Harga Tiket: Rp 15.000, Jam Operasional: 07.30–22.00 WIB, Alamat: Dusun Watugajah, Ngobo, Wringin Putih, Kec. Bergas, Kab. Semarang, Jawa Tengah; Map: Cek Lokasi

Watu Gajah Park adalah sebuah tempat wisata yang mengusung konsep wisata keluarga bernuansa alam. Lokasinya berada di Kabupaten Semarang, tepatnya di Kecamatan Bergas, Desa Ngobo. Karena tempatnya yang tak terlalu jauh dari pusat kota, sangat mudah bagi kita untuk menemukannya.

Meskipun sudah banyak tempat wisata yang menjamur di daerah Semarang, tetapi tempat wisata ini memiliki daya tarik tersendiri yang tidak akan bisa kita temukan di tempat lain. Seperti banyaknya spot foto yang disediakan, bahkan ada juga spot foto 3D.

Berbagai macam fasilitas dan koleksi yang disediakan di sana. Koleksi Love Bird, berbagai macam Kupu-Kupu cantik, dan Kunang-Kunang. Bahkan Watu Gajah Park juga pernah mencetak rekor MURI sebagai tempat wisata dengan penangkaran burung terbesar dengan jumlah burung terbanyak. Jadi tempat wisata inii tak perlu diragukan lagi.

Daya Tarik yang Dimiliki Watu Gajah Park

Daya Tarik Watu Gajah Park
Image Credit: Google Maps Eyang Cipto Husodo

Saat ini, objek wisata kekinian semakin menjamur di berbagai daerah. Tidak hanya di pusat kota saja, tetapi juga di pinggiran Kota. Sama seperti Watu Gajah Park yang ada di Kabupaten Semarang. Meskipun begitu, tempat wisata ini mempunya daya tarik tersendiri yang tidak bisa kita temukan di tempat-tempat wisata lain.

1. Penangkaran Love Bird

Daya tarik pertama yang ada di tempat wisata ini adalah koleksi Love Bird yang dimilikinya. Bagaimana tidak, di sini terdapat sekitar 200 lebih koleksi burung-burung cantik berjenis Love Bird yang bisa kita lihat. Bahkan tempat wisata ini pernah mencetak rekor MURI sebagai tempat wisata dengan penangkaran burung terbesar dengan jumlah burung Love Bird terbanyak.

2. Kandang Kupu-Kupu dan Kunang-Kunang

Tak hanya Love Bird saja yang dimiliki tempat wisata ini, tetapi di sini juga memiliki koleksi berbagai macam Kupu-Kupu dan Kunang-Kunang. Kita tidak hanya bisa menikmati keindahan Kupu-Kupu saja, tapi kita juga bisa sekalian belajar bagaimana proses metamorfosis Kupu-Kupu.

Dan bila malam tiba, kita bisa melihat indahnya kerlap-kerlip cahaya Kunang-Kunang yang saat ini sudah mulai jarang kita temukan.

3. Taman Bunga Vertikal

Di Watu Gajah Park, kita akan menemukan banyak taman bunga di sana. Tapi, ada salah satu taman bunga yang menjadi daya tarik tersendiri di tempat wisata ini. Taman bunga vertikal namanya, di mana bunga-bunga di taman ini tidak di taman mendatar, tetapi vertikal sehingga nampak seolah-olah tanaman ini berdiri.

Tanaman hias di sini ditanam di pot-pot kecil, lalu disematkan di jaring-jaring besi dan ditempatkan pada tangga vertikal. Jadi, seolah-olah tanaman ini membentuk dinding tumbuhan. Sangat cocok bila digunakan untuk spot foto, pengunjung bisa berdiri di sela-sela tanaman karna terdapat tangga di sana.

Daya Tarik Dimiliki Watu Gajah Park
Image Credit: Google Maps Daniel Rahardjo

4. Spot Foto Menarik

Banyak spot foto menarik di sini yang dapat kita gunakan untuk berfoto. Seperti taman bunga vertikal, kita bisa berfoto di antara bunga-bunga cantik berwarna-warni. Berfoto dengan koleksi Love Bird, Kupu-Kupu cantik berwarna-warni serta Kunang-Kunang yang saat ini sudah jarang kita temukan.

Untuk Kunang-Kunang, sebaiknya kita datang ketika malam hari, agar kerlap-kerlip cahayanya bisa terlihat lebih indah. Tak hanya itu saja, di sana juga ada spot foto 3D yang berbeda dari tempat wisata yang lain. Dijamin jika kita berfoto di sana, hasil foto kita akan lebih terlihat instagenik.

5. Lorong Cinta Tematik

Daya tarik taman rekreasi ini yang selanjutnya adalah Lorong Cinta Tematik. Banyak muda-mudi yang tertarik berfoto di sini. Lorong cinta tematik sendiri adalah jalan setapak yang di desain sedemikian rupa dengan atap dari besi yang berbentuk hati. Lorong cinta ini ditumbuhi tumbuhan sulur yang menjalar di atas besinya sehingga menjadi teduh di kala siang hari. Sangat instagenik bila digunakan untuk spot foto.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Watu Gajah Park
Image Credit: Google Maps Naida

Watu Gajah Park terletak di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah tepatnya di Dusun Watugajah, Desa Ngobo, Wringin Putih. Karena lokasinya yang tak jauh dari pusat kota Semarang, kita akan mudah untuk menemukannya.

Dari pusat Kota Semarang berjarak 25 km, kita hanya tinggal menuju ke arah Unggaran melalui Jalan Raya Semarang ke Surakarta. Ikuti jalan utama hingga kita masuk ke kawasan Karangjati. Tepat di perempatan setelah Indomaret Karangjati 3 belok kiri. Kita tinggal ikuti jalan utama sampai melihat petunjuk lokasi objek wisata.

Kita juga bisa melewati jalur mulai dari Mranggen lalu ke Banyumeneng dilanjut ke Girikusumo dan terakhir Kawengen. Namun jika lewat sini diharapkan berhati-hati karena tanjakan sangat curam.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Watu Gajah
Image Credit: Google Maps Alvin Ilyas

Harga tiket masuk Watu Gajah Park cukup murah, tidak menguras kantong kita. Tetapi, harganya berbeda antara hari biasa dan hari libur. Disarankan datang ketika hari biasa, selain harga lebih murah, jumlah pengunjung juga tak sebanyak hari libur.

Jika pada hari biasa kita hanya perlu membayar Rp 15.000,- per orang, tetapi pada hari libur kita harus membayar sebesar Rp 20.000,- per orang.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Watu Gajah Park

Aktivitas di Watu Gajah Park
Image Credit: Google Maps Ammar Shofianang

1. Berfoto Ria

Salah satu kegiatan menarik yang harus dilakukan di sana adalah mengabadikan setiap momen dengan kamera. Bagaimana tidak, selain pemandangannya yang indah, juga banyak spot foto yang disediakan di sana. Ada spot foto 3D, taman bunga, berfoto dengan koleksi Love Bird, Kupu-Kupu, Kunang-Kunang dan masih banyak lagi.

2. Bermain Skateboard

Selain taman rekreasi, taman Watu Gajah Park ini juga menyediakan skate park. Jadi bagi para pecinta permainan skateboard, bisa merasakan rasanya bermain skateboard di taman wisata.

3. Berenang

Tak hanya itu saja, yang bisa kita lakukan di sana, kita juga bisa berenang di kolam renang yang telah disediakan. Ada kolam prestasi yang berstandar Internasional yang dapat digunakan oleh pengunjung dewasa. Ada pula kolam receh ditujukan untuk anak-anak yang pastinya lebih dangkal. Dilengkapi juga dengan waterboom yang menambah keseruan kita ketika berenang di sana.

4. Jogging

Tak hanya tempat wisata saja, di sana juga disediakan jogging track. Jadi para pengunjung bisa berolahraga di sana sambil melihat-lihat keindahan taman wisata Watu Gajah Park. Selain sehat kita juga bisa memanjakan mata kita.

5. Bermain Flying Fox dan Sepeda Angkasa

Banyak permainan di sana yang disediakan untuk pengunjung, antara lain flying fox dan sepeda angkasa. Jadi, setelah kita puas melihat-lihat koleksi dan berfoto, kita bisa langsung bermain.

Aktivitas Menarik di Watu Gajah Park
Image Credit: Google Maps Sanggar Rias Yenny

6. Memancing

Di Watu Gajah Park juga menyediakan area pemancingan. Setelah lelah berkeliling kita bisa beristirahat sambil sekalian memancing. Jadi, bagi para pengunjung yang hobi memancing bisa menyalurkan hobinya di sana. Banyak berbagai macam ikan yang dapat kita pancing di sana. Ikan hasil pancingan juga bisa dibawa pulang. Sungguh mengasyikan bukan.

7. Melihat Kunang-Kunang

Jaman sekarang sudah susah mencari keberadaan Kunang-Kunang, apalagi saat ini lahan-lahan persawahan sudah diganti dengan gedung-gedung. Tapi tenang saja, kita bisa melihat keindahan kerlap-kerlip cahaya Kunang-Kunang di tempat wisata ini. Jika ingin melihatnya, usahakan datang kesana ketika sudah malam hari, agar terlihat cahayanya yang kerlap-kerlip.

8. Melihat Love Bird dan Kupu-Kupu

Selain Kunang-Kunang, di sana kita juga bisa melihat bermacam-macam burung berjenis Love Bird dan juga berbagai macam Kupu-Kupu. Tak hanya melihat saja, kita juga bisa mengajarkan tentang berbagai macam burung dan proses metamorfosis Kupu-Kupu kepada anak-anak. Jadi bisa sekalian belajar sambil bermain.

9. Makan di Restoran

Setelah puas berkeliling tempat wisata, melihat-lihat koleksi, berfoto ria dan bermain, kita bisa istirahat sejenak sambil menyantap makanan yang telah disediakan di sana. Banyak makanan lezat yang bisa memanjakan lidah kita, harganya juga ramah di kantong. Jadi, tak perlu khawatir perut keroncongan, karena semua telah tersedia di sana.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas di Kawasan Watu Gajah Park
Image Credit: Google Maps peepaholic world

Sebagai tempat wisata yang cukup terkenal di Kabupaten Semarang, tentu keberadaan fasilitas umum sangatlah penting. Di Watu Gajah Park sendiri fasilitasnya tergolong sangat lengkap. Seperti Musholla, toilet umum, restoran, bila kita lapar agar tak perlu jauh-jauh mencari tempat makan dan lahan parkir yang luas, hingga bus saja bisa masuk ke dalamnya.

Fasilitas pendukung lainnya yang bisa mendukung kegiatan wisatawan seperti taman, spot foto untuk berfoto, jogging area bagi pengunjung yang ingin liburan sambil berolahraga, skate park bagi pengunjung yang hobi main skateboard.

Ada juga kolam ikan, disediakan bagi pengunjung yang ingin merasakan memancing ikan di sana. Kolam renang, bagi pengunjung yang ingin berenang. Ada juga flying fox dan sepeda angkasa, serta masih banyak lagi fasilitas lainnya.

Demikian ulasan tentang Watu Gajah Park di Semarang yang perlu anda ketahui. Tak perlu membayar mahal, anda sudah bisa menikmati liburan yang menyenangkan bersama keluarga dengan fasilitas yang sangat lengkap.