangat menenangkan.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Tapaktuan – Subulussalam, Lhok Rukam, Kec. Tapak Tuan, Kab. Aceh Selatan, Aceh.

3. Pantai Sawang

Pantai Sawang
Image Credit: Twitter Uly

Ada lagi objek wisata yang berupa pantai, tentu dengan keindahan tersendiri. Pengunjung yang datang ke Pantai Sawang umumnya ingin menikmati keindahan matahari terbit dan terbenam. Tentu ada waktu khusus jika anda menginginkan pesona alam tersebut, yakni di pagi atau sore hari.

Selain menawarkan panorama alam tersebut, pantai yang berada di titik nol Sumatera ini juga memberikan pemandangan khas lautan yang tidak kalah menariknya. Pemandangan yang dimaksud yaitu air laut biru dengan ombak saling berkejaran hingga menuju batas pantai. Sesekali anda bisa merasakan hempasan ombak ketika berada di tepian.

Harga Tiket: Rp 25.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sawang, Kec. Samudera, Kab. Aceh Utara, Aceh.

4. Wisata Tapak Tuan Tapa

Wisata Tapak Tuan Aceh Selatan
Image Credit: Google Maps Adrianus Albert Jonathan Nadeak

Tapak Tuan Tapa merupakan tempat wisata di Aceh Selatan yang wajib anda kunjungi. Seperti yang telah disinggung sebelumnya, spot ini bukan hanya menawarkan keindahan, namun juga nilai sejarah. Tapak raksasa yang ada di atas batu karang menjadi tujuan utama bagi wisatawan.

Tentu bukan hanya itu saja yang bisa anda nikmati keindahannya, melainkan masih banyak lagi. Salah satunya adalah keindahan pantai yang ada di lokasi tersebut. Meski mempunyai daya tarik mengagumkan, namun diperlukan perjuangan untuk bisa sampa ke lokasi. Pasalnya, batu karang yang tajam siap menghambat setiap ayunan langkah anda.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kec. Tapak Tuan, Kab. Aceh Selatan, Aceh.

5. Air Terjun Tingkat Tujuh

Air Terjun Tingkat Tujuh
Image Credit: Google Maps rikha lestarie

Bukan hanya pantai dan bukit, ada juga air terjun yang wajib anda kunjungi dengan pesona alam menakjubkan. Air Terjun Tingkat Tujuh mempunyai daya tarik utama dari tingkatan atau undakan air terjun, yaitu berjumlah 7 tingkatan. Setiap tingkatan terdapat batuan sebagai wadah dari tingkatan berikutnya, sangat indah jika dilihat dari kejauhan.

Namun sayangnya, tidak mudah untuk berkunjung ke objek wisata di Aceh Selatan ini. Ada banyak rintangan yang harus anda lalui, pastinya berupa jalan terjal dan menanjak, serta turunan. Namun jangan khawatir, perjalanan anda ditemani oleh pemandangan indah dari pohon rindang dan suara satwa liar.

Harga Tiket: Rp 7.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Batu Itam, Kec.Tapak Tuan, Kab. Aceh Selatan, Aceh.

6. Pantai Ujong Nibong

Pantai Ujong Nibong
Image Credit: Google Maps Ibnu Fajar

Selain beberapa pantai yang telah disebutkan, ada juga Pantai Ujong Nibong yang tidak boleh terlewatkan. Pantai ini terletak di Labuhan Tarok, Kecamatan Meukek, tidak jauh dari beberapa tempat wisata lainnya. Daya tarik utamanya dari keindahan garis pantai dengan dihiasi pohon kelapa yang seolah melambai ketika tertiup angin.

Bagi anda yang hobi snorkeling untuk menikmati keindahan alam bawah laut, anda juga bisa melakukannya di pantai Ujong Nibong. Tentu saja hal itu menjadi daya tarik dan kelebihan lain yang tidak bisa didapat dari lokasi pantai lainnya.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Labuhan Tarok, Kec. Meukek, Kab. Aceh Selatan, Aceh.

7. Air Terjun Le Dingin

Air Terjun Le Dingin
Image Credit: Google Maps Us Man

Jika pada umumnya air terjun berada di tengah hutan pegunungan, lain halnya dengan Air Terjun Le Dingin yang juga menjadi salah satu tempat wisata yang populer. Tidak sulit untuk bisa sampai ke sana karena lokasinya berada di jalan antara Tapak Tuan dengan Blang Pidie.

Daya tarik utamanya pastinya pesona alam yang indah dengan suasana menyejukkan. Apalagi jika air terjun ini masih terjaga keasliannya dan belum banyak berubah atau di modifikasi. Aktivitas yang bisa dilakukan adalah berenang atau sekedar bermain air untuk mendapatkan sensasi dingin.

Harga Tiket: Rp 8.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ie Mirah, Kec. Pasie Raja, Kab. Aceh Selatan, Aceh.

8. Patung Naga

Patung Naga
Image Credit: Google Maps el Shadr

Setiap daerah atau kota pasti mempunyai ikon sebagai lambang dan juga maskot. Begitu pula dengan kecamatan Tapak Tuan yang mempunyai ikon seekor naga hijau yang dibangun di kantor pusat bupati Aceh. Patung Naga yang anda temui bukan sembarang patung, namun mempunyai nilai sejarah.

Ada hubungan erat antara Tuan Tapa dengan seekor naga, yakni antara guru dan murid. Tuan Tapa dikabarkan sempat berguru dengan seekor naga untuk mendapatkan kesaktiannya. Bukan hanya itu saja yang menjadikan patung tersebut menarik, namun juga dari bentuk dan konsep bangunan, dimana seekor naga keluar dari mulut gua.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Nyak Adam Kamil, Hilir, Kec. Tapak Tuan, Kab. Aceh Selatan, Aceh.

9. Pulau Dua Bakongan

Pulau Dua Bakongan
Image Credit: Google Maps KHOERONI

Pulau Dua Bakongan juga menjadi destinasi bahari di Tapak Tuan yang wajib anda kunjungi dengan keindahannya. Sesuai namanya, ada dua pulau yang bisa anda nikmati keindahannya. Pulau tersebut berada berdekatan dengan jarak yang tidak terlalu jauh, pantas jika dikatakan sebagai pulau kembar.

Ada cerita menarik dari pulau ini, dulunya hanya digunakan sebagai tempat istirahat para nelayan ketika menunggu menarik jaring. Dikarenakan panorama alam dan keindahan yang ditawarkan, pulau yang berada di Ujung Pulo Rayeuk, Kecamatan Bakongan Timur ini akhirnya menjadi tujuan utama bagi wisatawan. Supaya bisa sampai ke lokasi, anda perlu menyewa perahu dari warga sekitar dengan harga yang ditentukan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ujung Pulo Rayeuk, Kec. Bakongan Timur, Kab. Aceh Selatan, Aceh.

10. Batu Putri Batupang

Batu Putri Batupang
Image Credit: Google Maps Mumus Farisi

Selain adanya batu karang dengan tapak kaki raksasa, ada juga batu karang yang berbentuk seorang putri yang sedang naik seekor penyu. Pose dari putri tersebut dijadikan nama dari tempat populer di Tapak Tuan, yaitu Batu Putri Batupang. Batupang sendiri mempunyai arti termenung dalam bahasa lokal.

Legenda mengatakan bahwa putri tersebut sebenarnya hendak kabur dari ibunya menuju pria idaman hatinya. Namun apa daya jika sang ibu sudah mengucapkan hal buruk kepadanya, yaitu mengutuknya hingga menjadi batu. Hampir mirip dengan cerita Malin Kundang, namun kali ini batunya terletak di tepi pantai.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Paya Peulumat, Kec. Labuhan H. Timur, Kab. Aceh Selatan, Aceh.

11. Pemandian Panjupian

Pemandian Panjupian
Image Credit: Google Maps Khairil Fajri

Lelah setelah mengunjungi banyak objek wisata disini? Saatnya anda bersantai dengan mengunjungi Pemandian Panjupian. Banyak aktivitas yang bisa anda lakukan selain bersantai, pastinya yang paling menarik adalah berenang. Fasilitas yang disediakan cukup lengkap, diantaranya adalah seluncur air dan juga pancuran air dari patung ikan lumba-lumba.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Tapaktuan – Subulussalam, Panjupian, Kec. Tapak Tuan, Kab. Aceh Selatan, Aceh.

Demikianlah ulasan mengenai tempat wisata di Tapak Tuan, Aceh Selatan yang paling hits dan populer. Pastinya masih ada spot lain yang bisa anda kunjungi dengan keindahan masing-masing. Panorama alam, suasana asri, dan juga nilai sejarah menjadi daya tarik utama bagi kebanyakan lokasi wisata yang telah disebutkan.